8.01.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Pemkot Mataram, Larang Pejabat Terima Parsel

Posted: 31 Jul 2012 07:19 PM PDT

2118327p Pemkot Mataram, Larang Pejabat Terima Parsel

Crystal Jade My Bread
Ilustrasi: Parsel Lebaran.

MATARAM, KOMPAS.com – Pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dilarang menerima parsel. Alasan pelarangan, masih banyak kalangan yang membutuhkan parsel dibandingkan dengan pejabat struktural Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Lalu Makmur Said, Rabu (1/8/2012) pagi di Mataram, sesuai imbauan Wali Kota Mataram, Ahyar Abduh, mengatakan, pemberi parsel mestinya memilih orang yang berhak menerima, misalnya pegawai negeri sipil golongan satu-dua.

Para pejabat, apalagi yang punya kedekatan dengan pekerjaan pelayanan dengan pemberi, dilarang menerima parsel.

Soal Tunjangan Hari Raya (THR), Makmur, mengatakan, karyawan Pemkot Mataram tidak menerima THR, karena tidak diperbolehkan dianggarkan dalam APBD. Untuk membantu meringankan beban karyawan saat Lebaran maupun kebutuhan keuangan saat tahun ajaran baru, pemkot menempuh cara lain.

Pemkot menyisihkan tunjangan kesejahteraan tiap karyawan sebanyak Rp 150.000 per bulan dari total yang didapat Rp 400.000. Uang itu merupakan tabungan, dan karyawan bisa mengambilnya tiap enam bulan, yang jumlahnya Rp 900.000.

 

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pemkot Mataram, Larang Pejabat Terima Parsel.


Netanyahu Bantah Konflik dengan Militer Soal Iran

Posted: 31 Jul 2012 07:09 PM PDT

0841419p Netanyahu Bantah Konflik dengan Militer Soal Iran

AFP
Presiden AS, Barack Obama, (kanan) setelah mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Gedung Putih, Senin (5/3/2012)

JERUSALEM, KOMPAS.com – Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV Israel, Channel 2 , Selasa (31/7), bahwa ia masih membahas apakah akan menyerang instalasi nuklir Iran atau tidak. Dalam wawancara itu, ia juga meremehkan laporan bahwa para petinggi militer tidak mendukung serangan terhadap Iran.

Ia mengatakan "Israel tak bisa mengandalkan orang lain" saat berurusan dengan ancaman Iran. Ia membantah laporan sebelumnya yang menyatakan bahwa jajaran pejabat militer Israel menolak  kemungkinan untukmelakukan serangan terhadap Iran.

"Di Israel, jajaran politik membuat keputusan dan jajaran operasional melancarkannya," kata Perdana Menteri itu.

Menurut laporan harian Yediot Aharonoth, Selasa pagi, para pejabat di Washington baru-baru ini menyatakan bahwa eselon senior dalam keamanan Israel menentang operasi yang takkan melibatkan Amerika Serikat. Laporan itu, yang mengutip sejumlah sumber tanpa nama AS, menyatakan Panglima Angkatan Bersenjata Israel, Kepala Dinas Intelijen Militer, Panglima Angkatan Udara, Kepala Mossad keberatan terhadap serangan militer Israel terhadap Iran jika tanpa dukungan AS.

Para petinggi senior militer Israel yang lain telah mendapat serangan karena secara terbuka mengecam pernyataan pemerintah tentang Iran. Mantan direktur Mossad, Meir Dagan, dan mantan pemimpin Shin Bet, Yuval Diskin, sebelumnya telah memperingatkan serangan tanpa dukungan AS hanya akan membuat program nuklir Iran mundur beberapa tahun. Serangan itu juga bisa memicu konflik kawasan dengan konsekuensi bencana bagi Israel.

Sumber :
Ant, Xinhua, Oana

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Netanyahu Bantah Konflik dengan Militer Soal Iran.


