10.13.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Malang Menuju sebagai “Kota Bahasa Inggris”

Posted: 12 Oct 2012 07:18 PM PDT

1641223620X310 Malang Menuju sebagai Kota Bahasa Inggris KOMPAS.com/Yatimul Ainun Suasana belajar mengajar bahasa Inggris, untuk anak-anak SD dan SMP, di “Kota Bahasa Inggris”, di Kota Malang, Jawa Timur. Pada 5 tahun kedepan, mayoritas warga Malang, sudah kreatif berbahasa Inggris.Jumat (12/10/2012)

MALANG, KOMPAS.com – Kota Malang, Jawa Timur, tak mau ketinggalan dengan Kabupaten Kediri, yang memiliki "Kampung Bahasa Inggris". Di Kota Malang, sejak 2010 lalu, juga sudah berdiri komunitas "Kota Bahasa Inggris", yang menyebar di 30 kelurahan dari 57 kelurahan di 5 kecamatan.

"Kota Bahasa Inggris itu digagas oleh komunitas Sanggar Malang Sinau. Kota Bahasa Inggris itu, bertujuan untuk mencetak generasi yang terampil dalam Bahasa Inggris," jelas Yoanita A.K. Ara, selaku koodinator tutor "Kota Bahasa Inggris", saat ditemui Jumat (12/10/2012) kemarin, di basecamp Sanggar Malang Sinau, di Jalan Pandan No 5, Kota Malang.

Sebenarnya yang digagas Sanggar Malang Sinau tidak hanya "Kota Bahasa Inggris", tetapi juga kursus matematika, tari tardisional dan moder, yang khusus siswa dan mahasiswa, kursus musik tradisional juga modern. "Selain itu juga kursus melukis dan menggambar," jelasnya.

Seluruh gagasan tersebut, dibungkus dengan tema "Malang Berbagi Pintar". Sanggar Malang Sinau itu sendiri pertama digagas oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Heri Pudji Utami, istri dari Walikota Malang, Peni Suparto. Adapun jumlah tutor untuk seluruh program itu, diambil dari para mahasiswa yang memiliki keahlian di bidangnya.

"Jumlah tutornya sebanyak 130 mahasiswa, ditambah tutor pengganti sebanyak 30 orang," kata alumni Sekolah Tinggi Teologi, Jakarta itu.

Untuk program "Kota Bahasa Inggris", jelas Yoanita, jumlah siswanya tingkat SD dan SMP sebanyak 1.500 orang. "Itu dari 30 tempat di 30 kelurahan di Kota Malang. Tempatnya, supaya lebih membudaya, menempati kelurahan, musala, dan rumah warga yang bersedia ditempati," katanya.

Seluruh generasi muda yang ingin ikut "Kota Bahasa Inggris", tidak dipungut biaya apapun alias gratis. "Tanpa kepentingan apapun, Kota Bahasa Inggris ini gratis untuk siapapun," ujarnya.

Adapun tujuan berdirinya "Kota Bahasa Inggris" untuk mencetak generasi yang terampil berbahasa Inggris. "Ide itu muncul, setelah dalam dua tahun ini (2011-2012), Kota Malang sebagai kota pendidikan, hasil Ujian Nasional siswa jeblok. Makanya siswa diajak bangkit melalui program diluar sekolah," akunya.

Selain itu, Kota Malang, yang dikenal dingin, kota tujuan wisata dan kota damai, selalu "dibanjiri" para wisatawan terutama wisatawan mancanegara.

"Namun, para wisatawan mancanegara itu seakan tak kerasan di Malang. Penyebabnya, karena warga Malang sendiri banyak yang tidak tahu bahasa internasional, terutama mahasa Inggris," katanya.

Dengan "Kota Bahasa Inggris" itu, generasi masa depannya harus diarahkan dan dididik agar terampil berbahasa Inggris. "Terampil dalam semua jenis tari dan seni juga sudah di gagas. Targetnya, pada 5 tahun kedepan Kota Malang sudah mampu menjadi kota yang mayoritas warganya terampil berbahasa Inggris," tegas Yoanita.

Jika sudah terampil berbahasa Inggris, masyarakat Kota Malang, tidak akan canggung berkomunikasi dengan para wisatawan mancanegara yang semakin hari semakin meningkat.

"Pada tahun ini saja, hingga kuartal ketiga, Kota Malang sudah dikunjungi kurang lebih 350.000 wisatawan. Mayoritas wisatawan dari Eropa," akunya.

