10.21.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Lusinan Perangkat Motorola Bakal Didukung Jelly Bean

Posted: 20 Oct 2012 07:30 PM PDT

V9Fi208pjW Lusinan Perangkat Motorola Bakal Didukung Jelly Bean

CALIFORNIA – Motorola Mobility mengumumkan rencananya untuk meyediakan pembaharuan sistem operasi Android 4.0 Jelly Bean ke lusinan perangkat besutannya.

Perusahaan telah meluncurkan daftar perangkat yang akan kedatangan rasa baru dari sistem operasi Android.Sayangnya, tidak semua perangkat Motorola memperoleh pembaharuan ini.

Meski begitu, Motorola mengatakan seluruh perangkat yang di debut tahun ini akan didukung dengan sistem operasi Jelly Bean dan sejumlah perangkat yang dirilis pada tahun lalu. Demikian dilansir dari Softpedia, Minggu (20/10/2012).

“Sebagai bagian dari komitmen kami untuk memberikan yang terbaik dari teknologi smartphone, kami berencana untuk menggelar Jelly Bean ke sejumlah perangkat kami yang ditawarkan pada 2011 atau 2012,” tutur perusahaan.

List perangkat yang berjalan pada sistem operasi Jelly Bean termasuk: Droid Razr M, Deoid Razr HD, Droid Razr Maxx HD, Atrix HD (MB866), Photon Q, Electrify 2, Droid Razr, Droid Razr Maxx, Droid 4, Droid Bionic, Motorola Xoom WiFi-Only, dan Motorola Xoom WiFi + 3G/LTE.

“Meski kami bekerja keras untuk memberikan pembaharuan, sayangnya tidak semua perangkat kami akan menerima rasa baru dari Android 4.0 Jelly Bean. Di Amerika Serikat, kami telah menciptakan kualifikasi produk yang tidak menerima Jelly Bean,” papar perusahaan. (fmh)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Lusinan Perangkat Motorola Bakal Didukung Jelly Bean

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Lusinan Perangkat Motorola Bakal Didukung Jelly Bean.


Orang Jorok Mendunia! Di Prancis Mandinya Seminggu Sekali

Posted: 20 Oct 2012 07:18 PM PDT

601476e55ec1734960ad660908f7f1e7 L Orang Jorok Mendunia! Di Prancis Mandinya Seminggu Sekali

JAKARTA Kalau Indonesia giat mengkampanyekan gerakan cuci tangan, itu bukan karena negara ini paling jorok di dunia. Di mana-mana hidup bersih itu susah, bahkan di Prancis yang sudah maju saja warganya banyak yang mandi cuma seminggu sekali.

Survei terbaru yang dilakukan oleh perusahaan produk-produk kebersihan, Tork menunjukkan bahwa 1 dari 29 warga Prancis hanya mandi seminggu sekali. Bahkan untuk mandi sehari sekali saja, 1 dari 5 warga di negara ini enggan untuk melakukannya.

Di Prancis, kepedulian warga terhadap masalah kebersihan memang agak memprihatinkan. Survei tersebut juga mengungkap, 1 dari 8 warga tidak cuci tangan setelah beraktivitas di toilet dan 45 persen warga tidak cuci tangan setelah naik bus, padahal 54 persen menganggap bus adalah benda paling kotor.

Saat mau makan sekalipun, 1 dari 5 warga tidak merasa perlu untuk cuci tangan terlebih dahulu. Anehnya kalau mau masak, urusan kebersihan menjadi sangat penting sehingga 86,6 persen warga merasa perlu untuk cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu.

Untuk urusan membersihkan toilet, kaum muda jauh lebih memprihatinkan dibandingkan yang lebih dewasa. Hanya 18,9 persen di usia 18-34 tahun yang membersihkan toilet tiap hari, sedangkan di usia 50-64 tahun angkanya mencapai 44,9 persen dan di usia 65 tahun ke atas sebanyak 58,7 persen.

