11.13.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Berlusconi Mundur, Roma Gegap-gempita

Posted: 12 Nov 2011 06:11 PM PST

0052075620X310 Berlusconi Mundur, Roma Gegap gempita AFP Silvio Berlusconi.

ROMA, KOMPAS.com – Silvio Berlusconi mundur dari jabatan Perdana Menteri Italia, Sabtu (12/11/2011), setelah 17 tahun memegang jabatan tersebut. Mundurnya Berlusconi akan memberi jalan bagi pemerintah darurat menyelematkan kehancuran ekonomi.

Pengunduran diri Berlusconi disambut meriah ribuan pemrotes di Kota Roma. Lebih dari seribu pengunjuk rasa telah berkumpul di kediaman presiden di Quidrinale Palace tempat diumumkannya pengunduran tersebut. Kegembiraan massa pecah ketika mereka mendengar Berlusconi telah meletakkan jabatan dan lapangan tersebut menjadi tempat pesta.

Demonstran juga berkumpul di luar kantor perdana menteri dan gedung parlemen, dan mengejek para menteri saat para pejabat itu berjalan di antara kedua gedung tersebut. Satu kelompok kecil pengunjuk-rasa pro-Berlusconi berkumpul di luar kediamannya tapi jumlah mereka kalah banyak dibandingkan para penentang Berlusconi.

Presiden Geiorgio Napolitano dijadwalkan berkonsultasi dengan para pemimpin politik Minggu pagi waktu setempat. Ia diperkirakan bakal meminta Mario Monti untuk membentuk pemerintah baru malam ini juga.

Mario Monti, yang dilahirkan pada 19 Maret 1943, adalah politikus dan ahli ekonomi Italia. Ia menjadi Komisaris Eropa selama dua masa jabatan berturut-turut dan diangkat sebagai rektor dan pemimpin Bocconi University. Ia saat ini menjadi Senator di Senat Italia dan telah dipandang sebagai calon pengganti Silvio Berlusconi.

Italia, negara dengan ekonomi terbesar ketiga di Eropa, nyaris terjerumus ke dalam bencana pada pekan lalu, ketika dana obligasi 10 tahun melonjak melampaui 7,6 persen. Kondisi yang sama memaksa Irlandia, Portugal dan Yunani meminta dana talangan internasional.

Sumber :
ANT

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Berlusconi Mundur, Roma Gegap-gempita.


Kronologis dan Fakta Seputar Penangguhan Pembebasan Hafiz dan Paskah

Posted: 12 Nov 2011 06:11 PM PST

Minggu, 13 2011 08:48 WIB

JAKARTA: Hari ini adalah tepat dua pekan setelah penangguhan pembebasan bersyarat dua terpidana kasus cek pelawat pemilihan Deputi Gubernur BI Miranda Swaray Gultom, yakni Ahmad Hafiz Zawawi dan Paskah Suzetta.

Namun banyak kisah beredar di seputar penangguhan ini. Dari kronologis yang keduanya susun itu, banyak hal kemudian menjadi terang benderang.

Pertama, SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan bahwa keduanya dapat menjalani pembebasan bersyarat tanggal 30 Oktober 2011. Seluruh persyaratan telah mereka penuhi guna memperoleh Pembebasan Bersyarat itu.

Penyerahan kepada kejaksaan untuk pengawasan pembebasan bersyarat dan penyerahan kepada Rumah Tahanan (Rutan) telah dilaksanakan pada 28 Oktober 2011.

Kepala Rutan Cipinang Suharman bahkan sudah mengeluarkan surat pembebasan. Seluruh proses administrasi pembebasan internal Rutan sudah dilakukan pada 29 Oktober 2011.

Namun pada 30 Oktober 2011 pukul 05.45 WIB saat telah siap keluar dari tahanan dalam rangka menjalani Pembebasan Bersyarat, petugas administrasi Rutan menyampaikan perintah lisan dari Kepala Rutan bahwa pembebasan tidak bisa dilakukan sampai menunggu kebijakan lebih lanjut.

