10.24.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

KA Prameks berhasil dipindahkan

Posted: 23 Oct 2012 07:34 PM PDT

20121023ka prameks anjlok2 KA Prameks berhasil dipindahkan

KA Prameks Anjlok Sejumlah petugas melakukan evakuasi KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang anjlok di Desa Krajan, Kalasan, Tirtomartani, Sleman, Yogyakarta, Selasa (23/10) malam. Penyebab anjloknya tiga gerbong KA Prameks jurusan Yogyakarta pada Selasa (23/10) sore tersebut masih dalam penyelidikan. (FOTO ANTARA/Noveradika)

…sekitar pukul 04.30 WIB… “Rangkaian kereta Prameks yang anjlok dan terguling berhasil dievakuasi sekitar pukul 04.30 WIB dan lokasi kejadian sudah bersih sehingga jalur rel ganda kembali dapat dibuka,” kata Humas PT KA Daops VI Yogyakarta Eko Budiyanto.

Menurut Eko, jalur rel kereta sudah dapat dilewati mulai pukul 06.30 WIB dan sudah dapat dilewati kereta api.

“Kereta api yang sudah lewat di antaranya KA Logawa dan Bima sekitar pukul 07.00 WIB,” katanya.

Ia mengatakan, rangkaaian KA Prameks tersebut setelah dipindahkan kemudian ditarik ke Depo Prambanan untuk pemeriksaan.

“Rangkaian KA Prameks sementara waktu masih di Depo Prambanan untuk pemeriksaan baik dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) maupun dari PT KA sendiri,” katanya.

Eko mengatakan, setelah pemeriksaan tersebut KA Prameks baru akan dibawa ke Balai Yasa untuk diperbaiki.

“Setelah semua pemeriksaan selesai maka rangkaian gerbong akan diperbaiki sehingga dapat dioperasionalkan lagi,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga meminta maaf kepada masyarakat luas atas kejadian tersebut karena kejadian tersebut merupakan musibah.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat baik yang menjadi korban dalam kejadian tersebut maupun pengguna layanan PT KA atas keterlambatan sejumlah kereta api,” katanya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, KA Prameks anjlok dan terguling di Dusun Krajan, Tirtomartani, Kalasan, pada Selasa 22 Oktober sekitar pukul 16.45 WIB.

Dalam kejadian ini 40 penumpang mengalami luka, 29 di antaranya rawat jalan dan 11 rawat inap di RS Panti Rini dan RS Bhayangkara Polda DIY.

Rangkaian kereta yang terguling adalah gerbong satu, dua, dan tiga, dan posisi terguling melintang di atas rel ganda sehingga menghambat perjalanan kereta api lainnya.
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - KA Prameks berhasil dipindahkan.


Pertumbuhan ekonomi meningkat diharapkan turunkan angka kemiskinan

Posted: 23 Oct 2012 07:34 PM PDT

Sasaran ekonomi makro kabupaten setempat pada tahun 2013 adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen “Sasaran ekonomi makro kabupaten setempat pada tahun 2013 adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen,” kata Bustami Zainudin melalui siaran pers yang disampaikan Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung, Kamis.

Dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan stabilitas ekonomi yang terjaga, dia berharap angka pengangguran terbuka dan jumlah penduduk miskin akan menurun.

Ia memperkirakan pengangguran terbuka di daerahnya turun dari 4,5 persen tahun 2012 menjadi 4 persen pada tahun 2013.

“Dan, jumlah penduduk miskin ditargetkan turun dari 18,81 persen pada tahun 2012 menjadi 17,33 persen pada tahun 2013 dari total jumlah penduduk Kabupaten Waykanan,” katanya menjelaskan.

Menyinggung prospek perekonomian Kabupaten Waykanan pada tahun 2013, Bupati menyatakan tetap optimistis walaupun dihadapkan pada tantangan semakin berat.

Optimisme terhadap ekonomi Kabupaten Waykanan muncul seiring dengan kondisi makro ekonomi yang cenderung membaik dari tahun ke tahun, didorong dengan asumsi penurunan harga minyak bersubsidi, khususnya bahan bakar bensin, paparnya.