Hasil survei ini cukup mengejutkan karena muncul hanya setahun setelah penelitian lain menempatkan Prancis sebagai negara paling bersih di Eropa. Penelitian lama itu menunjukkan, 97 persen orang Prancis tidak nyaman kalau keluar rumah tanpa mandi sementara di Inggris angkanya hanya 74 persen.

Di Eropa, orang Inggris biasanya memang dianggap lebih jorok untuk urusan mandi. Dikutip dari Dailymail, Minggu (21/10), lebih dari 50 persen laki-laki di Inggris sering tidak mandi pagi dan 25 persen di antaranya memilih melanjutkan tidur daripada buang-buang waktu untuk mandi.

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Orang Jorok Mendunia! Di Prancis Mandinya Seminggu Sekali.


Senam Kebugaran ‘Zumba’ Kian Populer di Amerika

Posted: 20 Oct 2012 07:13 PM PDT

0902115p Senam Kebugaran Zumba Kian Populer di Amerika

AP
Zumba pertama kali diperkenalkan di Amerika tahun 2001 dan popularitasnya terus meroket, sehingga menjadi salah satu tren kebugaran tahun ini

Dalam beberapa tahun ini, popularitas Zumba, program tari atau senam kebugaran yang berasal dari Amerika Selatan terus melonjak di seantero Amerika.

Kelas Zumba di Alexandria, Virginia, dipenuhi suasana seperti pesta. Semangat tinggi para instruktur bagai menular.

Leonardo Lins dan Roberson Magalhaes adalah instruktur Zumba berijazah. Mereka membuka pusat kebugaran Chakaboom sekitar satu setengah tahun lalu dan mengajarkan Zumba enam hari seminggu.
 
Lins memaparkan, "Kelas pertama, kami harapkan sekitar 30 orang. Nyatanya hari itu muncul 75 orang."

Di pusat kebugaran itu dikembangkan pula berbagai gerakan yang berasal dari tarian Amerika Latin dengan musik internasional dan sejak itu berkembang. Kini, rata-rata kelas berisi hampir 200 orang.

Sandy Ross ikut dalam kelas Zumba 18 bulan lalu.  "Saya langsung jatuh cinta pada kelas ini setelah ikut kelas pertama. Gerakannya menyenangkan. Lebih mirip menari, tetapi sebenarnya berolahraga. Kita tidak sadar sedang berolahraga sampai selesai. Berat badan saya sudah turun hampir 52 kilogram," ujarnya.

Loraine Goodenough melakukan Zumba setiap hari. Ia menuturkan, "Tahun pertama ikut kelas Zumba ini, berat badan saya turun 20,5 kilogram. Ketika melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan, dokter tidak lagi memberi saya obat yang biasa saya minum dan satu obat lainnya dikurangi separuh. Jadi, jelas, tekanan darah saya juga menjadi jauh lebih baik."

Zumba Fitness diciptakan instruktur Beto Perez, orang Kolombia. Zumba pertama kali diperkenalkan di Amerika tahun 2001. Perusahaan itu berkantor pusat dekat Miami. Dikatakan, 14 juta orang di 150 negara kini mengikuti kelas-kelas Zumba setiap minggu.
 
Konvensi Zumba baru-baru ini di Orlando menunjukkan popularitas program kebugaran tersebut. Lebih dari 8.000 penggemar Zumba dari seluruh dunia berkumpul untuk mengikuti acara yang berlangsung empat hari itu.

Zumba terkadang dimanfaatkan untuk tujuan baik. Misalnya, dalam satu acara di Washington Mall, lebih dari 300 orang berpartisipasi dalam membantu menggalang dana bagi kelompok pemuda yang terkena dampak AIDS.

Magalhaes mengatakan, "Kami mengadakan acara, flash mob, dan kelas-kelas di mana orang menyumbang uang."

