9.08.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

EKSPOR KOPI: Target Jateng hanya 6.500 ton

Posted: 07 Sep 2012 11:53 AM PDT

e0bf150c0e4f4f60aa77b0a2e95d8865 EKSPOR KOPI: Target Jateng hanya 6.500 ton

SEMARANG: Ekspor kopi Jateng hingga akhir tahun ini diperkirakan hanya mencapai 6.500 ton, yang disebabkan oleh menurunnya produksi kopi di provinsi ini akibat pengaruh kemarau panjang tahun lalu.

Wakil Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Jateng Mulyono Soesilo mengatakan realisasi ekspor kopi Jateng selama Januari-Juli 2012 hanya mencapai 2.971 ton dengan nilai mencapai US$9,388 juta.

“Realisasi yang masih sangat rendah ini diakibatkan adanya penurunan produksi yang cukup signifikan tahun ini akibat pengaruh cuaca ekstrem tahun lalu. Bahkan, hingga akhir 2012 diperkirakan hanya mampu mengekspor maksimal sebanyak 6.500 ton,” ujarnya, hari ini.

Menurutnya, prediksi realisasi sebanyak 6.500 ton selama 2012 itu memperlihatkan penurunan sangat signifikan, yaitu hingga 40% dibanding realisasi ekpor kopi 2011 yang mencapai 11.056 ton dengan nilai US$28,198 juta.

“Saat ini yang kami khawatirkan kalau pada September-Oktober mendatang tidak mendapatkan curah hujan yang cukup, maka bisa dipastikan produksi kopi akan turun dan mempengaruhi ekspor kopi pada 2013,” tuturnya.

Apalagi, lanjutnya, BMKG sudah memperkirakan bahwa akan terjadi musim kemarau yng lebih panjang selama dua hingga tiga bulan lebih lama dari biasanya, tentu akan berpengaruh pada pembungaan tanaman kopi.

“Tanaman kopi memang unik, kelebihan hujan mengakibatkan proses pembungaan akan busuk, namun apabila kekurngan air hujan, juga akan mengakibatkan bunga yang dihasilkan menjadi menghitam dan rusak,” paparnya.

Menurutnya, jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan akan kembali seperti pada kondisi 2007, dengan realisasi ekpor hanya bisa menjadi semakin sedikit, bahkan bisa hanya mencapai sekitar 4.000 ton saja di Jateng, dimana produksi sekarang ini diperkirakan mencapai 22.000 ton.

Selain akibat penurunan produksi, lanjutnya, eksportir kopi makin terjepit karena konsumsi dalam negeri ternyata juga cukup besar, mencapai 270.000 ton seluruh Indonesia, dan 230.000 ton yang dikonsumsi diantaranya adalah kopi Robusta (andalan Indonesia), dari total produksi dalam kondisi normal kopi robusta di Indonesia mencapai 450.000 ton dan arabika 90.000 ton.

“Bahkan setiap tahunnya menunjukkan peningkatan konsumsi kopi di dalam negeri antara 5%-7 %, dari sekitar 3juta -3,5 juta karung pada tahun lalu, menjadi sekitar 3,5 juta-4 juta karung,” ujarnya.

Dia mengatakan, peningkatan konsumsi ini diakibatkan semakin berkembagnya tend minum kopi seiring menjamurnya coffeshop-coffeshop di tanah air, sehingga konsumsinya melonjak terutama robusta.

“Kami saat ini juga sudah mulai fokus menggarap pasar lokal untuk menangkap peluang itu,” ujarnya.

Dia mengatakan pasar ekspor terbesar Jateng selama ini adalah Jepang, Amerika, Italia, Jerman, yang dihasilkan dari sentra perkebunan kopi yang berasal dari daerah Kabupaten Temanggung, Wonosobo, Purbalingga, Kabupaten Semarang, Kabupaten Pati, sebagian besar robusta, dan sebagian kecil kopi jenis arabika di Wonosobo. (k39/dot/msb)

Follow @bisniscom!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);
Tweet!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - EKSPOR KOPI: Target Jateng hanya 6.500 ton.


