11.18.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Tevez masih di Argentina

Posted: 17 Nov 2011 06:21 PM PST

20110721023304w11 Tevez masih di Argentina

Pemain sepak bola Argentina, Carlos Tevez. (FOTO.ANTARA/REUTERS/Enrique Marcarian/Files)

Pemain berusia 27 tahun itu terbang ke Argentina tanpa minta ijin kepada klubnya minggu lalu sehingga menimbulkan ketegangan lebih tinggi sejak ia menampik menjadi pemain pengganti lada laga Liga Champions lawan Bayern Munich, lapor AFP.

City meminta kepada pengacara mereka untuk melakukan aksi menyusul absennya Tevez minggu lalu serta tidak hadirnya dalam rencana pertemuan dengan klub, Senin.

Diskusi sudah diadakan antara petinggi City dan pihak Tevez serta para penasihat mereka dalam seminggu ini.

City minggu lalu menjatuhkan hukuman denda gaji empat minggu kepada Tevez — belakangan dikurangan menjadi dua minggu — karena sikapnya yang tidak terpuji saat klubnya kalah 0-2 di Bayern Munich pada 27 September.

Tevez dituduh menolak datang sebagai pemain pengganti tetapi pemain itu menampik tuduhan itu dengan mengatakan ia tidak datang karena sudah melakukan pemanasan.

Pelatih City Roberto Mancini menyatakan bahwa Tevez sudah “habis” di klub itu tetapi laporan belakangan ini di Inggris dan Italia menyebutkan bahwa ia akan diterima main lagi di Eastlands bila ia minta maaf kepada teman setimnya. (A008/A011)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Tevez masih di Argentina.


Ledakan Besar Matahari Tak Terjadi di 2012

Posted: 17 Nov 2011 06:18 PM PST

113040 letusan dahsyat matahari 300 225 Ledakan Besar Matahari Tak Terjadi di 2012

VIVAnews – Banyak orang yang merasa takut solar flare raksasa yang mematikan bisa melemparkan energi yang besar untuk menghancurkan bumi. Terlebih, fakta akurat mengungkap aktivitas matahari saat ini lerengan uapnya berada pada siklus 11 tahun. Dalam kondisi seperti ini, semua orang mempercayai bahwa 2012 merupakan saat bagi lidah matahari atau solar flare itu melemparkan energinya.
 
Tapi siklus matahari ini telah terjadi selama ribuan tahun. Setiap orang yang telah berumur 11 tahun telah melalui siklus tersebut, dan terbukti tidak merasakan bahaya seperti yang dikhawatirkan. Sebagai tambahan, puncak siklus matahari maksimal diprediksi terjadi pada akhir tahun 2013 atau awal 2014, dan bukan 2012.
 
Tapi hal terpenting adalah, solar flare terbesar pun tak memiliki cukup kekuatan untuk menghancurkan bumi secara fisik. Ini bukan berarti cuaca luar angkasa tidak berdampak bagi bumi. Meski ledakan panas dari nyala api matahari tidak membawa kerusakan bagi bumi, tapi radiasi elektromagnetik dan partikel energi tentunya dapat merusak.
 
Lidah matahari secara bertahap dapat mengubah lapisan teratas atmosfer dan menciptakan gangguan sinyal transmisi, seperti satelit GPS bumi yang dapat menyebabkan atmosfer menjadi tidak berfungsi dalam beberapa meter. Fenomena lain dihasilkan oleh aktivitas matahari menciptakan gangguan lebih merusak. Seperti diketahui sebuah ledakan besar di atmosfer matahari (CME), mendorong semburan partikel dan fluktuasi elektromagnetik ke dalam atmosfer bumi.

Flukutuasi ini dapat menyebabkan fluktuasi listrik di tanah yang dapat meniupkan transformator dalam kekuatan jaringan. Ledakan atmosfer matahari juga dapat bertabrakan dengan listrik di satelit dan mengganggu sistem tersebut.
 