The American College of Sports Medicine mengakui manfaat kesehatan Zumba. Dokter Pamela Peeke, jurubicara untuk kelompok tersebut, mengatakan, "Jelas Zumba baik bagi kesehatan kardiovaskular dan untuk mengencangkan otot. Tetapi ada begitu banyak unsur lain yang harus kita tambahkan. Itu artinya, menjaga kesehatan diri sendiri secara mental, misalnya, cara mengelola stres, dan tentu saja memperhatikan gizi."
 
Dokter Peeke mengingatkan gaya hidup seimbang antara mulut, pikiran, dan otot adalah kunci untuk hidup sehat.

 

Sumber :
VOAINDONESIA

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Senam Kebugaran ‘Zumba’ Kian Populer di Amerika.


Colombia: Farc kills five in first attack during talks

Posted: 20 Oct 2012 06:56 PM PDT

 63618066 63618061 Colombia: Farc kills five in first attack during talks The Colombian government says the army has a constitutional duty to continue fighting the rebels

The Colombian army says five soldiers have been killed by Farc rebels, in the first major incident since peace negotiations were launched on Thursday.

The attack took place on Friday night in a Farc stronghold in the Putumayo region, near the border with Ecuador.

Colombian President Juan Manuel Santos has made it clear that he won't agree to a ceasefire offered by the rebels while peace talks proceed.

He said a truce at this stage would only enable the rebels to rearm.

The Colombian army said troops stationed at a patrol near the town of Puerto Assis were attacked on Friday night by "unconventional explosives".

"Our hearts are with the families of the soldiers who lost their lives in this despicable attack," said President Santos.

Heavy losses

Farc and government negotiators launched on Thursday in the Norwegian capital, Oslo, their first direct talks in a decade.

The peace negotiations are aimed at ending five decades in conflict in Colombia.

Farc leaders in Oslo called again for a ceasefire, saying both sides should make the most of the opportunity and stop the bloodshed in Colombia.

But the Colombian government insists the left-wing rebels sign a final treaty agreeing to give up their weapons before it considers a ceasefire.

 63617150 63617149 Colombia: Farc kills five in first attack during talks The Farc's Jesus Santrich (right) renewed calls in Oslo for a ceasefire

Analysts believe the rebels agreed to talk after suffering heavy losses and defections in the last few years.

The government says it wants to avoid the mistake of the previous peace talks, when the rebels were given control of a vast demilitarized zone and used to opportunity to regroup and gain strength.

The numbers of Farc combatants are believed since to have halved, from 16,000 in 2001 to 8,000.

After the formal launch in Oslo, the negotiations will proceed in the Cuban capital, Havana, on 5 November.

They are due to focus on five key areas: the end of armed conflict; land reform; guarantees for the exercise of political opposition and citizen participation; drug trafficking; and the rights of the victims of the conflict.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Colombia: Farc kills five in first attack during talks.


Kapal Induk AS Berlayar di Laut China Selatan

Posted: 20 Oct 2012 06:40 PM PDT

0829491p Kapal Induk AS Berlayar di Laut China Selatan

BBC
Sejumlah pejabat militer dan pemerintah Vietnam diterbangkan ke kapal induk USS George Washington.

USS GEORGE WASHINGTON, KOMPAS.com – Amerika Serikat mengirimkan kapal induk dan sejumlah kapal pendukung ke Laut Cina Selatan sebagai bentuk dukungan kepada Vietnam yang terlibat sengketa wilayah dengan China.

Kapten kapal induk USS George Washington mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa misi bertujuan untuk meningkatkan hubungan dengan Vietnam.

Selain itu misi pelayaran bertujuan untuk memastikan Amerika Serikat bisa menggunakan jalur di wilayah perairan yang disengketakan. "Tujuan kami adalah membuat negara-negara di kawasan mengatasi ketegangan … dengan cara mereka sendiri. Peran kami sampai tahap ini adalah menerapkan kebebasan bernavigasi di perairan internasional," kata Kapten Gregory Fenton seperti dikutip kantor berita AP pada Sabtu (20/10).

Para pejabat militer dan pemerintah Vietnam diterbangkan ke kapal induk USS George Washington. Hal ini menunjukkan berkembangnya hubungan militer kedua negara yang bermusuhan di masa perang sebelumnya.

