10.14.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Truk Sampah Terbalik di Layang Cempaka Putih

Posted: 13 Oct 2012 07:19 PM PDT

0901337620X310 Truk Sampah Terbalik di Layang Cempaka Putih Jumar Sudiyana/Radio Sonora Truk Sampah B-9238-SI Terbalik di Layang Cempaka Putih arah Rawamangun, Minggu (14/10/2012) pagi

JAKARTA,KOMPAS.Com – Sebuah truk bermuatan sampah terbalik dan menutup lajur di Layang Cempaka Putih arah Rawamangun, Minggu (14/10/2012) pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

Menurut pengemudi truk Hendra (25), kecelakaan bermula saat truk bernomor polisi B 9238 SI bermuatan penuh sampah meluncur dari Ancol menuju lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Bantar Gebang, Bekasi. Pada saat menaiki Layang Cempaka Putih ban belakang kiri bagian dalam pecah, kendaraan tidak bisa dikendalikan dan terbalik dengan posisi miring lalu menutup lajur.

"Ketika menaiki tanjakan Kupingan Layang Cempaka Putih, tiba-tiba pecah ban dan truk langsung terbalik melintang " ujar Hendra.

Hendra mengatakan, akibat peristiwa kecelakaan tersebut, dirinya dan sang pembantu pengemudi mengaku tidak mengalami luka serius, hanya memar sedikit. Namun, kaca mobil bagian depan hancur berkepingi-keping.

Pantauan SONORA, hingga berita ini diturunkan muatan sampah yang ada di truk tersebut masih berserakan di jalan dan menimbulkan bau tak sedap. Sementara truk sampah pengganti sedang melakukan pemindahan muatan.

Petugas lalulintas langsung menutup lajur di Ujung Tanjakan Layang Cempaka Putih dengan satu unit mobil Patwal, karena kendaraan tidak bisa melintas. Kendaraan dari arah Senen yang akan ke Rawamangun harus memutar balik di Jl Perintis Kemerdekaan karena tertutupnya lajur di lokasi kecelakaan.

Editor :
Ana Shofiana Syatiri

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Truk Sampah Terbalik di Layang Cempaka Putih.


Jenazah Julian Sihombing Tiba Minggu Malam

Posted: 13 Oct 2012 07:09 PM PDT

0854395p Jenazah Julian Sihombing Tiba Minggu Malam

KOMPAS/Julian Sihombing
Insiden Trisaksi 1998 karya fenomenal Julian Sihombing, fotografer Harian Kompas.

JAKARTA, KOMPAS.com – Wartawan Harian KOMPAS, Julian Sihombing  meninggal dunia di National University Hospital Singapura, Minggu (14/10/2012) sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Julian sudah lama mengidap kanker.

Jenazah Julian Sihombing akan disemayamkan di rumah duka, Jl Perkici 2 Blok EA 3/50, Bintaro Sktr 5. Saat ini jenazah masih berada di Singapura dan diperkirakan akan tiba di rumah duka sekitar pukul 18.00-22.00 hari ini.

Julian Sihombing dikenal fotografer andal. Beberapa karya fotonya mendapat penghargaan. Salah satunya adalah foto dalam insiden penembakan mahasiswa Trisaksi tahun 1998.

Karyawan Kompas dengan nomor induk karyawan 00614 ini adalah lulusan Universitas Indonesia. Salah satu bukunya berjudul Split Second, Split Moment memuat karya foto-foto terbaiknya selama mengabadikan beragam peristiwa dalam kurun waktu 20 tahun, mulai dari Tragedi Trisakti, meninggalnya Ibu Tien Soeharto, masa-masa akhir Presiden Soeharto, hingga masa kepemimpinan Megawati. 

Editor :
Robert Adhi Ksp

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jenazah Julian Sihombing Tiba Minggu Malam.


Gitaris band mahasiswa terpilih tampil di Jakblues

Posted: 13 Oct 2012 07:09 PM PDT

“Nggak nyangka bakalan kepilih. Padahal iseng-iseng doang (mendaftar),” katanya usai menyaksikan penampilan Davy Knowles, gitaris dan penyanyi blues asal Inggris, pada Sabtu malam.

