10.30.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Awasi Persiapan Hadapi Badai Sandy, Obama Tinggalkan Kampanye

Posted: 29 Oct 2012 07:48 PM PDT

d86bada96d31d6bd19610b17c078e1f9 L Awasi Persiapan Hadapi Badai Sandy, Obama Tinggalkan Kampanye

WASHINGTON | NONBLOK.COM Presiden AS Barack Obama membatalkan kampanye yang direncanakan dan kembali ke Washington guna memantau persiapan menghadapi Badai Sandy, yang makin dekat, kata juru bicara Gedung Putih, Senin (29/10) pagi.

Akibat cuaca yang memburuk di Washington, Obama meninggalkan Orlando, Florida, tempat ia dijadwalkan menghadapi acara kampanye pada Senin (29/10) bersama mantan presiden Bill Clinton, kata Gedung Putih, Senin pagi, lapor Xinhua.

Kantor federal AS ditutup untuk umum pada Senin, dan hanya pegawai darurat diharuskan bekerja, kata Kantor Manajemen Personalia AS.

Tim kampanye Obama juga telah membatalkan persinggahan kampanye pada Senin, di Virginia dan, Selasa, di Green Bay, Wisconsin, sehingga Obama dapat berada di ibu kota AS guna memantau secara seksama dampak badai yang berpotensi mematikan itu.

Presiden petahana tersebut berusaha menyeimbangkan antara pekerjaannya dan kampanyenya untuk terpilih kembali cuma delapan hari sebelum hari pemungutan suara pada 6 November.

Obama telah mengumumkan keadaan darurat untuk Maryland, Massachusetts, New Jersey, Connecticut, Pennsylvania dan Rhode Island, tempat Badai Sandy bisa menimbulkan kerusakan parah, sehingga bantuan federal siap dikeluarkan bagi upaya pertolongan dan tanggap-darurat setempat.

Ia mengunjungi markas Badan Federal Penanganan Keadaan Darurat di Washington, Ahad sore, untuk memperoleh keterangan terbaru mengenai upaya tanggap-darurat.

Setelah konferensi telepon dengan para gubernur dan walikota daerah yang mungkin terpengaruh, Obama mengatakan kepada wartawan Badai Sandy adalah “badai serius dan besar”. Ia juga mendesak warga di semua negara bagian tersebut agar “memperhatikan itu secara sungguh-sungguh” dan “mengikuti instruksi pejabat lokal dan negara bagian anda”.

Presiden AS itu juga menyatakan badai tersebut bergerak perlahan. “Itu berarti mungkin diperlukan waktu lama bukan hanya untuk membersihkan, tapi juga membuat, misalnya, perusahaan listrik kembali berfungsi dan membersihkan pepohonan serta mengembalikan keadaan sehingga rakyat dapat mulai pulang ke rumah mereka.”

National Hurricane Center, Senin pagi, memperingatkan Badai Sandy sekarang bergerak ke arah utara-baratlaut dan bertambah cepat dan diperkirakan membawa badai yang mengancam nyawa, angin topan di pantai dan salju tebal di Appalachian.

Sebanyak 50 juta orang di daerah mulai dari Negara Bagian Virginia sampai Massachusetts diperkirakan akan merasakan dampak dari Badai Sandy, demikian laporan CNN.

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Awasi Persiapan Hadapi Badai Sandy, Obama Tinggalkan Kampanye.


Rektor IAIN Lampung imbau semua pihak tahan diri

Posted: 29 Oct 2012 07:48 PM PDT

harus ada tindakan cepat, tepat, dan tegas dari pemerintah maupun aparat “Semua pihak harus bisa menahan diri, mengingat kalau sudah menjadi kasus SARA, dampaknya akan sangat luas dan mendalam serta semakin sulit diatasi. Pada akhirnya akan merugikan kita semua,” ujar Mukri.

Secara khusus mantan pengurus Gerakan Pemuda Ansor dan warga Nahdlatul Ulama (NU) di Bandarlampung itu, menyampaikan rasa keprihatinan yang yang sangat mendalam atas kasus tersebut.

Dia mengingatkan, kejadian serupa dan kasus konflik antarwarga terus berulang di Kabupaten Lampung Selatan itu.

“Ini harus ada tindakan cepat, tepat, dan tegas dari pemerintah maupun aparat kepolisian, serta bila dipandang perlu dapat minta bantuan kepada aparat TNI serta dukungan dari pemerintah pusat di Jakarta,” ujar dia lagi.

