11.07.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Rossi Bakal Lakukan yang Terbaik, Agar Finish di 5 Besar

Posted: 06 Nov 2012 06:18 PM PST

20121107RossiSiapLakukanTerbaik Rossi Bakal Lakukan yang Terbaik, Agar Finish di 5 Besar

Kiprah Valentino Rossi di tim Ducati akan berakhir di MotoGP Valencia (11/11) akhir pekan nanti. Dimana pembalap asal Italia itu akan kembali ke pelukan tim Yamaha untuk persiapan menghadapi musim kompetisi di 2013. Meski belum pernah sekalipun meraih kemenangan, namun Rossi tetap berharap mampu meraih hasil terbaik bagi Ducati di Valencia.

Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia bukan tipe sirkuit kesukaan saya. Sayangnya sirkuit ini terdapat di Spanyol dimana penontonnya sangat fantastis. Sirkuit ini adalah sirkuit kecil untuk tipe motor MotoGP dan sangat banyak bagian yang tricky. Apalagi menawarkan tikungan ke kiri yang cukup banyak, jelas Rossi.

Permukaan aspal trek ini kabarnya baru dilapis ulang, harusnya sih grip ban lebih baik lagi dan tidak terlalu banyak lagi bagian yang bergelombang. Ini adalah akhir pekan yang akan haru, sebab akan jadi balapan terakhir dengan tim Ducati. Tapi saya akan melakukan yang terbaik, tambahnya.

Berhubung karena MotoGP Valencia adalah laga terakhir bagi Rossi, Ducati pun bertekad keras memberikan motor terbaik bagi pembalap yang selalu menempelkan logo Bulan dan Matahari riding gear-nya itu.

MotoGP Valencia adalah seri terakhir Ducati dengan Rossi. Seharusnya adalah kesempatan yang bagus untuk finish di posisi 5, kami akan lakukan yang terbaik agar Rossi bisa finish sesuai target, timpal Vittoriano Guareschi, manager tim Ducati. (otosport.co.id)

Penulis : Uda | Teks Editor : Uda | Foto : Ducati Motor Holding S.p.A
Tags : Valentino Rossi, Rossi, Ducati, Ducati GP12, GP12, MotoGP, MotoGP 2012,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Rossi Bakal Lakukan yang Terbaik, Agar Finish di 5 Besar.


Bertemu Gubernur Banten, Jokowi Bahas Transportasi

Posted: 06 Nov 2012 06:12 PM PST

 Bertemu Gubernur Banten, Jokowi Bahas Transportasi KOMPAS Images/HERUDIN Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar (dua kanan) melakukan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi (kanan), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (dua kiri), dan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, di kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Trasmigrasi, Jakarta Selatan, Selasa (30/10/2012). Pertemuan ini membahas harmonisasi besaran upah minimum tahun 2013. TRIBUNNEWS/HERUDIN

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Rabu pagi ini akan kembali melakukan koordinasi dengan gubernur di daerah penopang Jakarta. Setelah pekan lalu menemui Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, hari ini Jokowi berencana menemui Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono yang ikut mendampingi Jokowi ke Banten mengatakan bahwa agenda Jokowi bersama Gubernur Banten adalah membahas sejumlah permasalahan yang mengikat kedua daerah. Misalnya seperti transportasi, saluran kali, dan saluran air minum.

"Ya dibahas itu, yang pertama perhubungan antara kedua provinsi terus masalah yang perlu diselesaikan misalnya kali, transportasi, air minum dan lain-lain," kata Pristono saat ditemui di gedung Balai Kota Jakarta, Rabu (7/11/2012).

Selain dirinya, kata Pristono, Kepala Bappeda DKI Sarwo Handayani juga ikut mendampingi Jokowi bertemu Ratu Atut.

Dikatakan Pristono, transportasi adalah isu besar yang akan dibahas dalam pertemuan nanti. Tata kelola bersama transportasi dinilai penting khususnya untuk daerah daerah yang saling bersebelahan. "Tata kelola transportasinya kita bahas bersama, supaya masyarakat di dua provinsi bisa mudah bila ingin keluar masuk," ujarnya.

Editor :
A. Wisnubrata

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bertemu Gubernur Banten, Jokowi Bahas Transportasi.