Tapi pada saat bersamaan, yakni Minggu 30 Oktober 2011, sekitar pukul 00.02 di LP Salemba telah dibebaskan empat orang dalam kasus dan vonis yang sama yaitu, TM Nurlif, Reza Kamarulah, Baharudin Aritonang, dan Asep Sudjana.

Juga untuk kasus yang sama, Danial Tanjung telah menjalani pembebasan bersyarat dari Rutan Cipinang pada 26 Oktober 2011.

Dalam keterangan pada pers, Wamenkum dan HAM mengatakan bawah pembebasan bersayarat hanya diberikan selektif kepada whistle blower, terpidana Agus Condro. Padahal pada waktu yang bersamaan, lima tahanan lainnya seperti disebut sebelumnya, telah menjalani pembebasan bersyarat.

Barulah pada Senin, 31 Oktober 2011 pukul 19.30, diperlihatakan Surat Edaran yang ditandatangani PLT Dirjen Pemasyarakatan yang antara lain isinya menyebutkan menangguhkan pelaksanaan pembebasan bersyarat, usulan pembebasan bersyarat dan usulan remisi serta pelaksanaan asimiliasi. (Uud/OL-3)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kronologis dan Fakta Seputar Penangguhan Pembebasan Hafiz dan Paskah.


Hendardji dan Ajakan Keluar dari Kesemrawutan Jakarta

Posted: 12 Nov 2011 06:06 PM PST

 Hendardji dan Ajakan Keluar dari Kesemrawutan Jakarta Kompas.com/Josephus Primus Hendardji Soepandji.

JAKARTA, KOMPAS.com – Satu nama kembali menyeruak dan siap meramaikan kancah Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta 2012 mendatang yaitu Hendardji Supandji. Salah satu visi dan misi darinya adalah segera keluar dari keadaan Jakarta yang semrawut.

"Jakarta sudah semrawut, kita harus cepat keluar dari krisis. Kita harus cepat ambil jalan keluar kalau tidak bisa berakhir nanti," kata Hendardji saat pemaparan "Bangun Jakarta untuk Masyarakat Sejahtera, di Red Top Hotel, Jakarta, Sabtu (12/11/2011).

Ia menjanjikan akan mengedepankan strategi manajemen krisis untuk membangun Jakarta. Menurutnya, pemimpin Jakarta harus mempelajari dan memahami masalah yang membelit Jakarta sehingga dapat memberikan solusi yang sesuai. Ia mengilustrasikan keadaan Cina saat ini jauh berbeda dengan beberapa tahun silam. Hal ini karena Cina mau belajar dan memahami situasi lingkungan yang ada sebagai titik awal untuk membenahi kota.

"Seperti Cina, seiring dengan berkembangnya perbaikan tata kota, kebersihan meningkat, perekonomian dan bidang ketahanan keamanan juga meningkat. Bahkan 2007 dan 2008 Cina memiliki cadangan devisa tertinggi di dunia," jelasnya.

Menurutnya, kehidupan masyarakat harus digerakkan. Salah satunya dengan menata keberadaan daerah kumuh, baik dari segi lingkungan maupun masyarakatnya. Dengan membenahi daerah kumuh serta membekali masyarakatnya dengan hal-hal yang bermanfaat, kata dia, dapat meningkatkan taraf hidup mereka yang akan berimbas pada berkurangnya angka kemiskinan.

Untuk memuluskan langkahnya menuju pencalonan DKI-1, Hendardji masih melakukan pendekatan kepada partai-partai besar. Langkahnya tak mudah, karena harus bersaing dengan sejumlah nama yang telah menyatakan niat maju, baik dari kalangan parpol, maupun independen. Sebut saja, pasangan Faisal Basri-Biem Benyamin yang mantap pada jalur independen. Kemudian, Nono Sampono yang juga sedang melakukan penjajakan partai. Selanjutnya, Prya Ramadhani dan Tantowi Yahya yang masih menunggu keputusan dari Partai Golkar. Ada pula nama Nachrowi Ramli dari Partai Demokrat dan Tri Wisaksana dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Hendardji dan Ajakan Keluar dari Kesemrawutan Jakarta.


