10.03.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Polusi Udara di Dalam Rumah yang Wajib Diwaspadai

Posted: 02 Oct 2011 07:33 PM PDT

090513 rumah362 Polusi Udara di Dalam Rumah yang Wajib Diwaspadai
Dok. Thinkstock

Jakarta – Polusi udara tidak hanya berasal dari asap knalpot kendaraan, asap rokok atau asap dari industri yang biasa kita alami saat di luar rumah. Polusi udara juga bisa mengancam kesehatan meskipun berada di dalam rumah atau ruangan.

Sumber polusi bisa berasal dari benda-benda di rumah yang mungkin saja tidak pernah Anda sadari. Berikut ini sumber polusi udara yang mungkin bersarang di dalam rumah Anda, seperti dikutip dari Care2.

1. Karpet Baru
Karpet atau pelapis dinding baru biasanya menimbulkan bau bahan kimia yang cukup menyengat. Itu karena karpet baru menyebarkan 4-PC, suatu bahan kimia pada bagian bawah karpet untuk menjaga agar karpet tidak rusak selama disimpan di toko. Bau menyengat seperti lem dan cat ini mungkin akan hilang dalam beberapa hari atau minggu. Tapi bagi orang yang sensitif terhadap bahan kimia, bisa menimbulkan sakit kepala, batuk-batuk dan suara parau.

Saat akan memasang atau menggelar karpet baru, pastikan pintu dan jendela terbuka agar bau bahan kimia bisa keluar dari ruangan. Usahakan untuk memakai masker saat menggelarnya, dan jauhkan dari anak-anak.

2. Barang-barang Elektronik dan Produk Plastik
Produk-produk yang terbuat dari polyvinyl chloride yang mengeluarkan phthalates, zat yang sering dihubungkan pada penyebab hormon tidak normal dan masalah reproduksi. Plastik juga bisa memicu pelepasan bahan kimia polybrominated diphenyl ether, yang berpotensi menyebabkan perubahan perilaku.

Saat baru membeli barang elektronik dan produk plastik, beri ventilasi yang besar pada rumah hingga bau kimianya menghilang. Bersihkan menggunakan penyedot debu pada komputer, printer dan televisi secara rutin.

3. Lem dan Zat Perekat Lainnya
Lem, isolatip atau bahan perekat lainnya mungkin mengandung volatile organic compounds (VOC) seperti aseton atau methyl ethyl ketone. Zat-zat tersebut bisa mengiritasi mata dan memengaruhi sistem nerves. Semen pada karet, mengandung n-hexane, sebuah toksin yang menyerang sistem saraf. Sementara bahan perekat umumnya mengandung toxic formaldehyde yang juga berbahaya bagi tubuh.

Pilihlah lem yang berbahan dasar air dan bebas formaldehyde, yang bisa didapatkan di toko-toko perangkat berat. Saat mengoleskan lem, pastikan ventilasi rumah terbuka dengan baik dan jangan terlalu dekat dalam waktu lama pada objek yang akan direkatkan.

4. Perangkat Pemanas (oven, kompor, mesin penghangat, microwave)
Perangkat rumah yang memancarkan panas, terutama kompor gas berpotensi memproduksi karbonmonoksida yang bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, lelah bahkan kematian jika ventilasi rumah sangat buruk. Perangkat pemanas juga bisa menimbulkan nitrogen dioksida yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan dan masalah pada mata, hidung serta infeksi tenggorokan.

5. Cat Tembok
Cat tembok bisa mengeluarkan zat VOC ketika mengering, yang bisa sebabkan sakit kepala, mual atau pusing. Begitu juga dengan pembersih bahan adhesive dan cat semprot, juga mengandung methylene chloride yang bisa menyebabkan kanker pada binatang.

Agar efek cat bisa dikurangi, gunakan cat yang rendah kandungan VOC nya. Saat mengecat tembok atau peralatan rumah, buka jendela dan pintu lebar-lebar dan ciptakan ventilas udara dengan kipas angin. Jangan lupa juga kenakan masker saat mengecat.

(hst/eya)

Install Aplikasi “Wolipop” GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Source: wolipop

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Polusi Udara di Dalam Rumah yang Wajib Diwaspadai.


