11.20.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Cemme Passili, Tradisi Saling Cebur ke Sungai

Posted: 19 Nov 2012 06:24 PM PST

 Cemme Passili, Tradisi Saling Cebur ke Sungai KOMPAS.com / ABDUL HAQ Ribuan warga desa di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan saling cebur ke sungai dalam ritual mandi suci atau Cemme Passili, Senin (19/11/2012).

BONE, KOMPAS.com – Ribuan warga Desa Ulo, Kecamatan Tellusiattingnge, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan mengikuti ritual saling cebur ke sungai sebagai rangkaian dari ritual tahunan yang disebut dengan "Cemme Passili" atau mandi suci, Senin (19/11/2012) kemarin.

Sejak pagi hari, ribuan warga telah memadati bibir sungai Ulo untuk menyaksikan ritual yang hanya dilakukan setahun sekali itu. Dalam ritual ini, seluruh warga desa harus diceburkan ke sungai tak pilih usia maupun jenis kelamin, hal inilah yang membuat warga yang berasal dari luar desa pun datang untuk menonton.

Ritual yang dimulai dengan pemanjatan doa oleh sesepuh adat, hingga menceburkan tokoh adat serta kepala desa dan diikuti oleh ribuan warga. Sementara, ada pula pemandangan saling kejar-kejaran antara warga yang menolak terlibat dalam ritual ini.  Hal itulah yang justru menambah kemeriahan ritual dengan gelak tawa warga.

Sejatinya, ritual ini dilakukan untuk meminta hujan dan dilakukan setiap tahunnya secara turun temurun. Hal ini bermula dari bencana kelaparan dan kekeringan yang melanda nenek moyang mereka, hingga akhirnya raja setempat memanggil seluruh rakyatnya untuk berdoa meminta hujan, sambil bermain air yang di dasar sungai yang hampir kering.

"Pada saat Raja Ulo memanggil semua rakyatnya untuk berdoa agar terhindar dari bencana kekeringan di sungai ini maka seketika itu turunlah hujan dan mulai saat itu ritual ini dilakukan secera turun temurun setiap tahunnya," jelas Andi Kusayyeng, Kepala Desa setempat.

Sayangnya, ritual adat yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat dinodai dengan munculnya sebuah panggung orasi yang menghadirkan salah satu pasangan bupati dan gubernur setempat dengan mengumbar janji politik diiringi hingga mengakibatkan sorakan warga yang menggelar ritual adat tenggelam oleh alunan musik dangdut yang dibawakan oleh para biduanita.

"La kenapa mesti ada kandidat ini murni tradisi kami kenapa ada kandidat bupati sama gubernur? Padahal ini kan belum saatnya kampanye," ujar Wahyudin salah seorang warga yang kesal dengan kehadiran panggung politik yang hanya berjarak 100 meter dari bibir sungai.

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Cemme Passili, Tradisi Saling Cebur ke Sungai.


Clint Dempsey pemain terbaik AS

Posted: 19 Nov 2012 06:19 PM PST

20110216052008clint dempsey Clint Dempsey pemain terbaik AS

Clint Dempsey (FOTO.ANTARA/REUTERS / Stefan Wermuth)

Dempsey, pemain inti dalam tim nasional Amerika asuhan Juergen Klinsmann, mencetak 17 gol dalam laga Liga Utama Inggris bersama klub Fulham pada musim lalu, kemudian ia pindah ke Tottenham Hotspur pada awal musim.

Pemain dari Texas itu, yang mencetak lima gol dalam babak penyisihan Piala Dunia 2014 zona CONCACAF tahun ini, sebelumnya mendapat penghargaan pemain terbaik pada 2007 dan 2011.

Pemain tengah dalam tim di bawah usia 17 tahun, Rubio Rubin, mendapat penghargaan sebagai Atlet Muda Terbaik Tahun ini (Young Male Athlete of the Year).
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Clint Dempsey pemain terbaik AS.


Siapa Saja Korban Serangan Israel?

Posted: 19 Nov 2012 06:18 PM PST

1240343 bocah korban perang palestina  israel 620X310 Siapa Saja Korban Serangan Israel? AFP PHOTO/MAHMUD HAMS Warga Palestina membawa seorang anak dari keluarga Al-Dallu yang tewas dalam serangan misil Israel di Jalur Gaza, Minggu (18/11/2012).