Sekolah Ini Libur Jika Hujan Turun…

Posted: 06 Nov 2012 06:09 PM PST

 Sekolah Ini Libur Jika Hujan Turun... KOMPAS.com/SUPARMAN SULTAN Di ruangan seadanya, siswa SMKN 1 Tanggetada tetap bersemangat mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

KOLAKA, KOMPAS.com – Mendapatkan pendidikan yang layak serta fasilitas belajar yang memadai adalah hak dari seluruh generasi muda di Negeri ini, tidak terkecuali siswa-siswi yang ada di SMK Negeri 1 Tenggetada, Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Miris rasanya jika melihat mereka kini belajar di ruang belajar yang beratapkan jerami serta berdindingkan papan bekas. Ruang kumuh itu "disulap" menjadi ruang belajar bagi mereka untuk menimba ilmu tiap harinya.

Posisi ruang belajar yang serba darurat sewaktu-waktu mengancam keselamatan para siswa karena bangunan tersebut bisa ambruk bila diterpa angin kencang. Kerisauan pun dirasakan oleh para siswa, namun mereka harus pasrah dengan keadaan tersebut.

Salah satu siswi yang namanya enggan untuk disebutkan menceritakan ketakutannya terhadap ruang kelas belajar di sekolahnya. "Kalau angin kencang kita was-was juga, karena sekolah kita itu mudah ambruk. Papannya saja papan bekas, atapnya rumbia, berlantaikan tanah dan bolong-bolong. Pokoknya saya kadang sedih kalau melihat sekolah lain dan membandingkannya dengan sekolah saya," ceritanya dengan mata yang berkaca-kaca, Selasa (06/11/2012) kemarin.

Dia juga mengaku kerap merasa dikucilkan oleh sekolah lain. "Saya malu kalau bertemu siswa dari sekolah lain. Mereka punya fasilitas yang memadai tapi kita di sini apa adanya. Namun saya tetap semangat untuk terus belajar," tambahnya.

quote 1 Sekolah Ini Libur Jika Hujan Turun...
Yang lebih parah, apabila hujan deras turun, mereka akan diliburkan karena kondisi sekolah dipenuhi genangan air dan lumpur.
quote 1 Sekolah Ini Libur Jika Hujan Turun...

Yang lebih parah, apabila hujan deras turun, mereka akan diliburkan karena kondisi sekolah dipenuhi genangan air dan lumpur.

Wakil kepala sekolah SMKN 1 Tanggetada, Ilham mengatakan, jika hujan turun di hari senin pasti pihak sekolah meniadakan upacara bendera. "Waktu Bupati Kolaka datang di sini, dia berjanji untuk membuat parit di sekitar sekolah agar kita tidak kebanjiran lagi. Nah saat itu langsung diperintahkan langsung kepada Dinas PU, tapi hingga saat ini belum terlaksana. Kalau angin kencang kita suruh murid keluar ruang kelas, karena nanti tertimpa material kelas. Semoga saja sekolah kami segera diperhatikan oleh pemda," ungkapnya dengan penuh harap.

Nasrudin Foker, yang merupakan pemerhati Pendidikan di Kolaka mendesak agar siswa-siswi SMKN 1 Tanggetada diberikan haknya berupa pendidikan yang layak. "Apalagi angaran yang terbesar di negara ini adalah untuk sektor pendidikan. Untuk Dinas Pendidikan Kolaka janganlah bermain terhadap masalah seperti ini," cetusnya.

Direktur salah satru LSM di Sulawesi Tenggara ini juga mendesak kepada pemda agar tidak menerapkan praktik tebang pilih terhadap peningkatan mutu pendidikan di Kolaka. Pasalnya, sekolah tersebut bukan berada di pelosok, melainkan di pinggir jalan raya.

"Mau di pelosok, atau di mana saja, yang jelas perhatian terhadap pendidikan harus merata. Ini merupakan tanggung jawab bersama, jangan main-main dengan masalah pendidikan," tutupnya. 

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Sekolah Ini Libur Jika Hujan Turun….


Jalan Soeprapto Bengkulu jadi kasawan komersial

Posted: 06 Nov 2012 06:05 PM PST

kawasan Soeprapto sejak dulu dikenal baik sebagai kawasan yang wajib disinggahi “Kawasan Jalan Soeprapto akan segera kami tata menjadi pusat kawasan komersial, dan pusat perwajahan daerah ini, seperti yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2012,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bengkulu Fitriani Badar, Rabu.

