11.09.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Lumia 920 Dibanderol Rp 4,3 Juta Tanpa Kontrak

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

c36443dec9801cb557a723716eed0098 L Lumia 920 Dibanderol Rp 4,3 Juta Tanpa Kontrak

NEW YORK | NONBLOK.COM  Setelah merilis banderol harga Nokia Lumia 920 untuk paket kontrak dua tahun, operator telekomunikasi di Amerika Serikat — AT&T — juga memastikan akan menjual ponsel Windows 8 tersebut yang tanpa diikat kontrak. Harganya USD 449,99 atau sekitar Rp 4,3 juta.

Seperti dilansir Boy Genius Report, Kamis (8/11), bagi pelanggan yang berminat bisa siap-siap melakukan pemesanan lantaran keran pre order akan segera dibuka. Sayang, tidak disebutkan waktu pastinya.

Sebelumnya, AT&T mengungkap bahwa mereka akan menjual Lumia 920 ’seharga’ USD 99,99 alias cuma Rp 900 ribuan dengan embel-embel kontrak layanan selama dua tahun.

Sehingga ketika melakukan pembelian di awal memang terlihat sangat murah, padahal selanjutnya di setiap bulan, pengguna harus membayar paket layanan yang sudah ditentukan si operator.

Sementara Lumia 820 ‘dibanderol’ cuma USD 50 alias tak sampai Rp 500 ribuan. Sama, ada kontrak layanan selama dua tahun di belakangnya.

Untuk ponsel Windows Phone 8 jagoan HTC, HTC 8X, juga dihargai sama dengan Lumia 920 yaitu USD 99,99 dengan kontrak dua tahun untuk versi 8GB dan USD 199,99 untuk model 16 GB.

Jika dilihat harga yang dilekatkan, bisa dibilang tak terlalu mahal jika mengacu pada kemampuan perangkat tersebut. Namun ingat, itu untuk pasar di AS, sedangkan untuk pasar Indonesia masih menunggu kepastian.

Seri Windows Phone 8 memang tengah dinanti kiprahnya. Dalam testimoni awal, perangkat tersebut mendapat sambutan positif dan sukses membuat orang penasaran.

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Lumia 920 Dibanderol Rp 4,3 Juta Tanpa Kontrak.


Apple Segarkan App Store dengan 2 Fitur Baru

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

f2a719583da758b11dd192d3a3a00c6e L Apple Segarkan App Store dengan 2 Fitur Baru

JAKARTA | NONBLOK.COM Apple akan melakukan update untuk App Store ke versi 2.4. Penyegaran untuk toko aplikasi online ini menghadirkan beberapa perubahan, di antaranya dua tambahan fitur yang cukup siginifikan, khususnya bagi pengguna perangkat berbasis iOS.

Fitur terbaru pertama adalah kemampuan untuk membeli gift cards langsung dari app dan kemudian mereka mengirimnya melalui email ke keluarga dan teman-teman yang dituju.

Selain itu, bagi pengguna iDevice yang menggunakan iOS 6 akan dapat menyimpan gift card ini pada Passbook.

Sedangkan fitur kedua yang ditawarkan di App Store ini adalah kemampuan integrasi langsung dengan asisten digital Siri. Ya, perubahan ini memungkinkan pengguna untuk menanyakan ke Siri harga dan aplikasi di App Store.

Namun menurut The Next Web, Kamis (8/11/2012), integrasi Siri dengan App Store ini dapat berfungsi dengan maksimal di aplikasi yang sama.

Belum diketahui kapan upadate terbaru ini akan segera hadir, namun melihat momen musim libur panjang segera tiba, Apple akan melakukannya dengan sesegera mungkin.

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Apple Segarkan App Store dengan 2 Fitur Baru.


UPAH BURUH: Selesaikan konflik, upah minimal Rp2 juta pada 2013

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

8aa29f1d5b6c6b2015336901e3c58945 UPAH BURUH: Selesaikan konflik, upah minimal Rp2 juta pada 2013

NUSA DUA: Kementerian Perindustrian memberikan rekomendasi berupa kenaikan upah minimal Rp2 juta pada 2013 untuk menyelesaikan konflik antara pengusaha dan buruh guna memperlancar iklim usaha.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan opsi itu akan dimunculkan pada pembicaraan antar kementerian yang sedang berlangsung.