Meski memiliki band dengan teman-temannya, ia mengaku belum pernah tampil dalam acara seperti Jakblues yang dia sebut “wah banget.”

Ia mengaku kesulitan menyamakan nada pada latihan perdana yang baru diadakan Sabtu pagi. “Soalnya gitar bawa masing-masing,” tuturnya.

Namun dia tidak mengalami kesulitan menemukan ikatan dan melakukan penyesuaian dengan 99 gitaris lain meskipun baru pertama kali bertemu. “Mungkin terbawa suasana,” katanya.

Dari dua lagu yang dibawakan, ia mengaku lagu “Still Got The Blues” dari Gary Moore lebih sulit dibawakan karena dia belum pernah memainkannya dan baru mendapatkan lagu itu sehari sebelum penyelenggaraan acara.

Para gitaris juga membawakan lagu “Kompor Meleduk” dari Benyamin Sueb, mengiringi lantunan vokalis Naif, David.

(nta)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Hiburan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gitaris band mahasiswa terpilih tampil di Jakblues.


Universitas Harvard Diguncang Skandal Nyontek

Posted: 13 Oct 2012 07:08 PM PDT

0856324p Universitas Harvard Diguncang Skandal Nyontek

AP
Reputasi tinggi Universitas Harvard digoncang oleh skandal "nyontek" yang dilakukan 125 mahasiswanya

BOSTON, KOMPAS.com – Perguruan tinggi pertama di Amerika, Universitas Harvard, hampir secara universal dianggap sebagai standar tertinggi dalam pendidikan tinggi.
 
Universitas itu begitu terkenal, sehingga banyak mahasiswa dari tempat-tempat lain di Amerika seringkali secara bergurau menyebut universitas mereka sebagai “Harvard” di kota mereka. Mereka sadar bahwa tidak ada perguruan tinggi lain yang dapat menandingi lembaga pendidikan tinggi yang termasuk dalam Ivy League itu yang berkampus di Cambridge di pinggiran kota Boston, Massachussett.
 
Secara tradisional, hanya lulusan terbaik dari SMU terbaik di Amerika yang dapat diterima di Harvard, dan gelar dari universitas ini sering dianggap sebagai “tiket” menuju karir dan gaji yang baik.
 
Namun, Harvard yang angkuh itu kini berjuang mengatasi cela yang memalukan dalam catatan sejarah dan reputasi universitas itu. Cela itu terkait dengan skandal “nyontek” yang melibatkan sekitar 125 mahasiswa dalam mata kuliah pemerintahan. Ini adalah jenis insiden yang kadang-kadang menimpa perguruan tinggi yang kurang bergengsi, tetapi tidak di Harvard.
 
Puluhan atlet universitas itu dianggap tersangkut dengan penyontekan itu yang melibatkan ujian yang boleh dikerjakan di rumah pada tahun akademi lalu, ketika tim bola basket Harvard untuk pertama kali masuk dalam jajaran 25 besar atau satu dari 25 tim terbaik bola basket tingkat perguruan tinggi.
 
Kejadian ini menimbulkan kecemasan dalam komunitas akademis yang khawatir Harvard mulai mencerminkan praktik di berbagai perguruan tinggi lain yang memberikan keringanan bagi para atlet yang paling berharga, dan menerima sebagian mahasiswa semata-mata karena mereka bisa melempar bola atau bermain bola basket.
 
Menurut para pejabat Harvard, dua bintang pemain yang menjadi kapten tim bola basket universitas itu mengambil cuti dari kegiatan kuliah musim ini.
 
“Tanpa integritas, tidak akan ada prestasi yang murni, baik di Harvard maupun di universitas lain manapun,” demikian ujar Dekan Program Sarjana Jay Harris dalam sebuah pernyataan tidak lama setelah penyontekan itu terungkap.
 
Alasan umum menyontek adalah karena mahasiswa yang stres atau tertekan akan lebih terdorong untuk mendapat nilai baik daripada belajar dengan baik. Kemudahan akses ke berbagai informasi yang tersedia secara online memungkinkan penjiplakan dan penyontekan lebih mudah dilakukan. Berbagai universitas kini tidak lagi menekankan etika, dan para guru besar yang terlibat dalam penelitian seringkali memberikan lebih sedikit perhatian pada pengajaran.
 