Fitriani mengatakan penataan ulang yang akan dillaksanakan pada 2013 tersebut dilakukan karena kawasan Soeprapto sejak dulu dikenal baik oleh warga dari dalam maupun luar Provinsi Bengkulu sebagai kawasan yang wajib disinggahi saat berkunjung ke Kota Bengkulu.

“Saat ini kawasan Soeprapto memang tumbuh menjadi kawasan komersial tetapi kondisinya masih tidak layak seperti banyak tempelan reklame, drainase tidak berfungsi dengan baik dan cat bangunan toko semakin tidak beraturan sehingga perlu ditata ulang lagi,” katanya.

Untuk menata kawasan tersebut pihaknya berusaha membangun rasa memiliki dari para pemilik toko di kawasan Soeprapto sehingga berupaya membuat kawasan tersebut menjadi lebih menarik.Pemerintah Kota Bengkulu juga berupaya untuk menata kawasan parkir, drainase dan membuat taman di median jalan.

“Minggu depan drainase yang tersumbat di kawasan Soeprapto sudah mulai diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum,” ujarnya.

Ia meminta berbagai pihak turut menyukseskan rencana penataan ulang kawasan Soeprapto dengan menyebarkan informasi tersebut karena program penataan ulang itu tidak akan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kesadaran dari seluruh warga Kota Bengkulu.

Untuk menata kawasan Soeprapto tersebut Pemerintah Kota Bengkulu telah melakukan peninjauan dan mengedarkan pertanyaan tertulis kepada pedagang maupun warga di kawasan itu bersama Kepolisian Resort Bengkulu, Dinas Pariwisata Kota Bengkulu dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Kami sangat mendukung upaya tersebut karena kalau sudah menjadi ekonomi kreatif dan pariwisatanya ditata, kemungkinan tindak kriminalitas juga akan berkurang,” ujar Kapolres Kota Bengkulu AKBP Joko Suprayitno.

Agar penataan berjalan lancar Polres akan melakukan pengawasan-pengawasan sehingga kawasan Soeprapto menjadi daerah yang tertib dari lalu lintas hingga pedagang yang berjualan disana.

“Kami akan memasang closed circuit television (CCTV), patroli berjalan kaki dan patroli bersepeda bila kawasan Soeprapto sudah tertata dengan baik,” ujarnya.
(MAM/M008)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jalan Soeprapto Bengkulu jadi kasawan komersial.


Yamaha V-ixion Club Indonesia, Usung Tema 4S di Ultah ke-4

Posted: 06 Nov 2012 06:02 PM PST

20121102 usungtema4S 1 Yamaha V ixion Club Indonesia, Usung Tema 4S di Ultah ke 4

Angka empat bagi ulang tahun klub V-ixion yang jatuh pada 13 Oktober 2012 mengusung tema bertema 4S. Yakni, Silaturahmi, Saduluran, Saaspal dan Salaswana. Makna yang dikandung sangat agung, silaturahmi, persaudaraan, satu aspal dan selamanya, ungkap Koko, ketua V-ixion chapter Cikarang.

Acara ultah yang mengambil lokasi di Pasar Bening, Cikarang itu jadi begitu terasa kental sekali suasana keakrabannya. Terlebih ribuan pengunjung berbaur menjadi satu dalam sebuah kebersamaan. Tercatat 327 klub dan komunitas ikut hadir memeriahkan acara. Seperti dari regional, chapter Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur termasuk dari Parepare, Sampit dan Banjarmasin.  (motorplus-online.com)

Penulis : Hend | Teks Editor : KR15 | Foto : ISTIMEWA
Tags : mobil bekas , motogp , f1 , motor bekas , tips motor , tips mobil , modifikasi , jip , otosport , otomotif , otomotifnet , otoshop , klub , komunitas , ototest , iklan baris , direktori , forum , road race , motocross , indoprix , motoprix , rally , wrc , wsbk , wss , drag , drag bike , drag race , supersport , formula 1 , gokart , drift , drifting , slalom , honda , yamaha , suzuki , kawasaki , toyota , daihatsu , mitsubishi , nissan,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Yamaha V-ixion Club Indonesia, Usung Tema 4S di Ultah ke-4.