Di dunia yang bergantung pada teknologi seperti saat ini, kerusakan satelit tersebut jelas sangat merugikan. Karena, sebagian besar orang bergantung pda ponsel dan kendali GPS untuk peta dan navigasi pesawat, dan kerusakan satelit itu juga dapat mematikan transaksi keuangan secara online. Jadi, masalah cuaca luar angkasa jelas merupakan hal yang serius.
 
Problem yang sama juga terjadi saat ada badai. Seseorang dapat melindungi diri setelah mendapat informasi terkini, untuk kemudian melakukan persiapan sebelum kejadian. Selama badai terjadi, pemilik rumah dapat tetap tinggal atau lari dengan mematikan listrik.

Dengan analogi yang sama, ilmuwan di NASA dan NOAA berusaha mendapatkan informasi terkini dengan cepat, untuk memberi peringatan kepada perusahaan listrik, operator luar angkasa, dan pilot pesawat, sebelum sebuah ledakan atmosfer matahari datang ke bumi. Sehingga, antisipasi pun bisa dilakukan.

Meningkatkan kemampuan memprediksi cuaca yang dilakukan beberapa dekade yang lalu merupakan salah satu alasan dilakukannya studi matahari dan cuaca luar angkasa NASA.  Kita tidak dapat mengabaikan cuaca luar angkasa, tapi kita dapat mengambil tindakan yang sesuai untuk melindungi diri kita. | Sumber: NASA.gov (eh)

Source: vivanews

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ledakan Besar Matahari Tak Terjadi di 2012.


Stok iPad 2 Dikurangi Demi Tablet Terbaru Apple

Posted: 17 Nov 2011 06:17 PM PST

vnxjUnWDk5 Stok iPad 2 Dikurangi Demi Tablet Terbaru AppleiPad 2 (sumber : Google)

CALIFORNIA – Beberapa rumor mengenai iPad 3 yang diklaim sebagai generasi terbaru dari tablet besutan Apple kian mencuat ke permukaan. Rumor terbaru menyebutkan demi meluncurkan iPad 3, raksasa elektronik Cupertino akan batasi stok iPad 2.

Menurut sumber dari rantai pemasok, tampaknya Apple akan mengendalikan persediaan iPad 2 dengan cara membatasinya, sebelum iPad 3 meluncur di tahun depan. Demikian seperti dikutip IT Pro Portal, Jumat (18/11/2011).

Analis percaya antisipasi untuk tablet generasi terbaru dari Apple yang akan meluncur pada Maret 2012, akan mempengaruhi permintaan terhadap iPad 2. Berdasarkan laporan keuangan raksasa elektronik asal Cupertino ini, perusahaan mengklaim telah menjual 11,2 juta iPad 2 hingga kuartal ketiga dan rencananya untuk menyambut liburan Natal kali ini iPad 2 akan diproduksi 15 sampai 16 juta unit.

Menurut informasi baru yang didapatkan DigiTimes, pembuat komponen iPad 2 telah menerima permintaan untuk mengurangi produksinya. Apple meminta LG Display untuk mengurangi pengirimannya dari 3 juta pada September menjadi 2,5 juta unit di bulan Oktober. Sementara Apple juga meminta Chimei Innolux selaku produsen panel untuk memangkas setengah pesanannya dari 700 ribu menjadi hanya 350 ribu unit, dalam periode yang sama.

Apple beserta para mitranya dikabarkan sedang mempersiapkan secara intensif generasi terbaru dari iPad, yang dilaporkan telah dimulai sejak bulan lalu. (tyo)

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Stok iPad 2 Dikurangi Demi Tablet Terbaru Apple.