Ia mengatakan bahwa indikator ekonomi makro yang menjadi asumsi dalam penyusunan APBN tahun 2013 juga sangat memengaruhi penyusunan kebijakan umum APBD Kabupaten Waykanan tahun 2013.

(D007)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pertumbuhan ekonomi meningkat diharapkan turunkan angka kemiskinan.


Asyik Main Domino, Puluhan Gram Emas Raib

Posted: 23 Oct 2012 07:25 PM PDT

0741513620X310 Asyik Main Domino, Puluhan Gram Emas Raib KOMPAS.com/ ABDUL HAQ Markas Kepolisian Resor (Polres) Bone Sulawesi Selatan. Rabu, (24/10/2012).

B0NE, KOMPAS.com – Nasib nahas dialami oleh seorang pedagang di Jalan K.S Tubun, Kelurahan Macege, Kecamatan Taneteriattang Barat, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Dia harus kehilangan puluhan gram emas dan uang tunai jutaan rupiah saat suami korban tangah asyik main domino bersama sejumlah rekannya di rumahnya sekitar pukul 23:00 Wita, Selasa, (23/10/2012).

Peristiwa ini baru diketahui setelah istri korban yang sebelumnya tertidur di kamar tidurnya di lantai dua rumah toko (Ruko) terbangun dan menyaksikan kondisi kamarnya dalam kondisi terobrak-abrik. Setelah melihat kotak penyimpanan emas dan uang, ternyata isinya sudah kosong. Korban pun harus kehilangan perhiasan emas 40 gram serta uang tunai Rp 4 juta. Total kerugian mencapai Rp 24 juta.

"Saya tidur di depan TV, karena saya pikir masih ada suaminya di bawah main domino sama temannya," ujar Hj. Nur Ana, di hadapan petugas.

Mengetahui telah menjadi korban pencurian, korban akhirnya memberitahukan kepada suaminya yang sedang asyik main domino di lantai satu rukonya. Suami korban juga tak melihat siapa yang memasuki rumahnya lantaran asyik main domino.

Atas peristiwa ini, korban akhirnya melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Markas Kepolisian Polres Bone. Sementara polisi mengakui bahwa beberapa pekan terakhir kasus pencurian cenderung meningkat.

"Dalam bulan Oktober ini sudah 14 kasus yang pencurian yang terjadi di wilayah Polsek Taneteriattang," tegas Ipda H. Mashud, Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Polsek Taneteriattang, Rabu (24/10/2012).

Editor :
Farid Assifa

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Asyik Main Domino, Puluhan Gram Emas Raib.


LSM Ilegal Rekrut Puluhan Ibu Jadi “Provost”

Posted: 23 Oct 2012 07:25 PM PDT

 LSM Ilegal Rekrut Puluhan Ibu Jadi Provost KOMPAS.COM/SIGIRANUS MARUTHO BERE Bupati TTU Raimundus Fernandes.

KEFAMENANU, KOMPAS.com – Sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) ilegal yang menggunakan pakaian dinas ala Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil merekrut 42 orang ibu rumah tangga (IRT) di sejumlah desa di Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, dan mereka akan dijanjikan untuk menjadi anggota "Provost" dengan biaya pendaftaran Rp 7 juta per orang.

"LSM itu namanya Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) yang sudah merekrut sejumlah IRT di Kabupaten TTU ternyata belum memiliki surat keterangan terdaftar (SKT) di provinsi maupun kabupaten sehingga organisasi tersebut ilegal. Atas laporan dari camat Insana Barat maka saya sudah perintahkan staf untuk mengecek dan mendata warga yang sudah terlanjur mendaftar," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol), Kabupaten TTU, Raymundus Thaal, Selasa (23/10/2012).

Lanjut Thaal, bila semua data telah terkumpul, maka berdasarkan surat dari Provinsi NTT terkait dengan PKRI yang melaksanakan aktivitas kegiatan di lapangan, maka akan segera dihentikan dan hasilnya akan dilaporkan ke bupati.