Dinas Pariwisata Kota Malang, tambah Yoanita, juga sudah memperogramkan para sopir angkutan kota bisa berbahasa Inggris. "Karena banyak wisatawan yang menggunakan angkutan kota untuk keliling kota Malang. Begitu juga para tukang becak. Nantinya akan di latih bisa berbahasa Inggris," ujarnya.

Sementara itu, di lokasi kegiatan belajar mengajar, di Balai RW 08, Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, tampak para siswa terlihat serius mengikuti kursus bahasa Inggris yang dipandu tutor Elif Provita Yudra, mahasiswa IKIP Budi Utomo, Malang.

"Jika adik-adik kreatif berbahasa Inggris, pintu dunia akan mudah dibuka. Bicara dengan siapapun akan mudah," kata Elif, memberi tahu pada puluhan siswanya.

Reza Versi Putra Wijaya (9), siswa yang masih duduk di kelas 3 SDN Bandulan 3 Sukun, terlihat sudah fasih kala diajak berkomunikasi oleh Elif, sang tutor.

"Di sini siswanya ada 50 orang. Berjalan efektif baru satu bulan. Tapi sudah banyak yang pintar berbahasa Inggris, kategori anak-anak," aku Elif.

Sementara itu, Reza saat ditanya mengaku belajar bahasa Inggris untuk menjadi anak yang bisa berkomunikasi dengan semua orang.

"Bisa bicara dengan orang luar negeri. Kata ibu guru, jika pintar Bahasa Inggris, akan mudah membuka pintu dunia," katanya dengan wajah polos.

Orang yang pintar katanya, juga harus memiliki modal Bahasa Inggris. Ditanya apa di rumah juga sering berbahasa Inggris? Dengan gaya malu-malu, Reza mengangkukkan kepalanya.

"Iya, apa yang saya hafal, saya gunakan di rumah dan sekolah," katanya.

Editor :
Tri Wahono

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Malang Menuju sebagai “Kota Bahasa Inggris”.


AS Kecam Rusia karena Kirim Senjata ke Suriah

Posted: 12 Oct 2012 06:58 PM PDT

0945468620X310 AS Kecam Rusia karena Kirim Senjata ke Suriah AFP Pesawat penumpang Suriah, dengan nomor penerbangan SRY442,tampak setelah dipaksa mendarat di bandara Ankara, Turki

WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat mengecam Rusia karena mengirim bantuan senjata ke Suriah. Informasi ini diketahui setelah Turki memergoki pesawat Suriah membawa muatan senjata.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Victoria Nuland, Jumat (12//10/2012), mengatakan bahwa Rusia secara moral sudah rusak karena membantu Suriah. Turki memergoki SyrianAir membawa amunisi dari Moskwa menuju Damascus. Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyatakan bahwa pesawat itu membawa amunisi senjata.

Namun Menlu Rusia Sergei Lavrov membantah. Dia mengatakan pesawat itu hanya membawa radar yang bisa memantau peluncuran rudal.

Nuland mengatakan bahwa setiap pihak yang duduk di Dewan Keamanan PBB paham bahwa siapa pun diminta berusaha untuk tidak memberi bantuan pada rezim Suriah.

Lavrov mengatakan bahwa apa yang dilakukan Rusia tidak menyalahi aturan apa pun. Namun menurut Nuland, Rusia tidak menyalahi aturan tetapi secara moral sudah rusak.

Editor :
Nasru Alam Aziz

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - AS Kecam Rusia karena Kirim Senjata ke Suriah.


Sri Pulung Komandan Lanud Husein Sastranegara

Posted: 12 Oct 2012 06:54 PM PDT

0840166p Sri Pulung Komandan Lanud Husein Sastranegara

Kompas/Didit Putra Erlangga
Upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan Udara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/10/2012).

BANDUNG, KOMPAS.com — Kolonel Pnb Sri Pulung Damasta menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara Husein Sastranegara. Ia menggantikan Kolonel Pnb Umar Sugeng Hariyono, yang bakal menjabat sebagai Asisten Perencanaan Komando Operasi TNI AU I.

Upacara serah terima jabatan dilangsungkan di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/10/2012).

Sebelumnya, Sri Pulung tercatat sebagai ajudan Presiden RI. Ia pernah menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 17 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma. Ia menamatkan pendidikan pada Seskoau tahun 2002. Sri mendapatkan penghargaan seperti Satyalancana Kesetiaan VIII, XVI, dan XXIV tahun, maupun Satyalancana Dwidya Sista.