Wen Jiabao awali KTT ASEAN+, Obama giliran terakhir

Posted: 17 Nov 2011 06:16 PM PST

20111117KTT ASEAN171111 5 Wen Jiabao awali KTT ASEAN+, Obama giliran terakhir

Presiden Indonesia, Susilo Yudhoyono (kedua kiri) berjalan bersama Sultan Brunei Darussalam, Haji Hassanal Bolkiah (kiri), Perdana Menteri Malaysia, Dato Sri Mhd Najib bin Tun Abdul Razak (ketiga kiri), PM Kamboja, Hun Sen (kedua kanan), Sekretaris Presiden Filipina, Ramon A Carandang (kanan) dan Kepala Negara/Pemerintahan lain ASEAN menuju ruangan acara pembukaan KTT ke-19 ASEAN di gedung Bali Nusa Dua Convention Centre, Nusa Dua, Bali, Kamis (17/11). (FOTO ANTARA/Widodo S Jusuf)

…ketiga negara mitra itu, ASEAN telah menjalin kerja sama selama belasan hingga puluhan tahun… nilai investasi Amerika Serikat di ASEAN pada periode sama, yang hanya 3,3 miliar dolar Amerika Serikat (8,5 persen dari total investasi Amerika SerikaPertemuan ke-14 pemimpin negara anggota ASEAN dengan China yang dijadwalkan berlangsung sekitar satu jam itu akan ditutup dengan peresmian Pusat ASEAN-China, yang dibentuk guna mendukung peningkatan kerja sama kedua pihak dalam bidang perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan, dan kebudayaan.

Setelah Wen Jiabao, Perdana Menteri Jepang, Yoshihiko Noda, akan menjadi agenda kedua pertemuan ASEAN dengan negara mitra. Dengan Jepang, hampir tidak ada konflik yang melibatkan kehadiran militer antara kedua pihak. 

Kali ini, Jepang dan ASEAN akan membahas kerja sama Keterhubungan ASEAN, peningkatan ekonomi dan perdagangan, serta upaya memperkecil kesenjangan pembangunan di antara negara-negara ASEAN. Kesenjangan ekonomi ASEAN sangat lebar, antara Singapura dan Brunei Darussalam (PDB sekitar 34.000 dolar Amerika Serikat), dan Laos yang PDB-nya hanya sekitar 700 dolar Amerika Serikat pada 2010. Jepang menjadi negara investor terbesar di ASEAN, dengan nilai investasi hingga 160 miliar dolar Amerika Serikat secara keseluruhan pada 2009.

Tema serupa juga dilakukan pada pertemuan puncak ketiga pemimpin ASEAN dengan Presiden Korea Selatan,  Lee Myung-bak. Korea Selatan juga menaruh perhatian besar pada Keterhubungan ASEAN, pertumbuhan ekonomi yang berbasis lingkungan, perdagangan, dan juga pengurangan kesenjangan pembangunan di antara negara anggota ASEAN.

Dibandingkan dengan nilai investasi Amerika Serikat di ASEAN pada periode sama, yang hanya 3,3 miliar dolar Amerika Serikat (8,5 persen dari total investasi Amerika Serikat di seluruh dunia), maka nilai investasi gabungan Jepang dan Korea Selatan sangat dominan. 
Korea Selatan memiliki industri manufaktur terkait pembangunan infrastruktur dengan kualitas sangat teruji di berbagai belahan dunia. Nilai investasi Korea Selatan di ASEAN tercatat menurun 4,5 persen pada 2009 ketimbang pada 2008 yang mendulang angka 74,7 miliar dolar Amerika Serikat.
Walau Amerika Serikat bukan negara mitra bicara, namun negara itu mendapat waktu khusus untuk berdialog dengan para pemimpin ASEAN. Pukul 16.30- 17.30 WITA adalah saat yang tersedia bagi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, untuk menemui Tuan Rumah/Pemimpin ASEAN, Presiden Susilo Yudhoyono. (*)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wen Jiabao awali KTT ASEAN+, Obama giliran terakhir.