Sementara itu, Bupati TTU Raymundus Fernandes mengaku kaget dengan informasi tersebut. "Saya baru tahu informasi tersebut sehingga saya mengharapkan kepada seluruh warga TTU untuk tidak boleh cepat mempercayai setiap tawaran, tetapi harus didahului dengan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan agar warga tidak dirugikan, apalagi ada pungutan. Kalaupun pungutan itu bersifat administratif, output yang diharapkan itu apa," kata Fernandes.

Karena itu lanjut Fernandes, Pemerintah Kabupaten TTU akan secepatnya mengeluarkan surat melalui struktur pemerintah yang sifatnya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak boleh terpengaruh atau cepat mempercayai orang atau lembaga tertentu.

Informasi yang diperoleh Kompas.com menyebutkan 42 IRT tertipu untuk dilatih menjadi "Pasukan Provost" di Kupang dan mereka dibekali pakaian loreng serta dipersenjatai dan diiming-imingi gaji yang tinggi.

Editor :
Farid Assifa

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - LSM Ilegal Rekrut Puluhan Ibu Jadi “Provost”.


Deretan Spesifkasi Jagoan Mini iPad

Posted: 23 Oct 2012 07:23 PM PDT

iPad mini (Foto: Reuters)

CALIFORNIA – Meluncurkan iPad, remsi membuat Apple bergabung dengan para vendor lain yang meluncurkan tablet berukuran 7 inci. Namun, iPad mini memiliki layar yang lebih besar dibandingkan tablet 7 inci lainnya karena mengusung ukuran 7,9 inci.
 
Lalu bagaimana soal jeroan yang diberikan Apple untuk perangkat terbarunya ini? Berikut deretan spesifikasi iPad mini, seperti dilansir dari GSMArema, Rabu (24/10/2012).
 
iPad Mini memiliki dua versi jaringan yakni WiFi dan WiFi+ Cellular dengan spesfikasi. Untuk versi WiFi+cellular didukung dengan jaringan mulai dari 2G hingga 4G LTE.
 
SIM: Nano Sim (WiFi+cellular)
Bodi: Berat 312g (WiF+cellular) dan 308 g (WiFi), berat 7,87 inci, lebar 5,3 inci, dan ketebalan 0,28 inci
Layar: layar sentuh kapasitif LED-backlit IPS LCD, resolusi 1024 x 768 piksel dengan layar seluas 7,9 inci (162 ppi)
Memori: 16/23/64 GB, RAM 512 MB
Kamera: kamera utama 5MP dengan autofokus dna kamera kedua 1,2MP
Fitur: iOS 6, Chipset A5 Apple, CPU Dual core 1 GHz Cortex-A9.
Warna: Black/Slate dan White/Silver
Baterai: Li-Po (16.3 Wh) dengan waktu bicara hingga 10 jam.
(adl)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Deretan Spesifkasi Jagoan Mini iPad

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Deretan Spesifkasi Jagoan Mini iPad.


Briptu Eka Frestya, Rangkap Profesi Sebagai Pembalap

Posted: 23 Oct 2012 07:22 PM PDT

20121023BriptuEkaBalapan Briptu Eka Frestya, Rangkap Profesi Sebagai Pembalap

Siapa yang tidak kenal dengan Briptu Eka Frestya? Polisi wanita yang wajahnya sudah tidak asing lagi dalam program informasi arus lalu lintas itu, sekarang malah mulai akrab di ajang balap nasional sekelas Indonesian Series of Motorsport (ISOM).

Polwan cantik ini rupanya punya hobi baru lho. “Pertama tertarik dengan balap karena banyak teman yang ikut kemudian diajak deh,” bukanya santai. Kiprah wanita kelahiran 15 Juli 1988 ini pun sudah dimulai sejak digelarnya ISOM 2012.

“Sampai sekarang berarti udah ikut lima seri dan alhamdulillah walaupun masih belajar sudah ada peningkatan,” lanjut Eka saat ditemui di Sirkuit Sentul, Jawa Barat (21/10).

“Pengalaman yang saya rasakan juga beragam, mulai dari nggak finish sampai tabrakan. Makanya faktor keamanan untuk pembalap sangat penting, gak hanya mikirin mesin dan kencengnya aja,” tambah jebolan Sekolah Polisi Wanita angkatan 33 ini.