Dubes Frota: RI-Portugal miliki hubungan sejarah tersendiri

Posted: 12 Nov 2011 06:06 PM PST

“Tahun ini merupakan peringatan 500 tahun masuknya Portugal di wilayah Asia, termasuk Indonesia pada 1511 yang selalu kami kenang dan peringati dengan cara berbeda di beberapa tempat di Indonesia,” kata Dubes Frota dalam percakapannya dengan ANTARA di Kupang, Minggu.

Dubes Frota bersama isterinya Ny Arlinda Frota berada di Builaran, sebuah perkampungan sunyi dan terpencil di wilayah Kecamatan Sasitamean, sekitar 60 km selatan Atambua, ibu kota Kabupaten Belu atau sekitar 450 km timur Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selama dua hari dari 10-11 November 2011.

Keberadaan Dubes Portugal bersama isterinya di pusat kerajaan Liurai Malaka Wehali di Builaran itu untuk memperingati hubungan kekerabatan antara Portugal dengan Liurai (Raja) Malaka Wehali yang dibangun sejak 500 tahun lampau sejak kongsi kapal Portugal pimpinan Alfonso De Albuquerque menginjakan kakinya di Pulau Baramatus (sekarang Pulau Timor) untuk berdagang dan menyebarkan ajaran Agama Katolik pada 1511.

“Nuansa peristiwa seperti dengan para Liurai Malaka Wehali di Builaran, kami lakukan juga di Tugu, Jakarta Utara dan Ternate, Maluku dengan warga setempat beberapa waktu lalu dalam tahun ini untuk mengenang hubungan kekerabatan antara Portugal dan Indonesia,” kata Dubes Frota .

“Ada beberapa tempat peninggalan bersejarah dari Portugal di Indonesia, seperti di Pulau Solor dan Larantuka di Kabupaten Flores Timur sudah kami kunjungi juga untuk mengenang sejarah masa lalu yang ditinggalkan Portugal,” katanya menambahkan.

Ia mengatakan benda-benda pusaka yang ada di pusat kerajaan Liurai Malaka Wehali di Builaran, sebagai tanda bukti adanya hubungan kekerabatan antara Portugal dan Indonesia pada masa lalu.

“Meskipun berada di wilayah terpencil, saya bersama isteri merasa sangat bahagia…Kami merasa seperti berada di rumah sendiri, karena mereka (Liurai Malaka Wehali) juga adalah saudara-saudara kami juga,” katanya.

Dubes Frota menambahkan suasana yang sama juga dialaminya ketika selama empat hari di Kesultanan Ternate, beberapa waktu lalu.

“Kami diterima dengan begitu baik seperti saudara sendiri, karena sejarah masa lalu telah meletakan dasar-dasar akan adanya hubungan kekerabatan antara Portugal dengan Indonesia, terutama dengan penguasa wilayah dalam sebuah kerajaan,” ujarnya.

“Kami mengetahui begitu banyak keanekaragaman budaya dan keharmonisan di Indonesia ketika berkunjung ke daerah-daerah bekas peninggalan Portugal itu,” katanya dan menambahkan Indonesia adalah negara yang demokratis dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya pada masa lalu.

Menurut Dubes Frota, ada satu hal yang dinilainya paling bernilai di pusat Kerajaan Liurai Malaka Wehali di Builaran adalah Bendera Merah Putih yang diberikan langsung oleh Presiden Soekarno kepada Liurai Malaka Wehali pada 1953.

“Presiden Soekarno berkenan datang sampai ke pusat Kerajaan Liurai Malaka Wehali di Builaran untuk menyerahkan Bendera Merah Putih sebagai lambang telah berakhirnya kolonialisme di Indonesia, karena negeri serumpun Melayu ini telah berdiri menjadi sebuah negara merdeka pada 1945,” katanya.