Argumen-argumen ini mungkin dapat mengurangi rasa malu di sebagian universitas. Tetapi, di Universitas Harvard yang kini berusia 376 tahun, alasan-alasan itu tidak dapat diterima.

Sumber :
VOAINDONESIA

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Universitas Harvard Diguncang Skandal Nyontek.


Wartawan Kompas Julian Sihombing Tutup Usia

Posted: 13 Oct 2012 06:59 PM PDT

0854395p Wartawan Kompas Julian Sihombing Tutup Usia

KOMPAS/Julian Sihombing
Insiden Trisaksi 1998 karya fenomenal Julian Sihombing, fotografer Harian Kompas.

JAKARTA, KOMPAS.com – Wartawan Harian KOMPAS, Julian Sihombing  meninggal dunia di National University Hospital Singapura, Minggu (14/10/2012) sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Julian sudah lama mengidap kanker.

Jenazah Julian Sihombing akan disemayamkan di rumah duka, Jl Perkici 2 Blok EA 3/50, Bintaro Sktr 5. Saat ini jenazah masih berada di Singapura dan diperkirakan akan tiba di rumah duka sekitar pukul 18.00-22.00 hari ini.

Julian dikenal sebagai fotografer andal. Beberapa karya fotonya mendapat penghargaan. Salah satunya adalah foto dalam insiden penembakan mahasiswa Trisaksi tahun 1998.
 

Editor :
Robert Adhi Ksp

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wartawan Kompas Julian Sihombing Tutup Usia.


Menko Kesra dijadwalkan tutup Raimuna ke-10

Posted: 13 Oct 2012 06:59 PM PDT

Penutupan Raimuna akan dilakukan Menko Kesra pada Senin pagi,” “Penutupan Raimuna akan dilakukan Menko Kesra pada Senin pagi,” kata Sekda yang juga ketua panitia Raimuna Nasional ke-10 di Jayapura, Papua, Minggu.

Menurut dia, Menko Kesra Agung Laksono dijadwalkan tiba di Kota Jayapura pada Minggu sore untuk menginap satu malam. Agenda penutupan Raimuna Nasional ke-10 akan digelar di Buper Phokela Waena.

Sehari sebelumnya, ribuan peserta Raimuna ke-10 akan melaksanakan pesta api unggun sebagai tanda berakhirnya Raimuna. “Jadi, Minggu malam ada api unggun di Buper Phokela, lalu Senin pagi akan ada penutupan oleh Bapak Menko Kesra,” katanya.

Pesta api unggun tersebut dibuat untuk persiapan pelepasan atau berakhirnya Raimuna ke-10 di Buper Phokela Waena Jayapura yang digelar selama satu pekan, 8 – 15 Oktober.

Sekda Papua menyampaikan selama pelaksanaan Raimuna ke-10 berbagai macam fasilitas telah disiapkan oleh panitia guna mendukung terlaksananya acara organisasi kepanduan tersebut di Kota Jayapura, Papua selama sepekan.

“Kami juga mengajak para peserta Raimuna menikmati sejumlah objek wisata alam yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura, seperti ke wisata pantai Base-G, pantai Hamadi, mengunjungi Kantor Gubernur Provinsi Papua di bibir pantai atau di dalam Teluk Humboltd,” katanya.

Selanjutnya, mengunjungi Museum Universitas Cenderawasih, Tugu Mc Arthur, berkeliling Danau Sentani, ke wisata air Terjun di kaki Gunung Syklop, dan ke wisata pantai Tablanusu yang terkenal dengan kerikil hitamnya.

“Adik-adik peserta Raimuna ternyata bisa menilai bahwa Papua itu aman, baik dan damai, jauh seperti yang didengar. Saya kira ini penilaian positif. Wapres Boediono saja menyatakan tertarik datang lagi ke Papua,,” katanya

Mantan Wakil Gubernur Provinsi Papua era Jap Salosa itu mengatakan kehadiran Wapres saat pembukaan Raimuna ke-10 di Buper Phokela Waena pada Rabu (10/10) itu hanya beberapa jam, tetapi hal itu menandakan hal yang positif bagi pencitraan Papua.