JERUSALEM, KOMPAS.com — Para petani yang dalam perjalanan dari ladang menuju pasar, pekerja pembersih air dan warga yang kebetulan berada dekat target-target serangan adalah para korban tewas serangan Israel ke Jalur Gaza. Mereka menjadi korban walau tidak berbahaya bagi Israel.

Menurut harian Israel Haaretz, Selasa (20/11/2012), ada sebanyak 34 warga dengan kategori di atas yang tewas dari sekitar 96 warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel sejak Minggu pagi. Hanya ada enam orang dari kelompok militan yang menjadi korban serangan.

Di antara para korban tewas itu adalah 12 orang anggota keluarga Daloo dan Manzar. Empat di antaranya adalah anak kecil, yang menurut Departemen Pertahanan Israel telah menjadi korban salah sasaran.

Dari sejumlah 96 orang korban tewas, sebanyak 58 orang adalah warga biasa dan setidaknya 18 orang anak-anak, sebagaimana diungkapkan Palestinian Center for Human Rights, Al Mezan Center for Human Rights, dan sumber-sumber di Jalur Gaza.

Namun demikian, sumber di Palestina mengkonfirmasi bahwa Israel telah memperingatkan Jalur Gaza akan diserang sehingga ada kesempatan bagi warga sipil untuk menghindar. Beberapa warga Palestina menyatakan telah menerima pesan di telepon seluler bahwa serangan akan dilakukan.

Israel juga sudah melakukan tembakan peringatan pertanda akan ada serangan. Akan tetapi peringatan ini tidak efektif, karena sasaran Israel tidak pilih bulu.

Di samping korban tewas, juga ada 700 orang yang cedera, termasuk 215 orang anak-anak. Sebanyak 585 bangunan yang rusak, termasuk 46 bangunan yang rusak total.

Editor :
Nasru Alam Aziz

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Siapa Saja Korban Serangan Israel?.


Apple Minta Pengembang Copot Kata “Memory”

Posted: 19 Nov 2012 06:10 PM PST

QPDBV6Dq95 Apple Minta Pengembang Copot Kata MemoryProduk permainan Ravensburger dengan merek “Memory” (Foto: Ravensburger)

CALIFORNIA – Apple memberikan tanggapan atas permintaan sebuah perusahaan asal Jerman, Ravensburger, untuk menghapus aplikasi yang menyandang kata “Memory”. Ravensburger beralasan pihaknya memiliki merek dagang untuk sebuah permaian yang disebut “Memory” di berbagai negara Eropa, sehingga Apple harus berhenti menyediakan aplikasi dengan kata tersebut.

Dilansir dari CBR online, Selasa (20/11/2012), menurut laporan dari Gamasutra, Apple telah mengirimkan pemberitahuan kepada beberapa pengembang untuk meminta mereka menghapus atau mengubah nama aplikasi yang menyandang kata “Memory”.

Salah satunya pengembang Preschool Memory Match, Darren Murtha yang mengatakan bahwa dia dipaksa untuk menghapus aplikasinya dari 42 negara. Sehingga saat ini, pihaknya sedang sibuk untuk kembali manghadirkan aplikasi tersebut dengan nama berbeda.

“Kami berencana untuk mengubah nama di negara-negara tersebut dan mengungah versi baru pada awal tahun depan,” kata Murtha kepada Gamasutra.

Revensburger memang mengklaim memiliki merek dagang kata “Memory” di berbagai negara, antara lain ialah Armenia, Austria, Bosnia dan Herzegovina, Belarus, Belgia, Brasil, Korasia, Republic Ceko, Denmark, Mesir, Equador, Estonia, Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, Yunani, Huangria, India, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Makedonia, Montenegro, Belanda, Norwegia, peru, Polandia, Portugal, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Korea Selatan, Spanyol, Swiss, Turki, Ukraina, dan Venezuela.

(adl)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Apple Minta Pengembang Copot Kata Memory

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Apple Minta Pengembang Copot Kata “Memory”.


Nokia Lumia 920 Laris Manis di Jerman

Posted: 19 Nov 2012 06:10 PM PST

 Nokia Lumia 920 Laris Manis di JermanNokia Lumia 920 (Foto: Tech Radar)

BERLIN – Ponsel Windows Phone 8 terbaru Nokia, Lumia 920 berhasil menarik perhatian besar di Jerman. Pasalnya, unit Lumia 920 yang berwarna-warni telah terjual habis di negara tersebut.
 