Seputar Kelistrikan Mobil, Kenali Jenis Isolator

Posted: 02 Oct 2011 07:28 PM PDT

20110819 isolator 1 Seputar Kelistrikan Mobil, Kenali Jenis Isolator 

Jakarta -  Memilih isolator pun perlu cermat. “Ada berbagai isolator yang bisa dipakai,” kata Taqwa. Bisa menggunakan selotip, atau juga menggunakan kain lilit sebagai pembungkusnya.

Tipe ini memiliki pori-pori yang tidak menahan panas kabel. Lantas ada lagi yang biasa disebut selotip bakar.

“Berbentuk selongsong dan ketika dipanaskan akan mengkerut dan membungkus sambungan kabel,” ungkapnya.  (mobil.otomotifnet.com)

Penulis : Ben | Teks Editor : Bagja | Foto : KLX
Tags : Tips, Seputar Kelistrikan Mobil, Isolator, Kelistrikan,

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Seputar Kelistrikan Mobil, Kenali Jenis Isolator.


Inka Terima Pesanan 250 Mobil GEA

Posted: 02 Oct 2011 07:25 PM PDT

Senin, 03 Oktober 2011 09:07 WIB

20111003 090535 gea Inka Terima Pesanan 250 Mobil GEA

Foto : Dok. MI/bo

MADIUN: PT Industri Kereta Api (Inka) menerima pesanan sebanyak 250 mobil ‘gulirkan energi alternatif’ atau GEA yang dimodifikasi menjadi mobil sayur dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Pemesanan mobil tersebut dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sebanyak 50 unit pada 2011. Sisanya sebanyak 200 unit akan diselesaikan pada 2012,” kata Direktur PT Inka Roos Diatmoko saat kunjungan Gubernur Sulawesi Selatan ke PT INKA, Minggu (2/9).

Menurut dia, harga mobil tersebut ditaksir mencapai Rp60 juta setiap unit. Namun, penjualannya tidak dilakukan per unit melainkan per paket dan diharapkan dapat dilakukan koperasi atau badan hukum.

Pengoperasian mobil GEA yang telah dimodifikasi tersebut dapat menjadi trade mark penggunaan mobil Indonesia di kawasan Indonesia Timur.

“Setelah pemesanan ini, kami juga akan bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin untuk mengembangkan perakitannya dan pelayanan lainnya di wilayah tersebut,” terang Roos. (Ant/OL-5)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Inka Terima Pesanan 250 Mobil GEA.


Terima Kasih Lovato Untuk Selena-Kim Kardashian

Posted: 02 Oct 2011 07:25 PM PDT

Terima Kasih Lovato Untuk Selena-Kim Kardashian
1780969 Terima Kasih Lovato Untuk Selena Kim Kardashian

Los Angeles – Demi Lovato berterima kasih kepada Selena Gomez dan Kim Kardashian. Pasalnya teman selebritisnya itu mndukung saat menjalani tugas panti rehabilitasi.

Mengutip femalefirst, Minggu (2/10), bintang Skyscraper sempat mengikuti program pengobatan pada Oktober 2010. Tak lain, karena Lovato harus menyelesaikan masalah pribadi, termasuk depresi, gangguan makan dan merugikan diri sendiri.

Lovato yang kini bahagia mengaku kesehatannya cepat pulih berkat bantuan dua teman terdekatnya, Selena Gomez dan Kim Kardashian.

“Orang-orang yang benar-benar ada bagi saya adalah orang-orang yang ada dan menemani saya dalam pengobatan. Ya, Kim Kardashian dan Selena Gomez. Mereka berarti bagiku,” paparnya. [mor]

Source: inilah online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Terima Kasih Lovato Untuk Selena-Kim Kardashian.


Ibu dan Nenek Jaga Kebersihan, Anak Sehat

Posted: 02 Oct 2011 07:24 PM PDT

Senin, 3 Oktober 2011 – 08:48 wibLastri Marselina – Okezone

2nkQqkhYXN Ibu dan Nenek Jaga Kebersihan, Anak Sehat
Ibu & nenek jaga kebersihan, anak sehat. (Foto: Getty Images)

KESEHATAN seluruh anggota keluarga ternyata diawali dari kesadaran ibu untuk menjaga kebersihan diri. Sebuah kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menyiapkan makan, akan menjamin kesehatan buah hati yang lebih baik.

“Ibu merupakan orang yang bertanggung jawab sebagai agen perubahan di rumah. Kebiasaan mencuci tangan pakai sabun yang dilakukan ibu dapat membuat seluruh anggota keluarga lebih sehat,” kata Budi Santosa selaku perwakilan dari Menkes di Konfrensi Pers ‘Gerakan 21 Hari untuk Kebiasaan Sehat’ oleh Lifebuoy di FX Plaza, Jakarta, belum lama ini.