25 tim bersaing rebut juara modifikasi Honda Jazz

Posted: 17 Nov 2011 06:14 PM PST

20111118honda 25 tim bersaing rebut juara modifikasi Honda Jazz

President Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida (kiri) dan Marketing and After Sales Service Director HPM Jonfis Fandy (kanan) melihat mobil salah satu peserta dalam kontes modifikasi Honda Jazz Tuning Contest. (ANTARA/Anyar)

Berita Terkait
Honda Jazz kuasai 33 persen pasar hatchbackHonda AS akan ekspor ke Korea?Honda Jazz makin larisHonda pangkas shift kerjaHonda India terpaksa tolak pesanan Jazz
Gallery Foto Terkait

Jakarta (ANTARA News) – Sebanyak 25 tim  dari seluruh Indonesia bersaing memperebutkan gelar “The King of Seven” dalam kontes modifikasi Honda Jazz yang diadakan di Mal Taman Anggrek, Jakarta, 17-20 November.

“Modifikasi yang dilakukan semakin membaik,” kata  Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida. Kontes tersebut diadakan setiap tahun dan kali ini merupakan tahun ketujuh.

Kontes tersebut menampilkan berbagai kategori standar dan kategori baru seperti  Rookie, Gadget Implementer, Sound Pressure Level (SPL) dan Out of the Box, Daring, Indovative-Creative yang khusus diperuntukkan bagi modifikasi paling unik, kreatif dan berani.

“Jumlah kategori ini meningkat dibandingkan tahun lalu, yang hanya 19 kategori,” kata dia.

Kontes tersebut memperebutkan hadiah hingga ratusan juta. Dimana juara pertama akan menerima uang tunai sebesar Rp50 juta.

Salah seorang juri Otto Budiharto mengatakan terdapat tujuh aspek penilaian yakni modifikasi, pelek roda dan ban, modifikasi ‘body kit’, modifikasi interior, modifikasi eksterior, modifikasi audio, modifikasi mesin dan modifikasi perubahan ‘body’ mobil.

“Dunia modifikasi khususnya Honda Jazz semakin hari semakin berkembang,” kata Otto.

Seorang finalis, Steven, mengaku menghabiskan Rp60 juta untuk kontes tersebut. “Konsep modifikasinya yang diusung adalah Jakarta Domestic Market,” kata Steven.

Kontes diikuti 98 mobil dari berbagai wilayah di Indonesia. Setelah melalui penyaringan ketat, terpilih 25 mobil yang tampil sebagai finalis.
(SDP-
    

 

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Ekubis

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 25 tim bersaing rebut juara modifikasi Honda Jazz.


LA detectives re-open Natalie Wood death inquiry

Posted: 17 Nov 2011 06:13 PM PST

LOS ANGELES – A Los Angeles County sheriff’s official says homicide detectives have re-opened their investigation into the 1981 drowning death of actress Natalie Wood.

Sheriff’s spokesman Steve Whitmore says the agency is taking another look at the case after recently receiving additional information. A news conference has been scheduled for Friday with the detective leading the investigation.

Whitmore declined to release any additional details about what information detectives had been given.

Wood drowned on Nov. 29, 1981, after a night of partying with husband Robert Wagner and “Brainstorm” co-star Christopher Walken on the couple’s yacht anchored off Santa Catalina Island.

Coroner’s officials ruled the death of the “West Side Story” star an accident.

source: Yahoo Movies

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - LA detectives re-open Natalie Wood death inquiry.


INACA ingin liberalisasi penerbangan ASEAN setelah Indonesia siap

Posted: 17 Nov 2011 06:11 PM PST

377363146p INACA ingin liberalisasi penerbangan ASEAN setelah Indonesia siap

NUSA DUA. Asosiasi penerbangan Indonesian National Air Carrier Association (INACA) meminta pemerintah agar liberalisasi udara ASEAN atau ASEAN Open Sky Policy yang rencananya diberlakukan mulai 2015 dilakukan setelah Indonesia benar-benar siap sehingga kebijakan tersebut akan memberi manfaat yang seimbang bagi negara-negara pesertanya.

Ketua INACA Emirsyah Satar mengatakan, untuk pelaksanaan kebijakan tersebut, pemerintah perlu mendukung asas reciprocity atau timbal balik, sehingga Indonesia tidak akan dirugikan. “Masalahnya bagaimana pemerintah mendukung asas timbal balik antar negara,” kata Emirsyah, Kamis (17/11).

