11.07.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Puskesmas Terendam, Vaksin Rusak

Posted: 06 Nov 2011 06:12 PM PST

 Puskesmas Terendam, Vaksin Rusak Kompas/Agustinus Handoko Ilustrasi banjir

JAKARTA, KOMPAS.com- Kementerian Kesehatan akan memprioritaskan pemantauan kondisi kesehatan masyarakat korban banjir di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Hal ini terutama untuk mengantisipasi kejadian luar biasa penyakit yang biasa ditemukan pascabanjir.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama menyampaikan hal itu melalui surat elektronik yang diterima Kompas, Senin (7/11/2011), di Jakarta.

Menurut Tjandra, pihaknya akan mengintensifkan pemantauan kondisi kesehatan di lokasi bencana banjir. "Peningkatan kasus diare dan ISPA akan dipantau ketat. Kami sudah mendistribusikan oralit, tablet zink dan obat-obat ISPA," kata dia.

Akibat banjir, sempat lemari vaksin terencam air di 4 puskesmas sehingga rusak dan vaksin juga rusak. Karena itu, pihaknya akan segera mengupayakan penggantiannya.

Tjandra menjelaskan, Senin (7/11) ini, tim dari Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian ESDM akan turun untuk memantapkan surveilans, penguatan tata laksana diare dan ISPA, serta perawatan luka. Tim lingkungan akan turun mendata akses air bersih, dan tempat pembuangan sampah.

"Kami sedang mengupayakan personal hygiene kit dan air rahmat untuk memenuhi kebutuhan air bersih," kata dia.

Selain itu, pihaknya akan mulai melaksanakan surveilans rutin harian dan dan analisa data harian penyakit setiap hari oleh SubDirektorat Surveilans dan SubDirektorat Matra P2PL pusat.

Data menunjukkan, tidak ada tempat pengungsian karena pada umumnya warga lari ke rumah saudara yang masih bisa ditempati. Adapun jalan masih terputus sepanjang 700 meter.

Laporan Bidang Pengendalian Penyakit dan Pengendalian Lingkungan Sumatera Barat menyebutkan, Dinas Kesehatan Provinsi sudah mengefektifkan unit-unit pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Pustu serta Pos Kesehatan Nagari yang tidak terkena banjir.

Untuk membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, sejak tanggal 3 November 2011 Tim Penanggulangan Bencana Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat diturunkan. Hal ini dilakukan dengan mengerahkan 1 unit mobil operasional, 1 mobil Klinik lengkap dengan peralatan dan logistik yang diperlukan dan 1 mobil ambulans double gardan untuk menjangkau lokasi sulit dan terparah.

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Puskesmas Terendam, Vaksin Rusak.


Marek Hamsik akan Bertahan di Napoli

Posted: 06 Nov 2011 06:09 PM PST

Senin, 07 2011 08:44 WIB

NAPLES: Marek Hamsik akan segera menandatangani perpanjangan kontrak dengan Napoli. Hal itu dikatakan Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis.

“Saya memiliki janji untuk bertemu dengan Hamsik pada Senin (7/11) untuk membahas perpanjangan kontraknya,” aku De Laurentiis kepada Corriere dello Sport.

Gelandang Slovakia itu sudah menjadi salah satu pemain andalan Napoli sejak bergabung dari Brescia pada 2007. (OL-12)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Marek Hamsik akan Bertahan di Napoli.


Jarak Tempuh Etape 4 dan 5 Dikoreksi

Posted: 06 Nov 2011 06:05 PM PST

2214185620X310 Jarak Tempuh Etape 4 dan 5 Dikoreksi KOMPAS/HERU SRI KUMORO Tim Kompas Jelajah Sepeda Jakarta-Palembang melintas di Martapura, Ogan Komering Ilir pada etape ke-4, Minggu (6/11/2011). Pada etape ke-4 Kotabumi, Lampung Utara-Baturaja, Ogan Komering Ulu tim menempuh jarak sekitar 164 kilometer.