Karena itu, ibu sebaiknya selalu mencuci tangan sebelum menyiapkan makan, menyuapi anak, setelah dari toilet, dan menceboki anak.

“Selain ibu, data menunjukkan nenek sebagai seseorang yang dominan dipercaya mengurus cucu. Dua orang ini akan membantu anak lebih sehat dan menjalani aktivitasnya lebih inovatif dan kreatif,” tutupnya.

(nsa)

Source: okezone – lifestyle

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ibu dan Nenek Jaga Kebersihan, Anak Sehat.


Di Bangli, per Hari 10 Orang Digigit Anjing

Posted: 02 Oct 2011 07:24 PM PDT

1431183620X310 Di Bangli, per Hari 10 Orang Digigit Anjing KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Ilustrasi anjing rabies

BANGLI, KOMPAS.com – Kabupaten Bangli, Bali, dinilai masih rawan sebagai wilayah penyebaran rabies karena rata-rata setiap hari sebanyak 10 orang didigigit anjing di daerah itu.

"Itu artinya, rata-rata 300 kasus gigitan anjing dalam sebulan," kata Nyoman Sudarma, salah seorang tim survei Dinas Kesehatan Bangli, Senin (3/10/2011).

Jumlah itu, katanya, yang terpantau oleh sejumlah pusat layanan kesehatan di Bangli. Padahal dimungkinkan jumlah itu bisa lebih karena banyak kasus gigitan anjing yang pasiennya langsung diobati di daerah lain, seperti RSUD Gianyar atau Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar.

Untuk itu, Sudarma tidak menampik kalau di daerah Bangli diindikasikan rawan rabies, karena kasus gigitan anjing terus meningkat.  Sudarma mengatakan, sampai saat ini, total sudah ada empat warga Bangli yang tewas akibat serangan rabies ini.  "Untuk antisipasinya kami selalu siapkan stok VAR (vaksin antirabies) di semua pusat penanganan rabies di Bangli," kata Sudarma.

Di Bangli, pusat penanganan rabies dipusatkan di tiga titik, yakni di RSUD Bangli, Puskesmas Kintamani I dan Puskesmas Kintamani III.  "Kami jamin sampai hari ini stok VAR di tiga pusat penanganan rabies itu aman dan kami selalu adakan penambahan setiap kali persediaan menipis," kata Sudarma yang mengaku baru menerima tambahan VAR sebanyak 500 vial.

Namun, langkah sigap Dinas Kesehatan itu tidak dibarengi dengan langkah penanggulangan serupa oleh Disnak Bangli. Hingga kini, masih ada ribuan ekor anjing di Bangli yang diketahui belum tervaksin. Dari totap populasi anjing Bangli yang berkisar 35 ribu ekor, baru sekitar 28 ribu ekor anjing yang tervaksin. Itu artinya, masih ada sekitar tujuh ribu ekor lebih anjing yang belum mendapatkan vaksin dari Dinas Perternakan.

Sumber :
Antara

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Di Bangli, per Hari 10 Orang Digigit Anjing.


September, Gunung Lokon Meletus 340 Kali

Posted: 02 Oct 2011 07:24 PM PDT

1129314620X310 September, Gunung Lokon Meletus 340 Kali Pembagian masker di sekitar Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara, beberapa waktu silam.

MANADO, KOMPAS.com – Letusan Gunung Lokon di Provinsi Sulawesi Utara selama September 2011 sebanyak 340 kali, atau terbanyak dibanding Juni-Agustus lalu.

"Pola letusan Gunung Lokon sekarang ini agak berbeda dibanding pola letusan sebelumnya. Kali ini bentuknya ’open system’, di mana pada saat ada pasokan energi, langsung dikeluarkan dalam bentuk letusan," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Kota Tomohon, Farid Ruskanda Bina di Tomohon, Senin (3/10/2011).

Oleh karena itu, kata Farid, sekarang ini tidak ada energi yang tersimpan, sehingga frekuensi letusan yang terjadi pada September 2011 bisa menjadi klimaks akibat "open system".