Ia mengambil contoh, dalam membuka penerbangan ke negara tetangga, ternyata airline Indonesia tak semudah maskapai dari negara ASEAN lain membuka penerbangan ke mari. “Dulu, operator kargo kita ingin buka ke salah satu negara ASEAN. Tapi sebelum memberi izin, negara itu minta agar kita mendapat no objection dulu dari operator-operator di sana. Di kita ini tidak ada,” jelasnya.

Apalagi langit Indonesialah yang terbesar. Otomatis pasarnya pun terbesar di antara negara-negara ASEAN.

Sekadar catatan, berdasarkan asas reciprocity, suatu negara hanya boleh membuka rute penerbangan ke negara lain sebanyak rute yang dibukan oleh negara lain ke negara tersebut dan point to point sifatnya. Tidak mustahil Indonesia akan menjadi pihak yang dirugikan dengan open sky policy tersebut.

Menurut Emir, di 2011, penumpang domestik dan internasional Indonesia diprediksi mencapai hampir 80 juta. Sampai tahun 2015, jumlah itu menjadi 140 jutaan. “Dengan populasi 240 juta, negara berkembang, negara kepulauan, mau tak mau market kita besar,” kata Emir. “Ini merupakan posisi tawar Indonesia,” tegasnya.

Namun, kondisi ini menghadapi risiko yang lebih besar dengan berlakunya Open Sky ASEAN tahun 2015 di mana maskapai penerbangan bebas melayani rute penerbangan di negara ASEAN lainnya. Misalnya, yang saat ini terjadi, dengan jumlah kota kita yang lebih banyak, jatah terbang maskapai ASEAN ke negara kita tentu lebih besar dari jatah penerbangan Indonesia ke negara lain. “Kita ingin asas resiprokal di sini juga,” kata Emir.

Kebijakan Open Sky ASEAN sendiri sudah berjalan sebagian sejak 2008. Sampai sekarang, Indonesia baru memberlakukannya pada lima bandara internasional, yaitu Bandara Soekarno Hatta, Juanda, Hasanuddin, Ngurah Rai, dan nantinya bandara Kuala Namu di Medan. Sedangkan bandara internasional lainnya bisa melayani penerbangan regional dengan perjanjian bilateral antar negara. Emir mengatakan kebijakan open sky itu akan berjalan bertahap dan semakin banyak bandara yang dibuka pada 2015, lantas pada 2020 berlaku penuh.

Dalam perjanjian ini, diatur slot atau hak penerbangan berbentuk fifth freedom of rights. Artinya, sebuah maskapai bisa terbang dari negara asal ke negara kedua, lalu melanjutkan penerbangannya ke negara ketiga.

Pemerintah sendiri tampaknya tetap ingin melakukan kebijakan tersebut sesuai dengan kesepakatan selama ini. Harus siap dan itu komitmen kita,” kata Herry Bakti Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Menurut Herry, kebijakan tersebut akan membawa benefit sendiri bagi Indonesia. “Ekonomi akan lebih berkembang,” tegasnya.

Hal senada dikatakan Tony Fernandes, CEO AirAsia. Tony bilang, kebijakan tersebut akan menguntungkan masyarakat. “Marilah kita berfikir mengenai apa yang baik bagi masyarakat,” katanya.

Source: kontan online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - INACA ingin liberalisasi penerbangan ASEAN setelah Indonesia siap.


Musim Hujan, Jangan Gunakan Sembarang Parfum Mobil

Posted: 17 Nov 2011 06:09 PM PST

b6d5aa031da166b67b2facdee4fdc92a Musim Hujan, Jangan Gunakan Sembarang Parfum Mobil

TEMPO/ Nita Dian

TEMPO Interaktif,Saat musim hujan seperti sekarang ini, kaca mobil akan selalu tertutup rapat kala melaju di tengah guyuran hujan. Pada saat itulah, kinerja peranti pendingin ruangan (AC) dan pengharum ruangan di kabin mobil sangat memainkan peran penting.