Pembalap yang bernaung di bawah payung Gaz Poll Racing Team ini berhasil meraih podium kedua di kelas Indonesia Classic Race Championship lalu. Saat ditanya mengenai keinginannya di olahraga motorsport lainnya, Eka Frestya berucap tertarik dengan slalom dan drifting. “Cuma belum ada kesempatan jadi mau mantepin aja di kelas classic, lanjutnya.

Wah, masih diawang-awang ya bu. Mending tunggu aja aksinya di seri terakhir ISOM, 24 November 2012. Eh, ada pesen juga nih buat masyarakat. “Kalau mau balapan di sirkuit aja daripada harus balap liar. Intinya harus patuh berlalu lintas,” tutup Eka Frestya. Siap laksanakan! (otosport.co.id)

Penulis : Ary | Teks Editor : Uda | Foto : Ary
Tags : Briptu Eka Frestya, Eka Frestya, Polwan, Polda TMC, ISOM, Eka Ikut ISOM, Balap Retro,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Briptu Eka Frestya, Rangkap Profesi Sebagai Pembalap.


iPad Mini Seharga 3 Juta Rupiah Resmi Diluncurkan

Posted: 23 Oct 2012 07:18 PM PDT

6813906c7b0060b48a272f579b84aa47 L iPad Mini Seharga 3 Juta Rupiah Resmi Diluncurkan

JAKARTA | NONBLOK.COM Apple membenarkan kabar sejumlah media di AS dan perkiraan analis tentang produk tablet terbarunya dengan menghadirkan iPad mini secara resmi pada Selasa atau Rabu (24/10) dini hari.

“Saya kira Anda tahu apa ini. Ini adalah iPad mini,” kata Wakil Presiden Apple, Philip W. Schiller, di California AS seperti dikutip The Verge.

Schiller menyebut iPad generasi keempat itu dengan mengatakan “Apa yang dapat Anda lakukan dengan ini dan tidak dapat dilakukan di iPad besar? Pegang ini dengan satu tangan.”

iPad mini, menurut Schiller, bukan sekedar iPad yang menyusut meskipun mempunyai ukuran berlayar 7,9 inci (iPad 2 berlayar 9,7 inci), tebal 7,2 milimeter, dan berat 0,68 pon (sekitar 0,3 kilogram).

Schiller mengatakan semua perangkat lunak untuk iPad dapat dioperasionalkan di iPad mini tanpa perubahan karena mempunyai resolusi yang sama yaitu 1024 x 768 piksel.

Tablet yang dipasarkan dalam dua warna, putih dan hitam, itu menggunakan prosesor Apple A5 dual-core, kamera depan lima mega piksel, kemampuan koneksi jaringan LTE (4G), koneksi Internet nirkabel (WiFi), koneksi Lightning terbaru Apple, dan baterai berdurasi hingga 10 jam.

Schiller menyebut iPad mini dijual seharga 329 dollar AS (sekitar Rp3,125 juta) untuk kapasitas penyimpanan 16 giga bit dan koneksi WiFi, tapi tanpa koneksi layanan seluler.

Sementara, iPad mini dengan koneksi layanan seluler berkapasitas 16 giga bit dibanderol seharga 459 dollar AS (sekitar Rp4,360 juta).

Menutup acara peluncuran iPad mini, Schiller mengatakan Apple mulai menerima pesanan untuk tablet terbarunya itu pada Jumat dan akan mengapalkannya pada 2 November ke-34 negara termasuk Singapura, Hong Kong, Australia, Selandia Baru.

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - iPad Mini Seharga 3 Juta Rupiah Resmi Diluncurkan.


Indurain: Lance Armstrong Tidak Bersalah

Posted: 23 Oct 2012 07:18 PM PDT

0858273620X310 Indurain: Lance Armstrong Tidak Bersalah Reuters Juara lima kali Tour de France, Miguel Indurain.

MADRID, KOMPAS.com – Meski sudah dipastikan terlibat program doping canggih yang menyebabkan tujuh gelar Tour de France-nya dilucuti, ternyata masih ada yang meyakini bahwa pebalap sepeda AS, Lance Armstrong tidak bersalah. Orang itu adalah juara Tour de France lima kali, Miguel Indurain.