“Kami juga meminta kepada buruh untuk melakukan kesepakatan setelah terjadi perundingan,” kata Hidayat sebelum memberikan sambutan pada agenda Uni Eropa-Indonesia Business Dialogue (EIBD) yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Kamis (8/11).

Pada pembicaraan dengan tim ekonomi, kata Hidayat, pengusaha dan pemerintah diminta untuk memastikan kenikan upah minimum secara rata-rata. Kemenperin mengusulkan minimal gaji Rp2 juta pada buruh atau berada pada kisaran setara PNS.

“Kita dan pengusaha masih membicarakan secara teknis basic policy. Jadi gaji buruh jangan sampai dibawah PNS.”

Pada peroyeksi lanjutan, lanjutnya, pengusaha dan tim ekonomi akan membicarakan lebih lanjut terkait upaya penyelesaian. “Kalau sudah bentrok gini, pengusaha dan buruh harusnya take and give. Pengusaha harus mau memberikan sesuatu untuk memperoleh sesuatu.”

Hidayat menyatakan konflik antara pengusaha dan buruh ini akan diselesaikan dengan baik. Pemerintah, melalui koordinasi sejumlah kementerian akan mengupayakan penyelesaian masalah. Upaya itu juga diusahakan hingga tingkap pemerintah daerah sebagai pemangku kepentingan pada lapisan paling mendasar. (arh)

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right
Share
Follow @bisniscom!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);
Tweet!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - UPAH BURUH: Selesaikan konflik, upah minimal Rp2 juta pada 2013.


Afriyani Dituntut 3 Tahun Penjara

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

1106325620X310 Afriyani Dituntut 3 Tahun Penjara KOMPAS/RADITYA HELABUMI Terdakwa kasus kecelakaan maut yang menewaskan sembilan orang di Jalan Ridwan Rais Jakarta, Afriyani Susanti.

JAKARTA, KOMPAS.com — Afriyani Susanti dituntut tiga tahun penjara terkait kasus narkoba. Tuntutan ini diberikan setelah melihat bukti dan saksi yang menyatakan Afriyani terbukti menggunakan narkotika saat mengendarai mobil Daihatsu Xenia yang menabrak dan menewaskan sembilan orang di kawasan Tugu Tani.

"Afriyani dituntut tiga tahun penjara dan terjerat Pasal 127 Ayat 1 huruf a tahun 2009 atas penyalahgunaan narkotika golongan 1," kata Tamalia Roza, jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (8/11/2012).

Roza menyatakan, tuntutan itu berdasarkan keterangan saksi-saksi yang bisa membuktikan Afriyani memang memakai narkoba. Misalnya, keterangan dr Bayu dari Polda Metro Jaya, yang menyatakan bahwa urine Afriyani membuktikan dia mengonsumsi narkoba.

Selain itu, dr Ester dari BNN juga telah memeriksa darah Afriyani, dan terbukti menggunakan narkoba berjenis ekstasi. Tak hanya itu, kata Roza, hasil tes psikologis tersangka menunjukkan pengakuan menggunakan narkoba sebelum terjadi tabrakan di Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

Untuk itu, semua saksi mendukung kalau Afriyani sebagai pengonsumsi narkoba pemula saat menabrak sembilan pejalan kaki.

Zainal, pengacara Afriyani, tidak menerima tuntutan yang diberikan oleh jaksa penuntut. Menurutnya, Afriyani tidak bisa diberikan tuntutan selama 3 tahun penjara karena ketidakjelasan barang bukti yang dihadirkan.

Dalam pemeriksaan pertama, Afriyani dinyatakan tidak menggunakan narkoba. Pada tes selanjutnya, ia terbukti menggunakan narkoba. Sementara itu, hasil tes uji yang pertama sudah hilang.

"Kita ajukan pledoi melihat historis kalau ia pernah dites dan terbukti negatif. Kita akan coba cari hasil tes tersebut," kata Zainal.

Ia melanjutkan, pembelaan tersebut dilakukan karena Afriyani sebelumnya tidak pernah melanggar hukum. Selain itu, ia juga berperilaku baik dalam persidangan. Dengan perilaku tersebut, kuasa hukum berharap Afriyani mendapatkan pengurangan tuntutan dari jaksa penuntut.