Bendera Merah Putih itu masih tersimpan rapi di rumah besar (uma bot) Liurai Malaka Wehali yang saat ini ditempati oleh Dominikus Tei Seran, keturunan ke-15 Liurai Malaka Wehali.

Bendera Merah Putih yang warnanya sudah kusam itu pernah dikibarkan oleh Yoseph Aryanto Ludoni, cucu kandung dari Uduk Liurai di Biudukfoho yang keratonnya bernama Tafatik Ai Lotuk di Laran, di halaman depan Yayasan Purnama Kasih (Yaspurka) Kupang pada peringatan Sumpah Pemuda beberapa waktu lalu.

Duta Besar Indonesia berkuasa penuh untuk negara Cuba, Bahama dan Jamaika Foun Cornelis Tei Seran yang juga adalah putra asli Builaran itu, berjanji akan membawa putri Bung Karno, Megawati Soekarnoputri yang juga mantan Presiden RI ke Builaran, tahun depan.

“Seharusnya Ibu Mega sudah datang saat ini bertepatan dengan peringatan hubungan kekerabatan antara Portugal dan Liurai Malaka Wehali di Builaran, tetapi putri sulung Presiden RI pertama itu masih berhalangan. Beliau (Ibu Mega) sudah berjanji ke Builaran, tahun depan,” katanya.

Foun Cornelis Tei Seran bersama Direktur Yayasan Purnama Kasih (Yaspurka) Kupang Yoseph Aryanto Ludoni yang memprakarsai kedatangan Duta Besar Portugal untuk Indonesia Carlos Manuel Leitao Frota bersama isterinya ke Builaran. (*)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Dubes Frota: RI-Portugal miliki hubungan sejarah tersendiri.


Massa serang misi diplomatik di Suriah

Posted: 12 Nov 2011 06:05 PM PST

Mereka mengatakan, ratusan orang meneriakkan slogan-slogan mendukung Presiden Bashar al-Assad, mengalahkan penjaga dan masuk ke kedutaan Arab Saudi di Abu Rummaneh, tiga blok dari kantor Bashar al-Assad di salah satu daerah yang paling banyak diawasi di ibu kota, lapor Reuters.

“Kami mengorbankan darah dan jiwa kami untuk anda, Bashar,” teriak massa, kata warga sekitar.

Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan dalam satu pernyataan bahwa kelompok demonstran itu “berkumpul di luar kedutaan, melempari batu, kemudian menyerbu gedung”.

Pernyataan dimuat oleh Saudi Press Agency (SPA), mengatakan pasukan keamanan Suriah “tidak mengambil tindakan untuk menghentikan mereka merampok kedutaan “.

Pernyataan menambahkan bahwa para demonstran tetap berada di dalam kedutaan untuk beberapa saat sebelum mereka diperintahkan keluar oleh pihak keamanan Suriah.

“Kerajaan Arab Saudi mengecam keras insiden ini dan meminta otoritas Suriah bertanggung jawab atas keamanan dan perlindungan kepentingan Saudi dan warganya di Suriah”.

Arab Saudi menarik duta besarnya dari Damaskus pada Agustus, ketika Raja Abdullah menuntut mengakhiri penindasan.

Serangan serupa terjadi di Latakia, 330 kilometer (210 mil) utara Damaskus di pantai Mediterania, di mana konsulat Prancis dan Turki menjadi sasaran kemarahan orang banyak, kata penduduk.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis mengatakan, Prancis hanya memiliki konsulat di Latakia dan ia tak tahu konsulat itu diserang.

Dia mengutip duta besar Prancis untuk Suriah pada Sabtu malam mengatakan, bahwa ia tidak tahu ada serangan terhadap diplomatik Prancis atau kepentingan mereka di Suriah.

Serangan itu terjadi setelah jam Liga Arab menangguhkan keanggotaan Suriah karena gagal untuk melaksanakan janji menghentikan tindakan kekerasan bersenjata selama delapan bulan, demonstrasi pro-demokrasi, dan membuka dialog dengan lawan-lawannya.

