11.25.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Wartawan Harian Metro Jadi Korban Pembunuhan

Posted: 24 Nov 2012 06:14 PM PST

0826392 suasana rs manado p Wartawan Harian Metro Jadi Korban Pembunuhan

Kompas.com/Ronny Adolof Buol
Keluarga korban menunggu hasil outopsi di Rumah Sakit Malalayang.

MANADO, KOMPAS.com – Ryo Linggoto (26 ), wartawan harian Metro, menjadi korban pembunuhan, Minggu (25/11) sekitar pukul 05.00 Wita, di Tikala Baru Lingkungan II, Manado.

Di tubuh korban terdapat sejumlah luka akibat senjata tajam, diantaranya luka sayat di jempol kanan dan dua lainnya di lengan kiri. Sementara di bagian dada ditemukan luka tusuk. Di pundak kanan dan punggung kanan juga terdapat luka sayat. Total terdapat 10 luka di sekujur tubuh korban.

Kronologi kejadian masih simpang siur. Beberapa informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa Minggu subuh korban keluar rumah untuk membeli nasi kuning buat sarapan. Diduga ia menjadi korban salah sasaran.

Saat ini jenazah korban masih berada di Kamar Jenazah RS Prof Kondouw Malalayang untuk dioutopsi. Puluhan keluarga korban dan jurnalis sedang menunggu proses outopsi itu.

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wartawan Harian Metro Jadi Korban Pembunuhan.


Darius Sinathrya jadi ayah paling seksi

Posted: 24 Nov 2012 06:04 PM PST

20110321105044darius sinathrya Darius Sinathrya jadi ayah paling seksi

Darius Sinathrya (ANTARA)

“Lucu juga kategorinya. Tapi kalau di rumah enggak seksi sama sekali, mengurus tiga orang anak,” kata Darius saat menerima penghargaan tersebut.

Tidak hanya itu, Darius yang malam itu tampil dengan gaya kasual bersama sang istri, Donna Agnesia, juga membawa pulang penghargaan Keluarga Terfavorit dengan jumlah pemilih 43 persen (14.124 suara).

“Menikah itu kan bukan hanya jadi suami istri, tapi bisa juga berperan jadi kakak-adik. Bahkan kadang saya seperti ibunya Darius,” kata Donna usai menerima penghargaan.

Dia mengatakan bahwa seberat apapun masalah, sebelum semakin berat harus segera diselesaikan.

Pasangan yang menikah pada 30 Januari 2006 memang bertemu karena kesamaan hobi mereka, sepak bola.

Donna tidak mengatakan bahwa kesamaan hobi jadi perekat keluarga mereka.”Selera kita beda kok, seperti musik,” kata Donna.

Selain Darius dan Donna, pasangan Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair juga membawa pulang “Pasangan Favorit”.

“Seneng, tapi sayang Bunga enggak bisa ikut hadir,” kata Ashraf.

Menurut dia, Bunga sedang menghadiri acara lain sehingga tidak bisa ikut datang.”Padahal dia ingin sekali datang,” kata Ashraf.

(dny)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Hiburan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Darius Sinathrya jadi ayah paling seksi.


Bocah 8 Tahun Jadi Korban Perampok Sepeda Motor

Posted: 24 Nov 2012 05:58 PM PST

1508388 dibacok 620X310 Bocah 8 Tahun Jadi Korban Perampok Sepeda Motor JITET KOESTANA Ilustrasi

PASURUAN, KOMPAS.com – Maulidiah (8 tahun) menjadi korban perampasan sepeda motor di jalan Desa Ketangirejo, Kecamatan Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur Sabtu (24/11/2012). Siswa kelas dua SD itu tewas akibat luka sabetan senjata tajam di pipi kanan yang juga mengenai hidung dan sebagian pipi kanan.

Kapolsek Kejayan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) M. Salim menjelaskan kejadian berawal saat korban naik sepeda motor dengan ayahnya, Maksum (35). Ia duduk  di bagian depan motor. Maksum sedang mengantar Maulididah ke dusun Jambangan, Desa Ketangirejo. Saat sedang melaju di tengah areal persawahan sekitar 1 kilomeer dari rumahnya di Krajan Desa Patebon, tiba-tiba saja sepeda motor Maksum dipepet dua pelaku yang juga naik motor dan langsung mengayunkan senjata tajam ke arah tubuh Maksum.