Dia mengingatkan, pihak berwenang harus segera melakukan langkah penangananan konflik itu.

Menurut Mukri, pertama, perlu dilokalisir jangan sampai bentrokan itu merembet ke wilayah lain.

Kedua, lanjutnya, pemerintah perlu bertindak cepat untuk mengajak seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat adat bisa segera duduk bersama mencari penyelesaiannya.

Ketiga, semua pihak untuk bisa menahan diri, mengingat kalau sudah menjadi kasus SARA dampaknya sangat luas dan mendalam.

Mukri menambahkan, langkah keempat, perlu ada penyelesaian yang komprehensif dengan mengedepankan kearifan lokal, dan bila dipandang perlu maka relokasi bisa dipertimbangkan.

Hingga berita ini diturunkan, dilaporkan sedikitnya sembilan warga tewas akibat bentrokan antarkampung di Desa Sidoreno dan Balinuraga, Kecamatan Waypanji, dengan warga dari beberapa desa di Kalianda, Lampung Selatan itu.

Terdapat pula sejumlah korban luka berat dan ringan, belasan rumah warga setempat yang dibakar dan dirusak.

Bentrokan susulan pada Senin (29/10) juga tak dapat dihindarkan lagi, kendati ribuan personel aparat pengamanan gabungan berjaga di lokasi, mengingat massa yang datang ke Desa Balinuraga/Sidoreno mencapai ribuan orang.

Pada Selasa warga mulai diungsikan ke tempat yang aman oleh pihak kepolisian dan aparat pengamanan gabungan di Bandarlampung.
(B014)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Rektor IAIN Lampung imbau semua pihak tahan diri.


Bentrok di Lampung Selatan, 192 Orang Dievakuasi

Posted: 29 Oct 2012 07:43 PM PDT

1351068620X310 Bentrok di Lampung Selatan, 192 Orang Dievakuasi Tribun Lampung/Dedi Sutomo Massa dari Desa Agom, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, bersama dengan beberapa desa lain, bergerak menuju Desa Bali Nuraga Kecamatan Way Panji, Minggu (28/10/2012) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com – Korban tewas bentrok antara warga di Desa Agom, Kecamatan Kalianda dan beberapa desa sekitarnya dengan warga Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan bertambah menjadi 9 orang. Untuk mencegah bertambahnya korban jiwa, sebanyak 192 warga Desa Balinaruga telah dievakuasi ke Sekolah Polisi Negara (SPN) Kemiling, Bandar Lampung.

"Jumlah sementara yang dievakuasi 192 orang, terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak dan nenek-nenek menuju SPN Kemiling," ujar Kepala Bidang Humas Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Sulistyaningsih, melalui pesan singkat, Selasa (30/10/2012).

Sebelumnya, pada bentrok di Desa Balinuraga, Way Panji, Lampung Selatan, Senin (29/10/2012) korban tewas berjumlah 6 orang. Jumlah korban tewas ini bertambah sejak bentrok terjadi pada Minggu (28/10/2012), yakni 3 orang. Selain itu, tiga lainnya luka-luka dan 16 rumah terbakar.

Bentrok berawal dari dua orang gadis dari Desa Agom yang sedang mengendarai sepeda motor, diganggu pemuda Desa Balinuraga, sehingga terjatuh dan mengalami luka-luka. Bentrok terjadi Sabtu (27/10/2012) sekitar pukul 23.00. Massa dari Desa Agom menyerbu Desa Balinuraga dengan membawa senjata tajam. Massa tersebut ada yang membawa parang, pedang, golok, celurit bahkan senjata senapan angin. Bentrok berlanjut hingga Minggu (28/10/2012) yang menewaskan tiga orang.

Bentrok susulan kembali terjadi Senin (29/10/2012) dan kembali memakan korban jiwa sebanyak 6 orang. Dihubungi terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar mengungkapkan, saat ini sekitar 1500 personel masih berjaga di sekitar lokasi.

"Dalam eskalasi seperti ini, tentu semua bersiaga tidak ada yang tidur. Saat ini 1500 personel masih bersiaga di sana," ujar Boy saat dihubungi, Selasa (30/10/2012).

Hingga saat ini, kepolisian tengah mencari orang yang diduga menjadi dalang terjadinya peristiwa tersebut.