Gerilyawan Suriah peroleh rudal permukaan ke udara

Posted: 31 Jul 2012 07:09 PM PDT

20120628019 Gerilyawan Suriah peroleh rudal permukaan ke udara

Presiden Suriah Bashar al-Assad (REUTERS/SANA/Handout )

NBC News, Selasa malam (31/7), melaporkan anggota Tentara Suriah Bebas telah memperoleh hampir dua lusin senjata, yang dikirim kepada mereka melalui tetangga Suriah, Turki, yang pemerintah moderatnya telah menuntut kepergian Bashar dengan desakan yang meningkat.

Petunjuk yang ada ialah pemerintah AS, yang telah menyatakan menentang tindakan mempersenjatai gerilyawan, “tak bertanggung jawab” bagi pengiriman rudal tersebut.

Beberapa sumber pemerintah AS telah mengatakan selama beberapa pekan pemerintah Arab yang sedang berusaha menggulingkan Bashar, termasuk Arab Saudi dan Qatar, telah mendesak pengiriman rudal semacam itu, yang juga dikenal dengan nama MANPADs, singkatan untuk “man-portable air-defense systems”, yang akan dipasok kepada gerilyawan.

Dalam beberapa hari belakangan, operasi udara terhadap gerilyawan oleh pasukan pemerintah Suriah tampaknya telah ditingkatkan, terutama di sekitar kota yang diperebutkan, Aleppo, sehingga gerilyawan makin memerlukan MANPADs.

Tidak jelas apa secara pasti jenis MANPADs yang telah dikirim kepada gerilyawan Suriah dan NBS News tidak memberi perincian, demikian laporan Reuters, di Jakarta, Rabu. Senjata semacam itu memiliki klasifikasi dari primitif sampai sangat canggih.

Sekalipun gerilyawan memang memiliki senjata tersebut, juga tidak jelas apakah mereka telah memperoleh pelatihan untuk mengoperasikannya secara efektif terhadap Angkatan Udara Bashar dalam waktu dekat.

Sebagian anggota Senat AS dari kubu konservatif, seperti Senator Republik John Mccaind dan Lindsey Grahama telah mengecam pemerintah Presiden Barack Obama karena bertindak lamban untuk membantu gerilyawan.

Mereka telah menyarankan pemerintah AS lebih melibatkan diri dalam mempersenjatai para penentang Bashar.

Gedung Putih, setidaknya setakat, telah melakukan pendekatan yang lebih berhati-hati.

Hingga Juni, para pejabat AS memperingatkan kalau ada negara Timur Tengah “yang mempertimbangkan untuk mempersenjatai oposisi Suriah”, AS mesti “melakukan pendekatan terukur dan berfikir dua kali mengenai penyediaan persenjata, yang bisa memiliki konsekuensi yang tak diharapkan”.

Saat itu pun para pejabat AS dan sekutu mengakui para pejabat dari Arab Saudi dan Qatar sedang membahas apakah rudal permukaan-ke-udara bisa membantu gerilyawan Suriah menjatuhkan helikopter buatan Rusia dan pesawat lain yang dimiliki dan digunakan pemerintah Suriah untuk memindahkan tentara di antara tempat bergejolak.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gerilyawan Suriah peroleh rudal permukaan ke udara.


Jika Rossi ke Yamaha, Dovizioso Bakal Gigit Jari

Posted: 31 Jul 2012 07:06 PM PDT

20120801DoviBisaGagalKeYamaha Jika Rossi ke Yamaha, Dovizioso Bakal Gigit Jari

Memutuskan untuk keluar dari Honda dan memilih Yamaha sebagai tunggangan barunya musim ini di tim Yamaha Tech3, adalah langkah yang paling tepat bagi seorang Andrea Dovizioso. Selain membuka peluangnya untuk kembali memperkuat tim pabrikan, juga ia bisa membuktikan pada Honda bahwa ia bisa meraih hasil bagus meski tanpa menggunakan motor tim pabrikan berlogo sayap mengepak itu.