Seorang diplomat senior di Damaskus menegaskan adanya serangan itu.

“Mereka merusak kedutaan Saudi. Kami tidak memiliki gambaran penuh mengenai Latakia, tapi serangan yang muncul di sana benar-benar buruk,” kata diplomat itu.

Satu kerumunan orang menggelar demonstrasi pro-Assad di depan kedutaan Qatar di Damaskus pada hari sebelumnya. Qatar saat ini adalah ketua Liga Arab. (AK/C003)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Massa serang misi diplomatik di Suriah.


Berlusconi mundur, rakyat bergembira di Roma

Posted: 12 Nov 2011 05:54 PM PST

Berlusconi, yang gagal meraih mayoritas dalam pemungutan suara menentukan pada Selasa (8/11), meletakkan jabatan perdana menteri setelah parlemen mensahkan satu paket tindakan yang dituntut oleh mitra Eropa Italia guna memulihkan kepercayaan pasar pada keuangan Italia –yang bermasalah, demikian laporan Reuters.

Lebih dari seribu pengunjuk-rasa sambil mengibarkan spanduk yang mengejek Berlusconi berkumpul di kediaman presiden di Quidrinale Palace sementara iring-iringan kendaraan bermotor yang membawa pengusaha media tersebut –yang telah menjadi perdana menteri paling lama di Italia–memasuki tempat itu.

Kerumunan massa kian tak terkendali sehingga Berlusconi pergi secara diam-diam melalui pintu samping dan kembali ke tempat tinggal pribadinya, kata Reuters –yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad pagi.

Kegembiraan massa pecah ketika mereka mendengar Berlusconi telah meletakkan jabatan dan lapangan tersebut menjadi tempat pesta.

Orang-orang menyanyi, menari dan sebagian membuka tutup botol champagne, katanya.

Satu rombongan pemain musik pun beraksi. “Kami ada di sini untuk bergembira,” kata seseorang di sana.

Demonstran sambil berteriak “mundur, mundur, mundur” juga berkumpul di luar kantor perdana menteri dan gedung parlemen, dan mengejek para menteri saat para pejabat itu berjalan di antara kedua gedung tersebut.

Satu kelompok kecil pengunjuk-rasa pro-Berlusconi berkumpul di luar kediamannya tapi jumlah mereka kalah banyak dibandingkan para penentang Berlusconi.

Setelah pengunduran diri itu, ratusan orang sambil berteriak “Penjara, Penjara, Penjara”, bergerak dari istana presiden ke tempat tinggal Berlusconi untuk melanjutkan perayaan di bawah jendela rumah multi-jutawan Italia tersebut.

“Ini adalah keadaan yang sangat membuat saya sedih,” kata Berlusconi kepada para pembantunya sebagaimana dikutip kantor berita Ansa.

Presiden Geiorgio Napolitano dijadwalkan berkonsultasi dengan para pemimpin politik Ahad pagi waktu setempat, 08:00 GMT (15:00 WIB).

Ia diperkirakan bakal meminta Mario Monti untuk membentuk pemerintah Ahad malam.

Mario Monti –yang dilahirkan pada 19 Maret 1943– adalah politikus dan ahli ekonomi Italia. Ia menjadi Komisaris Eropa selama dua masa jabatan berturut-turut dan diangkat sebagai rektor dan pemimpin Bocconi University. Ia saat ini menjadi Senator di Senat Italia dan telah dipandang sebagai calon pengganti Silvio Berlusconi.

Italia, ekonomi terbesar ketiga di zona euro, nyaris terjerumus ke dalam bencana pada pekan lalu, ketika dana obligasi 10-tahun melonjak melampaui 7,6 persen, kondisi yang memaksa Irlandia, Portugal dan Yunani meminta dana talangan internasional. (*)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Berlusconi mundur, rakyat bergembira di Roma.


Kecelakaan, Tangan Kelly Clarkson Terbakar!

Posted: 12 Nov 2011 05:48 PM PST

7596f6937365e5a31b0f1e962fc70b9d L Kecelakaan, Tangan Kelly Clarkson Terbakar!