BATURAJA, KOMPAS.com- Ketua Panitia Kompas Jelajah Sepeda Jakarta-Palembang Jannes Eudes Wawa mengoreksi jarak etape empat dan etape lima JSJP, sebelum pesert memualai etape lima Senin (7/11/2011) pagi ini.

Menurut Jannes yang juga wartawan Harian Kompas itu, kesalahan ada di panitia. Sebenarnya jarak etape empat dari Kotabumi ke Baturaja itu mencapai 169 kilometer. "Itu sebabnya pada etape ke lima kita hanya akan menempuh 110 kilometer," katanya.

Marta Mufreni yang merupakan road captain menyampaikan kepada para peserta bahwa kecepatan akan dikurangi, dari biasanya 25 kilometer per jam. "Agar ada pemulihan setelah jarak jauh semalam," katanya.

Source: kompas – olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jarak Tempuh Etape 4 dan 5 Dikoreksi.


Obor SEA Games Diserahkan ke Sumsel

Posted: 06 Nov 2011 06:05 PM PST

0841567620X310 Obor SEA Games Diserahkan ke Sumsel KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM Obor SEA Games secara resmi diserahkan kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Senin (7/11/2011).

PALEMBANG, KOMPAS.com- Obor SEA Games resmi diserahterimakan ke Sumatera Selatan, Senin (7/11)/2011 pukul 8.15 WIB. Obor dibawa turun dari kapal KMV Tunas Wisesa 3 oleh mantan pebulutangkis nasional Icuk Sugiarto di Pelabuhan Boom Baru, Palembang Sumatera Selatan.

Ribuan warga Palembang telah menanti di pelabuhan tepi Sungai Musi itu sambil mengibarkan bendera merah putih dan SEA Games.

Selanjutnya, obor akan dibawa berkeliling Sumatera Selatan oleh Pelatih Pencak Silat Abas Akbar yang juga pernah beberapakali mencapai juara dunia.

Source: kompas – olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Obor SEA Games Diserahkan ke Sumsel.


Peselancar Air Iringi Obor SEA Games

Posted: 06 Nov 2011 06:05 PM PST

0836375620X310 Peselancar Air Iringi Obor SEA Games KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM Seorang peselancar air beraksi di Sungai Musi untuk mengiringi prosesi penyerahan obor SEA Games dari atlet bulutangkis Icuk Sugiarto kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Senin (7/11/2011).

PALEMBANG, KOMPAS.com- Seorang peselancar air berselancar di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, mengelilingi kapal KMV Tunas Wisesa 3 yang membawa obor SEA Games XXVI.

Peselancar itu ditarik kapal cepat (speed-boat) dan terlihat beberapa kali berputar di sekeliling KMV Tunas Wisesa 3, Senin (7/11/2011). Arus Sungai Musi yang deras dan dipenuhi enceng gondok serta potongan kayu di musim hujan ini tak menghentikan aksi ini.

Obor SEA Games kemudian diterima Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Senin siang ini. Obor dari sumber api abadi di Mrapen, Jawa Tengah, ini diserahkan oleh mantan atlet bulutangkis Icuk Sugiarto.

Selanjutnya, obor akan dibawa berkeliling Sumatera Selatan sebelum akhirnya kembali ke Palembang untuk acara pembukaan SEA Games XXVI 11 November mendatang.

 

Source: kompas – olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Peselancar Air Iringi Obor SEA Games.


Wali Peduli Pendidikan Anak Indonesia

Posted: 06 Nov 2011 06:05 PM PST

Senin, 7 November 2011 – 08:23 wibRama Narada Putra – Okezone anXhdNs5Uv Wali Peduli Pendidikan Anak Indonesia Band Wali (Foto:Tomi Tresnady)

JAKARTA – Grup band Wali tak hanya menghibur masyarakat melalui musik. Namun, grup band yang tenar lewat tembang Cari Jodoh ini pun peduli dengan pendidikan anak bangsa.

Kepedulian tersebut ditunjukkan dengan membentuk Wali Care Foundation, suatu yayasan sosial yang berkecimpung di bidang pendidikan demi membantu meningkatkan prestasi bagi anak-anak sekolah, terutama yang putus sekolah.