"Hingga kini, saya yakin dia (Lance Armstrong) tidak bersalah. Dia selalu menghormati aturan," kata Indurain kepada radio Marca.

"Saya sedikit terkejut, bahwa keputusan ini hanya berdasarkan sejumlah kesaksian," tambah Indurain yang menjadi juara pada 1991-1995.

Meski Indurain meragukan laporan Badan Anti-Doping AS (USADA) yang hanya memuat kesaksian para rekan satu tim Armstrong, namun laporan itu telah membuat Armstrong kehilangan seluruh gelar juaranya.

Namun, pengakuan soal program doping tim US Postal Service terus mengalir. Pengakuan terbaru datang dari mantan pebalap sepeda Norwegia, Steffen Kjaergaard. Steffen adalah mantan rekan satu tim Armstrong dan kini dia akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Olahraga Federasi Balap Sepeda Norwegia.

"Selama 15 tahun, saya menyembunyikan kebohongan," kata Kjaergaard.

"Saat itu saya percaya yang terbaik untuk olahraga ini adalah membawa rahasia kelam ini ke liang kubur," tambah Kjaergaard.

Steffen Kjaergaard, yang bergabung dengan US Postal Service antara 2000-2011, mengatakan tim itu menyediakan semua kebutuhan doping dan memintanya merahasiakan hal ini.

"Saat saya bergabung dengan US Postal Service, semua kebutuhan dikelola tim. Saya tak perlu mencari dokter atau melakukannya sendiri," papar Kjaergaard.

Meski demikian, Kjaergaard tak mau menuding mantan anggota tim lainnya juga mengonsumsi doping, seperti dirinya.

"Sebab utama pengakuan ini karena nurani saya sudah tak tahan menyimpan lebih lama rahasia ini," tuturnya.

Sementara itu, Presiden Federasi Balap Sepeda Norwegia, Harald Tiedemann Hansen, mengatakan pengakuan Kjaergaard itu menjadi "hari terkelam" bagi komunitas balap sepeda negeri itu. Dia menjanjikan federasi akan melakukan investigasi lebih dalam atas masalah ini.

 

Sumber :
Reuters

Editor :
Ervan Hardoko

Source: kompas – olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Indurain: Lance Armstrong Tidak Bersalah.


Anak Korban Penembakan Lebih Dulu Tahu dari Internet

Posted: 23 Oct 2012 07:12 PM PDT

0157114620X310 Anak Korban Penembakan Lebih Dulu Tahu dari Internet KOMPAS.com/IMANUEL MORE GHALE Jasad Liong Lenny Ernawati (45), korban penembakan di Jalan Cidodol Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2012) malam, saat dipindahkan ke ruang jenasah RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabar mendadak tentang meninggalnya Liong Lenny Irawati (45) yang menjadi korban tewas dalam peristiwa penembakan di Jalan Cidodol Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2012) malam, akhirnya diketahui oleh anak-anak korban. Sayangnya, informasi tragis itu lebih dahulu diketahui putra sulung korban bukan dari pihak keluarga.

Setelah penembakan terjadi pada sekitar pukul 20.00 WIB, Sin Harjo Budiarta (44) langsung melarikan istrinya ke Rumah Sakit Medika Permata Hijau. Lantaran nyawa korban tak terselamatkan, RS Medika lantas merujuk korban ke RS Fatmawati, Cilandak. Jenazah tiba di Rumah Duka RS Fatmawati sekitar pukul 22.45 WIB. Saat itu jenazah korban hanya ditemani suaminya bersama seorang petugas kepolisian.

Sin terlihat sangat syok dengan peristiwa dadakan yang terjadi di depan matanya. Alhasil, dia hanya bisa duduk dengan tatapan kosong. Dalam situasi tersebut, dia tidak bisa diharapkan memberikan informasi kepada keluarganya.

"Sudah, tadi sudah ada petugas yang hubungi keluarga," kata Sin singkat kepada Kompas.com.

Beberapa saat kemudian, muncul lima orang keluarga dekat korban di rumah sakit. Salah seorang dari mereka sempat berujar bahwa peristiwa tersebut terlalu tragis sehingga mereka masih berupaya menutupi dari ketiga anak korban.