Wanita Pembunuh Balita Divonis 15 Tahun

Posted: 06 Nov 2012 06:01 PM PST

PASURUAN, KOMPAS.com – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kota Pasuruan yang dipimpin Abdul Wahab menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kepada terdakwa Maysaroh (22), pembunuh balita asal Kelurahan Bugul Kidul, Kecamatan Bugul kidul, Selasa (6/11/2012) kemarin. Gadis muda ini dinyatakan terbukti merencanakan pembunuhan terhadap tetangganya sendiri, Intan diah puspitasari (2) pada 25 Mei 2012.

Menurut Abdul Wahab, tersangka terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana. Vonis yang dijatuhkan majelis hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntutnya hukuman 17 tahun penjara.

Selain itu, terdakwa juga dikenai pasal berlapis yaitu Pasal 340 KUHP dan Pasal 80 ayat 3 UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Menanggapi putusan majelis hakim itu, kuasa hukum terdakwa, Elisa menyatakan akan berkonsultasi dengan kliennya terlebih dulu. "Ya ini kita masih pikir-pikir untuk putusan majelis," jelas Elisa.

Untuk diketahui, Maysaroh didakwa dalam peristiwa pembunuhan yang terjadi kepada anak pasangan Slamet Riyadi dan Oktaviana, Intan Diah Puspitasari pada bulan Mei lalu. Balita yang terhitung masih kerabat tersangka tersebut ditemukan tewas di dalam kamar milik tersangka. Korban dibunuh dengan cara dibekap bantal hingga tidak bisa bernafas dan meninggal di lokasi kejadian.

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wanita Pembunuh Balita Divonis 15 Tahun.


Mayat Misterius Ditemukan di Ambon

Posted: 06 Nov 2012 06:01 PM PST

 Mayat Misterius Ditemukan di Ambon KOMPAS.com/Rahman Alfarizi Patty Dokter dan Sejumlah tim medis di Rumah Sakit Bhayangkara Ambon usai melakukan pemeriksaan terhadap sesosok mayat misterius yang ditemukan meninggal dunia di perairan Desa Hatiwe, Kecamatan Bagula Ambon, Selasa (5/11/2012) malam.

AMBON, KOMPAS.com – Sesosok mayat misterius karena tak diketahui identitasnya, ditemukan nelayan di Perairan Desa Hatiwe, Kecamatan Baguala, Ambon, dalam kondisi terapung di lautan. Temuan mayat dengan jenis kelamin laki-laki ini lantas dilaporkan kepada Badan SAR Ambon untuk dievakuasi.

"Kami dilaporkan sekitar pukul 21.38 wit, setelah itu kami lalu mengevakuasi korban ke tepian pantai dan selanjutnya dievakuasi menuju Rumah Sakit Bhayangkara Ambon," ungkap Komandan SAR Ambon, Teuku Ahmad Yani kepada Kompas.com saat dihubungi, Selasa (5/11/2012) malam.

Pantauan di RS Bhayangkara di kawasan Tantui Ambon, setelah tiba di RS Bhayangkara sekitar pukul 11.00 Wit korban lalu di masukan ke dalam ruang otopsi. Diperkirakan korban sudah meninggal dunia beberapa hari lalu, karena kondisinya telah membengkak. Tidak hanya itu, kedua telinga dan hidung mayat ini juga sudah hilang.

Salah satu dokter di RS Bhayangkara, Ipda Dr. Putra Habibie kepada Kompas.com usai melakukan pemeriksaan terhadap jenazah korban mengatakan, setelah diperiksa korban berjenis kelamin laki-laki. "Identitasnya laki – laki, kondisinya sudah tidak utuh lagi, kedua telinganya dan hidungnya sudah tidak ada, saya menduga korban telah meninggal lima hari yang lalu," ungkapnya.

Saat ditanya apakah, korban meninggal karena dibunuh, Putra mengaku tidak melihat tanda-tanda kekerasan di tubuh mayat itu. "Memang ada tali nilon yang masih terikat di kaki korban tapi itu mungkin tali yang digunakan tim SAR untuk mengevakuasi korban tadi," ujarnya. 

Editor :
Glori K. Wadrianto

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mayat Misterius Ditemukan di Ambon.