“Itu memang Insya Allah yayasan sosial, awalnya bergerak pendidikan, harapannya akan jadi ladang amal buat kita. Awalnya pendidikan, buat mereka yang putus sekolah, mudah-mudahan bisa bersinergi dengan pesantren juga,” kata vokalis band Wali Faang di acara Qurban Bersama Wali di Pondok Pesantren Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (6/11/2011).

Tingkat pendidikan yang sangat  memprihatinkan yang dialami anak-anak kurang mampu menjadi salah satu faktor pemicu yang membuat para personel Wali membantu mereka dengan mendirikan perpustakaan keliling, yang diresmikan sejak 31 Oktober lalu.

“Karena kita melihat keadaan yang ada, kalau ngebantu semuanya enggak cukup. Makanya kita ngajak yang lain juga untuk berpartisipasi,” paparnya.

Yayasan tersebut memfokuskan di bidang dengan membentuk perpustakaan berjalan, untuk memenuhi kebutuhan para anak-anak yang memiliki keterbatasan biaya.

“Untuk sementara kita fokus pendidikan, kita bikin perpustakaan berjalan, ada buku-buku sekolah, buat anak sekolah yang bukunya terbatas bisa baca di situ. Di situ ada agamanya, pengetahuan umum ada hiburan juga” ungkapnya.

Meski fokus di bidang pendidikan, band asal Jember, ini pun tidak menutup jalan menerima sumbangan dari siapapun dalam bentuk yang lain.

“Enggak masalah selain pendidikan, nyumbangi rumah juga boleh, Alhamdulillah,” tandasnya.
(nsa)

Source: Okezone – Celebrity

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wali Peduli Pendidikan Anak Indonesia.


Penganut Islam Aboge Rayakan Idul Adha Besok

Posted: 06 Nov 2011 06:04 PM PST

0836415620X310 Penganut Islam Aboge Rayakan Idul Adha Besok KOMPAS/MUHAMAD BURHANUDIN Jemaah Islam Aboge di Desa Sawangan, Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, saat menggelar kenduri seusai Salat Id tahun 2010.

MADIUN, KOMPAS.com – Penganut Jami’iyyah Ahli Thoriqoh Shatoriyah An Nahdliyyah atau yang biasa disebut dengan aliran Islam Alif Rebo Wage (Aboge) di Desa Ngampel, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jatim, baru akan merayakan Idul Adha pada Selasa, 8 November 2011.

Hal ini berbeda dengan pemerintah yang sudah menetapkan Idul Adha 10 Dzulhijjah 1432 Hijriah jatuh pada Minggu, 6 November 2011

Pimpinan Thoriqoh Syatoriyah An Nahdliyyah cabang Madiun Ustad Moch Rudy, Minggu (6/11/2011), mengatakan, Thoriqoh Syatoriyah An Nahdliyyah memiliki penghitungan sendiri dalam menentukan perayaan Idul Adha dan perayaan agama Islam lainnya. Yakni dengan dasar kalender Mutakatasal yang bersumber pada Kalimat Toyibah Laillah Hailallah.

"Kalender ini juga menjadi acuan penghitungan kami dalam menentukan awal bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri yang lalu. Pada Ramadhan dan Idul Fitri lalu, kami juga merayakan lebih lambat dibandingkan dengan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ujar Moch Rudy, kepada wartawan.

Menurut dia, berdasarkan penghitungan kalender Mutakatasal tersebut, penganut Jami’iyyah Ahli Thoriqoh Shatoriyah An Nahdliyyah, baru mulai melakukan puasa sunah Idul Adha pada hari Minggu (6/11/2011) dan Senin (7/11/2011). Sedangkan shalat Idul Adha baru akan dilakukan pada Selasa (8/11/2011).

"Untuk salat Idul Adha di wilayah Mejayan, Caruban, seperti biasanya kami laksanakan di masjid di Jalan Sawo, Kelurahan Krajan, Mejayan, Kabupaten Madiun. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban," terang Rudy.