Sebelum melepas jabatan Komamndan Lanud Husein Sastranegara, Umar menamatkan pendidikan Sesko TNI pada tahun 2010.

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I, Marsekal Muda Bagus Puruhito menjelaskan, pergantian pejabat ini adalah penyegaran yang biasa dilakukan di setiap organisasi.

Editor :
Nasru Alam Aziz

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Sri Pulung Komandan Lanud Husein Sastranegara.


Demokrat bersyukur DPR setujui gedung baru KPK

Posted: 12 Oct 2012 06:44 PM PDT

20120524NurhayatiAssegaf 001 Demokrat bersyukur DPR setujui gedung baru KPK

Nurhayati Assegaf (ANTARA/Andika Wahyu)

Berita Terkait
Polri : penyidik tak pernah keluhkan gaji KPK apresiasi langkah Komisi III DPR Tim Kuasa Novel serahkan hasil investigasi KPK: nasib uang “saweran” di tangan negara PKS dukung gedung baru KPK
Galeri Terkait
20121008mengadu ke komnas ham Demokrat bersyukur DPR setujui gedung baru KPK
Mengadu Ke Komnas Ham
20121005djoko susilo diperiksa Demokrat bersyukur DPR setujui gedung baru KPK
Djoko Susilo diperiksa
Video Terkait
20121005djoko susilo Demokrat bersyukur DPR setujui gedung baru KPK
Djoko Susilo Penuhi Panggilan …
20120928djoko Demokrat bersyukur DPR setujui gedung baru KPK
Djoko Susilo Tidak Penuhi …
Jakarta (ANTARA News) – Fraksi Partai Demokrat mendukung keputusan Komisi III DPR RI yang menyetujui pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan mencabut blokir atau tanda bintang pada mata anggaran pembangunan gedung KPK.
“FPD yang sejak awal mendukung pembangunan gedung KPK merasa sangat bersyukur dengan pencabutan tanda bintang tersebut dan berharap KPK dapat segara membangun gedung baru,” kata Ketua Fraksi PD Nurhayati Ali Assegaf di Jakarta, Sabtu.
Menurut Nurhayati, gedung baru akan membuat kinerja KPK dalam memberantas korupsi meningkat. “Itulah harapan Fraksi PD yang saya yakin juga merupakan harapan rakyat Indonesia kepada KPK,” kata dia.
Rapat maraton Komisi III DPR RI Kamis malam lalu akhirnya sepakat mencabut blokir atau tanda bintang oleh Kementerian Keuangan atas rekomendasi Komisi III DPR RI. 
Dengan begitu, KPK dipersilakan membangun gedung baru. “Jadi tanda bintangnya dicabut dan KPK akan memiliki gedung baru,” kata Ketua Komisi III DPR RI, I Gede Pasek Suardika.
Komisi III DPR RI lalu berkirim surat kepada Ketua DPR RI dan Ketua Badan Anggaran DPR RI.
Surat pemberitahuan kepada Ketua DPR RI bernomor 32/Kom.III/MP.I/IX/2012 tertanggal 12 Oktober 2012 itu ditandatangani Pasek Suardika dengan tembusan Pimpinan DPR, Badan Anggaran DPR, Komisi III, Sekretariat Jenderal DPR RI, Kepala Biro Kesekretariatan Pimpinan DPR RI, dan Kabag Musyarah Pimpinan Setjen DPR RI. 
(zul)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Demokrat bersyukur DPR setujui gedung baru KPK.


Video BlackBerry L-Series Muncul di Dunia Maya

Posted: 12 Oct 2012 06:38 PM PDT

gW2mryPptV Video BlackBerry L Series Muncul di Dunia Mayacapture

CALIFORNIA – Wujud smartphone BlackBerry 10 muncul dalam sebuah video di jagat maya. Video yang berasal dari Meksiko ini dikabarkan merupakan perangkat BlackBerry pertama yang akan meluncur tahun depan.

Dilansir dari Softpedia, Sabtu (13/10/2012), perangkat tersebut digadang-gadang sebagai BlackBerry L-Series yang menjadi perangkat Research in Motion (RIM) yang akan meluncur pada awal 2013.

Sayangnya, tidak diketahui pasti mengenai perangkat tersebut.  Smartphone yang ada dalam video tersebut berbeda dengan BlackBerry Dev Alpha A dan B yang diumumkan beberapa waktu lalu.
 