Revitalisasi dua pasar di Banjarmasin gagal

Posted: 06 Nov 2012 05:56 PM PST

20121102Inflasi Oktober 011112 foc 2 Revitalisasi dua pasar di Banjarmasin gagal

Ilustrasi–Pedagang pasar tradisional (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)

Masalahnya revitalisasi kedua pasar tersebut gagal dilakukan lelang tender yang dilakukan Pemkot melalui Dinas Pengelolaan Pasar setempat, kata Kepala Dinas Pengeloaan Pasar, Hermansyah di balaikota Banjarmasin, Rabu.

Ia menjelaskan, proses pelelangan kedua proyek dengan nilai anggaran total Rp400 juta itu, dinyatakan tidak mendapat tanggapan atau penawaran dari pihak peserta lelang.

“Lelangnya dilakukan LPSE, karena tidak ada penawaran dari pihak kontraktor, maka dinyatakan gagal,” ujar H Hermansyah.

Menurut dia, dengan dinyatakan gagal lelang tersebut, maka pihaknya dimungkinkan akan melakukan pengembalian dana proyek tersebut kepada kas daerah setempat.

“Artinya Silpa tahun ini untuk proyek itu, totalnya mencapai Rp400 juta,” tuturnya seraya menjelaskan sejauh ini, jika melihat kondisi kedua pasar itu sangat memprihatinkan.

Seperti pasar buah Ksatriaan, para pedagang buah yang ada di sana, berjualan dengan kondisi pasar seadanya, padahal mereka dijanjikan untuk dibangunkan pasar yang memadai.

Kemudian pasar Pekauman juga dinilai mengalami kondisi yang tidak jauh berbeda, bahkan kondisi pasar yang sudah tua dan rusak, dianggap sudah tidak lagi memberikan rasa yang nyaman bagi para pedagang dan pembeli yang beraktivitas di lokasi tersebut.

“Kalau perlu nanti, untuk pasar Pekauman tahun depan anggarannya akan ditingkatkan. Kasihan para pedagang,” ucapnya.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Revitalisasi dua pasar di Banjarmasin gagal.


Ini proyeksi hasil Pemilu AS

Posted: 06 Nov 2012 05:51 PM PST

Berita Terkait
Romney dan Obama menangi basis-basis pendukungnya Dolar melemah ketika AS pilih presiden Pemilih pemula pilih ObamaRomney yakin menang Obama sampaikan imbauan terakhir via Reddit
Galeri Terkait
20111118jumpa pers2 Ini proyeksi hasil Pemilu AS
Bilateral dengan Amerika
20111118obama 1 Ini proyeksi hasil Pemilu AS
KTT ASEAN – AS
Video Terkait
20121024obama Ini proyeksi hasil Pemilu AS
Obama-Romney Sama-Sama Agresif
20121024penjualan retail Ini proyeksi hasil Pemilu AS
Penjualan Ritel AS Meningkat
Jakarta (ANTARA News) – Rakyat Amerika Serikat telah menyalurkan suaranya untuk memilih presiden mereka, tapi sebenarnya Electoral College, dan bukan jumlah suara pemilih, yang sebenarnya memilih Presiden Amerika Serikat.
Ada 538 anggota Electoral College, mewakili 50 negara bagian termasuk daerah khusus ibukota Washington District of Columbia. 270 elektoral diperlukan untuk bisa memenangkan seorang kandidat.
Berikut ini adalah Electoral College mana saja yang diperkirakan dimenangi Barack Obama dan Mitt Romney.  Hasil ini didasarkan pada proses hitung cepat dua jaringan televisi di AS (dikutip dari Reuters).
Obama:                     191                       
Romney:                    191                       
Negara bagian yang bisa diproyeksikan pemenangnya
Negara bagian             Pemenanga    Jatah elektoral 
Vermont                   Obama             3        
Connecticut               Obama             7        
Delaware                  Obama             3        
District of Columbia      Obama             3        
Illinois                  Obama            20        
Maryland                  Obama            10        
Massachusetts             Obama            11        
Rhode Island              Obama             4        
Indiana                   Romney           11        
Kentucky                  Romney            8        
Mississippi               Romney            6        
Oklahoma                  Romney            7
South Carolina            Romney            9        
West Virginia             Romney            5        
Negara bagian bermassa mengambang yang tak bisa diproyeksikan pemenangnya     
Negara bagian                           Jatah Elektoral  
Colorado                                    9        
Florida                                    29        
Iowa                                        6        
Michigan                                   16        
Nevada                                      6        
New Hampshire                               4        
Minnesota                                  10        
North Carolina                             15        
Ohio                                       18        
Pennsylvania                               20        
Virginia                                   13        
Wisconsin                                  10        
Negara bagian yang diperkirakan tidak akan alot proses penentuan pemenangnya
Negara bagian            Pemenang   Jatah Elektoral 
California                Obama            55        
Hawaii                    Obama             4        
Maine                     Obama             4        
New Jersey                Obama            14        
New Mexico                Obama             5
New York                  Obama            29        
Oregon                    Obama             7        
Washington                Obama            12        
Arkansas                  Romney            6        
Arizona                   Romney           11        
Alabama                   Romney            9        
Alaska                    Romney            3        
Georgia                   Romney           16
Idaho                     Romney            4        
Kansas                    Romney            6        
Louisiana                 Romney            8        
Missouri                  Romney           10        
Montana                   Romney            3        
Nebraska                  Romney            5        
North Dakota              Romney            3        
South Dakota              Romney            3        
Tennessee                 Romney           11        
Texas                     Romney           38        
Utah                      Romney            6        
Wyoming                   Romney            3        
(*)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ini proyeksi hasil Pemilu AS.