Perbedaan ini, lanjut Rudy, tidak hanya terjadi pada tahun ini saja. Pada tahun-tahun sebelumnya, penganut ini juga menjalani Ramadhan, Idul Fitri, puasa sunah, dan Idul Adha yang berbeda dari yang ditetapkan oleh pemerintah.

Karena itu, pihaknya meminta kepada umat Islam pada umumnya untuk bisa menerima sekaligus saling menghormati adanya perbedaan penetapan puasa dan hari raya Idul Adha tersebut.

Ia berharap, perbedaan dalam penetapan lebaran haji ini juga dapat dihormati semua pihak seperti halnya saat Idul Fitri lalu. Sehingga kerukunan antarumat Islam tetap terjaga dengan baik.

"Kami mengimbau, hendaknya perbedaan ini dapat dimaklumi dan tidak dibesar-besarkan. Meski berbeda, toh selama ini kami dapat hidup berdampingan dengan umat muslim lainnya," kata Rudy.

Jumlah penganut Aboge di Kabupaten Madiun diperkirakan telah mencapai lebih dari 3.000 orang yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Kecamatan Mejayan, Pilangkenceng, Saradan, Geger, Dagangan, dan Kebonsari.

Sumber :
Antara

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Penganut Islam Aboge Rayakan Idul Adha Besok.


Death toll in Colombia landslide reaches 21

Posted: 06 Nov 2011 06:01 PM PST

Death toll in Colombia landslide reaches 21
Associated Press, Bogota, Colombia | Mon, 11/07/2011 8:38 AM
A |A |A|

Rescuers are searching for signs of life amid mud and rubble after a rain-fueled landslide buried homes in northwestern Colombia, killing at least 21 people.

Red Cross rescue director Cesar Uruena says between 20 and 40 people remain missing from Saturday’s landslide in Manizales, 165 kilometers (102 miles) northwest of the capital, Bogota.

Uruena said Sunday that 18 bodies have been identified and three remain unidentified.

The landslide was caused by heavy rains that caused part of a mountain slope to collapse.

Rescuers are using back hoes and earthmovers to search for survivors. Uruena says they think “there is still a chance of finding life.”

function mailpage() {mail_str = “mailto:?subject=Check out the article from thejakartapost.com”;mail_str += “&body=I thought you might be interested in this article. \r\n “;mail_str += “You can view it at, ” + location.href;location.href = mail_str;}

Follow our twitter @jakpost& our public blog @blogIMO
mail Death toll in Colombia landslide reaches 21 | print Death toll in Colombia landslide reaches 21 | digg Death toll in Colombia landslide reaches 21 | delicious Death toll in Colombia landslide reaches 21 | spreddit1 Death toll in Colombia landslide reaches 21 | stumbleit Death toll in Colombia landslide reaches 21 | facebook share icon Death toll in Colombia landslide reaches 21 |ico twitter Death toll in Colombia landslide reaches 21 |lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

Post Comments| Comments ()

b4491705564909da7f9eaf749dbbfbb1 Death toll in Colombia landslide reaches 21

More World News
Naples braces for flooding after heavy rainsDeath toll from Thailand floods rises past 50080,000 Muslims pray on the street in MoscowHaj seasonDaughter: Singapore’s ex-PM Lee has nerve disease
+ index
b4491705564909da7f9eaf749dbbfbb1 Death toll in Colombia landslide reaches 21
Paper Edition
Murdered student may have had tragic pastKPK urged to immediately probe Freeports security moneyTighter rules ahead for credit cards, says BIInsight: Public apathy and the politics of indifferenceFreeze local graft courts: KY
+ index
Life Sci-Tech Environment Body & Soul Art & Design Culture Lifestyle Entertainment People Features
News & ViewsHeadlinesNationalArchipelagoBusinessJakartaWorldSportsExposeOpinionReaders’ forum

HomeCompany ProfileOnline Media KitPrint Media KitWeekender Media KitAbout UsContact UsSite Map

Copyright 2008 The Jakarta Post – PT Bina Media Tenggara. All Rights Reserved.

var gaJsHost = ((“https:” == document.location.protocol) ? “https://ssl.” : “http://www.”);document.write(unescape(“%3Cscript src=’” + gaJsHost + “google-analytics.com/ga.js’ type=’text/javascript’%3E%3C/script%3E”));try {var pageTracker = _gat._getTracker(“UA-8353993-1″);pageTracker._trackPageview();} catch(err) {}

Source: the jakarta post

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Death toll in Colombia landslide reaches 21.