KEBIJAKAN PERDAGANGAN: RI manfaatkan instrumen perdagangan

Posted: 07 Sep 2012 11:36 AM PDT

4fc573ce29389e346c5ae1dd76b4c101 KEBIJAKAN PERDAGANGAN: RI  manfaatkan instrumen perdagangan

JAKARTA: Indonesia akan meningkatkan pemanfaatan instrumen pengamanan dan perlindungan perdagangan atau trade remedy untuk mengurangi kerugian industri dalam negeri akibat gempuran barang impor.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan pemerintah akan mengintensifkan tindakan antidumping, safeguards dan antisubsidi terhadap bentuk perdagangan yang tidak adil (unfair trade) dan merugikan industri domestik.

Langkah ini pun sejalan dengan kebijakan negara-negara lain yang belakangan ini gencar memproteksi industri dalam negerinya di tengah perlambatan ekonomi global.

“Pada saat negara lain memproteksi dirinya, apa yang harus kita lakukan? Kita tidak bisa jadi the good boy always (anak patuh). Trade remedies menjadi salah satu arah kebijakan perdagangan kita,” katanya di sela diskusi Kebijakan Perdagangan Internasional Indonesia yang digelar Centre for Strategic and International Studies (CSIS) di Jakarta, Jumat (7/9/2012).

Berdasarkan data Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI), hingga kini ada 29 kasus yang ditangani lembaga itu, di antaranya kawat bronjong asal Singapura dan China, ikan makarel asal China dan Jepang, casing dan tubing asal China dan Jepang serta tepung terigu impor.

Kasus terbaru yang sedang diselidiki KPPI adalah tepung terigu impor. KPPI menemukan bukti awal adanya lonjakan impor asal selama 2008-2011 dan merugikan industri dalam negeri.

Sementara, Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) menangani 42 kasus dumping, antara lain cold rolled coil, tableware keramik, hot rolled plate dan pisang cavendish.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyampaikan Indonesia tidak segan menempuh langkah serupa negara lain yang memproteksi industrinya, tetapi tetap dengan cara yang rasional dan ilmiah.

Menurutnya, trade remedy yang gencar dilakukan negara lain akhir-akhir ini dilatarbelakangi oleh peningkatan ekspor Indonesia yang signifikan ke beberapa negara.

“Ke depan kita juga ingin prinsip resiprositas. Mereka (negara penuduh) maunya melakukan penyikapan dengan hal-hal kayak begitu. Kita bukannya tidak bisa, tapi kita akan terus jaga garisnya agar tidak keluar dari batas wajar,” ungkapnya.

Indonesia saat ini memang masih minim dalam memanfaatkan trade remedies. Bandingkan dengan kasus trade remedy di dunia yang mencapai 4.400 kasus dengan rincian dumping 3.992 kasus, subsidi 262 kasus dan saferguards 216 kasus.(msb)

Follow @bisniscom!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);
Tweet!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - KEBIJAKAN PERDAGANGAN: RI manfaatkan instrumen perdagangan.


Korban gempa Mamasa belum tersentuh bantuan pemerintah

Posted: 07 Sep 2012 11:35 AM PDT

Banyak saudara-saudara kami yang kehilangan tempat tinggal akibat rumahnya roboh karena guncangan gempa.”Gempa tektonik yang terjadi pada pukul 20.27 Wita, Selasa (4/9) malam telah menimbulkan 36 unit rumah rusak, baik di Desa Buttuada, Kecamatan Bonehau dan di Kabupaten Mamasa. Ironisnya, hingga sekarang ini belum ada bantuan yang turun dari pemerintah,” kata Burhan salah seorang warga yang menjadi korban guncangan gempa di Mamuju, Sabtu.

Menurut dia, warga di Desa Buttuada yang terkena dampak guncangan gempa sudah kembali ke rumahnya walaupun masih merasa trauma atas musibah itu.