Dilansir dari Softpedia, Selasa (20/11/2012),WMPower melaporkan bahwa persediaan Lumia 920 dari peritel terkemuka dan operator di seluruh Jerman telah terjual semuanya. Nokia pun mengakui keterbatasan persediaan Lumia 920 di Jerman.
 
“Kami sangat senang dengan minat yang besar terhadap smartphone Lumia kami yang baru. Karena permintaan yang tinggi itu kami menerima laporkan bahwa Lumia 920 telah habis terjual di banyak toko. Saat ini kami sedang berusaha agar semua warna dari Lumia 920 bisa secepat mungkin ada toko-toko di Jerman,” jelas perusahaan asal Finaldia itu di halaman Facebook-nya.
 
“Kami meminta dealer dan konsumen untuk mem-posting di sini ketika Lumia 920 telah tersedia di toko-toko atau untuk mengetahui Lumia 920 masih ada di toko mana saja,” tulis Nokia.
 
Meski Lumia 920 memiliki penjualan yang bagus, sayangnya ada banyak laporan dari pengguna yang belum menerima perangkat tersebut sejak pre-order beberapa waktu lalu. Sebagian besar toko yang menjual Lumia 920 mengklaim biasanya pengiriman barang memakan waktu dua hingga lima pekan.
(adl)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Nokia Lumia 920 Laris Manis di Jerman

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Nokia Lumia 920 Laris Manis di Jerman.


Giliran Siswa SMK Hilang di Gunung Arjuno

Posted: 19 Nov 2012 06:08 PM PST

0857232 gunung arjuno p Giliran Siswa SMK Hilang di Gunung Arjuno

PASURUAN, KOMPAS.com – Setelah sebelumnya mahasiswa asal Bandung hilang di Gunung Arjuno, dan ditemukan selamat. Kini Aji Kusuma Faqihudin (16) Pelajar SMK Negeri 3 Surabaya dilaporkan hilang di jalur pendakian menuju Gunung Arjuno-Welirang yang melewati pos pendakian Prigen, Pasuruan sejak Sabtu (17/11/2012) lalu.

Menurut Hadi, petugas dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) R Soeryo, Sabtu siang korban bersama enam rekannya telah sampai di Pos pendakian Kokopan. Kemudian ketiga orang temannya memutuskan turun karena akan kembali ke Surabaya. Sedangkan dua orang lainnya memilih berjaga di Pos 2 Kokopan.

Selanjutnya korban bersama rekannya Abdul Haris melanjutkan pendakian ke puncak gunung. Saat berada di ketinggian 3.314 meter DPL terjadi hujan angin sehingga Aji tidak kuat melanjutkan perjalanan. Namun Aji menyuruh Haris untuk tetap melanjutkan menuju puncak yang kurang beberapa meter saja.

Setelah 15 menit berada di puncak, Abdul Haris kemudian turun melalui jalur yang sama, namun tidak menemukan Aji di tempatnya semula. Setelah mencari beberapa saat dan tidak menemukan Aji, Haris lalu bergegas turun dan melaporkan hilangnya Aji kepada petugas di Pos perijinan pendakian Prigen.

Menurut Mas’ud, kordinator tim SAR Pasuruan, hingga Selasa (20/11/2012) pagi ini masih melakukan pencarian terhadap korban masih berlangsung. Bahkan demi mempercepat pencarian, Senin (19/11/2012) malam Tim SAR Mahameru yang terdiri dari 14 orang turut membantu Tim SAR Pasuruan yang belum dapat menemukan korban.  "Ya, tadi malam 14 anggota Tim SAR Mahameru diterjunkan untuk mencari korban", ujarnya.

Sementara itu menurut Hadi, petugas Tahura menegaskan jika tujuh pelajar tersebut tidak meminta ijin di Pos perijinan saat melakukan pendakian Prigen pada Jum’at (16/11/2012) yang lalu.

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Giliran Siswa SMK Hilang di Gunung Arjuno.