Letusan pembuka terjadi pada Juni 2011, di mana pada bulan itu terjadi dua kali letusan beriringan, dengan dinaikkannya status Gunung Lokon dari waspada level II ke siaga level III. Letusannya semakin meningkat pada Juli 2011. Di bulan ini terjadi 82 letusan.  Pada 10 Juli status siaga level III yang disandang Gunung Lokon, kembali dinaikkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung menjadi awas level IV.

Pada 14 dan 17 Juli Gunung Lokon meletus besar dengan tinggi letusan diperkirakan mencapai 2.500 meter dari kawah Tompaluan. Sepekan kemudian, statusnya kembali diturunkan menjadi siaga level III hingga hari ini, hari ini. Meski statusnya diturunkan, letusan-demi letusan masih terjadi.

Di bulan Agustus 2011, terjadi juga tren kenaikan frekuensi letusan di mana terjadi sebanyak 109 letusan. Dari seratusan letusan ini, dua letusan di antaranya dikategorikan besar yakni letusan tanggal 17 Agustus dan 28 Agustus 2011. Pascaletusan di tanggal itu, rentetan letusan kecil belum berhenti.

Puncaknya di bulan September 2011. Status siaga yang sandang Gunung Lokon masih berpotensi terjadinya letusan-letusan hingga mencapai 340 kali di bulan ini. Sejak erupsi pembuka di bulan Juni hingga 30 September 2011, sudah sebanyak 533 letusan terjadi dari kawah Tompaluan, Gunung Lokon.

Ditambahkan Farid, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih akan mengevaluasi aktivitas vulkanik Gunung Lokon dalam sebulan ini. "Kalau kegempaannya terus menurun, mungkin saja status siaga yang disandang Gunung Lokon akan diturunkan ke waspada level II," kata Farid.

Sumber :
Antara

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - September, Gunung Lokon Meletus 340 Kali.


Pastore buat PSG ke puncak klasemen Liga Perancis

Posted: 02 Oct 2011 07:22 PM PDT

2011080911190324 Pastore buat PSG ke puncak klasemen Liga Perancis

Pemain sepak bola asal Argentina Javier Pastore. (FOTO ANTARA/REUTERS/Jacky Naegelen )

Bagi saya, ini hanya pertandingan yang mendapatkan tiga poin. Hari ini kami boleh menang tapi masih ada 29 pertandingan lagi. Bisa saja ada pemain cedera dan menurunnya penampilan kami. Kami gembira dengan kemenangan ini, tapi ini merupakan tanda kam Pastore memecah kebuntuan angka pada pertengahan babak kedua dan rekannya Christophe Jallet menjalakan bola pada menit akhir, sekaligus membuktikan kepada Qatar Sports Investments yang menanamkan investasi besar pada tim itu bahwa mereka merupakan salah satu tim yang harus diperhitungkan di Prancis.

Kendari tim itu menunjukkan tanda-tanda menanjaknya kepiawaian mereka, tapi pelatih PSG Antoine Kombouare menyatakan itu belum dapat dijadikan pegangan memasuki laga mereka lainnya.

“Bagi saya, ini hanya pertandingan yang mendapatkan tiga poin,” katanya, “Hari ini kami boleh menang tapi masih ada 29 pertandingan lagi. Bisa saja ada pemain cedera dan menurunnya penampilan kami. Kami gembira dengan kemenangan ini, tapi ini merupakan tanda kami harus bekerja lebih berat.”

Lyon kini berada di urutan ketiga, tiga poin di bawah PSG dan selevel dengan Montpellier dan Toulouse.

“Apa yang membedakan pertandingan itu, adalah, gerakan mereka yang efisien di depan gol. Kekurangan kami tidak memanfaatkan efisiensi,” kata pelatih Lyon, Mei Garde.

“Mereka di atas kami pada susunan klasemen malam ini, tetapi perjalanan masih panjang dan segala sesuatunya masih dapat terjadi,” katanya.

Juara bertahan Lille mengatasi lima permainan imbang mereka dengan kemenangan 2-0 atas Rennes, tetapi penderitaan permainan domestik Marseille berlanjut ketika bermain imbang 1-1 di kandang ketika menjamu Brest.

Lille ditahan imbang 1-1 di Trabzonspor pada laga Liga Champions pertengahan minggu lalu teteapi mereka mampu mengalahkan Rennes lewat gol yang diciptakan Moussa Sow dan Florent Balmont, sehingga mereka naik ke urutan kelima.

(A011) 

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pastore buat PSG ke puncak klasemen Liga Perancis.