Dimensi baru

Beberapa wartawan juga diundang untuk menyaksikan kebolehan militer Amerika Serikat. Negara-negara tetangga China, antara lain Vietnam, Filipina dan Jepang mencari dukungan dari Amerika Serikat terkait dengan sengketa wilayah.

Ketegangan di kawasan meningkat menyusul sengketa wilayah.  China mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Vietnam, Filipina dan beberapa negara di Asia mengklaim sebagian wilayah perairan.

Sengketa ini menjadi perhatian internasional pada akhir tahun 1990-an ketika hasil survei menunjukkan kemungkinan adanya cadangan minyak dalam jumlah besar di kawasan.

Persaingan antara Amerika Serikat dan China memberikan dimensi baru dalam sengketa ini selama beberapa tahun terakhir.

Sumber :
BBC Indonesia

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kapal Induk AS Berlayar di Laut China Selatan.


Jokowi Akan Ikuti “Car Free Day” di Kawasan Hotel Sultan

Posted: 20 Oct 2012 06:36 PM PDT

 Jokowi Akan Ikuti Car Free Day di Kawasan Hotel Sultan KOMPAS/LASTI KURNIA Gubernur DKI Jakarta Joko Wibowo datang ke Rumah Susun Marunda, Jakarta, Kamis (18/10/2012). Pada kunjungan tersebut, Joko melihat kondisi rumah susun yang sejak selesai tahun dibangun pada 2007, dari 26 blok, baru 16 blok yang terisi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini, Minggu (21/10/2012), akan mengikuti car free day, di Hotel Sultan, Jakarta Selatan. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta Eko Hariadi, kepada Kompas.com, pagi ini.

"Hari ini Jam 08.00 pagi, agenda Pak Jokowi sebagai Gubernur akan mengikuti car free day di Hotel Sultan," kata Eko.

Namun, Eko tak menjelaskan lebih lanjut, kegiatan apa yang akan diikuti mantan Wali Kota Solo itu di Hotel Sultan. Menurut Eko, Jokowi akan bergabung dengan masyarakat Jakarta yang melakukan berbagai aktivitas di kawasan tersebut. Informasi lainnya menyebutkan, Jokowi akan menghadiri pemberangkatan The Jadul Metropolitan di area parkiran Hotel Sultan, Jakarta Selatan. Setelah itu, menurut Anggota Komisi E Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD DKI Dwi Rio Sambodo, pada pukul 10.00 WIB Jokowi akan memberikan sambutan pada Rakerda PDIP di DPD PDIP, Tebet Raya, Jakarta Selatan.

Editor :
Inggried Dwi Wedhaswary

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jokowi Akan Ikuti “Car Free Day” di Kawasan Hotel Sultan.


Gemuk Saat Remaja, Impoten Saat Dewasa

Posted: 20 Oct 2012 06:33 PM PDT

b962750c5af6b5f328c8773963972c1a L Gemuk Saat Remaja, Impoten Saat Dewasa

NEW DELHI Jangan disangka badan gemuk hanya berbahaya untuk orang yang berusia tua. Nyatanya, laki-laki yang gemuk saat masih berusia remaja berisiko mengalami disfungsi ereksi alias impotensi saat dewasa.

Hal ini berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh University at Buffalo’s School of Medicine. Menurut penelitian tersebut, pria yang gemuk di usia 14 hingga 20 tahun, akan mengalami penurunan testosteron hingga 50 persen, yang secara signifikan dapat menyebabkan impotensi dan kemandulan saat dewasa.

“Kami terkejut saat mengamati penurunan 50 persen testosteron dalam penelitian pada anak laki-laki obesitas, karena mereka masih muda dan tidak diabetes,” kata Paresh Dandona, MD, PhD, Profesor SUNY Distinguished di Departemen Kedokteran, kepala Divisi Endokrinologi, Diabetes dan Metabolisme di UB Medical School, seperti dilansir timesofindia, Sabtu (20/10).