“Kita harus memberi kesan-pesan yang baik yah tentang Papua, suatu kebanggaan tersendiri Wapres Boediono bisa hadir dan membuka Raimuna meski hanya beberapa jam, ini melukiskan bahwa sebagai kepala negara dia merasa nyaman berada di Papua. Hal itu yang harus kita lihat dan nilai,” katanya.

(KR-ARG/E011)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Menko Kesra dijadwalkan tutup Raimuna ke-10.


Sepanjang 2012, 129 ABG Diculik dan Diperkosa

Posted: 13 Oct 2012 06:49 PM PDT

232313p Sepanjang 2012, 129 ABG Diculik dan Diperkosa

Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Maraknya aksi penculikan disertai kekerasan seksual pada anak membuat khawatir banyak pihak. Seiring perkembangan zaman, faktor teknologi turut berpengaruh atas rentetan peristiwa tersebut. Untuk itu, bagi para orang tua diharapkan selalu menjaga buah hatinya dengan baik.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengatakan, berdasarkan catatannya, setidaknya 129 anak, khususnya ABG yang terkena kasus penculikan disertai kekerasan seksual. Angka tersebut didapat dari Januari hingga Oktober 2012.

"Di bulan Oktober ini saja ada enam kasus. Total semuanya sudah ada 129 kasus dari Januari sampai Oktober ini. 27 kasus, di antaranya korban kejahatan dari perkenalan lewat jejaring sosial," ujar Arist saat ditemui Kompas.com, Sabtu (13/10/2012).

Arist melanjutkan, modus aksi penculikan dan kekerasan seksual mengalami perkembangan seiring zaman. Kini, para pelaku yang biasanya merupakan sindikat, menggunakan situs jejaring sosial untuk menjerat korbannya.

Sebut saja peristiwa yang baru-baru ini terjadi di Depok, Jakarta Utara dan Bogor. Pelaku menggunakan Facebook untuk awal perkenalan dengan korban.

"Bahkan ada satu kasus di Jakarta Utara, di mana korbannya ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa lagi. Artinya apa, ini situasi darurat untuk orang tua sekaligus Polisi," jelas Arist.

Orang Tua Harus Punya Facebook

Menurut Arist, upaya untuk mengantisipasi modus pelaku memanfaatkan teknologi tersebut adalah melalui sekolah dan keluarga. Di sekolah, para guru diharapkan mampu mengajarkan efek baik negatif maupun positif dari penggunaan internet. Bahkan sudah selayaknya, pemahaman tersebut masuk dalam ekstrakulikuler.

Tak hanya di sekolah, pemahaman penggunaan internet juga harus diajarkan oleh orang tua di rumah. Pemberian ponsel dengan fitur layanan internet pada anak, bukan lah bentuk kasih sayang yang utuh.

Menurutnya, orang tua harus berperan lebih jauh, yaitu turut andil dalam aktivitas anak di dunia maya. Untuk itu lah, orang tua juga wajib mempelajari internet.

"Orang tua harus belajar chatting-chatting-an. Ini tantangannya bukan hanya sekadar melarang, tapi juga harus turut andil dalam itu. Bagaimana bisa melarang anak berinternet kalau orang tua sendiri tidak tahu. Bahkan kalau bisa orang tua buka akun Facebook," ujar Arist.

PPA Harus Berdiri Sendiri

Dari segi penegakan hukum, Komnas PA menilai, aparat penegak hukum tak maksimal dalam memberantas para pelaku sindikan penculikan dan perkosaan anak. Menurut Arist, kondisi itu terjadi bukan lantaran kekurangan sumber daya manusia, namun lebih pada kefektifan struktur di institusi berseragam cokelat tersebut.

"Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), setingkat unit dan hanya ada di Polres. Harusnya itu bisa jadi setingkat Satuan dan di tiap Polsek ada unit-unitnya. Karena kasus ini serius," tegas Arist.