"Karena di bagian depan ada putrinya, Mulidiah, akhirnya putrinya yang terkena sabetan sajam yang ditujukan kepada bapaknya itu," kata AKP Salim, Minggu.

Tahu putrinya terluka, Maksum langsung mengejar para pelaku dan menabrakkan sepeda motornya ke sepeda motor pelaku. Namun apes, Maksum justru yang terjatuh dan pelaku pun dapat meloloskan diri.

Warga yang mengetahui kejadian itu membawa bocah tersebut ke RSUD Dr. R Soedharsono di Kota Pasuruan. Sayang nyawanya tidak terselamatkan karena terlalu banyak mengeluarkan darah.

Munawaroh (22), ibu korban juga harus dilarikan ke IGD RS Dr R Soedharsono Kota Pasuruan karena pingsan dan sesak nafas begitu mendengar kabar putrinya telah meninggal dunia. "Untuk memastikan modus dari kejadian ini, apakah pelaku ada unsur dendam terhadap korban atau tidak, petugas kita masih mengumpulkan keterangan dari orang tua," pungkasnya.

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bocah 8 Tahun Jadi Korban Perampok Sepeda Motor.


Thailand sementara pimpin grup A Piala AFF

Posted: 24 Nov 2012 05:53 PM PST

20121120latihan timnas3 Thailand sementara pimpin grup A Piala AFF

Timnas Pesepakbola Timnas Indonesia. Timnas asuhan Nil Maizar tersebut akan bertanding melawan Laos Minggu (25/11) di Stadion Bukit Djalil, Kuala Lumpur, Malaysia dan berada di Grup B, satu grup bersama Laos, Singapura, dan tuan rumah Malaysia pada kejuaraan Piala AFF. (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)

Berita Terkait
Suporter siap dukung Timnas di Stadion Bukit JalilKondisi kesehatan Johnny Van Beukering meragukanAthur tetap semangat dukung Timnas IndonesiaTimnas Garuda tak akan anggap remeh Laos Piala AFF 2012: profil timnas Laos
Galeri Terkait
20121120latihan timnas Thailand sementara pimpin grup A Piala AFF
Latihan Terakhir Timnas
20121114indonesia vs timor leste Thailand sementara pimpin grup A Piala AFF
Indonesia Vs Timor Leste
Video Terkait
20120305konser blue Thailand sementara pimpin grup A Piala AFF
Blue Dan A1 Konser Di Makassar
suasana copy Thailand sementara pimpin grup A Piala AFF
Suasana Jelang Final AFF
Jakarta (ANTARA News) – Thailand sementara memimpin klasemen grup A Piala AFF 2012 setelah menekuk Filipina 2-1.
Sementara pertandingan grup A akan memulai laga perdana yakni Timnas Garuda melawan Laos dan Malaysia bertemu Singapura. Kedua laga ini dilaksanakan pada Minggu di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur Malaysia.
Pertandingan untuk grup A Thailand-Filipina itu  berlangsung di Stadion Rajamagala, Bangkok, Sabtu. Tuan rumah Thailand sudah lebih dulu unggul dua gol di babak pertama.
Dua gol itu dicetak Pornsai di menit 38 dan Anucha kitpongsri dua menit kemudian. Sementara Filipina tak patah semangat mencoba menekan Thailand. Akhirnya hanya satu gol dicetak oleh Mulders di menit 76. Kedudukan pun menjadi 2-1 untuk kemenangan perdana Thailand hingga babak kedua berakhir.
Sementara hasil imbang 1-1 antara Vietnam dan Myanmar. Le Tan Tai membuat gol pertama untuk Vietnam dan mampu disamakan Kyi Lin di menit 53 lewat tendangan penalti.
Hasil pertandingan penyisihan Grup:
Sabtu (24/11):
Vietnam vs Myanmar 1-1
Thailand vs Filipina 2-1
Klasemen (main, menang, seri, kalah, selirih gol, poin)
Grup A
Thailand 1  1  0  0  2-1  3
Vietnam  1  0  1  0  1-1  1
Myanmar 1  0  1  0  1-1  1
Filipina  1  0  0  1  1-2  0
Grup B (Stadion BukitJalil Kuala Lumpur)
Malaysia
Indonesia
Singapura
Laos 
Jadwal pertandingan selanjutnya
Minggu (25/11):
Indonesia vs Laos
Malaysia vs Singapura
Selasa (27/11):
Vietnam vs Filipina
Myanmar vs Thailand
Rabu (28/11):
Indonesia vs Singapura
Laos vs Malaysia
Jumat (30/11):
Filipina vs Myanmar
Thailand vs Vietnam
Sabtu (1/12):
Singapura vs Laos
Malaysia vs Indonesia
Semifinal
Sabtu (8/12)/SF1: Peringkat kedua A vs Juara B
Minggu (9/12)/SF2: Peringkat kedua B vs Juara A
Rabu (12/12)/SF1: Juara B vs Peringkat kedua A
Kamis (13/12)/SF2: Juara A vs Peringkat kedua B
Final
Rabu (19/12): Juara SF1 vs Juara SF2
Sabtu (22/12): Juara SF2 vs Juara SF1 (*)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Thailand sementara pimpin grup A Piala AFF.