Namun, satu hal yang patut diketahui, jangan menggunakan sembarang pengharum atau parfum mobil. “Sedikitnya terdapat 500 bahan kimia yang menjadi bahan dasar pembuatan wewangian di parfum, yang beberapa diantaranya bisa memicu alergi bagi seseorang,” tutur Oki Aviansyah, seorang pengamat detailing mobil saat ditemui di Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis, 17 November 2011.

Pusing, mual, mengantuk, mata pedih, alergi, bahkan mudah stres adalah beberapa diantara akibat yang timbul kala menghirup parfum mobil yang tak cocok itu. Terlebih pada saat hujan tekanan udara di dalam kabin mobil sangat lebih tinggi karena perbedaan suhu dengan di luar mobil.

Sehingga semburan parfum di dalam mobil akan semakin pekat. Akibatnya, pengemudi cepat jenuh sehingga cepat tersulut emosinya dan badan terasa lelah.

“Disinilah perlunya wewangian yang bisa menstimulasi otak agar tidak cepat penat. Sebab kepenatan psikis memicu kelelahan fisik,” ujar pemilik

Apa saja parfum jenis itu? Berikut penjelasan Oki:

1. Parfum dari bahan alami lebih menyegarkan

Pada umumnya parfum dari bahan ini memiliki efek terapi. Selain menyegarkan ruang , pewangi ruang jenis itu juga memberikan efek kesegaran pada pikiran.

Bila tak ingin repot membeli parfum jenis itu, Anda bisa meraciknya sendiri. Caranya potong, jeruk nipis, kayu manis, serta teh. Jadikan satu dan gantung di sudut-sudut kabin mobil.

2. Kenali karakter aroma wewangian dan efeknya

Oki menyebut, hasil penelitian tim peneliti di West Virginia Wheeling Jesuit University, Virginia, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu terhadap berbagai aroma weweangian dalam menstimulasi otak orang yang menghirupnya. “Hasilnya, beberapa aroma ada yang tepat untuk pengemudi mobil, kurang, atau bahkan tidak baik,” kata dia.

Aroma kayumanis misalnya, sangat baik untuk membantu seseorang agar tetap fokus dan konsentrasi. Sementara aroma peppermint mampu menyegarkan emosional pengemudi sehingga mampu meredusir potensi perasaan marah, jengkel, stres, serta penat.

Begitupun dengan wewangian bearoma air laut atau air terjun (waterfall). Sehingga cocok digunakan di saat musim hujan.

Adapun wewangian beraroma melati dan lavender memberikan stimulasi mengantuk. Sedangkan wewangian rerumputan dan bunga-bunga hutan, cenderung membawa pikiran seseorang ke alam bebas di hutan dan penggunungan, sehingga bila pikiran terlarut maka pengendalian mobil akan agresif.

“Tentu, cara mengemudi seperti itu berbahaya di saat hujan mengguyur. Karena jalanan juga penuh dengan kendaraan lain,” ucap Oki.

3. Penempatan yang salah

Selama ini, orang beranggapan agar semburan aroma wangi parfum cepat menjalar ke seluruh bagian kabin mobil, maka parfum ditempatkan di depan kisi-kisi AC atau di atas dashboard. Padahal hal seperti itu tidak tepat.

Selain membuat parfum cepat habis, penempatan parfum yang persis di depan embusan hawa sejuk dari AC juga menyebabkan molekul-molekul dari bahan parfum pekat alias mengumpal. Akibatnya, bila terhirup oleh seseorang akan melekat di darah dengan komposisi yang tak ideal.

Walhasil, orang merasa mual, eneg, dan bahkan pening. “Sehingga, orang akan cenderung menyalahkan jenis parfum yang bersangkutan. Padahal, apapun yang berlebihan akan berefek buruk,” terang Oki.

Sedangkan parfum yang ditempatkan pada dashboard mobil, kerap diterpa terik sinar matahari. Hawa yang panas akan memicu parfum – baik yang berupa cair maupun padat – berekasi secara kimiawi dengan proses yang tidak sewajarnya.