Guardiola Enggan Balas Serangan Ibrahimovic

Posted: 06 Nov 2011 06:01 PM PST

110346 pep guardiola 300 225 Guardiola Enggan Balas Serangan Ibrahimovic

Pelatih Barcelona, Pep Guardiola, enggan menanggapi kritik dari mantan striker Barcelona, Zlatan Ibrahimovic. Kritik itu tertuang dalam autobiografi Ibrahimovic yang akan segera terbit.

“Saya tidak punya komentar apa-apa. Dan saya tidak ingin menjadikan masalah ini menjadi masalah pribadi. Saya hanya ingin berterima kasih atas segala yang telah ia berikan kepada kami pada saat ia membela Barcelona,” kata Guardiola dilansir Tribal.

Sebelumnya, Ibra membeberkan alasannya hengkang dari Barcelona. Melalui buku otobiografinya, striker AC Milan itu menegaskan sikap Josep Guardiola sebagai alasan utamanya meninggalkan Camp Nou.

Ibrahimovic hanya bertahan satu musim di Barcelona sejak dibeli dari Inter Milan pada 2009. Striker 29 tahun itu dipinjamkan ke AC Milan pada musim berikutnya, dan resmi dikontrak I Rossoneri musim ini.

Ibra mengaku bergabung dengan Barcelona adalah impiannya sejak kecil. Namun, semuanya berubah karena sosok Josep Guardiola. Ibra menegaskan Guardiola tidak pernah mendengarkan masukannya dan menganakemaskan Lionel Messi.

“Awalnya ini berjalan baik, tapi kemudian Messi mulai ‘berbicara’. Dia ingin bermain di tengah, bukan di sayap. Sehingga formasi berubah dari 4-3-3 ke 4-5-1. Saya dikorbankan dan tidak lagi memiliki kebebasan yang saya butuhkan untuk berhasil di lapangan,” ujar Ibrahimovic.

Ibra kemudian berusaha berbicara kepada Guardiola dan mengatakan bahwa keputusannya salah. Namun, striker internasional Swedia itu justru sering dicadangkan dan mulai dijauhi oleh Guardiola.

“Ketika saya masuk ke sebuah ruangan, ia memilih pergi. Dia menyapa setiap pemain, tapi dia mengabaikan saya. Saya berusaha untuk beradaptasi. Tapi pemain Barcelona seperti anak sekolah yang selalu mengikuti perintah pelatih. Sedangkan saya sudah terbiasa untuk bertanya ‘mengapa?’” tegas Ibra.

Source: vivanews

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Guardiola Enggan Balas Serangan Ibrahimovic.


Dari Louis Chevrolet hingga truk Colorado

Posted: 06 Nov 2011 06:01 PM PST

Berita Terkait
Penghormatan Indianapolis untuk 100 Tahun Chevrolet Chevrolet Colorado pilih lahir di “negeri pick-up” Chevrolet Thailand “deg-degan” soal banjir”Doubel Cabin” Chevrolet Colorado hadir awal 2012GM Korea “recall” hampir 100 ribu Kendaraan
Gallery Foto Terkait

 Jakarta (ANTARA News) – Martin Apfel, petinggi General Motors Thailand, belum lama ini menyambut kunjungan 30 wartawan ASEAN di pabriknya.

Apfel tentunya punya kesempatan untuk mengawali sambutan dengan bicara panjang lebar soal teknis pabrik tersebut, tapi dia memilih untuk menuturkan pengalaman anak buahnya  saat banjir melanda “ibu kota negeri gajah putih” itu.

“Inilah saat pembentukan karakter bagi kami,” kata Apfel yang menjabat Presiden GM Thailand and Chevrolet Sales Thailand.