Liburan ke 5 Tempat Ini, Pikiran Dijamin Tenang!

Posted: 24 Nov 2012 05:37 PM PST

78119708520165d2f828c8d8db6af8a2 L Liburan ke 5 Tempat Ini, Pikiran Dijamin Tenang!

JAKARTA Pusing dan suntuk dengan rutinitas sehari-hari, liburan kunci utamanya. Tapi jangan sampai Anda salah pilih tempat yang justru akan menambah beban pikiran. 5 Tempat ini, dijamin bisa bikin pikiran tenang. Apa saja?

Ada kalanya, Anda membutuhkan waktu pribadi untuk menjernihkan kembali pikiran dari kegiatan sehari-hari. Membuang semua permasalahan ini, tidak ada salahnya bila Anda pergi berlibur ke destinasi dengan suasana tenang. Destinasi yang Anda jadikan target bisa pantai, spa, pulau, dan lain-lain.

Minggu (25/11) mengumpulkan 5 destinasi yang bisa membuat pikiran Anda tenang dan kembali segar:

1. Spa di Bali

Bali tak pernah luput dari perhatian traveler yang ingin liburan. Sebagai surganya traveling, Pulau Dewata punya banyak pilihan wisata mulai dari pesta, kuliner, sampai wisata penghilang stres. Untuk membuat hati tenang dan tenteram, wisata spa bisa jadi pilihan utama.

Banyak wisatawan dari seluruh dunia yang sengaja datang ke Bali hanya untuk merasakan sensasi terapis dengan pijat refleksi khas Pulau Dewata. Salah satu wisata spa di Bali yang tersohor adalah Thermes Marins Spa di Ayana Resort, JL Karang Mas Sejahtera, Jimbaran Bali.

Spa yang menjadi World #1 Spa atau spa nomor satu di dunia versi CN Traveler 2010, punya sajian menarik untuk para pengunjungnya. Di sini wisatawan akan dimanjakan dengan Spa On the Rock. Jadi, Anda akan ditreatment di atas batu karang sambil melihat indahnya pantai.

Selain itu ada juga Amandari, spa milik Aman Resort di Ubud. Beda dengan Thermes Marins Spa, saat melakukan terapi di sini traveler akan dibuatkan upacara khusus sebelum menikmati mandi lulur, facial, dan lain-lain. Semua surga duniawi ini, bisa Anda nikmati kalau memilih paket spesial Spa Journey dan Amandari Indulgence.

Saat tangan-tangan para pemijat mulai beraksi, pasti Anda akan merasakan ketenangan. Pulang berlibur, pikiran wajah Anda di jamin segar dan bugar.

2. Pantai-pantai di Gunungkidul, Yogyakarta

Bukan cuma Bali, Kabupaten di Gunungkidul, Yogyakarta juga terkenal dengan deretan pantai-pantainya. Di kabupaten ini ada beberapa pantai yang sudah tersohor keindahannya. Bukan cuma indah, beberapa di antaranya pun masih sangat sepi dan perawan.

Pantai-pantai yang bisa jadi target liburan Anda, yakni Pantai Ngobaran di Desa Kanigoro, Pantai Ngerenehan di Desa Kanigoro, Pantai Baron di Kemadang, Pantai Kukup yang berada dekat dengan Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Pulau Drini, Pantai Wediombo, Pantai Siung, dan Pantai Sadeng. Bahkan masih banyak pantai lainnya.