“Banyak saudara-saudara kami yang kehilangan tempat tinggal akibat rumahnya roboh karena guncangan gempa. Ini yang harus menjadi perhatian pemerintah agar masyarakat yang terkena dampak gempa bisa membangun rumah mereka seperti semula,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Badan SAR Daerah (Basarda) Sulbar, Inaldy menuturkan, sulitnya medan dan tidak adanya jaringan telekomunikasi di lokasi bencana mengakibatkan tim Basarda tidak dapat mengakses informasi lebih cepat kepada media.

“Gempa yang terjadi tiga hari yang lalu mengakibatkan 36 unit rumah di Desa Buttuada, Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju rusak,” ucapnya.

Begitupun di Kabupaten Mamasa, lanjutnya, terdapat lima unit rumah penduduk rusak dan dua Puskesmas, tiga sarana ibadah dan dua sarana sekolah ikut rusak.

“Kondisi di dua lokasi bencana ini masih memprihatinkan walaupun masyarakat saat ini sudah kembali ke rumah mereka pasca-gempa tektonik beberapa waktu lalu,” ungkap Inaldy.

Menurut dia, laporan dampak terjadinya musibah gempa Mamasa ini telah dilaporkan ke pemerintah provinsi melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar.

“Kami belum mengetahui informasi terkini tindak lanjut pemerintah atas laporan kami. Apakah sudah ada bantuan atau tidak,” ucapnya.

(KR-ACO/F003)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Korban gempa Mamasa belum tersentuh bantuan pemerintah.


Checa Kembali Kompetitif, Althea Mendominasi di Q1 WSBK Jerman

Posted: 07 Sep 2012 11:22 AM PDT

20120907ChecaKua1Jerman Checa Kembali Kompetitif, Althea Mendominasi di Q1 WSBK Jerman

Harapan Carlos Checa untuk meraih hasil bagus di World Superbike Championship (WSBK) Jerman, sepertinya bakal terjadi. Pasalnya ia dan rekan setimnya yaitu Davide Giugliano terlihat cukup dominan di sesi kualifikasi 1 WSBK Jerman yang berlangsung tadi sore (7/9). Dimana Carlos Checa mampu unggul telak dengan pencapaian 1 menit 55.307 detik.

Meski belum menembus rekor lap time yang dibukukannya tahun 2011 lalu, tapi pencapaian kali ini membuat pembalap asal Spanyol itu cukup yakin dengan performanya. Bahkan dengan selisih yang cukup besar dari pembalap tercepat kedua, rasanya sudah cukup menjadi modal untuk lolos ke sesi superpole. Sementara Giugliano sendiri harus puas mencetak lap terceapt 1 menit 55.750 detik.

King of Pole yaitu Tom Sykes, juga mampu melakukan penetrasi lebih baik di sesi kualifikasi pertama. Meski sempat terpuruk di 10 besar pada sesi latihan 1, namun talenta terbaik yang dimilikinya membawa Sykes meraih lap tercepat ketiga. Kemudian disusul oleh Eugene Laverty di urutan keempat dan Leon Haslam yang menutup 5 besar pencapaian lap time terbaik.

Pembalap yang memperkuat tim tuan rumah sekaligus pemimpin klasemen sementara yaitu Marco Melandri, kali ini tidak bisa berbuat banyak. Ia hanya bisa mengamankan lap terbaik di urutan 12. Semoga di sesi selanjutnya bisa tampil lebih kompetitif. (otosport.co.id)