Harapannya untuk pindah ke tim Yamaha pun semakin besar, setelah beberapa kali ia mampu meraih hasil bagus di awal musim 2012. Tapi sayangnya kesempatan tersebut semakin mengecil setelah beberapa pihak sponsor mengajak Valentino Rossi ke tim Yamaha lagi. Apalagi kondisi Rossi di Ducati semakin tidak karuan.

Jelas ini akan berdampak besar bagi Dovi, sebab penjenjangan karir yang dilakukannya dari tim satelit untuk melompat ke tim pabrikan jadi hilang dan pembalap asal Italia itu bisa-bisa hanya gigit jari.

Pindah ke tim pabrikan Yamaha adalah harapan saya selama ini, tapi kondisinya sekarang berubah dimana Rossi sudah mulai kembali dekat dengan tim Yamaha. Ya saya sih tidak tahu bagaimana detailnya sebab belum ada kepastian. Tapi ini akan berdampak besar, karena saya sendiri menargetkan naik ke tim pabrikan, papar Dovi.

Saya sudah melakukan yang terbaik tahun ini dan meraih 4 podium, tapi sepertinya pencapaian itu tidak akan cukup untuk mendapatkan tempat di tim pabrikan dalam kondisi seperti ini. Yah, kita lihat saja nanti dalam waktu dua pekan ke depan, ketusnya. (otosport.co.id)

Penulis : Uda | Teks Editor : Uda | Foto : MotoGP
Tags : Andrea Dovizioso, Dovizioso, Dovi, Tech3, Yamaha Tech3, MotoGP, MotoGP 2012, Jorge Lorenzo, Lorenzo, ,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jika Rossi ke Yamaha, Dovizioso Bakal Gigit Jari.


Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012

Posted: 31 Jul 2012 07:05 PM PDT

fb Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012

NissanRestPoint Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012

JAKARTA (DP) Libur panjang Lebaran sebentar lagi tiba. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memberi layanan khusus selama periode libur Lebaran 2012.

Program yang diberi nama Nissan Sahabat Setia Mudik Anda ini terdiri dari layanan Nissan Rest Point (NRP), Bengkel Nissan Siaga, dan Nissan Mobile Siaga di sepanjang jalur mudik lebaran.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman bagi konsumen Nissan yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halamannya, urai Teddy Irawan, Vice President Director Sales & Marketing NMI.

Nissan Rest Point (NRP)
NRP merupakan posko peristirahatan yang menjadi tempat beristirahat bagi pemudik baik pemilik Nissan maupun tidak. Berlokasi di 9 titik jalur mudik. NRP yang beroperasi 13-20 Agustus 2012 antara lain NRP Rest Area Tol Cikampek KM57, NRP Rest Area Tol Kanci KM26, NRP Nagrek RM Nasi Liwet Asep Stroberi, NRP Alas Roban Rumah Makan Gerbang Elok, Gringsing Batang, dan NRP Bakeuheni RM Simpang Raya.

NRP yang beroperasi 15-22 Agustus 2012 berada di NRP Telaga Warna Bogor Melrimba Garden, NRP Tuban RM Wahyu Utama, NRP Caruban RM Saradan Asri, dan NRP Probolinggo Nissan Probolinggo. Beroperasi selama 24 jam. Fasilitas yang tersedia antara lain fasilitas check-up, ruang tunggu dengan AC, TV, dan kursi pijat.

Nissan Mobile Siaga (NMS)
NMS merupakan layanan siaga 24 jam, bergerak, dan berada di 10 titik mudik di Jawa dan Bali. Layanan ini diperkuat 10 unit Nissan Service Car dengan 2 teknisi di setiap unitnya. Layanan ini bisa digunakan konsumen yang membutuhkan bantuan darurat dalam jangkauan 25 km dari lokasi NMS.