"Tapi kami takut juga karena anak-anak sekarang suka internetan. Takutnya, mereka bisa baca di internet," kata salah seorang kerabat korban yang enggan menyebutkan identitasnya.

Kecemasannya terbukti benar. Hanya beberapa menit kemudian, teleponnya telah berdering. Penelepon tak lain anak sulung korban. Ketidakhadiran kedua orangtua hingga jelang tengah malam tentu menghadirkan tanda tanya bagi tiga anak Almarhum. Apalagi, nomor telepon orangtua mereka tak bisa dihubungi.

Untuk menenangkan putra sulung korban, kerabatnya sempat berkilah bahwa korban mengalami sakit dadakan sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya, anaknya yang sudah duduk di bangku kuliah itu kemudian menelepon lagi. Dia mengaku sudah mendapat informasi peristiwa tragis yang dialami ibunya dari media online.

"Ini gimana? Dia sudah tahu, dia baca di internet. Sudah nangis-nangis tuh di telepon sama adiknya," katanya kepada dua kerabat lainnya.

Mereka lantas memutuskan untuk menjemput anak-anak korban dan memberitahukan kejadian yang sebenarnya. Dua orang saudara korban akhirnya diputuskan untuk menjemput dua putra tertua korban. Dini hari tadi kedua anak itu tiba di Rumah Duka RS Fatmawati.

Mimik Willy, putra sulung, tampaknya sudah bisa mencium kebenaran berita yang dibacanya tentang penyebab kematian ibunya. Pasalnya, halaman dan teras rumah duka telah dipenuhi awak media. Keduanya langsung dipeluk bergantian oleh belasan kerabat mereka yang telah lebih dahulu tiba. Willy dan adiknya lantas diantar ke ruangan Tata Usaha, tempat suaminya dimintai keterangan oleh penyidik.

Tangis pun pecah seketika saat ayah mereka bangkit berdiri dan memeluk keduanya. Putra sulung yang sudah lebih kuat secara mental akhirnya memutuskan untuk duduk bersama salah seorang pamannya di ruang jenazah, menemani ibunya yang terbaring dalam kantong jenazah.

Sementara itu, adiknya yang sempat berdiri di pintu ruangan hanya sebentar memandang ke arah kantong jenazah. Dia kemudian memutuskan menjauh dan diantar ke ruang tunggu Rumah Duka.

Editor :
Hertanto Soebijoto

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Anak Korban Penembakan Lebih Dulu Tahu dari Internet.


Produksi Gambir Dibatasi

Posted: 23 Oct 2012 07:09 PM PDT

MERAUKE, KOMPAS.com-  Pemerintah Kabupaten Merauke membatasi produksi gambir alam di Merauke, Papua. Ini dilakukan untuk melestarikan pohon gambir yang hidup alami di hutan.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Merauke Effendi Kanan, Rabu (24/10) mengatakan, Pemkab Merauke menetapkan kuota produksi gambir tahun 2012 sebanyak 1.000 ton. Pembatasan produksi gambir dengan penetapan kuota itu dilakukan untuk melestarikan gambir alam. Pasalnya, gambir di Merauke belum dibudidayakan sebagai tanaman perkebunan. Effendi memastikan, pohon gambir yang tumbuh alami di hutan-hutan Merauke hingga kini masih terlindungi dan tidak terancam punah. "Pohon gambir setelah ditebang akan tumbuh kembali," katanya.

Pusat gambir di Merauke antara lain tersebar di distrik Okaba, Kurik, Ulilin, Elikobel, dan Muting. Pohon gambir dimanfaatkan bagian kulitnya, antara lain untuk bahan baku anti (obat) nyamuk bakar dan dupa. Di Papua, gambir dimanfaatkan masyarakat untuk campuran makan pinang. Harga gambir saat ini Rp 1.000 per kilogram basah atau Rp 3.000 per kg kering. Gambir merupakan salah satu produk andalan Merauke. "Produksinya banyak dikirim ke Surabaya," kata Effendi.   

 

Editor :
Tjahja Gunawan Diredja

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Produksi Gambir Dibatasi.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com