Baca juga:
Korban Tewas Bentrok Lampung Selatan Bertambah
Presiden: Jangan Hanya Serahkan ke Polri-TNI

Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Bentrok di Lampung Selatan

Editor :
Inggried Dwi Wedhaswary

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bentrok di Lampung Selatan, 192 Orang Dievakuasi.


2.598 Hektar Sawah di Kudus Langganan Banjir

Posted: 29 Oct 2012 07:43 PM PDT

1830254620X310 2.598 Hektar Sawah di Kudus Langganan Banjir Kompas/Winarto Herusansono Ilustrasi

KUDUS, KOMPAS.com – Balai Pengelola Sumber Daya Air Serang Lusi Juwana memetakan sawah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang menjadi langganan banjir tahunan menjelang musim hujan. Dari lebih kurang 25.000 hektar di Kudus, sawah yang selalu terancam dan tergenang banjir seluas 2.598 hektar.

Kepala Balai Pengelola Sumber Daya Air Serang Lusi Juwana (BPSDA Seluna) ,Noviyanto, Selasa (30/10/2012), mengatakan, areal persawahan itu berada di Kecamatan Undaan, Jati, Kaliwungu, Mejobo, dan Jekulo. Area persawahan terluas yang kerap kebanjiran ada di Kecamatan Undaan, Mejobo, dan Jekulo.

Di Undaan, sawah yang langganan banjir seluas 1.008 hektar berada di 12 desa, di Mejobo seluas 530 hektar di tujuh desa, dan di Jekulo seluas 520 hektar di tujuh desa. Wilayah itu merupakan daerah aliran Sungai Juwana.

"Banjir di kawasan-kawasan itu tidak dapat dihindari, karena elevasinya kurang dari enam meter di atas permukaan laut. Daerah-daerah itu un  dialiri sungai-sungai besar yang berhulu di Pegunungan Muria dan Kendeng Utara," kata Noviyanto.

Menurut Noviyanto, potensi banjir pada akhir tahun ini dan awal tahun depan diperkirakan tidak begitu besar. Hal itu merujuk pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jateng, yang memperkirakan curah hujan normal hingga Februari, dan normalisasi sejumlah sungai yang telah dilakukan secara bertahap.

"Masalah yang kami khawatirkan adalah hujan yang terjadi secara bersamaan di daerah hulu yaitu Pegunungan Kendeng Utara dan Muria. Hujan tersebut dapat menyebabkan banjir di daerah-daerah persawahan itu," kata Noviyanto.

Noviyanto menambahkan, BPSDA Seluna juga telah memantau sejumlah tanggul-tanggul sungai yang retak dan berpotensi jebol. Tanggul-tanggul itu telah diperkuat, dan telah disediakan 44.500 karung untuk mengantisipasi tanggul retak dan jebol.

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 2.598 Hektar Sawah di Kudus Langganan Banjir.


Presiden minta semua pihak cegah konflik horisontal

Posted: 29 Oct 2012 07:39 PM PDT

“Saya serukan semua pihak peduli dan bekerjasa jangan hanya diserahkan pada polisi dan komando teritorial TNI,” kata Presiden dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa, sebelum bertolak menuju Inggris dan Laos untuk kunjungan kerja hingga 6 November 2012 mendatang.

Kepala Negara meminta agar semua pihak termasuk pemerintah daerah dan juga masyarakat bersama-sama mencegah terjadinya hal tersebut.

Sementara itu Menko Polhukam Djoko Suyanto disela-sela mendampingi keberangkatan Presiden di Halim Perdanakusuma, mengatakan komponen masyarakat yang ada di daerah yang terjadi konflik seperti di Lampung beberapa hari lalu diharapkan dapat berperan aktif mencegah berlanjutnya konflik antarmasyarakat itu.

“Tokoh-tokoh masyarakat ini kan ada civil society di situ yang juga bisa ikut meredam konflik itu di situ,” kata Djoko.

“Poinnya adalah jangan semua diserahkan kewaspadaan TNI dan Polri. Semua tokoh masyarakat, Pemda, Gubernur, Bupati, itu juga ikut dalam konteks itu,” katanya.

Sementara itu Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengatakan pihak keamanan sudah berjaga-jaga di lokasi kejadian di Lampung dan juga melakukan pengusutan dalam rangka penegakan hukum.

“Semua tentunya akan kita kedepankan pemerintah daerah dan pelanggran hukum akan kita lakukan penegakan hukum,” katanya.