NMS beroperasi 15-24 Agustus di Pamanukan (jalur Cikampek Cirebon), Tegal (jalur Cirebon/Kanci Pamalang/Prupuk), Ciamis (jalur Tasikmalaya Karangpucung), Lasem (jalur Kudus Lamongan), Pasir Putih (jalur Pasuruan Ketapang), Salatiga (jalur Semarang Surakarta/Solo), Subang (jalur Cikampek Lembang), Kebumen (jalur Banyumas Purworejo), Magetan (jalur Wonogiri Caruban), dan Negara (jalur Gilimanuk Denpasar).

Bengkel Nissan Siaga
Sebanyak 30 bengkel Nissan tetap beroperasi normal sepanjang musim libur lebaran. Layanan Nissan Siaga + dilangsungkan 16-22 Agustus termasuk Hari Raya Idul Fitri. Lokasinya tersebar di 18 dealer dari Medan hingga Makassar. Sedangkan lainnya adalah Nissan Siaga yang buka kecuali di Hari Raya Idul Fitri 16-18 Agustus dan 21-22 Agustus. Lokasinya berada di 12 dealer.

Selain tiga layanan di atas ada Nissan ERA (Emergency Road Assistance) 24 jam selama libur lebaran. Jangkauannya berada di 8 kota yaitu Jabodetabek (021-75918000, 021-7652625), Bandung (022-5208000), Surabaya (031-5358000), Cirebon (085316238000), Semarang (082136868000), Yogyakarta (087838948000), Denpasar (0361-3338989), dan Medan (083896348000). [dp/Wyu]

© 2012, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

Berita Terkait:

Pos Mudik Yamaha Berhadiah BlackBerryProton Gelar Posko Siaga Mudik 2012Posko, Bengkel Siaga dan Diskon dari Hyundai Sambut Lebaran

Tags: Bengkel Nissan Siaga, Mudik, Mudik 2012, Nissan, Nissan Mobil Indonesia, Nissan Mobile Siaga, Nissan Rest Point, Nissan Sahabat Setia Mudik Anda, NMI

Leave a Reply
Click here to cancel reply.

(Required)

(Will not be published) (Required)

(Optional)

 Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012
 Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012
 Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012
PopularCommentsArchivesTags

Yamaha Indonesia Belum Berencana Jual Yamaha YZF-R15 2012New Yamaha Jupiter MX 2011 – Galeri FotoYamaha YZR-R15 2012 Tidak akan Dijual di IndonesiaHarga CBR 150R Bikin Calon Konsumen MulesFoto-Foto Gadis Maskot yang Menyentuh HatiKawasaki Ninja ZX-6R 2012 Intimidasi dengan Harga Penghemat BBM Dahsyat, Biospeed on Honda Siapkan 58 Bis dan 24 Truk untuk Mudik BarengHikmah on Honda Beat Little Bobberhetrix on Harga Suzuki Ertiga Bisa Tidak Mengikat, lho…ebi jkt on Mitsubishi L 100 1982 : Tua Tua Keladi August 2012July 2012June 2012May 2012April 2012March 2012February 2012January 2012December 2011November 2011October 2011September 2011AHMAstra Honda MotorAudiBMWCasey StonerCewekChevroletDani PedrosaDucatiF1FerrariFordGeneral MotorsGMGT RadialHondaIIMSJorge LorenzoLorenzoMazdaMercedes-BenzMitsubishiMobilMobil BaruMobil ListrikMotoGPMotoGP 2011MotoGP 2012MotorMotor BaruMotor SuzukiNissanRepsol HondaRossiSebastian VettelSeksiStonerSUVSuzukiToyotaUnikValentino RossiVolkswagenVWYamahavar tabs=new ddtabcontent(“tabs”)tabs.setpersist(false)tabs.setselectedClassTarget(“link”)tabs.init()