Kendalanya, segala keputusan yang berkaitan dengan penyelidikan kasus pidana perempuan dan anak di bawah umur, harus melalui kasat reskrim terlebih dahulu baru penyelidikan bisa dilanjutkan. Struktur tersebut dianggap memperlama proses penyelidikan sehingga pengungkapan kasus tidak maksimal.

Kepolisian memang telah memiliki struktur khusus untuk menangani kasus perempuan dan anak, yaitu Unit Perlindungan Perempuan dan Anak. Namun, unit itu berada di bawah naungan Satuan Reserse Kriminal. PPA juga tidak berada di tiap Polsek, hanya Polres.

"Kasus yang di Depok itu, korban sempat di sekap di Parung, Bogor. Di sana, dia ketemu ABG lain. Setelah korban berhasil lari, harusnya Polisi bisa cepat ke TKP. Tapi karena lama koordinasi dulu dari Polisi Depok dengan Bogor, keburu kabur orang-orang itu," ujar Arist.

Dengan berbagai upaya antisipasi, diharapkan anak-anak Indonesia bebas dari ancaman tindak penculikan dan kekerasan seksual. Berbagai unsur harus bekerja sama untuk melindungi anak Indonesia.

 

Editor :
Ana Shofiana Syatiri

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Sepanjang 2012, 129 ABG Diculik dan Diperkosa.


Ghana jadi tim pertama ke putaran final Piala Afrika

Posted: 13 Oct 2012 06:47 PM PDT

Acquah, yang masuk ke timnas Ghana itu sebagai pemain pengganti pada saat-saat terakhir, membobol gawang Malawi saat pertandingan putaran akhir leg kedua tersebut baru berlangsung empat menit di

Lilongwe sehingga memastikan Ghana lolos ke putaran final pada Januari 2013.

Kemenangan 1-0 itu dihasilkan setelah kemenangan kandang 2-0 pada pertandingan leg pertama bulan lalu.

Ghana menjadi salah satu tim favorit pada Piala Afrika lalu tetapi berhasil dikalahkan di semifinal oleh Zambia, yang kemudian keluar sebagai juaranya pada Piala Afrika 2012 –yang diadakan di Guinea Khatulistiwa dan Gabon.

Ghana sendiri menduduki posisi keempat pada saat itu. Piala Afrika 2013 bakal digelar di Afrika Selatan mulai 19 Januari hingga 10 Februari 2013.

(A016/C003)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ghana jadi tim pertama ke putaran final Piala Afrika.


Gempa 5,2 SR guncang wilayah di dekat Papua Nugini

Posted: 13 Oct 2012 06:43 PM PDT

Pusat gempa, dengan kedalaman 6,7 kilometer, mulanya ditetapkan berada pada 2,52 derajat Lintang Selatan dan 142.3012 derajat Bujur Timur, demikian laporan Xinhua –yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad pagi.

(C003)

(T.C003/C/C003/C003) 14-10-2012 06:55:13

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gempa 5,2 SR guncang wilayah di dekat Papua Nugini.


7 Rumah di Sei Batang Ilir Terbakar

Posted: 13 Oct 2012 06:40 PM PDT

1340398620X310 7 Rumah di Sei Batang Ilir Terbakar Shutterstock Ilustrasi

BANJARMASIN, KOMPAS.com – Kebakaran menghanguskan tujuh buah rumah di Jalan Martapura Lama, Desa Sei Batang Ilir RT 01, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (14/10/2012) subuh. Akibatnya 11 keluarga atau 37 jiwa warga kehilangan tempat tinggal.

Diedin, relawan dari Tagana Fire Rescue, mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 05.15. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran.

"Rumah yang terbakar antara lain milik Ardi, As ari, Anang, Masnah, Suhaimi, Jusran, dan Samsuri. Satu rumah lainnya milik Ridwan rusak ringan," ujarnya.

Sehari sebelumnya, kebakaran juga melanda Desa Tambangan, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Dalam peristiwa ini sebanyak 17 rumah yang dihuni 34 keluarga musnah dilahap api.

 

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 7 Rumah di Sei Batang Ilir Terbakar.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com