“Dalam kondisi seperti itu, akan muncul zat lain hasil reaksi atau residu. Karena hawa panas itulah, karakter zat tersebut berubah dan memberi efek yang tidak baik bagi tubuh penghirupnya,” sebut Oki.

Oleh karena itu, tempatkan parfum di tempat lain selain di kedua tempat tersebut. Satu hal lagi, hindari parfum yang berupa gel dari bahan silikon.

ARIF ARIANTO

Source: tempo

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Musim Hujan, Jangan Gunakan Sembarang Parfum Mobil.


Bermotor Boncengan Saat Hujan? Perhatikan Ini

Posted: 17 Nov 2011 06:09 PM PST

627ce186f86320ce9c0e0d0fd37a916d Bermotor Boncengan Saat Hujan? Perhatikan Ini

Pengendara motor melintasi sebuah mobil yang mogok karena banjir di jalan Fatmawati, Jakarta, Senin (25/10). Minimnya daerah resapan dan drainase yang buruk membuat Banjir Ibukota saat di guyur hujan lebat. TEMPO/Seto Wardhana

TEMPO Interaktif,Pada saat musim hujan seperti saat ini, jalanan akan lebih licin ketimbang pada hari-hari sebelum hujan. Bekas tumpahan oli, minyak, solar, lumpur, atau zat-zat lainnya kini terlarut di dalam adalah beberapa diantara penyebabnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berkendara menggunakan sepeda motor dan diikuti pembonceng, perlu menghetahui trik-trik khusus berkendara di tengah guyuran hujan. Selain jalanan licin, laju arus lalu lintas tentu juga tersendat dan permukaan jalan banyak digenangi air.

Kita juga tidak tahu persis apa yang ada dibawah genangan air itu. Sehingga, bila tidak hati-hati risikonya sangat bersar, papar Muhamad Natsir, penggiat keselamatan berkendara di Forum Lintas Komunitas saat ditemui di Jakarta, Kamis malam, 17 November 2011.

Lantas seperti apa trik-trik khusus tersebut? Berikut penjelasan Natsir :

1. Pegendara benar-benar mahir

Bila Anda tak terbiasa membawa pembonceng sebaiknya tidak mengendara dengan pembonceng di belakang. Pasalnya, kondisi jalanan yang licin, tergenang air, serta kondisi lalu lintas yang berbeda dengan biasanya membutuhkan keterampilan yang tinggi dalam bermanuver.

2. Kondisi motor mendukung untuk berboncengan

Selain tekanan angin ban yang sesuai standar, rem dan peranti suspensi yang memadai, motor juga harus dilengkapi dengan pijakan kaki (baik untuk pengendara maupun pemboceng) dari bahan karet bergaris atau bergerigi yang tidak licin.

Hindari penggunaan footpeg (pijakan kaki) dari bahan metal tanpa dilapisi karet dan bergoyang karena mur atau bautnya kendur, ujar instruktur safety riding sebuah dealer sepeda motor untuk wilayah Jabodetabek itu.

Pasalnya, bila pijakan kaki licin dan kaki terpeleset pada saat motor melaju kencang, keseimbangan motor akan terganggu. Kemungkinan terjatuh pun sangat besar.

3. Hindari membawa barang bawaan yang berlebihan

Sejatinya, pabarikan motor telah menetapkan kapasitas motor dalam mengangkut beban tertentu. Namun, saat hujan sebaiknya tidak membawa barang bawaan yang berlebihan.

Bila Anda harus membawa barang, sebaiknya tidak dibawa oleh pembonceng atau ditaruh di tas punggung pembonceng. Barang bawaan atau tas itu sebaiknya ditaruh di bagian depan pengendara (bila motor bebek atau skutik) dan diikat di bagian belakang jok (bila motor sport).

Itu dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan motor, terutama di saat bermanuver. Terutama saat ingin mendahului kendaraan lain, menikung, memutar, atau melibas genangan, kata Natsir.