LOS ANGELES Penyanyi sang satu ini terpaksa harus mengurangi aktivitas yang dilakukan dengan tangan, lantaran kecelakaan kecil yang dialaminya beberapa waktu lalu. Akibat terkena air panas, tangan Kelly Clarkson melepuh sehingga terpaksa harus diperban.

Dilansir dari contactmusic, Kelly mengalami sedikit kecelakaan sehari sebelum promosi albumnya yang bertajuk Stronger di Inggris pada Minggu (13/11) lalu. Saat itu dia dijadwalkan akan tampil dalam konser bertajuk The Borderline demi mengenalkan album terbaru tersebut.

Sayangnya, malang menimpa pelantun tembang Since U Been Gone tersebut. Saat akan mengambil teh sehari sebelumnya, teh yang diambilnya malah tumpah dan mengenai tangannya. Karena air yang digunakan untuk membuat teh tersebut masih mendidih, alhasil tangan Kelly pun jadi korban.

Walaupun tampil dengan tangan berbalut perban, namun hal itu tidak mengurangi kelincahan Kelly di atas panggung. dia tetap tampil memukau dalam konsernya dan membuat penggemarnya berdecak kagum dengan 16 lagu yang dibawakannya dalam konser hari kamis itu. [int]

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kecelakaan, Tangan Kelly Clarkson Terbakar!.


Indonesia berharap AS tingkatkan kerjasama dengan ASEAN

Posted: 12 Nov 2011 05:48 PM PST

Dalam sesi dialog pada acara APEC CEO Summit 2011 di Hotel Sheraton Waikiki, Honolulu, Kepulauan Hawaii, Sabtu waktu setempat atau Minggu pagi waktu Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan sudah saatnya bagi Amerika Serikat untuk tidak hanya memandang China, Jepang, dan India sebagai partner kerjasama yang sudah terbangun di kawasan Asia.

“Tapi juga Asean. Saya kira sudah saatnya Amerika Serikat meningkatkan keterlibatan kerjasama dengan Asia, Asia Timur, termasuk Asean,” ujarnya.

Menurut Presiden, ekonomi di kawasan Asia Tenggara saat ini tumbuh dengan baik dan terdapat beragam bidang kerjasama bagi Amerika Serikat untuk ditingkatkan.

Dengan bergabungnya Amerika Serikat dan Rusia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur sebagai partner Asean di Bali pada 17-19 November 2011, Presiden berharap kedua negara itu bisa lebih berperan dalam berbagai bidang kerjasama dengan Asean.

Kepala Negara pun menyampaikan keyakinannya bahwa Amerika Serikat masih menyimpan kekuatan yang besar dan bersama-sama dengan Asia yang kini menjadi motor pertumbuhan ekonomi dunia bisa mewujudkan kestabilan dan kemakmuran di kawasan Asia Pasifik.

“Oleh karena itu menurut saya kalau kita sepakat membangun keseimbangan yang dinamis di Asia Pasifik maka Amerika Serikat bisa menjadi `main player` untuk memastikan kawasan ini tumbuh secara ekonomi, politik dan keamanan, juga menangani isu-isu global lain,” tuturnya.

Di bawah keketuaan Amerika Serikat pada 2011, APEC mengambil tema “21 Economics for the 21st Century” dengan tiga agenda prioritas yaitu memperkuat integrasi ekonomi kawasan dan meningkatkan perdagangan, mengampanyekan pertumbuhan ekonomi hijau berbasis lingkungan, serta meningkatkan konvergensi peraturan dalam kerjasama ekonomi. (D013/A014)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Indonesia berharap AS tingkatkan kerjasama dengan ASEAN.


Indonesia Coba Akhiri ‘Kutukan’ Gajah Putih

Posted: 12 Nov 2011 05:33 PM PST

130646 indonesia vs kamboja di sea games 2011 300 225 Indonesia Coba Akhiri Kutukan Gajah Putih

Thailand menjadi musuh bebuyutan Indonesia di pentas SEA Games. Tim Gajah Putih acap kali merepotkan langkah Indonesia sejak multievent olahraga terakbar se-Asia Tenggara ini digelar pada 1977.