Senada dengan Menko Polhukam, Timur Pradopo juga mengatakan peran pemerintah daerah, tokoh ulama dan tokoh masyarakat sangat penting dalam meredam setiap konflik yang terjadi. Hal tersebut karena di setiap wilayah memiliki karakteristik yang berbeda dengan pendekatan yang berbeda.

“Sekali lagi kondisi itu yang mempengaruhi dan latar belakangi semua. Saya kira tokoh-tokoh masyarakat, ulama untuk bisa meredam ini termasuk pemerintah daerah kemudian tentunya penegakan hukum juga akan jalan,” kata Timur Pradopo.
(P008)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Presiden minta semua pihak cegah konflik horisontal.


Windows phone 8 didukung tiga merek besar “smartphone”

Posted: 29 Oct 2012 07:33 PM PDT

20120921006 Windows phone 8 didukung tiga merek besar smartphone

CEO Microsoft Steve Ballmer (kiri) dan CEO HTC Peter Chou memperlihatkan HTC Windows Phone 8x dan HTC Windoes Phone 8S saat peluncuran kedua produk tersebut di New York, Amerika Serikat, Rabu (19/9). (REUTERS/Brendan McDermid )

Pemimpin Eksektuif Microsoft, Steve Balmer, seperti dilansir The Verge, menyebutkan gelombang pertama smartphone Windows Phone 8, termasuk Nokia Lumia 920 dan Samsung Ativ S, akan hadir di pasar Eropa pekan ini dan meluas ke seluruh dunia pada November.

Selain dua ponsel itu, HTC 8X, Nokia Lumia 822, Nokia Lumia 810, Samsung ATIV Odyssey, merupakan jajaran ponsel Windows Phone 8 yang akan hadir pada November hingga Desember di sejumlah negara.

Manajer Windows Phone, Joe Belfiore, mengatakan sistem operasi ponsel pintar terbaru itu dilengkapi 46 aplikasi dari 50 aplikasi populer yang tersedia di Windows Phone Store.

Aplikasi itu antara lain versi terbaru Twitter, Facebook, Skype, Kid’s Corner, People Hub, dan Rooms. Selain itu, Microsoft berjanji akan membawa aplikasi Pandora yaitu layanan streaming musik pada awal 2013.

Belfiore mengatakan toko aplikasi dalam jaringan milik Microsoft itu telah mengkoleksi lebih dari 120 aplikasi atau naik 20 persen dari jumlah aplikasi pada Juni.

Peningkatan jumlah aplikasi itu merupakan strategi Microsoft untuk mengangkat popularitas Windows Phone 8 dibanding dua sistem operasi lain Google Android, dan Apple iOS.

Windows Phone kurang diminati para produsen ponsel smartphone karena minimnya dukungan aplikasi bagi penggunanya.
(I026)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – IpTek

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Windows phone 8 didukung tiga merek besar “smartphone”.


Begini Cara “Ayam Kampus” Tutupi Identitasnya…

Posted: 29 Oct 2012 07:28 PM PDT

0918445p Begini Cara Ayam Kampus Tutupi Identitasnya...

KOMPAS.com/ WIJAYA

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Berbeda dengan pekerja seks komersial yang menjual dirinya secara terbuka di tempat-tempat prostitusi, mahasiswi yang terjun ke bisnis "ayam kampus" cenderung menutupi pekerjaannya itu dan hanya menjajakan "jasa"-nya kepada orang-orang tertentu. Keamanan menjadi alasannya, sebab mereka tidak mau pekerjaannya itu diketahui orang lain.

Kini, dengan meledaknya perkembangan media sosial via internet, para "ayam kampus" pun memanfaatkannya untuk "berbisnis". "Pembicaraan awal menggunakan FB (Facebook), BBM (BlackBerry Messenger) atau YM (Yahoo Messenger). Jika sudah, saya akan menghubungi untuk ketemuan. Kebanyakan dari klien saya adalah om-om," ungkap BG, mahasiswi berumur 24 tahun yang mengaku sudah dua tahun terjun ke dunia ini. 