Video yang berdurasi 4 menit 55 detik itu menampilkan seseorang yang berbahasa Spanyol. Nara sumber tersebut  mempresentasikan sistem operasi dan fitur yang akan diusung dalam produk BlackBerry generasi terbaru. (fmh)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Video BlackBerry L Series Muncul di Dunia Maya

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Video BlackBerry L-Series Muncul di Dunia Maya.


PM Australia Datang, Kuta Steril

Posted: 12 Oct 2012 06:22 PM PDT

0710217620X310 PM Australia Datang, Kuta Steril Muhammad Hasanudin Pengamanan menjelang kedatangan Perdana Menteri Australia Julia Gillard ke Monumen Bom Bali, Ground Zero, Kuta Sabtu (13/10/2012) mulai diperketat.

KUTA, KOMPAS.com – Kawasan Pantai Kuta kembali ditutup Sabtu (13/10/2013) sekitar pukul 07.00 WITA menjelang kedatangan Perdana Menteri Australi Julia Gillard ke Monumen Bom Bali, di Ground Zero Legian. Rencananya Julian Gillard akan memberi penghormatan terhadap korban Bom Bali 2002 di depan monumen bom Bali.

"Rencananya Perdana Menteri Australia akan tiba pukul 09.00 WITA," ujar Kabid Humas Polda Bali Kombes Hariadi di depan monumen bom Bali beberapa saat lalu. Pengamanan super ketat tampak di sekitar Ground Zero dengan melibatkan personel gabungan TNI dan Polri.

Tim pengamanan PM Australia pun sudah tiba di lokasi untuk memastikan Ground Zero steril dan aman dikunjungi.

Editor :
Hindra

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - PM Australia Datang, Kuta Steril.


Julia Gillard ke Ground Zero, Legian dijaga ketat

Posted: 12 Oct 2012 06:17 PM PDT

20121012040 Julia Gillard ke Ground Zero, Legian dijaga ketat

Kerabat korban Bom Bali 2002 meletakkan bunga pada peringatan 10 tahun tragedi Bom Bali di Taman Garuda Wisnu Kencana, Bali. (ANTARA/Pool/Nyoman Budhiana)

Berita Terkait
Gugun Blues Shelter hentak panggung AJPF 2012Eks terpidana bom Bali dialog di SoloAustralia belum putuskan peringatan Bom Bali selanjutnya Jalan seputar monumen “ground zero” ditutup Polisi terapkan pengamanan berlapis di GWK
Galeri Terkait
20121012refleksi bom bali Julia Gillard ke Ground Zero, Legian dijaga ketat
Refleksi Bom Bali
20121012040 Julia Gillard ke Ground Zero, Legian dijaga ketat
Peringatan bom Bali
Video Terkait
20120622umar patek Julia Gillard ke Ground Zero, Legian dijaga ketat
Umar Patek Divonis 20 Tahun
20120528umar patek Julia Gillard ke Ground Zero, Legian dijaga ketat
Patek Bantah Terlibat Bom Bali
Kuta (ANTARA News) – Sedikitnya 39 pecalang atau pasukan pengamanan adat ikut mengamankan lokasi Monumen Bom Bali di bekas lokasi peledakan bom atau “Ground Zero” di Jalan Legian, Kuta, karena Perdana Menteri Australia Julia Gillard dijadwalkan mengunjungi kawasan itu.
“Masing-masing banjar itu mengirimkan tiga orang pecalang untuk ikut mengamankan `Ground Zero`,” kata Nyoman Sugiada, seorang pecalang dari Banjar Pemamoran, Desa Adat Kuta, Sabtu.
Menurut dia, 39 pecalang itu berasal dari 13 banjar di Desa Adat Kuta yang ikut membantu polisi menjaga Legian, termasuk mengatur lalu lintas.
Sepanjang Jalan Legian Kuta Sabtu ini sudah disterilkan aparat keamanan dari kendaraan lalu lintas sejak pukul 06.00 Wita hingga acara kunjungan Perdana Menteri Australia selesai di “Ground Zero”.
Ratusan polisi diterjunkan untuk mengamankan lokasi bekas peledakan Bom Bali I 12 Oktober 2002 silam.
Mereka dilengkapi senjata  laras panjang, tiga anjing pelacak dan gegana Polda Bali, selain juga dibantu personel TNI.
Kunjungan Julia Gillard ini adalah rangkaian peringatan 10 tahun tragedi bom yang merenggut 202 nyawa berasal dari 22 negara yang 88 korban diantaranya warga negara Australia.
(ANTARA)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Julia Gillard ke Ground Zero, Legian dijaga ketat.