          Data Spesifikasi Mobil & Motor
Pilih Merek Mobil  select brandAudiBentleyBMWCheryChevroletChryslerDaihatsuFerrariFordGeelyHondaHyundaiInfinitiIsuzuJaguarJeepKiaLamborghiniLand RoverLexusLotusMaseratiMazdaMercedes-BenzMiniMitsubishiNissanPeugeotPorscheProtonRenaultRolls-RoyceSaabSmartSsangYongSubaruSuzukiToyotaVolkswagenVolvo
Wacana Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012

          WACANA

Pertamina Hadapi Lebaran 2012 100x100 Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012Kesiapan Pertamina di Ramadhan dan Lebaran 1433 H
JAKARTA (DP) — Pertamina menyiapkan langkah dalam menjamin ketersediaan serta

Konsep Mobil Listrik Nasional dp 2012 02 100x100 Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012Konsep Sport Car Listrik Nasional Diinspirasi dari Lumba-Lumba

YOGYAKARTA (DP) — Proyek penciptaan mobil listrik nasional rupanya masih terus

Rupert Sadler Ducati Borgo Panigale 2012 100x100 Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012Ini Dia Alasan Audi Membeli Ducati

MUGELLO (DP) — Ducati tidak akan pernah berubah menjadi Audi atau Volkswagen.

[Lihat Berita Seluruhnya]

Video Dapurpacu

Source: DapurPacu online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Nissan Siapkan Rest Poin dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik 2012.


Alasan 3DS XL Tidak Tampilkan Fitur Second Circle Pad

Posted: 31 Jul 2012 07:05 PM PDT

v3EJoSHaZh Alasan 3DS XL Tidak Tampilkan Fitur Second Circle PadNintendo 3DS XL (Foto: Telegraph)

TOKYO – Nintendo menjelaskan mengapa pihaknya tidak akan menambah fitur Circle Pad kedua pada versi konsol 3DS XL. Produsen konsol populer asal Jepang itu mengatakan, penggunaan Circle Pad tambahan itu akan mempengaruhi daya tahan baterai.

Dilansir Officialnintendomagazine, Rabu (1/8/2012), kurangnya fitur second Circle Pad memunculkan opini bahwa konsol 3DS XL seharusnya menampilkan Pad ekstra untuk gamer yang biasa menggunakan pengendali dari tangan kiri atau kidal. Akan tetapi, Manajer Pemasaran Nintendo Inggris, Ben Taylor mengatakan, ada alasan rasional mengapa Nintendo tidak menambahkan Circle Pad tersebut.

“Kami melakukan peninjauan kemungkinan controller kedua, tetapi kami merasa bahwa peningkatan daya tahan baterai benar-benar penting untuk pemain. Ini akan mengalami dampaknya jika kami memperkenalkan (Circle Pad tambahan itu). Selain itu membuat konsol tampak jauh lebih besar,” ujar Taylor.

Dia menegaskan bahwa Nintendo sedang bekerja pada 3DS XL Circle Pad Pro baru yang digunakan untuk game seperti Resident Evil Revelations serta Metal Gear Solid: Snake Eater 3D. “Yang penting, sebagian besar game, misalnya Mario Kart 7 atau Super Mario 3D Land, tidak memanfaatkan controller kedua,” terangnya.

Nintendo 3DS XL telah diungkap bulan lalu yang mengusung layar sebesar 4,88 inci. Peningkatan ukuran ini akan membuat area pandang di layar bagian atas dan bawah meningkat sebesar 90 persen.

Thesixthaxis mengabarkan, penjualan konsol 3DS XL mencapai 200 ribu unit dalam waktu dua hari di Jepang. Capaian angka yang cukup tinggi tersebut merupakan bukti bahwa gamer masih menyukai permainan Mario terbaru dengan judul New Super Mario Bros di konsol tersebut. (fmh)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Alasan 3DS XL Tidak Tampilkan Fitur Second Circle Pad

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Alasan 3DS XL Tidak Tampilkan Fitur Second Circle Pad.