Hasil kualifikasi 1 WSBK Jerman :
1. Carlos Checa ESP Althea Ducati 1098R 1m 55.307 detik
2. Davide Giugliano ITA Althea Ducati 1098R 1m 55.750 detik
3. Tom Sykes GBR Kawasaki Racing ZX-10R 1m 55.802 detik
4. Eugene Laverty IRL Aprilia Racing RSV-4 1m 55.813 detik
5. Leon Haslam GBR BMW Motorrad S1000RR 1m 55.828 detik
6. Max Biaggi ITA Aprilia Racing RSV-4 1m 55.838 detik
7. Jonathan Rea GBR Honda WSBK CBR1000RR 1m 55.891 detik
8. Leon Camier GBR FIXI Crescent Suzuki GSX-R1000 1m 55.949 detik
9. Chaz Davies GBR ParkinGO MTC Aprilia RSV-4 1m 56.399 detik
10. Lorenzo Zanetti ITA PATA Ducati 1098R 1m 56.461 detik
11. Sylvain Guintoli FRA PATA Ducati 1098R 1m 56.465 detik
12. Marco Melandri ITA BMW Motorrad S1000RR 1m 56.497 detik
13. Loris Baz FRA Kawasaki Racing ZX-10R 1m 56.981 detik
14. Ayrton Badovini ITA BMW Italia Goldbet S1000RR 1m 57.024 detik
15. Michel Fabrizio ITA BMW Italia Goldbet S1000RR 1m 57.077 detik
16. Niccolo Canepa ITA Red Devils Ducati 1098R 1m 57.434 detik
17. David Salom ESP Pedercini Kawasaki ZX-10R 1m 57.468 detik
18. John Hopkins USA FIXI Crescent Suzuki GSX-R1000 1m 57.592 detik
19. Maxime Berger FRA Effenbert Liberty Ducati 1098R 1m 57.729 detik
20. Hiroshi Aoyama JPN Honda WSBK CBR1000RR 1m 58.286 detik
21. Lorenzo Lanzi ITA Liberty Effenbert Ducati 1098R 1m 59.145 detik
22. Brett McCormick CAN Effenbert Liberty Ducati 1098R 1m 59.712 detik
23. Alexander Lundh SWE Pedercini Kawasaki ZX-10R 1m 59.763 detik
24. Norino Brignola ITA Grillini Progea BMW S1000RR 2m 00.676 detik

Penulis : Uda | Teks Editor : Uda | Foto : Infront Motorsport
Tags : Carlos Checa, Checa, Ducati, Ducati1098, Superbike, WSBK, Superbike 2012, WSBK 2012,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Checa Kembali Kompetitif, Althea Mendominasi di Q1 WSBK Jerman.


Polda Bali gelar razia kendaraan antisipasi teroris

Posted: 07 Sep 2012 11:17 AM PDT

Kegiatan razia ini merupakan bagian upaya mengantisipasi masuknya teroris pascateror di Solo beberapa waktu lalu, mengingat jarak Pulau Dewata dengan Pulau Jawa cukup dekat,” “Kegiatan razia ini merupakan bagian upaya mengantisipasi masuknya teroris pascateror di Solo beberapa waktu lalu, mengingat jarak Pulau Dewata dengan Pulau Jawa cukup dekat,” kata Kepala Bidang Humas Polda Bali Kombes Pol Hariadi di sela-sela razia di Jalan Gatot Subroto Barat, Denpasar, Jumat malam.

Operasi penertiban dan pemeriksaan kendaraan itu dilakukan pada dua titik di wilayah ibu kota Provinsi Bali itu. Sasarannya adalah kendaraan yang baru masuk ke Pulau Dewata.

Menurut Hariadi, pelaku teror di Solo atau daerah lainnya bisa saja melarikan diri dan datang ke wilayah ini, apalagi Bali mempunyai sejarah kelam terkait kasus teroris.

“Itulah sebabnya seluruh pintu masuk ke Pulau Dewata dijaga ketat, begitu juga jalur jalan perlintasan antarprovinsi dilaksanakan razia seperti saat ini,” ujarnya menandaskan.

Hal tersebut dilakukan karena jajaran Polda Bali tidak mau kecolongan dan terjadi hal yang tidak diinginkan. Semua langkah antisipasi digelar mulai dari meningkatkan patroli, melaksanakan razia dan penjagaan ketat di pintu masuk.

Selain itu, para personel dilengkapi dengan perlindungan untuk keselamatan diri mereka termasuk markas komando dan pos polisi di seluruh jajaran Polda Bali.