BG dalam perbincangan dengan Kompas.com beberapa waktu lalu mengakui, tidak mudah berkomunikasi dengan para "ayam kampus". Sebab, semua harus melewati rekomendasi dari teman seprofesi atau orang yang sudah pernah berkencan. "Kami tidak ingin pribadi kami ketahuan atau tersebar di mana-mana, karena itu kami sangat sulit dicari. Orang-orang bilang kami ini PSK highclass," tegasnya.

quote 1 Begini Cara Ayam Kampus Tutupi Identitasnya...
Ketika mereka sudah penasaran maka kami bisa meminta harga mahal, itulah untungnya jika transaksi dilakukan lewat media sosial
quote 1 Begini Cara Ayam Kampus Tutupi Identitasnya...

Transaksi pun tidak bisa dilakukan dalam satu hari jadi. Klien harus melakukan pendekatan ekstra untuk bisa menjagak kencan. BG sendiri lebih senang di ajak makan, dugem atau nonton. Baru setelah merasa nyaman, transaksi bisa dilakukan.

Usaha ekstra untuk bisa bertemu dan berhubungan itulah yang membuat para klien merasa penasaran. "Ketika mereka sudah penasaran maka kami bisa meminta harga mahal, itulah untungnya jika transaksi dilakukan lewat media sosial," paparnya.

BG juga mengaku pernah hampir jatuh cinta dengan kliennya. Intensitas pertemuan dan perhatian pelanggannya itu membuatnya jatuh hati. "Karena merasa tidak pantas, akhirnya saya memutuskan untuk menjauh," papar BG.

Tarif ‘ayam kampus’ memang tergolong mahal, terlebih jika dibandingkan dengan PSK di lokalisasi. Untuk sekali "booking"  diperlukan biaya antara Rp500.000 sampai Rp 800.000. Harga itu belum termasuk pengeluaran untuk belanja dan makan. "Tarif kencan tergantung di mana ayam kampus itu kuliah. Kalau kuliah di universitas terkenal, maka tarifnya akan lebih mahal dibandingkan dengan yang kuliah di universitas yang biasa-biasa saja," ujar BG lagi.

Berbeda pula dengan PSK di lokalisasi, BG mengaku dalam satu bulan, ayam kampus biasanya hanya melayani 2-3 klien. Klien yang dilayani pun kebanyakan sudah menjadi pelanggan tetap. "Kadang kalau lagi males ya bisa satu bulan tidak cari klien, tapi kalau lagi kebutuhan banyak bisa beberapa kali kencan," ujarnya

Mereka pun lebih memilih tempat kencan yang aman dan cenderung berkelas. "Saya lebih menikmati dan merasa aman jika dilakukan di hotel atau vila di Kaliurang. Lebih aman dan kemungkinan bertemu dengan orang yang kenal sedikit," tutupnya.

***

Baca Juga: Bisnis "Ayam Kampus" Menggeliat di Yogya

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Begini Cara “Ayam Kampus” Tutupi Identitasnya….


Dua Siswa SMAN 2 Kudus ke Jepang

Posted: 29 Oct 2012 07:28 PM PDT

KUDUS, KOMPAS.com – Dua siswa SMA Negeri 2 Kudus, Jawa Tengah, mewakili Indonesia mengikuti Japan Super Scinence Fair 2012 di Kyoto, Jepang, pada 8-15 November. Dua siswa itu akan mempresentasikan hasil penelitian di bidang ekologi dan sains terapan matematika.

Mereka adalah Amiran Yasmine Santo, siswa Kelas X, dan Dian Hayuningtyas Prihananti, sis Kelas XII IPA 6.

Yasmine membuat penelitian tentang penerapan rumus matematika, dalam pembuatan lagu dengan alat musik electon. Sementara Dian tentang ekstrak zodia (Evodia suaveolens) yang dikombinasikan dengan pemanas otomatis untuk mematikan nyamuk.

Yasmine, Selasa (30/10/2012), di Kudus, mengatakan, sebuah lagu memerlukan ritme, ketukan, dan bar atau frase musik. Untuk membuat lagu menggunakan not balok yang mendasarkan pada syarat dasar di atas, dapat dilakukan dengan dengan menerapkan rumus matematika dasar.

"Untuk menentukan ritme dan ketukan digunakan rumus n/4 dan untuk menentukan bar memakai rumus 4n. Huruf "n" menunjuk pada ketukan dan angka "4" menunjuk pada bar dasar atau penentu," katanya.

Yasmine mencontohkan, untuk membuat lagu langkah pertamanya adalah menentukan jenis lagu itu. Misalnya lagu etnik yang biasanya mempunyai ritme 4/4, jika diterapkan menggunakan rumus itu, lagu itu membutuhkan empat ketukan dan 16 variasi bar.