Dua wakil Indonesia lolos ke semifinal Belanda Terbuka

Posted: 12 Oct 2012 06:15 PM PDT

20111219PiaZebadiah 150508 26 Dua wakil Indonesia lolos ke semifinal Belanda Terbuka

Pia Zebadiah melaju ke semifinal Belanda Terbuka bersama pasangannya pada ganda campuran Markis Kido (ANTARA/Prasetyo Utomo)

Berita Terkait
Andre Kurniawan gagal ke semifinal Belanda TerbukaKido/Pia melaju ke semifinal Belanda Terbuka Dua ganda Indonesia melangkah ke perempat final Belanda TerbukaAndre Kurniawan lawan Koukal di Belanda TerbukaAndre tempati unggulan keempat di Belanda Terbuka
Semarang (ANTARA News) – Indonesia menempatkan pasangan Markis Kido/Alvent Yulianto (ganda putra) dan Markis Kido/Pia Zebadiah (ganda campuran) pada semifinal Belanda Terbuka setelah tiga wakil lainnya tumbang di babak perempatfinal.
Berdasarkan laman tournamentsoftware, Alvent Yulianto/Markis Kido mengalahkan ganda Inggris Chris Langridge/Peter Mils dua set langsung 21-17 dan 21-17 dalam waktu 39 menit.
Peringkat 102 dunia itu akan menantang unggulan pertama Lukasz Moren/Wojciech Szkudlarczyk (Polandia) yang berperingkat 41 dunia yang menyingkirkan Jones Rafli Jansen/Ari Trisnanto (Jerman) dengan 21-17, 21-16.
Sementara itu ganda Malaysia Gan Teik Chai/Ong Soon Hock yang mengalahkan Yonathan Suryatama/Hendra Aprida Gunawan di perempatfinal langsung ke final karena lawannya Adam Cwalina/Przemyslaw Wacha (Polandia) mengundurkan diri.
Pada nomor ganda campuran Markis Kido/Pia Zebadiah menyingkirkan unggulan ketiga Wjciech Szkudlarczyk/Agnieszka Wojtkowska (Polandia) dengan 21-18, 21-19 untuk menghadapi Marcus Ellis/Gabrielle White (Inggris) yang pada perempatfinal mengalahkan Robin Tabeling/Myke Halkema (Belanda) 21-19, 21-14.
Baik Kido/Pia yang kini menempati peringkat 43 dunia dan Marcus Ellis/Gabrielle White yang menempati peringkat 58 dunia belum pernah bertemu.
Semifinalis lain ganda campuran adalah unggulan pertama Anthony Dumartheray/Sabrina Jaquet (Swiss) akan menghadapi unggulan kelima Mads Pieler Kolding/Kamilla Rytter Juhl (Denmark).
Tiga wakil Indonesia yang gagal melangkah ke semifinal adalah tunggal putra Andre Kurniawan Tedjono yang dikalahkan pemain Denmark Emil Holst dengan 16-21,15-21, unggulan kedua ganda putri Pia Zebadiah/Rizki Amelia Pradipta yang kalah dari pasangan Inggris Heather Olver/Kate Robertshaw dengan 19-21, 17-21, dan ganda putra Yonathan Suryatama/Hendra Aprida Gunawan yang disisihkan ganda Malaysia Gan Teik Chai/Ong Soon Hock tiga set 21-12,17-21, dan 18-21.
Pasangan ganda campuran Alvent Yulianto/Rizki Amelia Pradipta sudah terlebih dulu tersingkir pada babak pertama kejuaraan bulutangkis berhadiah total 50 ribu dolar AS ini.
(H015/A016)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Dua wakil Indonesia lolos ke semifinal Belanda Terbuka.


James Bond soars in early “Skyfall” reviews

Posted: 12 Oct 2012 06:05 PM PDT

Ada film-film Indonesia di Festival Oslo

Posted: 12 Oct 2012 05:52 PM PDT

20120417EJP 1331e Ada film film Indonesia di Festival Oslo

Rio Dewanto dalam film Modus Anomali karya sutradara Joko Anwar. (Lifelike Pictures)

Senang dapat melihat film Indonesia diputar pada berbagai festival dunia”

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Hiburan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ada film-film Indonesia di Festival Oslo.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com