“Ini agenda rutin yang kami lakukan pascapenyerangan di Solo, pengawasan akan terus dilakukan sampai situasi dirasakan sudah tak lagi memerlukan kegiatan ini,” ucapnya.

(KR-IGT/M008)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Polda Bali gelar razia kendaraan antisipasi teroris.


Asap Indonesia Kembali Menyelimuti Singapura

Posted: 07 Sep 2012 11:16 AM PDT

1809592p Asap Indonesia Kembali Menyelimuti Singapura

KOMPAS.com/ERICSSEN
Kabut asap selimuti distrik bisnis Singapura

SINGAPURA, KOMPAS.com – Tradisi Indonesia "mengirim" kabut asap ke negara tetangga kembali berlanjut tahun ini. Setelah diselimuti oleh asap selama beberapa hari terakhir, level polusi udara Singapura mencapai level terburuk, Jumat  (7/9/2012). Data dari National Environment Agencies (NEA) menyebutkan bahwa Jumat pagi pukul 08.00, Indeks Standar Polutan telah mencapai rentang antara 65-75. Angka yang masih relatif moderat namun cukup mengkhawatirkan.

Level polusi udara sendiri dikategorikan sangat berbahaya untuk kesehatan jika indeks tersebut melebihi angka 100. Kondisi udara pagi hari cukup untuk memaksa NEA mengeluarkan peringatan kepada warganya terutama penderita gangguan jantung, paru-paru, orang tua dan anak-anak untuk menghindari aktivitas di luar rumah.

NEA juga melaporkan bahwa kondisi udara yang buruk sendiri disebabkan oleh meningkatnya jumlah titik api (hot spot) di kawasan Sumatera yang terkonsentrasi di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

Asap diterbangkan ke Negeri Merlion oleh angin yang bertiup dari barat daya dan selatan. Tradisi "pengiriman" asap ini sepertinya tidak akan berhenti di tahun ini saja. Pemerintah Indonesia sendiri telah menerapkan regulasi untuk mencegah peristiwa yang sama berlanjut tiap tahun. Namun sejauh ini peribahasa "jauh panggang dari api" cukup untuk menggambarkan kenyataan di lapangan.

Editor :
I Made Asdhiana

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Asap Indonesia Kembali Menyelimuti Singapura.


US economy creates 96,000 jobs but figure disappoints

Posted: 07 Sep 2012 10:31 AM PDT

 62446672 015525041 1 US economy creates 96,000 jobs but figure disappoints The job creation figure was lower than expected

The US economy created 96,000 jobs in August, according to official figures from the Bureau of Labor Statistics.

However, the figure was lower than expected and revisions to June and July data mean that 41,000 fewer jobs were created than previously reported.

Analysts had expected non-farm payrolls to grow by 125,000 last month.

The unemployment rate fell to 8.1%, compared with 8.3% in July, but only because more people gave up looking for work.

Weak growth

Employment increased in food services and drinking places, professional and technical services and healthcare during August, the Bureau said.

Employment growth has averaged 139,000 a month in 2012, the Bureau said, compared with an average monthly gain of 153,000 in 2011.

The percentage of Americans who either have a job or who are looking for one fell to 63.5%, the lowest participation rate since 1981.

The weak figures could put pressure on President Barack Obama in his re-election campaign, given than rival Mitt Romney has put jobs at the centre of the national debate.

Mr Romney described the figures as "more of the same for middle-class families who are suffering through the worst economic recovery since the Great Depression".

He claims his economic plan will create 12 million new jobs by the end of his first term.

The figures are also seen as making it more likely that the US Federal Reserve will provide further economic stimulus measures in the form of quantitative easing, as hinted at by chairman Ben Bernanke in a speech on 31 August.

A survey released on Tuesday indicated that growth in the US manufacturing sector remained weak.

The Markit Manufacturing Purchasing Managers' Index came in at 51.5 in August compared with 51.4 in July. A reading above 50 indicates growth.