Sejauh ini, rekor pertemuan kedua tim di SEA Games masih berpihak kepada Thailand. Dari 16 kali pertemuan, Indonesia hanya mampu menang sebanyak 3 kali. Dua pertemuan berakhir dengan hasil imbang. Sedangkan sisanya dimenangkan Thailand.

Anehnya, saat berada satu grup dengan Thailand di babak penyisihan, Indonesia selalu kesulitan melaju ke semifinal. Dari enam kali kedua tim berada satu grup, Indonesia hanya mampu lolos ke semifinal sebanyak dua kali saja.

Pertama terjadi pada SEA Games 1979. Saat itu, Indonesia kalah 1-3 di babak penyisihan, namun tetap melaju hingga ke final. Di babak play-off menuju final, Indonesia menang 3-1 lewat adu penalti setelah di babak normal bemain 0-0.

Selanjutnya, Indonesia juga sukses melewati hadangan Thailand di SEA Games 1987. Saat itu, Indonesia bermain imbang 0-0 di penyisihan Grup B. Di babak final, Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor tipis 1-0.
 
Pada SEA Games 2011, Indonesia kembali satu grup dengan Thailand. Kedua tim akan bertemu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu malam, 13 November 2011.

Langkah Tim Merah Putih kali ini lebih mulus dari Thailand. Pasukan Rahmad Darmawan sukses merebut dua kemenangan beruntun yakni atas Kamboja 6-0 dan Singapura 2-0.

Thailand boleh dikatakan kurang beruntung. Di laga perdana, pasukan Prapol Pongpanich menyerah 1-2 dari juara bertahan Malaysia. Sedangkan di laga kedua, Thailand berhasil bangkit dan mengalahkan Kamboja dengan skor telak 4-0.

“Tidak ada yang berubah dengan kekuatan Thailand. Mereka merupakan tim yang solid dan pintar dalam memainkan ritme, baik dalam menyerang maupun bertahan. Ini yang harus dicermati anak-anak,” kata RD, Sabtu 12 November 2011.

Dengan mengantongi dua kemenangan, duel dini lawan Thailand memang bukanlah partai hidup mati bagi Indonesia. Pasalnya, kegagalan masih bisa ditebus Patrich Wanggai dan kawan-kawan saat bertemu Malaysia di pertandingan terakhir grup.

Namun, Rahmad tak ingin berspekulasi. Mantan asisten pelatih timnas senior itu berharap pasukannya bisa segera mengamankan tiket menuju semifinal. Caranya, dengan memetik kemenangan dalam pertarungan melawan Tim Gajah Putih.

Tak ingin kecolongan, Rahmad pun mengumpulkan setiap informasi mengenai tim Thailand. Bahkan, mantan pelatih Persija Jakarta, Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC itu, tidak melewatkan dua laga Gajah Putih di SEA Games 2011.

“Saya tidak lagi mengumpulkan data mengenai Thailand, tapi saya sudah menyaksikan mereka bermain di dua laga sebelumnya. Mereka masih tim bagus,” beber Rahmad.

Menghadapi Thailand, Garuda Muda kembali tanpa Stevie Bonsapia. Pemain Persipura Jayapura itu masih menjalani pemulihan usai menderita penyakit lambung, Selasa lalu.

Selain Stevie, kondisi pemain Papua lainnya, Titus Bonai yang sudah mengoleksi dua gol juga masih tanda tanya. Pasalnya, Tibo menderita demam dan tidak bisa mengikuti sesi latihan Sabtu, 12 November 2011.

Beruntung, cedera yang menimpa Patrich Wanggai tidak terlalu parah. Pemain Persidafon Dafonsoro yang telah mengoleksi tiga gol itu hanya mengalami memar seusai berbenturan dengan pemain Singapura, Jumat 11 November 2011.