Menurut Dandona, implikasi dari temuannya cukup menghebohkan karena anak laki-laki yang gemuk akan berpotensi impoten dan infertil (tidak subur).

Studi ini dilakukan dalam skala kecil pada 25 pria obesitas dan 25 pria bertumbuh ramping, dikontrol pada tingkat usia dan kematangan seksual. Konsentrasi total dan bebas testosteron serta estradiol, hormon estrogen, diukur dalam sampel darah pagi hari puasa.

“Temuan ini menunjukkan bahwa efek dari obesitas sangat kuat, bahkan pada yang muda, dan bahwa asupan nutrisi dan gaya hidup dimulai pada masa kanak-kanak memiliki dampak besar di seluruh semua tahap kehidupan,” katanya.

Selain konsekuensi reproduksi, ketiadaan atau rendahnya tingkat testosteron juga akan meningkatkan kecenderungan lemak dan otot perut berkurang, yang menyebabkan resistensi insulin dan memberikan kontribusi untuk diabetes.

Hasil studi ini telah dipublikasikan secara online pada Clinical Endocrinology.

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gemuk Saat Remaja, Impoten Saat Dewasa.


CIA di Balik Ketegangan Suriah-Turki

Posted: 20 Oct 2012 06:29 PM PDT

4912411p CIA di Balik Ketegangan Suriah Turki

AFP/BULENT KILIC
Anak-anak muda Suriah panik setelah serangan udara pasukan pemerintah di Maaret al-Numaan, Suriah barat laut, Kamis (18/10). Pesawat-pesawat tempur rezim Bashar al-Assad melancarkan gelombang serangan baru di kota yang direbut pasukan oposisi pekan lalu tersebut.

Hubungan Suriah-Turki sudah tak harmonis sejak meletupnya revolusi rakyat di Suriah pada bulan Maret 2011 melawan rezim keluarga Assad, yang berkuasa di negeri itu sejak tahun 1969. Turki mendukung penuh revolusi rakyat Suriah, seperti Turki juga mendukung revolusi rakyat dalam gelombang Musim Semi Arab di Mesir, Tunisia, Libya, dan Yaman.

Namun, hubungan tegang kedua negara itu nyaris berbuah konflik militer terbuka sejak pasukan kedua negara saling berbalas tembakan di perbatasan, menyusul tewasnya enam warga sipil Turki akibat tembakan militer Suriah awal Oktober lalu.

Otoritas Turki, Rabu (10/10), kemudian memaksa pesawat Airbus A320 milik Syrian Air mendarat di ibu kota Turki, Ankara. Turki berdalih pesawat sipil milik Suriah itu membawa peralatan militer dari Rusia.

Hubungan Suriah-Turki semakin memanas setelah kedua negara itu hari Minggu (14/10) saling menutup wilayah udara masing-masing untuk penerbangan sipil satu sama lain.

Perkembangan dramatis menyangkut hubungan Suriah-Turki itu tak terlepas dari peran Badan Intelijen Pusat AS (CIA). Media massa Turki mengungkapkan, CIA sejak September telah mengingatkan otoritas Turki agar mewaspadai semua pesawat yang melintasi wilayah udara Turki menuju Suriah.

Penulis senior Hoda El Husseini dalam artikelnya di harian Asharq al Awsat edisi Kamis (18/10) juga mengungkapkan, CIA pada 10 Oktober memberi informasi intelijen kepada otoritas Turki bahwa pesawat Airbus A320 milik Syrian Air yang baru lepas landas dari Moskwa membawa peralatan militer.

Mengontak Rusia

Kementerian Luar Negeri Turki saat itu langsung mengontak Kedubes Rusia di Ankara untuk memberi tahu bahwa pesawat tempur Turki akan memaksa pesawat itu mendarat di Ankara meski ada 18 warga Rusia di dalam pesawat.

Pihak Turki mengatakan kepada Kedubes Rusia di Ankara bahwa pesawat Suriah itu membawa peralatan militer untuk rezim Presiden Bashar al-Assad.