Figures released last week showed that the US economy grew at an annualised pace of 1.7% in the second quarter of the year.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - US economy creates 96,000 jobs but figure disappoints.


OLEH-OLEH BATAM: Nay@Dam ekspansi usaha ke Jakarta

Posted: 07 Sep 2012 10:28 AM PDT

f89e81599ab22b126c6bcb0cbb64e820 OLEH OLEH BATAM: Nay@Dam ekspansi usaha ke Jakarta

BATAM: Gerai oleh-oleh kue bingka khas Batam Nay@Dam akan melebarkan usahanya dengan membuka gerai Kopitiam di sekitar Jakarta Selatan untuk mengenalkan kuliner khas melayu.
“Warung kopi dengan konsep Kopitiam dan menjual makanan khas melayu akan kami bawa ke Jakarta,” ujar pemilik Nay@Dam Wisnu Wardhana, Jumat (7/9/2012).
Sejak Agustus lalu gerai Kopitiam Pak Ngah hanya memiliki satu gerai penjualan di Pulau Tanjung Pinang dengan konsep modern yang digabungkang dengan konsep warung kopi Kopitiam dan makanan khas Melayu.
Wisnu mengakui bahwa konsep warung kopi Kopitiam juga akan diterapkan pada gerai baru di Jakarta tersebut.”Kami ingin mengangkat kuliner khas Melayu di Jakarta,” katanya.
Ia mengatakan bahwa pembukaan gerai Kopitiam di Jakarta merupakan bagian dari upaya Nay@Dam untuk melakukan branding kuliner khas Melayu dalam mempopulerkan makanan dan budaya Melayu tersebut.
Dengan konsep Kopitiam khas Melayu dengan sentuhan modern, kata Wisnu, Kopitiam Pak Ngah juga menjadi salah satu gerai yang akan menjual kue-kue dan makanan yang dihasilkan UKM-UKM di Batam.
“Unsurnya tetap Melayu, makanan seperti Roti Prata, Laksa, Nasi Lemak, dan Mie Lendir akan tersedia. Kami juga mengajak UKM-UKM di Batam yang memproduksi kue-kue Melayu bisa di jual di gerai Kopitiam,” jelasnya.
Ia menjelaskan rencananya gerai tersebut akan resmi dibuka pada 19 September mendatang dengan lokasi gerai yang berada di sekitar Jl.Trunojoyo Jakarta Selatan.(K17/msb)
Follow @bisniscom!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);
Tweet!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - OLEH-OLEH BATAM: Nay@Dam ekspansi usaha ke Jakarta.


KPK Belum Terima Aduan Terkait Pilkada DKI

Posted: 07 Sep 2012 10:23 AM PDT

 KPK Belum Terima Aduan Terkait Pilkada DKI TRIBUNNEWS/HERUDIN Calon pimpinan KPK, Adnan Pandu Praja, menjawab pertanyaan anggota Komisi III saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di ruang rapat komisi III DPR Jakarta, Rabu (30/11/2011). Sebanyak delapan calon pimpinan KPK menjalani uji kelayakan dan kepatutan, yang kemudian dipilih empat orang sebagai pimpinan KPK mendampingi Ketua KPK Busyro Muqoddas.

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Adnan Pandu Praja, mengatakan, hingga saat ini belum ada satu aduan pun yang diterima KPK terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Pernyataan ini sekaligus menepis tuntutan sejumlah kelompok masyarakat yang berharap lembaga antikorupsi itu segera memproses pernyataan beberapa pihak terkait pelanggaran dana kampanye pasangan kandidat tertentu.

"Saya tegaskan, sampai saat ini belum ada satu aduan pun yang masuk ke KPK dalam kaitan dengan Pilkada DKI. Kalau permintaan untuk mengusut memang ada," kata Pandu dalam acara diskusi di Kantor Indonesia Corruption Watch, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2012).