Sementara itu, Thailand juga sudah siap tempur. Dengan koleksi satu kemenangan dari dua laga, Gajah Putih juga mamatok target poin penuh saat bertemu Indonesia.

“Kami harus meraih kemenangan, karena hasil imbang mungkin belum cukup untuk meraih tiket ke semifinal,” kata manajer Thailand, Kasem Jariyawatwong.

Kasem juga menambahkan, timnya sudah siap tampil all out meski Indonesia akan dibantu oleh pemain ke-12. “Kami akan bermain menghadapi kerumunan suporter dalam stadion. Namun, saya rasa para pemain mampu mengontrol emosi mereka,” tuturnya.

Rekor Pertemuan Indonesia vs Thailand di SEA Games
1977
Semifinal: Indonesia kalah setelah wasit menghentikan laga di menit 60

1979
Penyisihan Grup B
Indonesia vs Thailand 1-3
Play off ke final
Indonesia vs Thailand 0-0 (3-1)

1981
Semifinal: Indonesia vs Thailand 0-2

1983
Penyisihan Grup B
Indonesia vs Thailand 0-5

1985
Semifinal: Indonesia vs Thailand 0-7

1987 (Indonesia Juara)
Penyisihan Grup B
Indonesia vs Thailand 0-0

1989
Perebutan Perunggu
Indonesia vs Thailand 1-1 (9-8)

1991
Final: Indonesia vs Thailand 0-0 (4-3)

1993
Semifinal: Indonesia vs Thailand: 0-1

1995
Penyisihan Grup A
Indonesia vs Thailand 1-2

1997
Final: Indonesia vs Thailand 1-1 (2-4)

1999
tidak bertemu

2001
Semifinal: Indonesia vs Thailand: 0-2

2003
Penyisihan Grup A
Indonesia vs Thailand: 0-6

2005
Semifinal: Indonesia vs Thailand 1-3

2007
Penyisihan Grup A
Indonesia vs Thailand: 1-2

2009
Gagal lolos grup B, posisi paling buncit

Source: vivanews

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Indonesia Coba Akhiri ‘Kutukan’ Gajah Putih.


Wanda Hamidah Dukung Anak Tekuni Taekwondo

Posted: 12 Nov 2011 05:32 PM PST

Minggu, 13 November 2011 – 08:08 wibMega Laraswati – Okezone ub56gYHK0G Wanda Hamidah Dukung Anak Tekuni Taekwondo Wanda Hamidah (Foto: Yulianto)

JAKARTA – Meski dikenal sebagai artis juga duduk sebagai anggota DPRD DKI Jakarta, Wanda Hamida tak memaksakan kelima anaknya untuk mengikuti jejaknya. Kedua anaknya malah malah menonjol di bidang olahraga.

“Untuk anak saya bebasin saja mau jadi apa. Tapi karena anakku ikut ekstrakurikuler taekwondo, malah mereka berprestasi waktu ikut turnamen sekolah. Anakku perempuan, Shalimah Hakim, dua tahun berturut-turut dapat medali perak. Terus Muhammad Alfath Hakim dapet medali emas,” kata Wanda ditemui di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Diakui Wanda, olahraga bela diri yang digeluti anak-anaknya menurun dari kegemaran sang suami.

“Saya membebasin olahraga apa. Di keluarga semua suka olahraga, kebetulan aku dan suami juga dulu menekuni olahraga itu. Jadi secara langsung nurun ke anak. Tapi saya pengennya enggak mau olahraga asal bisa, tapi ada target,” imbuhnya.

Rencananya, Wanda juga ingin mengajak buah hatinya menonton pertandingan taekwondo pada gelaran SEA Games XXVI tahun ini.

“Pengen banget kalau pas saya enggak sibuk. Dan anak-anak juga enggak bentrok sama sekolah, nonton pertandingan taekwondo di SEA Games,” tandasnya.(nsa)

Source: Okezone – Celebrity

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wanda Hamidah Dukung Anak Tekuni Taekwondo.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com