Dari rumus itu, Yasmine dapat membuat lagu sendiri berjudul Ramayana Ballet Show  yang bernuansa etnik, dan Sail Bunaken berjenis pop.

"Agar dapat membuat lagu-lagu menggunakan rumus itu, harus mengetahui dasar-dasar musik, terutama membuat lagu menggunakan not balok," kata Yasmine.

Sementara Dian memanfaatkan barang-barang bekas dan tanaman yang ada di sekitar, untuk membuat obat nyamuk elektrik ramah lingkungan.

Ia menggunakan kaleng susu, tempat bedak, dan botol transparan yang dikombinasikan dengan bolam, sakelar, dan rangkaian lampu otomatis (LDR), untuk membuat automatic steamer (pemanas otomatis). Pemanas otomatis itu kemudian dipadukan dengan ekstrak zodia yang ditaruh di dalam botol transparan. Penghubungnya berupa benang yang mampu menyerap ekstrak menuju pemanas.

"Setelah terkena panas, ekstrak zodia itu akan menguap. Untuk menghilangkan bau tidak sedap, ekstrak itu dicampur dengan cengkih," kata Dian, yang pernah meraih perunggu dalam World Mathematics Team Championship 2011 di Beijing, China.

Kepala SMA Negeri 2 Kudus, M Zainuri, berharap kedua siswanya mampu bersaing dengan peneliti muda lain di Jepang. Selain itu, penelitian itu dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Dua Siswa SMAN 2 Kudus ke Jepang.


Upgrade Performa Motor Matik, Trik Buat Yang Ogah Oprek Mesin

Posted: 29 Oct 2012 07:26 PM PDT

20122410 tipsmotormatic 1 Upgrade Performa Motor Matik, Trik Buat Yang Ogah Oprek Mesin
Pembesut motor matic tidak semuanya suka modifikasi mesin.  Alasannya karena takut bermasalah dan mogok. Cara paling mudah untuk meningkatkan performa lewat otak atik di seputar komponen transmisi.

“Mengulik bagian komponen yang terdapat di dalam bak CVT, seperti per CVT dan berat roller yang digunakan. Jangan lupa juga sering ulang perangkat di karburator”, kata Sarjono, mekanik Sweet Martabak Racing (SMR) yang bermarkas di Jl. Joglo Raya, depan SMP-SMA Yadika 35, Ciledug, Tangerang.

Untuk masing-masing motor tentu beda ukuran dan caranya.

Vario 110 & BeAT

Hal pertama dengan menggati per CVT yang berfungsi untuk menahan sliding sheave. Pilihan per CVT terdiri dari 1.000 rpm,1.500 rpm dan 2.000 rpm. Perbedaan ini sesuai tingkat kekerasan pernya.

Untuk Honda Vario 110 dan Honda BeAT, bisa gunakan per CVT 1.500 rpm. Per ini dipilih karena membuat akselarasi cocok untuk kondisi jalan perkotaan yang cenderung stop and go.

20122410 tipsmotormatic 2 Upgrade Performa Motor Matik, Trik Buat Yang Ogah Oprek Mesin

Roller standar Vario 13 gram, monggo diganti dengan yang 12 dan 10 gram dengan cara dipasang disilang. Sedangkan roller BeAT disilang antar yang 8 dan 10 gram, dari standar 10 gram rata.

Penggunaan per CVT keras dan roller enteng agar tarikan awal mesin jadi lebih enteng dan top speed bisa dicapai dengan mudah. Penggunaan roller juga tidak boleh kelewat ringan nantinya top speed berkurang.

Beralih ke komponen pengabutan bahan bakar. Pilot-jet dan main-jet diturunkan beberapa angka, agar enggak terlalu boros. Kedua motor ini sebaiknya menggunkan PJ 38 dan MJ 98. Lalu bukaan angin di karbu dibuka kisaran 3,5 sampai 4,5 putaran.

Yamaha Xeon & Mio
Khusus Yamaha Xeon penggantian per CVT dengan spek 1.500 rpm, dirasa sudah mumpuni untuk melahap jalan perkotaan. Untuk  Yamaha Mio, selain harus mengganti per CVT standar dengan spring CVT 1.500 rpm, roller standar 10 gram rata, sedikit diturunkan bobotnya 1 angka jadi 9 gram rata.