Menikmati hembusan angin, deburan ombak, sambil bersantai di bibir pantai bisa membuat otak lebih segar. Terlebih lagi belum banyak wisatawan yang datang ke pantai tersebut. Ahh, serasa pantai pribadi semua bisa Anda lakukan. Berteriak, berenang, dan berjemur pilihlah sesuka hati Anda.

3. Kuliner di Bukittinggi, Sumatera Barat

Wisata kuliner bisa jadi salah satu cara untuk menyegarkan pikiran dan melepas stres dari kegiatan sehari-hari. Sebenarnya banyak tempat asyik di Indonesia yang pas buat berburu kuliner, salah satunya adalah Kota Bukittinggi di Sumatera Barat.

Di kota ini ada banyak restoran untuk menikmati kuliner khas Padang. Wisatawan bisa merasakan kelezatan nasi kapau di Pasar Bawah atau Pasar Lereng, Bukittiggi. Di sana berderet warung Nasi Kapau.

Sate Padang, makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi sebagai kuliner khas Padang yang juga terkenal di seluruh Indonesia. Warung Sate Mak Syukur di pinggir Jalan Sutan Syahrir Silaing Bawah, Padang Panjang jadi tempat paling asyik untuk menyantap sate Padang.

Puas menikmati sate Padang, nasi kapau, dan makanan lainnya. Tidak lengkap kalau Anda tidak menikmati minuman yang menjadi kesukaan warga Padang, yaitu teh talua yang terbuat dari telur mentah lalu ditambahkan gula dan kayu manis dan disajikan dengan potongan jeruk nipis. Bukittinggi jadi tempat paling asyik untuk menikmati teh ini. Datanglah ke sekitar Jam Gadang dan hampirilah warung tenda di pinggir jalan. Perut kenyang hati pun tenang di Bukittiggi.

4. Hutan Kota Juanda di Bandung

Ribuan pohon dengan udara yang masih segar dan suasana alami nan hijau, tentunya bisa membuat pikiran Anda tenang. Bukan khayalan menemukan tempat seperti ini di sekitar kita. Buktinya, Bandung masih punya tempat seperti ini yang dikenal Taman Hutan Juanda.

Taman hutan ini berada di daerah Dago Pakar. Di dalamnya masih teradapat pepohonan seperti cemara, jati, mahoni, dan lain-lain. Selain itu, hidup juga puluhan hewan yang semakin memperlengkap kehidupan di hutan kota ini.

Di sini Anda bisa jalan-jalan santai meresapi setiap suara alam dan hembusan angin yang menerpa. Biarkan hati dan pikiran Anda tenang menyatu dengan alam yang masih sangat asri.

Belum selesai di situ, Anda juga bisa menikmati kesegaran air terjun Curug Omas. Dalam perjalanan Anda akan semakin syahdu dan seru bila diiringi suara merdu burung-burung yang hidup di sana.

5. Pulau Bira, Kepulauan Seribu

Mau menenangkan diri di pulau, tapi mau jauh dari Ibukota? Tak perlu bingung, di utara Jakarta atau lebih tepatnya Kabupaten Kepulauan Seribu masih ada pulau-pulau nan cantik.

Pantai pasir putih, laut biru nan jernih, serta udara yang bersih dan segar bisa Anda temukan di ‘mutiara’ Jakarta ini. Pantai Bira merupakan salah satu destinasi yang bisa Anda pilih untuk menenangkan diri akhir pekan ini.

Pasir pantai halus, siap menjadi alas Anda selama menjejakkan kaki di pulau tersebut. Anda bisa menikmati suasana alam nan indah ini sambil bersantai di bibir pantai. Deru ombaknya pun terdengar saling bersahutan seolah menyapa siapapun yang datang ke sana untuk bermain.

Selain bersantai, Anda juga bisa bermain banana boat. Mau yang lebih seru lagi? Silakan menyewa perahu kayu yang banyak disewakan. [dtk]

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Liburan ke 5 Tempat Ini, Pikiran Dijamin Tenang!.


Khasiat mujarab susu unta

Posted: 24 Nov 2012 05:27 PM PST

“Orang Badui mampu bertahan hidup 1-2 bulan di padang pasir hanya dengan meminum susu unta,” kata Ali Mazroi, pengusaha cargo dan pengelola sejumlah hotel, yang rutin minum susu unta. Khasiat lain dari susu unta adalah menjaga kebugaran tubuh.