Sempat terjadi perundingan alot antara Turki dan Rusia. Rusia menolak keras niat Turki mendaratkan secara paksa pesawat sipil Suriah itu. Sebaliknya, Turki bersikeras akan mendaratkan pesawat sipil itu.

Turki berdalih ada sandaran hukum internasional yang menegaskan bahwa peralatan militer dilarang diangkut dengan pesawat sipil atau melewati wilayah udara negara tertentu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Otoritas Turki saat itu juga mengajukan jaminan keselamatan terhadap 18 warga Rusia yang berada di pesawat. Pesawat tempur Turki akhirnya mendaratkan secara paksa pesawat sipil Suriah itu. Namun, ketegangan diplomatik antara Turki dan Rusia tidak dapat dihindari.

Rusia mengecam keras pendaratan secara paksa pesawat sipil Suriah di Ankara itu. Sebaliknya, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland menyatakan AS mendukung Turki dalam pendaratan paksa pesawat sipil Suriah tersebut.

Titik terpenting dalam kasus itu adalah CIA sering berada di belakang ketegangan atau bahkan perang terbuka di antara dua negara atau kelompok, termasuk saat hubungan Suriah-Turki memanas saat ini. (Musthafa Abd Rahman, dari Kairo, Mesir)

Sumber :
Kompas Cetak

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - CIA di Balik Ketegangan Suriah-Turki.


Puluhan calon haji nonkuota tak berangkat

Posted: 20 Oct 2012 06:20 PM PDT

20121017sisa kloter haji1 Puluhan calon haji nonkuota tak berangkat

Ilustrasi. Sisa Kloter Haji. Sejumlah calon Haji berpamitan dengan keluarganya saat pemberangkatan di Asrama Haji, Banda Aceh, Selasa (16/10). Sebanyak 62 calon haji asal Aceh itu, merupakan sisa kloter yang nantinya bergabung dengan sisa kloter JCH asal Medan dan JCH Palembang yang diberangkatkan satu pesawat melalui bandara Polonia-Medan menuju Mekkah. (FOTO ANTARA/Ampelsa)

Sejak Selasa (16/10) kami di hotel. Namun tidak ada kepastian,” “Sejak Selasa (16/10) kami di hotel. Namun tidak ada kepastian,” kata calon haji asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Muslimin, yang mewakili teman-temannya di sebuah hotel di Jakarta, Sabtu.

Calon jamaah haji tersebut antara lain berasal dari Sulawesi, Kalimantan dan Jawa.

Muslimin tidak mengetahui mengapa mereka sampai tidak bisa memperoleh visa. Padahal, katanya, pada tahun sebelumnya haji nonkuota bisa berangkat.

Pihak biro perjalanan, katanya, mengaku sudah mendapat jaminan dari Kedubes Arab Saudi bahwa mereka akan memperoleh visa.

“Padahal kami sudah mengadakan acara pelepasan di tempat masing-masing sebelum berangkat ke Jakarta,” kata Muslimin didampingi calon jamaah lainnya.

Sementara itu Ketua Umum Koordinator Nasional Indonesia Bisa A Asrun Tonga mengatakan bahwa ia menerima banyak laporan yang mengatakan banyak calon jamaah haji nonkuota tidak bisa berangkat karena tidak memperoleh visa. Jumlahnya bisa mencapai 5.000 orang.

“Saat ini banyak calon haji yang tersebar di hotel-hotel di Jakarta menunggu kepastian,” katanya. Jadwal terakhir calon jemaah haji kuota adalah pada 21 Oktober 2012.

Yang mengherankan, katanya, pada tahun lalu ribuan calon haji bisa berangkat.

Ia mengatakan jika memang haji nonkuota tidak bisa berangkat maka Kementerian Agama seharusnya melakukan sosialisasi terlebih dahulu secara lebih luas.

Ia juga meminta pihak terkait agar kebijakan itu tidak diterapkan dengan tiba-tiba. Kalau pun diterapkan, hendaknya jangan tahun ini namun tahun depan.