Dijambret, Septi Tabrak Pelaku

Posted: 31 Jul 2012 07:03 PM PDT

MAGELANG, KOMPAS.com – Aksi penjambretan di malam hari terjadi di Kota Magelang. Adalah V Herminingtyas Septi W (24) warga Jalan Jeruk Timur, Sanden, Kelurahan Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara, yang menjadi korban aksi tersebut pada Selasa malam lalu.

Septi menceritakan, penjambretan tersebut bermula saat ia pulang berbelanja di Artos Mall Mertoyudan sendirian mengendarai sepeda motor sekitar pukul 21.00 WIB. Sesampainya di Jalan Tidar, tiba-tiba dari arah kiri kendaraannya muncul pengendara sepeda motor dua orang berboncengan, langsung menjambret tas warna merah yang Septi gantungkan di pundak kirinya.

"Saya kaget. Tiba-tiba tas saya langsung direbut, lalu mereka langsung kabur," ujar Septi, kemarin. Seketika itu pula ia langsung bernisiatif memberanikan diri mengejar pelaku yang mengendarai motor matic jenis Mio warna hijau bernopol H 3179 ZY.

Kemudian, kata Septi, ia langsung menabrak motor pelaku dari belakang hingga pelaku jatuh tersungkur. "Ketika jatuh, saya langsung teriak maling. Dan warga sekitar langsung berkerumun menangkapnya," tuturnya.

Beruntung ada anggota polisi yang kebetulan sedang melintas di lokasi. Hingga akhirnya pelaku langsung diamankan ke Mapolsek Magelang Tengah. AKP M Choiril Anwar, Kepala Polsek Magelang Tengah mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan, pelaku penjambretan dilakukan oleh dua orang. Namun yang berhasil ditangkap adalah pengendaranya yakni HP (28) warga Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, sementara rekannya yang membonceng berhasil kabur.

"Dari hasil penyidikan ternyata pelaku dalam kondisi mabuk, sehingga saat ini belum bisa banyak dimintai keterangan. Kita juga sudah mengantongi identitas rekannya dan saat ini dalam pengejaran," katanya. 

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Dijambret, Septi Tabrak Pelaku.


Gempa di Manado Tak Timbulkan Kerusakan

Posted: 31 Jul 2012 06:55 PM PDT

1926469p Gempa di Manado Tak Timbulkan Kerusakan

Lokasi Kota Manado, Sulawesi Utara.

MANADO, KOMPAS.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara belum mendapat informasi kerusakan atau korban akibat gempa 5,1 SR yang mengguncang Kota Manado dan sejumlah kabupaten, Rabu (1/8/2012) pukul 08.20 Wita.  

 

Hoyke Makarawung, Kepala BPBD Sulut, mengatakan, sejumlah petugas BPBD kabupaten dan kota di Sulawesi Utara telah menginformasikan bahwa gempa tidak berdampak serius.  

 

"Kami baru saja menghubungi petugas di kabupaten mencari tahu dampak kerusakan, tetapi hasilnya nihil," katanya.

Menurut Hoyke, pusat gempa berada di Teluk Amurang, Minahasa Selatan, yang tidak berpotensi tsunami.  

 

Goyangan gempa hampir terasa di seluruh wilayah daratan Minahasa, Manado, dan Bitung hingga Kabupaten Bolaang Mongondow. "Kami berharap mudah-mudahan saja tidak ada korban dari gempa tadi pagi," tambahnya. 

 

 

 

 

 

 

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gempa di Manado Tak Timbulkan Kerusakan.


Alamak, Harga Ikan di Morotai Rp 300.000 per Ekor

Posted: 31 Jul 2012 06:55 PM PDT

 Alamak, Harga Ikan di Morotai Rp 300.000 per Ekor KOMPAS.com/Anton Abdul Karim Harga ikan di Morotai belakangan melonjak drastis. Harga ikan cakalang seekor saja mencapai Rp 300.000.