Hakim Ketua Aswandi kemudian memberikan kesempatan kepada pengacara dan tersangka untuk memberikan pembelaan. Sidang dilanjutkan pada Senin, 19 November 2012.

 

Editor :
Ana Shofiana Syatiri

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Afriyani Dituntut 3 Tahun Penjara.


Mayat di Kali Cideng Belum Lama Meninggal

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

1327286620X310 Mayat di Kali Cideng Belum Lama Meninggal KOMPAS/Ratih P Sudarsono Ilustrasi jasad

JAKARTA, KOMPAS.com — Yogi alias Ines, waria yang tewas dalam keadaan tertidur di tepi Jembatan Kali Cideng, Setiabudi, Jakarta Selatan, ternyata belum lama meninggal dunia. Menurut saksi mata, Suhanda (34), sekitar dua jam sebelumnya, dia masih sempat bertemu Yogi.

"Sekitar pukul 06.00 pagi tadi dia masih sempat bangunin saya, minta dibikinin teh hangat," kata Anda, sapaan Suhanda, saat ditemui Kompas.com di lokasi kejadian, depan Gedung Allianz, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (8/11/2012).

Suhanda adalah pekerja harian Layanan Pembersihan Saluran DPU DKI Jakarta di Kali Cideng yang sehari-hari tinggal di salah satu kolong jembatan. Sementara itu, Yogi adalah waria yang sering mangkal di Jalan Terusan Kuningan, di dekat Waduk Setiabudi, pada malam hingga pagi hari. Keduanya "bertetangga" di bantaran Kali Cideng dalam setahun terakhir, sejak Yogi alias Ines menetap di situ.

Setelah memenuhi permintaan Yogi, Suhanda melakukan aktivitasnya membersihkan saluran air Kali Cideng mulai dari jembatan di dekat Gedung KPK hingga ke Waduk Setiabudi. Sekitar pukul 08.30, dia sampai di lokasi tempat Yogi tidur.

"Saya bangunin tapi sudah tidak ada. Badannya sudah dingin dan kaku," katanya.

Suhanda mengatakan, seminggu terakhir Yogi tidak lagi melakukan aktivitas melayani pria hidung belang lantaran sakit. Dalam kondisi tersebut, dia hanya tidur di tempat bermukimnya di bantaran kali atau kolong jembatan. Kebutuhan makan minumnya selalu dilayani oleh Suhanda.

"Seminggu terakhir cuma tiduran. Kalau perlu makan atau minum minta ke saya. Katanya sih kena tifus," kata Suhanda.

Menurut beberapa warga sekitar, pria berkulit putih dan bertubuh tinggi kurus dengan rambut panjang itu memang terlihat ringkih. Sebulan terakhir dia terlihat berjalan dengan langkah gontai dan pelan. Batuk keras pun menjadi dan kerap dianggap sebagai penanda kehadiran pria yang biasa dipanggil "Si Jangkung" atau "Si Banci" oleh warga sekitar.

"Sudah saya nasihati sejak bulan lalu supaya berhenti layanin cowok. Saya minta dia pulang dan istirahat. Saya tahu dia sudah kena penyakit kelamin," kata Cucu (39), pedagang makanan di dekat Gedung Allianz.

Dia mengisahkan, setahun lalu Yogi datang sebagai pendatang baru di wilayah tersebut dengan wajah yang bersih dan segar. Penampilannya masih terlihat lugu dengan rambut pendek dan celana panjang saat beroperasi di sekitar Waduk Setiabudi, di jalur penghubung Jalan Sultan Agung ke arah Jalan HR Rasuna Said.

"Lama-lama mulai pakai rok mini dan rambutnya dipanjangin," tutur Cucu.

Namun, beberapa bulan terakhir, Cucu melihat perubahan fisik pada tubuh waria itu. Selain langkah kaki yang menyerupai orang berumur, pada kulit wajah dan tubuh Yogi pun muncul bintil-bintil hitam. Batuk berdahak pun selalu menyertainya.

"Beda sama temannya, Sabrina dan Lola. Dia orangnya jorok, nggak pernah jaga kebersihan dan pakai pengaman (kontrasepsi). Mungkin karena itu dia kena," ucap Cucu.

Hal yang sama dibenarkan Neneng, pemulung yang kerap beristirahat di tempat Yogi berada. Menurut dia, Yogi kerap membuang hajat seenaknya, termasuk di dekat tempat dia tiduran sehari-hari. Yogi juga jarang mandi ataupun merawat diri.