Pabrik-pabrik General Motors terletak di Rayong, sekitar 2 jam berkendara dari Bangkok dan jauh dari banjir. Meski pabrik itu tak kena banjir, sebagian karyawan justru terlibat untuk membantu penanggulangan banjir di Bangkok.

Apfel mencontohkan, salah satu pabrik mereka yaitu pabrik mesin duramax diesel baru beberapa bulan lalu diresmikan, tapi dari total 500 karyawan,   150 di antaranya bekerja untuk membantu masyarakat yang terkena banjir.

General Motors Thailand bahkan membentuk crisis center untuk mengerahkan bantuan kepada masyarakat dan pemasok-pemasok mereka.  

“Yang paling Ironis, saat banjir justru yang paling anda butuhkan adalah air,” katanya. Di Bangkok, air kemasan sangatlah langka karena pasokan terhenti akibat banjir, demikian pula pabrik-pabrik air mineral.

Para karyawan General Motors yang tidak berada di pabrik mereka melakukan kerja seperti memasok air bersih untuk warga.  Armada bus tersedia kapanpun ada warga yang memerlukan.

Seorang karyawan dengan cepat merancang “toilet banjir”, jamban bergerak di atas air. “Begitu diuji coba ternyata berfungsi, segera kami buat beberapa dan langsung dipergunakan warga,” kata  Apfel yang  berseragam pakaian berkerah dengan lengan pendek, sama seperti semua anak buahnya.

Apfel sebelumnya adalah Executive Director of Global Manufacturing Strategy and Planning di General Motors dan memulai kariernya  dari Adam Opel, salah satu merek  yang dimiliki General Motors.

Dia mengemukakan tawaran bantuan juga mengalir dari berbagai perusahaan General Motors di berbagai negara. Jejaring sosial menjadi alat komunikasi yang sangat berguna untuk mengetahui perkembangan terbaru dari para anak buah yang berada di lokasi banjir.

“Para karyawan terus melaporkan situasi terakhir dan yang mereka lakukan. Saya jadi bangga sebagai anggota tim ini,” kata Apfel yang berkebangsaan Jerman tersebut. Total ada 3.500 pekerja GM Thailand yang semuanya di bawah kepemimpinan Apfel.

Warisan semangat
Banjir di Thailand datang bersamaan ketika General Motors di seluruh dunia memperingati  100 tahun Chevrolet, salah satu merek keluarga besar mereka. Di Asia Tenggara, General Motors menamakan semua produk mereka dengan merek Chevrolet.

Chevrolet  adalah merek yang diambil dari nama Louis Chevrolet,   pembalap tenar awal abad 20 di Amerika Serikat sekaligus perancang kendaraan. Louis lahir di Swiss dan besar di Prancis sebelum berimigrasi ke Amerika Serikat.

Pendiri General Motors, Williams C. Durant melihat peluang untuk menggunakan nama tenar pembalap tersebut.  Durant membujuk Louis untuk membangun merek Chevrolet, dan pada 3 November 1911 lahirlah merek tersebut. Louis yang merancang badan serta mesin kendaraan pertama merek tersebut.

Mobil pertama bermesin 6 silinder itu tidak terlalu laku, bukan karena kualitasnya tapi harganya yang lebih mahal dibandingkan merek yang paling berkuasa saat itu, Ford model “T”.

Menurut penelusuran New York Times,  Louis keluar dari perkongsian itu pada September 1913. Salah satu penyebabnya, Durant meminta Louis untuk membuat model yang lebih murah agar bisa bersaing dengan Ford, tapi Louis menolak namanya diasosiasikan dengan kendaraan murah. Dia memilih untuk menjual sahamnya di Chevrolet kepada Durant.

Durant melanjutkan merek Chevrolet. Model yang tadinya berjuluk jenis “C”, diganti dengan jenis “D” dengan pilihan 8 silinder atau 4 silinder yang akhirnya mengalahkan penjualan Ford. Sejak itu Chevrolet menjadi ikon Amerika Serikat dengan berbagai model.