Ali Mazroi, keturunan Arab Badui, di Jeddah, Sabtu, mengatakan saat ini meminum susu unta segar di pinggir jalan semakin populer.

Saking populernya susu unta, produk itu juga sudah dibuat dalam bubuk kamasan dan banyak dijual di pasar swalayan.

Di Jeddah terdapat sejumlah penjual susu unta segar seperti di daerah Aburak Raghamah dan jalan menuju Usfan dengan memajang unta yang siap diperah susunya di pinggir jalan.

Di Aburak Raghamah terdapat sekitar 10 penjual susu unta segar dengan memajang hewan berpunuk tunggal itu sebanyak 8-20 ekor.

Peternaknya, sebagian besar orang Sudan, menjual semangkuk kecil susu unta seharga 10 riyal dan 25 riyal untuk mangkuk besar. Susu diperah langsung dari unta yang dipajang, warna susu putih, berbuih dan encer.

Susu unta, seperti susu kambing, bisa langsung diminum setelah buih disaring satu kali untuk menyisihkan buih. Rasa susu agak asin tetapi tidak membuat “eneg”  seperti umum dirasa pada susu sapi.

Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) dalam salah satu artikelnya menyebutkan susu unta adalah nektar murni, lebih asin dibandingkan susu sapi dan bagus untuk tubuh manusia, serta mengandung Vitamin C tiga kali lebih kaya dibandingkan susu sapi. Susu unta juga kaya zat besi, lemak tak jemuh dan Vitamin B

Camel Dairy Milk Ltd di Nanyuki, Kenya, dalam kerja sama penelitian dengan Kenya Medical Research Institute (KEMRI) mengungkapkan bahwa susu unta mengurangi penyakit diabetes karena kaya insulin dan mencegah serangan jantung.

Di banyak negara, susu unta dijadikan solusi untuk mengatasi bayi kekurangan gizi.

Selain di kawasan Timur Tengah, unta Arab (dromedaris) hidup di kawasan afrika utara dan anak benua India. Jumlahnya sekitar 14 juta ekor.

Di afrika utara, unta Arab sangat berperan bagi sebagian negara, seperti Somalia dan Ethiopia sebagai hewan tunggangan dan dimanfaatkan susunya.

FAO menyatakan susu unta memiliki potensi ekonomi yang besar karena kebutuhan susunya tidak hanya bagi anakan unta dan suku nomaden tetapi juga punya potensi pasar sekitar 200 juta konsumen di kawasan Arab dan jutaan lainnya di Afrika, Eropa dan Amerika.

(E007)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Khasiat mujarab susu unta.


Bayern kalahkan Hanover 5-0

Posted: 24 Nov 2012 05:23 PM PST

20121122012 Bayern kalahkan Hanover 5 0

Pelatih Bayern Munich Jupp Heynckes (REUTERS / Heino Kalis )

Kami pantas menang karena kami bermain bagus dan agresif,” Gol bagus pada babak pertama dari Javi Martinez dan Toni Kroos serta satu lagi dari pemain asal Prancis Franck Ribery membuat tuan rumah unggul 3-0 sebelum turun minum.

Pemain bertahan Dante menambah satu gol lagi, kemudian Gomez melewati pemain bertahan saat mencetak gol pada laga pertamanya setelah istirahat tiga bulan karena mengalami operasi pada pergelangan kakinya.

“Kami pantas menang karena kami bermain bagus dan agresif,” kata pelatih Jupp Heynckes setelah melakoni laga liga ke-200 bersama Bayern seperti dilansir Reuters.

“Kami harus bermain fokus dalam 90 menit pertandingan,” katanya.

Hasil laga itu membuat Bayern kini mengantongi 34 poin dari 13 pertandingan sedangkan Borussia Dortmund, saingan berat mereka dalam tujuh hari ini, naik ke urutan kedua dengan pautan sembilan poin setelah menang 2-1 di Mainz 05 – kemenangan ketiga mereka secara berurutan.

(A008/C003)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bayern kalahkan Hanover 5-0.