Untuk itu ia akan mengirim surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai upaya untuk membenahi pemberangkatan calon haji.

Usul itu antara lain agar dibentuk badan independen yang menangani pemberangkatan haji. Anggota badan ini, katanya, harus mengikut uji kelayakan.

Sementara itu Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Anggito Abimayu di Mekkah (20/20) mengatakan jumlah jamaah nonkuota memang relatif lebih sedikit dibanding tahun lalu.

Berkurangnya jumlah calon haji nonkuota, kata Anggito, terjadi karena Kementerian Agama dan Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta mulai membatasi dan menolak pengajuan visa haji nonkuota.

Bahkan dalam suatu pemberitaan, ia mengakatan jumlah haji nonkuota tercatat hanya 120 orang. “Padahal, haji nonkuota tahun lalu jumlahnya mencapai ribuan orang,” ungkap Anggito.

Menteri Agama Surya Dharma Ali pernah mengatakan haji yang tidak melalui jalur resmi (nonkuota) tak akan lolos di imigrasi dan akan diatur pada musim haji kali ini. “Haji non kuota jangan sampai lolos dari imigrasi, itu akan diatur sedemikian rupa,” kata Menteri.

Haji nonkuota adalah haji yang visanya diberikan oleh pihak Arab Saudi tetapi tidak melalui kuota resmi lewat Kementerian Agama.

(U002/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Puluhan calon haji nonkuota tak berangkat.


“Tahun depan jemaah uzur prioritas sejak awal”

Posted: 20 Oct 2012 06:20 PM PDT

20120313026 Tahun depan jemaah uzur prioritas sejak awal

Anggito Abimanyu (FOTO ANTARA)

Sekarang prioritas memang jemaah usia lanjut tapi sebagai pengisi kursi kosong dari jemaah batal berangkat sehingga dalam prakteknya sulit menempatkan pendampingnya,” “Sekarang prioritas memang jemaah usia lanjut tapi sebagai pengisi kursi kosong dari jemaah batal berangkat sehingga dalam prakteknya sulit menempatkan pendampingnya,” kata Anggito di Mekkah, Sabtu, usai mengunjungi persiapan proses ibadah di lokasi Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Mulai tahun depan, katanya, sejak awal proses seleksi akan diprioritaskan kouta bagi jemaah berusia 80 tahun ke atas bersama pendampingnya. Dengan demikian, masalah yang dihadapi seperti gangguan fisik di Tanah Suci diharapkan akan berkurang, tambhnya.

Sedangkan terkait dengan jemaah nonkuota yang pernah menjadi masalah ketika di Mina, lanjutnya, tahun ini berkurang dari ribuan menjadi 120-an orang sehingga diharapkan tidak terjadi perselisihan pendapat antara jemaah kuota dengan jemaah nonkuota.

Jemaah nonkuota yang visanya diberikan langsung oleh pihak Kedubes Arab Saudi seperti tahun-tahun sebelumnya pernah menempati maktab-maktab jemaah kuota di Mina dan juga mengambil jatah makanan jemaah berkuota.

“Tahun ini jumlahnya sedikit, hanya sekitar 120 orang, sedangkan tahun lalu mencapai ribuan. Tahun ini memang saya ketat dan juga Dubes Arab,” kata Anggito terkait jemaah nonkuota tersebut.

Sementara, ketika menjawab konfirmasi terkait intervensi pihak-pihak pemangku kepentingan seperti dari kalangan legislatif, eksekutif dan militer terkait permintaan membantu meloloskan orang-orang tertentu beribadah haji, Anggito tidak menampik adanya permintaan tersebut dari yang bersifat permohonan sampai semacam upaya pemaksanaan kehendak.

“Yang diusulkan itu antara lain anggota keluarga, konstituen dan kerabat,” kata Dirjen Anggito.

(J003/E001)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - “Tahun depan jemaah uzur prioritas sejak awal”.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com