MOROTAI, KOMPAS.com – Wilayah kepulauan dengan potensi perikanan yang besar ternyata tidak menjamin harga ikan akan murah. Buktinya, harga ikan di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara saat ini bisa-bisa ‘mencekik leher’. Bayangkan saja, harga seekor ikan cakalang besar, dibanderaol Rp 300.000.

Dua pasar di Morotai yakni Pasar Ikan Daruba dan Pasar Gotalamo tak berbeda soal harga ikan. Semua jenis ikan dijual dengan harga sama di dua pasar tersebut. Padahal, pekan lalu untuk jenis ikan cakalang yang sama, masih dijual dengan harga Rp 100.000 per ekor. Itu pun sudah tergolong sangat mahal di pasaran.

Jika dalam kondisi normal, harga ikan cakalang untuk ukuran besar hanya Rp 30.000 – Rp 50.000 per ekor. Kini, untuk cakalang ukuran sedang, dijual seharga Rp 100.000 – Rp 150.000 per ekor. Sedangkan untuk ukuran kecil bisa dibeli dengan harga Rp 70.000 sampai Rp 80.000 per ekor. Tapi, jangan berharap untuk cakalang ukuran kecil ini bisa mencukupi menu sekeluarga.

Sementara, jenis ikan-ikan lainnya pun tidak kalah mahalnya. Berbagai jenis ikan dasar yang pekan lalu dijual dengan harga Rp 10.000 – Rp 20.000 per gandeng, sejak tiga hari belakangan sudah menembus angka Rp 70.000-Rp 80.000 per gandengnya. Harga ikan malalubis dan ikan komo yang paling banyak dijumpai di dua pasar tersebut juga dikeluhkan warga karena mahal. "Ikan malalubis satu gandeng (5 ekor) Rp 30.000. Sama juga dengan ikan komo yang kecil," ungkap Ongen Jen (32), seorang penjual ikan di Pasar Gotalamo, Rabu (1/8/2012).

Menurut Ongen, mahalnya harga ikan di pasaran karena harga ikan yang diperoleh dari nelayan juga mahal. "Kita terpaksa jual begini biar dapat untung sedikit. Karena kita ambil dari nelayan juga begitu Pak," tambahnya.

Sementara, mahalnya harga ikan di tangan nelayan karena pengaruh cuaca. Menurut Ali (44) warga Morotai, belakangan cuaca laut tidak bersahabat dengan nelayan yang mencari ikan di laut. Cuaca ekstrim yang terjadi belakangan membuat banyak nelayan di Morotai tidak melaut. "Ombak begini banyak yang tidak cari ikan. Jadi ini sudah biasa kalau cauca seperti ini pasti ikan mahal," ujar Ali.

Mahalnya harga ikan ini sangat meresahkan warga. Apalagi melonjaknya harga ikan ini bertepatan dengan bulan Ramadhan. "Semua barang harga naik, tapi harga ikan paling naik. Jujur saja kita di rumah pernah sahur tidak makan ikan karena di pasar mahal," ujar Maya Peibe, ibu rumah tangga. 

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Alamak, Harga Ikan di Morotai Rp 300.000 per Ekor.


Jual Susu Kedelai demi Sekolah, Arin Tembus AS

Posted: 31 Jul 2012 06:55 PM PDT

 Jual Susu Kedelai demi Sekolah, Arin Tembus AS Kompas/Mukhamad Kurniawan Aquarani Wahyu Purwanti (17), siswi SMK Negeri 1 Purwakarta, Jawa Barat, tiba di Tanah Air setelah menjalani satu tahun belajar di Amerika Serikat, Rabu (25/7). Meski berasal dari keluarga tak mampu dan bekerja di luar jam sekolah, Aquarani bisa berprestasi dan memenangi sejumlah lomba.