Diledakkan, Benda Diduga Bom di Polsek Pasar Kliwon

Posted: 19 Nov 2012 06:00 PM PST

1751497620X310 Diledakkan, Benda Diduga Bom di Polsek Pasar Kliwon KOMPAS.com/PUJI UTAMI ilustrasi

SOLO, KOMPAS.com – Aparat di Markas Kepolisian Sektor Pasar Kliwon, Solo, mencurigai ada aksi teror bom pada Selasa pagi (20/11/2012). Barang mencurigakan ditemukan di halaman, tepatnya di sisi sebelah barat Mapolsek Kliwon.

Menurut salah satu warga, Sungkar, ia sempat mendengar suara ledakan. Saat itu, Sungkar mengira suara ledakan itu berasal dari trafo, namun setelah dicek, sudah banyak petugas Gegana di halaman Polsek.

"Saya pikir trafo listrik yang meledak, namun ternyata suara berasal dari dalam polsek," kata Sungkar.

Sementara itu, belum ada keterangan dari petugas terkait barang yang diduga bom tersebut. Namun dari keterangan beberapa warga yang sempat melihat, barang yang diduga bom tersebut ditemukan pada Selasa dini hari, dan berupa tabung gas yang ada lilitan kabel di atasnya. Untuk mengantisipasi bahaya, tim Gegana pun meledakan barang tersebut.

Usai meledakan tim Gegana pun mulai meninggalkan Polsek Pasar Kliwon, Solo.

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Diledakkan, Benda Diduga Bom di Polsek Pasar Kliwon.


Duh! Guru Sebar Video Porno ke Siswa

Posted: 19 Nov 2012 06:00 PM PST

1218079620X310 Duh! Guru Sebar Video Porno ke Siswa Ilustrasi

SAMPANG, KOMPAS.com – "F",  guru di salah satu SMP swasta di Kabupaten Sampang, Jawa Timur kedapatan menyebarkan video porno kepada dua siswanya di sekolah. Tindakan "F" itu kontan menuai protes dari wali murid yang mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Sampang.

Orang tua murid itu meminta Disdik Sampang segera memberikan sanksi tegas kepada "F" karena sudah menciderai citra sekolah di mana dia mengajar.

Yefi (40) salah satu wali murid mengatakan, "F" bukanlah seorang guru melainkan perusak moralitas pendidikan dan tidak layak berada di lembaga pendidikan. "Kami minta agar Disdik bertindak tegas karena ini sudah kelewatan," terangnya kepada Lukito, Kepala Bidang Tenaga Pendidik Disdik Pamekasan, Senin (19/11/2012) kemarin.

Ditambahkan Yepi, jika Disdik Sampang tidak cepat memberikan tindakan maka wali murid akan melaporkan "F" kepada Polres Sampang. "Kalau dalam jangka waktu seminggu belum ada tindakan, maka akan kami laporkan ke polisi dengan tuduhan penyebaran video porno," tandasnya.

Menanggapi hal itu, Lukito mengaku masih akan berkoordinasi dengan pimpinannya dan kepala sekolah yang bersangkutan. Pasalnya, lembaga pendidikan tempat  "F" mengajar merupakan lembaga swasta yang tidak ada kaitannya dengan Disdik secara langsung.

Terpisah, salah satu karyawan di SMP tempat "F" mengajar yang enggan disebut identitasnya membenarkan adanya penyebaran video porno itu, dengan cara ditransfer melalui telepon selular kepada dua siswa. Kejadian itu sudah berlangsung seminggu yang lalu. 

***

Baca Juga: 

  • Gadis 14 Tahun Jual Kegadisan di Saritem
  • Melongok Prostitusi Terselubung di Kota Semarang
  • Kalau Ganteng, Bolehlah Tanpa Kondom…
  • 20 Persen Pelajar di Nunukan Terlibat Pelacuran

Simak pula topik sebelumnya:

  • Prostitusi "Ayam Kampus"
Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Duh! Guru Sebar Video Porno ke Siswa.


Jokowi Telah Antisipasi Demo Organda

Posted: 19 Nov 2012 05:57 PM PST

0832173 demo mikrolet 620X310 Jokowi Telah Antisipasi Demo Organda KOMPAS.com/Indra Akuntono Mikrolet 44 Jurusan Kampung Melayu-Karet menolak Rancangan Peraturan Daerah tentang Transportasi yang mengatur soal retribusi dan peremajaan angkutan kota, Selasa (20/11/2012), di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan telah mengupayakan langkah antisipasi menyusul adanya ancaman demo besar-besaran angkutan kota. Demo tersebut rencananya digelar Selasa (20/11/2012) pagi ini dan diikuti oleh 2.000 demonstran.