Filipino-American woman kidnapped in July is freed

Posted: 02 Oct 2011 07:20 PM PDT

 54044547 54044541 Filipino American woman kidnapped in July is freed A search was begun after Lunsmann, her son and nephew, were seized in July

A Filipino-American woman seized more than two months ago in the southern Philippines has been released, officials on Basilan island say.

Gerfa Yeatts Lunsmann was freed on Sunday evening and walked to a local township.

Her American son Kevin, 14, and a Filipino nephew Romnick Jakaria, 19, seized with her, are still being held by suspected Abu Sayyaf militants.

It is not known whether a ransom was paid to secure her release.

Ms Lunsmann is "a bit weak" after her ordeal, said Zamboanga Mayor Celso Lobregat.

"We thank God for this release," he added.

The three were kidnapped on 12 July at a resort on the island of Tictabon, where they were on holiday.

Ms Lunsmann, a 41-year-old vet, was born in the Zamboanga but was adopted by a US family and grew up in the United States.

She lives in Virginia, but has visited the southern Philippines province of Mindanao at least five times before, local police said.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Filipino-American woman kidnapped in July is freed.


Warga Hong Kong Protes Pemberian Hak Tanah Bagi Pembantu

Posted: 02 Oct 2011 07:19 PM PDT

USuuZoU6wj Warga Hong Kong Protes Pemberian Hak Tanah Bagi PembantuSerikat Pekerja Migran Indonesia dan Filipina (Foto: AFP)
HONG KONG  - Sekira 500 warga Hong Kong melakukan protes menentang pemberian hak memiliki kediaman permanen bagi pembantu rumah tangga (PRT) asing. Aturan baru ini dikabarkan memungkinkan para pembantu termasuk dari Indonesia memiliki rumah setelah menetap selama tujuh tahun.
Tuntutan yang diajukan oleh pembantu Filipina Evangeline Banao Vallejos yang tinggal di Hong Kong sejak 1986 silam. Pihak pengadilan pun memenangkan tuntutan Vallejos yang menginginkan kediaman permanen di Hong Kong.
Permintaan dari Vallejos ini membuat kota Hong Kong terbelah dua. Beberapa warga menentang keputusan tersebut, sementara lainnya mendukungnya.
“Kami tidak ingin para pembantu ini menjadi warga Hong Kong secara parmanen. Mereka akan mengambil hak jaminan sosial milik kami,” ungkap seorang warga Dennis Leung seperti dikutip AFP, Senin (3/10/2011).
Bersama dengan pekerja rumah tangga asal Filipina, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hong Kong juga menjadi penyumbang tenaga PRT di kota tersebut. Sementara, aktivis HAM menilai putusan ini sebagai kemenangan atas kesetaraan dari pembantu rumah tangga. 
Sedangkan, Partai Aliansi Demokratik untuk Kemajuan Hong Kong memperingatkan, aturan ini dapat membuka pintu masuk bagi sekira 500.000 warga baru, termasuk keluarga anak dari para pembantu itu.
Bagi partai ini, masuknya imigran baru ini memicu pengeluaran bagi Pemerintah Hong Kong sebesar 25 miliar dolar Hong Kong atau sekira Rp28,2 triliun (Rp1,129 per dolar Hong Kong). Dana itu nantinya habis digunakan untuk membiayai kesejahteraan imigran yang baru datang.
Selain itu, mereka juga memperkirakan angka pengangguran dapat melonjak dari 3,5 persen saat ini menjadi 10 persen. Pemerintah sendiri menolak berapa banyak pembantu asing yang dapat dianggap memenuhi syarat untuk mengajukan tempat tinggal tetap.
Di bawah hukum Hong Kong, warga asing dapat mengajukan aplikasi tempat tinggal permanen setelah tinggal selama tujuh tahun tanpa terputus. Tetapi aturan tersebut tidak termasuk kepada pembantu rumah tangga. 
Dengan dikeluarkannya aturan ini, kondisi hidup PRT asing di Hong Kong tentunya makin membaik. Kondisi PRT asing di salah satu Provinsi China ini, memang lebih baik dibandingkan negara lain di Asia. 
PRT di Hong Kong diberikan kesempatan libur satu hari, mendapat hak cuti dan memperoleh gaji minimun sebesar 3.740 dolar Hong Kong atau sekira Rp4,2 juta per bulan. 

(faj)

Source: OkeZone – International

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Warga Hong Kong Protes Pemberian Hak Tanah Bagi Pembantu.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com