Pemkab Banjar petakan daerah rawan bencana

Posted: 06 Nov 2012 05:47 PM PST

20110505011429banjir040511 2 Pemkab Banjar petakan daerah rawan bencana

Ilustrasi–Banjir melanda di desa Sungai Raya Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, Mei 2011 lalu. (ANTARA/Herry Murdy Hermawan)

Asisten I Sekdakab Banjar Bidang Pemerintahan Nurus Syamsi, Rabu di Martapura mengatakan, Pemkab sudah melakukan pemetaan daerah rawan bencana serta jenis bencana yang berpotensi melanda daerah rawan tersebut.

“Pemetaan sudah dilakukan termasuk diskusi publik penyusunan rencana penanggulangan bencana melibatkan unsur SKPD, Camat, Basarnas dan tokoh masyarakat sehingga bencana bisa dicegah dan diminimalisir,” ujarnya.

Ia menyebutkan, beberapa wilayah di kabupaten yang memiliki topografi berbeda-beda yang sering dilanda bencana antara lain adalah bencana kekeringan yang melanda Kecamatan Astambul, Martapura dan Karang Intan.

Bencana kebakaran lahan dan hutan yang kerap terjadi di Kecamatan Gambut dan bencana cuaca ekstrim yang bisa menimbulkan angin puting beliung sering melanda Gambut, Beruntung Baru, Tatah Makmur dan Cintapuri.

Sementara di kawasan pesisir pesisir dan muara sungai, bencana yang mengancam adalah gelombang ekstrim dan abrasi yang terjadi di kecamatan Aluh-aluh termasuk bencana tanah longsor hingga bencana banjir.

“Pemetaan daerah rawan bencana itu diperlukan agar jika sewaktu-waktu terjadi bencana bisa diantisipasi melalui penanggulangan dini sehingga dampaknya bagi masyarakat bisa diminimalisir,” ungkapnya.

Dikatakan, Kabupaten Banjar menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Kalsel yang ditetapkan pemerintah sebagai daerah percontohan program penanggulangan bencana yang dicanangkan pemerintah pusat.

“Tentunya, penetapan daerah percontohan itu harus diimbangi dengan kesiapan pemerintah daerah dalam upaya menanggulangi bencana, salah satunya melalui pemetaan daerah rawan bencana itu,” ujarnya.

Ditekankan, langkah terpenting dalam upaya penanggulangan bencana adalah membangun kesadaran dan kesigapan melaksanakan Program Penanggulangan Pra-Sedang-Pasca Bencana Berbasis Masyarakat.

Ditambahkan, langkah itu lebih bermanfaat daripada sekedar menunggu uluran tangan pemerintah pusat setelah peristiwa bencana terjadi sehingga masyarakat yang menjadi korban bencana bisa secepatnya ditangani.

“Pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga telah melaksanakan perkuatan aturan dan kapasitas kelembagaan, perencanaan penanggulangan bencana terpadu dan peningkatan partisipasi masyarakat,” katanya.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pemkab Banjar petakan daerah rawan bencana.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com