"Ya, saya telah mendengar rencana demo sejak semalam. Saya sudah siapkan agar angkutan lain bisa menyelesaikan penumpang," kata Joko Widodo, di Balaikota, Jakarta, Selasa pagi.

Diberitakan sebelumnya, massa yang akan berdemonstrasi berasal dari Forum Komunikasi Dewan Pimpinan Unit Organda DKI Jakarta. Dalam aksinya, massa berniat menuntut agar Perda No 03/2012 tentang retribusi daerah yang terkait dengan angkutan umum dicabut. Kemudian massa juga menolak pengesahan Perda No 12/2003 di mana di dalamnya terkandung maksud penghapusan mikrolet.

Aksi tersebut telah diinformasikan ke pihak kepolisian. Anggota dari Polsek maupun Polres Jakarta Pusat telah disiapkan untuk mengamankan aksi yang akan berlangsung di depan gedung Balaikota ini.

Sampai berita ini diturunkan, 350 petugas gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat dan Satpol PP tengah melakukan apel siaga untuk mengamankan jalannya demonstrasi. Sementara massa pengunjuk rasa nampak berkumpul di dalam area tugu Monas.

Editor :
Kistyarini

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jokowi Telah Antisipasi Demo Organda.


Diungkap, Dua Anggota Polisi Positif Pakai Sabu

Posted: 19 Nov 2012 05:52 PM PST

1348577 barang bukti 15 gram sabu dan bong alat penghisap 620X310 Diungkap, Dua Anggota Polisi Positif Pakai Sabu KOMPAS.com/ Kiki Andi Pati ilustrasi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Setelah Satuan Narkoba Polrestabes Makassar dan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Sulsel melakukan pemeriksaan urine terhadap empat anggota polisi yang diduga menggunakan sabu. Hasilnya, dua di antaranya dinyatakan positif menggunakan narkoba bersama seorang mahasiswa pascasarjana.

Sedangkan dua oknum Polisi lainnya dinyatakan negatif. Keempat polisi itu adalah Briptu Rustadi (Anggota Pam Obvit Dit Polda Sulsel), Briptu Andi Wahyudi Amal (Anggota Propam Polda Sulsel), Briptu Ahmad (Anggota Pam Obvit Polda Sulsel), Briptu Bustang (Anggota Pam Obvit Polda Sulsel), dan seorang mahasiswa pascaSarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI), Herman (27).

Hal ini diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Endi Sutendi, Senin (19/11/2012) kemarin. "Dua oknum tersebut yang hasil urinenya positif yakni Briptu Andi Wahyudi Amal, Briptu Ahmad dan seorang warga sipil, Herman. Sementara dua oknum yang urinenya dinyatakan negatif, Briptu Bustang dan Briptu Rustadi saat ini masih diperiksa di markas Polrestabes Makassar untuk dilakukan penyelidikan. Untuk pelanggaran disiplin atau kode etik kepolisian akan diserahkan ke Propam Polda Sulsel karena keduanya bertugas di Polda," katanya.

Mantan Wakapolrestabes Makassar itu menambahkan, untuk kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika saat ini Satuan Narkoba Polrestabes Makassar masih melakukan penyelidikan dan pengembangan. Jika dalam penyelidikan dan penyidikan nantinya, anggota yang terbukti menggunakan narkoba terancam dipecat.

Sebelumnya, ke empat oknum yang bertugas di Polda Sulsel tersebut diamankan bersama rekannya Herman di sekitar jalan tol, Minggu (18/11/2012) dini hari. Saat dilakukan penggeledahan, petugas menyita barang bukti, berupa sendok sabu-sabu dan sisa sabu habis pakai serta enam unit handpone.

Kasus narkoba yang melibatkan anggota Polri ini merupakan kasus keenam yang melibatkan total 10 personel korps Bhayangkara di lingkup Polda Sulsel sepanjang 2011 dan 2012. Polda baru memecat satu personel Polres Gowa, Brigpol Syarifuddin yang terlibat kejahatan barang haram ini.

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Diungkap, Dua Anggota Polisi Positif Pakai Sabu.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com