NASA Lacak Badai Debu di Planet Merah

Posted: 24 Nov 2012 05:22 PM PST

SpuyMjTHKv NASA Lacak Badai Debu di Planet MerahBadai debu Mars (foto: NASA)

CALIFORNIA – NASA saat ini sedang melacak sebuah badai debu yang terjadi di wilayah tertentu Mars. Badai tersebut baru-baru ini mereka temukan sedang melanda belahan selatan Planet Merah itu,

Dilansir dari NBC News, Minggu (25/11/2012), badai yang ditemukan melalui satelit Mars Reconnaissance Orbiter itu, menurut NASA, tidak akan mengganggu operasional dua kendaraan robotik penjelajahnya yang berada di permukaan Mars.

Badai tersebut terjadi di jarak 840 mil dari lokasi kendaraan robotik penjelajah Opportunity milik NASA. Sementara di sisi berlawanan, stasiun cuaca yang terdapat di Curiosity mendeteksi perubahan tekanan udara dan temperatur akibat badai tersebut.

Badai di Mars tersebut telah menarik minat para ilmuwan untuk menelitinya. Mereka memburu badai tersebut untuk mempelajari alasan badai tersebut bisa berubah dan membungkus Mars.

Jika badai yang terjadi belakangan itu berubah menjadi badai global, kendaraan robotik Opportunity yang bertenaga cahaya Matahari bisa saja kehabisan energi. Namun Curiosity yang bertenaga plutonium tidak akan terkena pengaruh secara langsung. (yhw)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet NASA Lacak Badai Debu di Planet Merah

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - NASA Lacak Badai Debu di Planet Merah.


Pemberontak Kongo Didesak Hentikan Perang

Posted: 24 Nov 2012 05:21 PM PST

0810334 pemberontak kongo p Pemberontak Kongo Didesak Hentikan Perang

AFP
Kelompok pemberontak Kongo juga diminta untuk meninggalkan kota Goma.

KAMPALA, KOMPAS.com – Pertemuan puncak empat kepala negara Afrika mendesak pemberontak di Republik Demokratik Kongo untuk menghentikan perang. Para pemimpin Afrika yang bertemu di ibukota Uganda, Kampala, juga meminta agar M23 meninggalkan kota Goma di Kongo timur, yang mereka rebut pada hari Selasa 20 November.

Pada saat bersamaan Presiden RD Kongo, Joseph Kabila, diminta agar mendengar keluhan para pemberontak.

Pertemuan dihadiri oleh presiden Uganda, Kenya, Tanzania, dan RD Kongo sedangkan Presiden Rwanda, Paul Kagame, tidak hadir dan diwakilli oleh menteri luar negeri.

Uganda dan Rwanda dituduh mendukung kelompok pemberontak M23 namun kedua negara membantah tegas tuduhan tersebut.

Masalah kemanusiaan

PBB sudah mengungkapkan kekhawatiran atas masalah kemanusiaan yang diakibatkan oleh konflik ini.  Diperkirakan sekitar 500.000 orang terpaksa mengungsi sejak kelompok M23 memulai perlawanan bulan April 2012.

Sementara UNICEF meyatakan ratusan anak-anak terpisah dari orang tuanya dan ada risiko para anak akan direkrut oleh kelompok bersenjata.

Kelompok pemberontak M23 didirikan oleh para tentara yang desersi karena tidak mendapat posisi yang dijanjikan berdasarkan kesepakatan 2009. Mereka awalnya bersedia untuk bergabung dengan tentara pemerintah Kongo sebelum melakukan desersi dan menggunakan nama M23, yang diambil dari perjanjian dengan pemerintah tahun 2009. Hampir semua anggota M23 berasal dari suku Tutsi.

 

Sumber :
BBC Indonesia

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pemberontak Kongo Didesak Hentikan Perang.


Mursi Serang Yudikatif

Posted: 24 Nov 2012 05:21 PM PST

2124134 kerusuhan mesir 620X310 Mursi Serang Yudikatif AFP PHOTO/STR Para demonstran penentang Presiden Mesir Mohamed Mursi menyerbu kantor Partai Kemerdekaan dan Keadilan (FJP), sayap politik Ikhwanul Muslimin yang mendukung Mursi, di kota Alexandria, Jumat (23/11/2012). Demonstran juga membakar kantor-kantor Ikhwanul Muslimin di tiga kota lain, sebagai bentuk protes atas keputusan Mursi menurunkan dekrit yang memberinya kekuasaan lebih besar.