4. Pengendara dan pembonceng harus senada seirama

Untuk tetap menjaga keseimbangan kendaraan, terutama saat bermanuver, sebaiknya gerakan tubuh pengendara maupun pembonceng tak saling berlawanan. Sebaiknya, pembonceng mengikuti irama gerakan tubuh pengendara dan bukan sebaliknya.

Bagi pembonceng jangan sesekali melakukan gerakan tubuh yang berlawanan dengan pengendara. Jangan pula mencoba untuk meliuk-liukan badan, sebaiknya senada seirama, saran Natsir.

Kedua kaki pembonceng, jangan terlalu melenbar. Sebaiknya pegang pinggang pengendara dan lutut menjepit ringan agar dapat mengikuti gerakan pengendar. Sehingga memudahkan pengendara dalam mengendalikan motor.

5. Perhatikan perlengkapan

Baik pengendara maupun pemboceng, masing-masing sebaiknya menggunakan mantel setelan jas dan celana dan pakailah sepatu jangan menggantinya dengan sandal. Bila perlu gunakan kaus tangan.

Sedangkan helm wajib digunakan, upayakan menggunakan helm yang memiliki standar yang telah disertifikasi, ujar Natsir.

ARIF ARIANTO

Source: tempo

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bermotor Boncengan Saat Hujan? Perhatikan Ini.


Hanya 20 Detik Menentukan Kepercayaan

Posted: 17 Nov 2011 06:06 PM PST

123830 wanita karir 300 225 Hanya 20 Detik Menentukan Kepercayaan

VIVAnews – Jangan pernah menyepelekan kesan pertama saat berkenalan dengan orang baru. Itu karena, dalam waktu singkat, orang sudah bisa menilai apakah Anda tipe orang yang bisa dipercaya atau tidak.

Termasuk, langsung memberikan penilaian apakah Anda orang baik atau bukan. Proses menilai atau mendeteksi orang asing secara genetik tersebut, menurut hasil penelitian dari tim University of California, ternyata hanya memakan waktu selama 20 detik.

Temuan ini memperkuat fakta bahwa seseorang yang sehat bisa mengenali orang asing yang dapat membantu mereka dalam situasi sulit. Menurut peneliti ini juga bisa membuka jalan terapi genetik bagi orang yang mengalami ketidaksimpatikan bawaan.

“Ini luar biasa, bahwa orang asing bisa langsung mengetahui siapa orang yang dapat dipercaya dan baik dalam waktu 20 detik,” kata Aleksandr Kogan, kepala peneliti, dikutip dari sciencedaily.com.

Sebanyak 12 pasangan terlibat dalam penelitian ini, sample DNA mereka diambil sebagai bahan analisis. Peneliti lalu merekam saat tiap orang bercerita tentang masa-masa sulit yang pernah dialaminya.

Kelompok lainnya secara terpisah dan tidak mengenali orang-orang dalam video, lalu diminta memberikan penilaian. Penilaian ini terkait dengan kepercayaan dan kebaikan, yang didasarkan pada ekspresi wajah dan bahasa tubuh mereka. Diketahui, orang yang memiliki poin tinggi dalam hal empati, memiliki variasi tertentu dari gen reseptor oksitosin yang dikenal dengan genotipe GG.

“Orang tidak dapat dapat melihat gen, sehingga pasti ada yang terjadi dengan sinyal perbedaan genetik untuk orang asing. Kami temukan bahwa orang yang memiliki dua salinan dari versi G, menampilkan perilaku lebih dapat dipercaya, banyak kontak mata, lebih banyak tersenyum, serta postur tubuh lebih terbuka,” kata Kogan.

Perilaku ini, menurut Kogan, menjadi sinyal kebaikan kepada orang asing. Jadi, untuk menangkap sinyal ini lalu menganalisisnya, terkait kepercayaan dan kebaikan, orang tak butuh waktu lama, cukup 20 detik saja.

Source: vivanews

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Hanya 20 Detik Menentukan Kepercayaan.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com