Setelah mengganti per CVT dan roller, giliran karburator. Pilot-jet dianjurkan naik satu tingkat dan main-jet diturunkan satu tingkat. Untuk seting bukaan angin, putar sekitar 3,5 sampai 4,5 putaran.  (motorplus-online.com)

Penulis : Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Yudi
Tags : Mengulik bagian komponen yang terdapat di dalam bak CVT, per CVT dan roller, kombinasi roller, ,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Upgrade Performa Motor Matik, Trik Buat Yang Ogah Oprek Mesin.


FOTO: Badai Sandy Sudah Mendarat

Posted: 29 Oct 2012 07:23 PM PDT

0854102620X310 FOTO: Badai Sandy Sudah Mendarat TOPSHOTS / AFP PHOTO/Stan HONDA Gelombang besar menghantam sebuah dermaga di Atlantic City, New Jersey, Senin (29/10/2012), menjelang kedatangan Badai Sandy. Gelombang yang dipicu badai telah mencapai daratan dan air pun membanjiri wilayah permukiman di sekitarnya. Pemerintah di wilayah-wilayah yang menjadi jalur badai memperingatkan warganya bahwa bahaya badai tersebut "tidak bisa diperkirakan" dan memerintahkan warga masing-masing, dari wilayah New England sampai North Carolina, untuk mengungsi ke tempat-tempat yang telah disediakan pemerintah.
0856577620X310 FOTO: Badai Sandy Sudah Mendarat Darren McCollester/Getty Images/AFP Gelombang menghantam Winthrop Shore Drive ketika Badai Sandy mendekati wilayah pesisir Winthrop, Massachusetts, Senin (29/10/2012). Kedatangan badai super di wilayah Pantai Timur Amerika ini berdampak pada 50 juta warga AS. Badai Sandy diprediksi menyebabkan hujan berhari-hari, angin berkecepatan tinggi, dan kemungkinan hujan salju di wilayah itu.
0859433620X310 FOTO: Badai Sandy Sudah Mendarat Michael Heiman/Getty Images/AFP Pemandangan di salah satu sudut Manhattan, New York City, selama hujan deras yang ditimbulkan Badai Sandy, Senin (29/10/2012). Badai Sandy diprediksi menyebabkan hujan berhari-hari, angin berkecepatan tinggi, dan kemungkinan hujan salju di wilayah-wilayah yang dilaluinya. Gubernur New York mengumumkan penutupan semua layanan transportasi, baik bus dan kereta api, sejak Minggu malam.
0902332620X310 FOTO: Badai Sandy Sudah Mendarat Allison Joyce/Getty Images/AFP Bagian muka sebuah gedung apartemen hancur diterjang angin kencang yang dibawa Badai Sandy di kawasan Chelsea, Manhattan, New York City. Badai Sandy diprediksi menyebabkan hujan berhari-hari, angin berkecepatan tinggi, dan kemungkinan hujan salju di wilayah-wilayah yang dilaluinya. Gubernur New York mengumumkan penutupan semua layanan transportasi, baik bus dan kereta api, sejak Minggu malam.
Foto:
1 2 3 4 » Play Slideshow

ATLANTIC CITY, KOMPAS.com – Badai Sandy mendarat di wilayah pantai New Jersey, Senin (29/10/2012) malam, dengan membawa angin berkecapatan tinggi dan hujan lebat di sepanjang wilayah Pantai Timur Amerika Serikat, kata pejabat setempat.

Kecepatan angin memang melemah begitu mencapai daratan, sekitar 130 kilometer per jam, namun masih memiliki kekuatan badai, terang National Hurricane Center yang berpusat di Miami.

Pusat badai sudah melewati Atlantic City dan menyebabkan angin kencang dan hujan horisontal. Setelah itu, turun hujan deras dan angin yang makin kencang dan diperkirakan mencapai kekuatan maksimum.

Di negara bagian New Jersey, dua orang tewas ketika sebuah pohon tumbang dan menimpa sebuah kendaraan. Sejauh ini tiga orang tewas di AS sejak Badai Sandy menghantam wilayah Pantai Timur negara itu.

Sementara itu Badai Sandy menyebabkan banjir di wilayah Lower Manhattan, New York City dan . Air East River dan Hudson River meluap dan masuk ke jalur-jalur kereta api bawah tanah dan terowongan.

Sumber :
AFP

Editor :
Kistyarini

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - FOTO: Badai Sandy Sudah Mendarat.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com