Ia meminta masyarakat bersabar menanti kiprah KPK dalam mengusut berbagai dugaan pelanggaran dalam proses pilkada. Hal itu dikarenakan keputusan untuk mengawasi aliran dana dalam suksesi kepala daerah baru mulai diwacanakan KPK.

Ia menjelaskan, keputusan KPK untuk masuk ke ranah pilkada mengacu pada sejumlah kasus yang sedang ditangani KPK. Menurut Pandu, relasi negatif antara pebisnis dan politisi dalam konteks pilkada sudah memiliki banyak contoh kasus. Penyelewengan dana yang dilakukan kepala daerah biasanya berawal dari pilkada.

"Tapi ini masih kesimpulan sementara. Kami sudah sepakat untuk masuk dengan Pilkada DKI kami jadikan pilot project," kata mantan anggota Kompolnas itu.

Untuk itu, sejak awal tahapan Pilkada DKI Jakarta 2012, KPK telah mengundang semua pasangan kandidat peserta pilkada. Namun, langkah KPK masih terhalang oleh ketidaktegasan dalam menegakkan aturan oleh penyelenggara pilkada, yakni Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta dan Panitia Pengawas Pemilu DKI Jakarta.

Ia mencontohkan, proses klarifikasi kekayaan dan dana kampanye kandidat tidak tuntas dilaksanakan. Sebagai akibatnya, KPK sulit menetapkan patokan terjadinya penyimpangan maupun penyalahgunaan anggaran atau dana. "Proses klarifikasi tidak tuntas, akhirnya sulit dibuktikan ada pengurangan aset (kandidat)," kata Pandu.

Editor :
Laksono Hari W

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - KPK Belum Terima Aduan Terkait Pilkada DKI.


Pidato Obama di Konvensi Demokrat Cetak Rekor Twitter

Posted: 07 Sep 2012 10:16 AM PDT

ef4d3c161c4df6dc8f9ea11c05b63133 L Pidato Obama di Konvensi Demokrat Cetak Rekor Twitter

NORTH CAROLINA Pidato Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Konvensi Nasional Partai Demokrat menjadi topik terhangat di Twitter. Bahkan pidato tersebut berhasil mencetak rekor baru Twitter untuk traffic politik.

“Rekor baru momen politik di Twitter: @barackobama menghasilkan 52.757 Tweet per menit. Lebih dari 9 juta Tweet dikirimkan tentang #DNC2012,” demikian bunyi tweet yang disampaikan Twitter seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (7/9).

Dalam pidatonya di konvensi yang digelar di Charlotte, North Carolina tersebut, Obama membanggakan kebijakan luar negerinya dan keberhasilannya dalam isu keamanan nasional. Ditegaskan Obama, dirinya satu-satunya kandidat yang cocok untuk menjadi panglima tertinggi AS.

Obama juga menyindir rivalnya, Mitt Romney, capres dari Partai Republik, yang disebutnya belum siap untuk diplomasi internasional.

“Dalam dunia yang penuh ancaman baru dan tantangan baru, kalian bisa memilih pemimpin yang terlah teruji dan terbukti,” tegas Obama.

“Empat tahun lalu, saya berjanji mengakhiri perang di Irak. Kita telah melakukannya. Saya berjanji untuk fokus kembali ke para teroris yang menyerang kita pada 11 September. Kita sudah melakukannya,” tutur Obama.

“Kita telah mematahkan momentum Taliban di Afghanistan, dan pada 2014, perang terlama kita akan berakhir,” imbuh Obama. “Menara baru telah berdiri di atas langit New York, Al-Qaeda dalam jalur kekalahan dan Osama bin Laden tewas,” tandasnya.

Sebelumnya, mantan presiden AS Bill Clinton juga berpidato di konvensi tersebut untuk menyampaikan dukungan bagi Obama yang pernah menjadi rival politiknya. Usai pidato Clinton yang berapi-api, Obama memeluk hangat Clinton sementara para pengunjung serentak berdiri dan memberikan tepuk tangan panjang.

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pidato Obama di Konvensi Demokrat Cetak Rekor Twitter.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com