PURWAKARTA, KOMPAS.com – Aquarina Wahyu Purwanti (17) atau biasa disapa Arin, setiap hari harus berjualan susu kedelai demi membiayai sekolahnya. Ketekunan dan kerja kerasnya itu mengantar Arin meraih beasiswa belajar di Amerika Serikat, sekaligus menarik minat sponsor untuk membiayai kuliah.

quote 1 Jual Susu Kedelai demi Sekolah, Arin Tembus AS
Mereka siap menampung, kapan pun Arin mau kembali ke sana. – Rimba Wahyuni
quote 1 Jual Susu Kedelai demi Sekolah, Arin Tembus AS

Juli 2012 ini, siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Purwakarta, Jawa Barat, itu baru saja kembali ke Tanah Air setelah satu tahun belajar di Springfield High School (SHC), Oregon, Amerika Serikat.

Dia bukan dari keluarga kaya atau sekolah menengah atas (SMA), sebagaimana kebanyakan peserta program pertukaran pelajar.

Selain mencicip belajar di SHC, Arin berkesempatan berjumpa dengan siswa dari sejumlah negara yang juga belajar di SHC. Sesuai bidang kompetensinya, yakni jurusan elektronika, Arin juga praktik langsung di Kelly’s Directional, perusahaan produsen perangkat elektronik di Oregon AS. Ini tentu kesempatan langka untuk seorang siswa SMK.

Satu tahun program belajar telah rampung dijalani Arin. Namun, Karl Grimes, orang tua asuh Arin yang juga Vice President Kelly’s Directional, menyatakan siap mensponsori Arin untuk melanjutkan kuliah di AS. Ini berkat prestasi akademiknya yang menonjol, seperti mata pelajaran matematika yang memperoleh nilai sempurna.

"Mereka siap menampung, kapan pun Arin mau kembali ke sana," kata ibu Arin, Rimba Wahyuni (43).

Menurut Jaka Slamet Riyadi, Wakil Kepala SMKN 1 Purwakarta, prestasi akademik Arin menonjol dalam sejumlah mata pelajaran, terutama matematika dan bahasa Inggris. Dia juga berprestasi dalam olah vokal, karate, dan olimpiade sains tingkat lokal maupun regional.

 

Terus bergerak

Di balik segenap prestasi itu, Arin adalah siswa yang tangguh. Setiap pagi, sebelum masuk sekolah, dia harus menjual susu kedelai buatan ibunya ke warung-warung dan sejumlah rumah sakit di Kabupaten Purwakarta.

Ada ratusan kantong plastik berisi aneka rasa susu kedelai yang dia jajakan setiap pagi, sehingga tak jarang terlambat masuk ke kelas.

"Hasilnya, rata-rata Rp 10.000 per hari," kata Arin.

"Dia mengambil keuntungan Rp 100 dari setiap kemasan. Hasil kerja itulah sumber uang sakunya," tambah Rimba.

Sejak ayahnya, Purwoto Yuliardi (48), terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) tahun 2005 lalu, Arin dan keluarganya hidup serba seadanya. Namun, di balik kesusahan, pendidikan tetap utama.

Seperti bekal nilai yang selalu ditanamnya orang tuanya, Arin memegang prinsip "Jika kamu tak diam (terus bergerak), pasti akan mendapat sesuatu".

Arin memang tak bisa diam. Di luar jam sekolah, dia mengorganisasi teman-teman di sekolahnya untuk memupuk kemampuan berbahasa Inggris lewat English Community of Vocational School. Dia juga aktif bersama pelajar lain di Kabupaten Purwakarta, mewadahi kreativitas remaja dalam berbagai kegiatan.

Arin bercita-cita melanjutkan studi di perguruan tinggi. Tawaran sponsor telah datang, tetapi dia tak ingin berpuas diri. Targetnya dalam waktu dekat, menularkan "virus" mengejar beasiswa ke teman dan adik kelasnya.

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jual Susu Kedelai demi Sekolah, Arin Tembus AS.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com