KAIRO, KOMPAS.com – Mahkamah Agung Mesir menuduh Presiden Mesir Muhammad Mursi melakukan ”serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya” pada independensi lembaga peradilan. Mereka menyesalkan dekrit yang membuat presiden memiliki kewenangan luar biasa dan keputusannya tak bisa dievaluasi lembaga peradilan.

Hal itu disampaikan Mahkamah Agung (MA) Mesir seusai pertemuan darurat di Kairo, Sabtu (24/11), seperti diberitakan kantor berita Mesir, MENA. MA bersidang setelah sehari sebelumnya Kairo dan kota besar lainnya di Mesir diguncang unjuk rasa besar menentang dekrit yang dikeluarkan Mursi.

Para hakim agung juga mendesak Mursi ”menjauhkan dan tidak menggunakan dekrit ini terhadap segala hal yang mencederai kekuasaan yudikatif”.

Mursi, Kamis malam, mengeluarkan dekrit baru untuk menjinakkan lawan-lawan politiknya. Dalam dekrit itu disebutkan, Mahkamah Konstitusi tidak berhak membubarkan dewan konstituante.

Lembaga peradilan tertinggi tak berhak meninjau atau menggugat semua keputusan sejak Mursi menjabat presiden hingga konstitusi baru disahkan. Dalam dekrit itu ditegaskan, semua keputusan Mursi bersifat final dan tak bisa diganggu gugat lembaga apa pun.

Tak hanya Mahkamah Agung yang berang dengan dekrit itu. Para hakim di Alexandria, kota nomor dua terbesar di Mesir, mengumumkan pemogokan untuk menolak dekrit Mursi.

Ketua Persatuan Hakim Alexandria Mohammed Ezzat al-Agwa mengumumkan ”penundaan semua pekerjaan di semua pengadilan dan administrasi penuntutan di Provinsi Alexandria dan Beheira sampai krisis yang disebabkan deklarasi ini berakhir”.

Gas air mata

Unjuk rasa massa menentang dekrit tersebut berlanjut hingga Sabtu. Polisi antihuru-hara harus melepaskan gas air mata untuk membubarkan massa yang berusaha bergabung dengan aktivis garis keras oposisi di Alun-alun Tahrir.

Para aktivis itu sejak Jumat malam bertahan di Alun-alun Tahrir, pusat perjuangan massa saat menumbangkan mantan Presiden Hosni Mubarak, awal 2011. Mereka mendirikan sekitar 30 tenda untuk bermalam dan menyiapkan unjuk rasa berikut.

Namun, esok paginya, saat massa mencoba bergabung, polisi langsung menghadang dan melepaskan gas air mata. Massa pun berlarian membubarkan diri ke jalan-jalan di sekitar Alun-alun Tahrir.

Unjuk rasa yang dimotori oposisi sehari sebelumnya juga menimbulkan bentrokan antara demonstran dan polisi di Suez serta Alexandria. Di kota resor pantai yang menghadap Laut Tengah ini, kantor cabang Partai Kebebasan dan Keadilan yang berkuasa dibakar massa. Massa, yang umumnya aktivis kelompok sekuler dan liberal, bertekad mempertahankan momentum protes mereka.

”Mesir berada di awal revolusi baru karena kami tak pernah berniat mengganti satu diktator dengan diktator lain,” kata seorang aktivis, Mohammed al-Gamal. Ia memperlihatkan kacamatanya yang pecah dan tangannya yang dibalut, yang menurut dia, disebabkan bentrokan dengan polisi.

Dekrit Mursi ini juga mengundang keprihatinan Pemerintah Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa. Padahal, sehari sebelum deklarasi itu dikeluarkan, Washington memuji peran penting Mursi mengupayakan gencatan senjata antara Israel dan Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza untuk mengakhiri delapan hari serbuan Israel ke Gaza.

Departemen Luar Negeri (Deplu) AS mencemaskan terpusatnya kekuasaan di tangan Mursi dan implikasinya pada kebangkitan demokrasi di Mesir pasca-jatuhnya Mubarak.

”Keputusan dan deklarasi yang diumumkan pada 22 November menimbulkan kekhawatiran banyak warga Mesir dan dunia internasional. Salah satu aspirasi revolusi adalah menjamin agar kekuasaan tidak terkonsentrasi di tangan satu orang atau satu institusi,” ujar Juru Bicara Deplu AS Victoria Nuland. (AFP/AP/Reuters/was)

 

Sumber :
Kompas Cetak

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mursi Serang Yudikatif.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com