Bagaimana dengan Louis? dia bersama saudaranya, Gaston dan Arthur terus menekuni dunia otomotif dengan membuat dua merek mobil, Cornelian dan Frontenac. Mereka bertiga juga aktif di dunia balap.

Gaston memenangi balap Indianapolis 500 tahun 1920 tapi selanjutnya tewas dalam kecelakaan saat balap. Louis pun undur diri dari dunia otomotif, beralih  ke pesawat terbang dan balap perahu motor. Dia merancang mesin pesawat bersama  Arthur Chevrolet.

Louis dan Arthur kemudian bekerja sama dengan Glenn L Martin dan membentuk Martin Marietta atau yang sekarang disebut Lockheed Martin.

Sepanjang petualangannya berkarya di dunia mesin bermotor, Chevrolet bersaudara tak pernah lama dalam bermitra dan akhirnya meninggal tahun 1941 di Detroit. Saat itu dia sudah tak punya harta dan terlupakan.

Di lain pihak, merek Chevrolet terus berkembang dan budaya pop  menggunakan Chevrolet untuk menggambarkan semangat dan jiwa  Amerika Serikat.

Tahun 2003, GM mencatat ada 200 lagu yang menyebut Chevrolet, mulai dari Beach Boys (“Nothing can touch my 409″) dan “American Pie” dari Don McLean. Belum lagi film-film yang menggunakan Chevy. Elvis Presley saat tampil di layar lebar paling terkenal dengan chevy Corvette.

Merek Chevrolet juga turut mengantarkan General Motors kini menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar. GM yang bermarkas di Detroit, Amerika Serikat, kini memiliki 208 ribu karyawan dengan pabrik tersebar di 30 negara dan pemasaran di 130 negara. GM memiliki merek Buick, Cadillac, Chevrolet, GMC, Daewoo, Holden, Isuzu, Opel, Vauxhall, Baojun, Wuling, Jiefang.

Manufaktur regional
Di Indonesia, GM pada pertengahan dasawarsa 90-an hadir lewat merek Opel dan meluncurkan sedan Optima dan Vectra, MPV Zavira serta SUV Blazer. Seiring reorganisasi GM, merek Opel di Indonesia diganti dengan Chevrolet.

Di lain pihak, negara tetangga kita, Thailand, dipilih General Motors atau Chevrolet sebagai basis manufaktur regional. Di tahun itu juga pabrik manufaktur seharga 750 juta dolar AS dibangun di provinsi Rayong.

Perkembangan GM di Asia Tenggara mengharuskan perusahaan itu pada tahun 2006 memperluas area produksi sekaligus mendirikan fasilitas pengecatan.

Bersamaan dengan suasana menyambut 100 tahun Chevrolet, belum lama ini General Motors melahirkan pick-up Chevrolet  All New Colorado dan Thailand dipilih menjadi tempat kelahiran kendaraan angkut itu.

“Negeri terbesar untuk pick-up di dunia adalah Thailand. Itu alasan kami memproduksi pick-up di negara ini,” kata Apfel.

Kendaraan itu akan dibuat di berbagai pabrik GM di dunia dan akan dijual secara global di 60 negara termasuk Amerika Serikat.

GM menginvestasikan 200 juta dolar untuk membuat pabrik mesin All New Colorado. Pabrik itu berada di sebelah pabrik-pabrik lainnya milik GM.

Pabrik tersebut memproduksi mesin Duramax diesel 2.500 cc dan 2.800 cc. Mesin yang dihasilkan adalah dari “global supply chain” yaitu pasokan dari 92 pabrik di 17 negara, terbanyak dari Thailand yaitu 25 pemasok.

Lalu kenapa namanya Colorado, salah satu wilayah di Amerika Serikat, dan bukan nama yang lebih global atau lokal di negara masing-masing?

“Nama ini dipilih karena ingin mewariskan semangat Chevrolet yang punya sejarah 100 tahun untuk truk. Nama ini yang kami anggap paling cocok,” kata chief engineer Colorado, Roberto Rempel.
(A038)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Ekubis

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Dari Louis Chevrolet hingga truk Colorado.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com