"Paling, berias waktu mau mangkal saja. Waktu sakit juga nggak mau minum obat," kata Neneng.

Setelah menemukan kondisi Yogi tanpa nyawa, Suhanda lantas memanggil temannya, Menir, dan seorang wanita pemulung bernama Imas. Kondisi Yogi kemudian dilaporkan kepada petugas kepolisian yang sedang berjaga di lokasi penggusuran di samping Gedung Allianz. Jasad Yogi kemudian dibawa ke RS Cipto Mangunkusumo untuk menjalani visum.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti identitas Yogi. Pihak kepolisian menyebut pria tersebut telah berusia 45 tahun. Data lain dari warga menunjukkan bahwa Yogi berasal dari Bogor.

 

Editor :
Hertanto Soebijoto

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mayat di Kali Cideng Belum Lama Meninggal.


Jokowi: Ada Kesalahan Konstruksi di SDN 03 Rawamangun

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

1524186 jokowi tinjau sdn 03 rawamangun yang ambruk 620X310 Jokowi: Ada Kesalahan Konstruksi di SDN 03 Rawamangun Fabian Januarius Kuwado Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meninjau SDN 03 Pagi Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (8/11/2012) siang. Peninjauan pria yang akrab disapa Jokowi tersebut terkait ambruknya atap salah satu bangunan sekolah pada Selasa malam.

JAKARTA, KOMPAS.com — Insiden ambruknya atap satu bangunan SDN 03 Pagi Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa malam, diduga akibat kesalahan konstruksi. Hal tersebut diakui oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Ini kan ada memang sedikit kesalahan pada bagian konstruksi. Yang penting selamat dan enggak ada korban," ujarnya saat meninjau SDN 03 Rawamangun, Kamis (8/11/2012) siang.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengaku prihatin dengan insiden tersebut. Jokowi lalu memerintahkan Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Timur untuk memantau proyek renovasi senilai Rp 1,2 miliar yang ditargetkan selesai pada Desember 2012.

Secara khusus, mantan Wali Kota Solo itu juga menegaskan untuk memeriksa dugaan pihak kontraktor yang sengaja mengurangi bahan baku renovasi. Muncul dugaan, ambruknya atap sekolah diakibatkan penggunaan rangka atap yang tak sesuai kualifikasi.

"Sudah saya perintahkan ke inspektorat untuk cek secara detail, apakah ada kesalahan konstruksi atau sengaja mengurangi bahan teknis yang ada," tuturnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, Jokowi bersama rombongan datang pada pukul 14.45 WIB. Mengenakan kemeja batik coklat lengan panjang dipadu celana hitam, Jokowi disambut riuh oleh warga sekitar sekolah.

Setelah bersalam-salaman dengan warga yang kebanyakan terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak, Jokowi dan rombongan mengelilingi bangunan sekolah tersebut. Jokowi memantau tiga dari empat kelas yang atapnya ambruk.

Atap bangunan SDN 03 Rawamangun itu ambruk pada Selasa (6/11/2012) malam. Menurut warga, peristiwa tersebut terjadi pukul 22.30 WIB saat sekolah tidak ada aktivitas. Ambruknya bangunan itu pun membuat warga yang berada di sekitar sekolah kaget karena suara ambruk yang bergemuruh.

 

Editor :
Ana Shofiana Syatiri

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jokowi: Ada Kesalahan Konstruksi di SDN 03 Rawamangun.


132 Polisi Gendut Terjaring Razia

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

1540301620X310 132 Polisi Gendut Terjaring Razia Kompas.com/ M. AGUS FAUZUL HAKIM Polisi gendut di Kota Kediri, Jawa Timur diwajibkan menurunkan berat badannya, Rabu (26/9/2012).

TANGERANG, KOMPAS.com — Sebanyak 132 polisi berbadan gemuk di wilayah Kepolisian Resor Tangerang Kota terjaring razia. Mereka diwajibkan ikut program olahraga setiap Selasa dan Jumat sore di Lapangan A Yani, Kota Tangerang, yang berjarak 50 meter dari Markas Besar Polres Tangerang Kota.

Program ini untuk menurunkan berat badan bagi polisi yang sudah melebihi batas proporsional. "Para anggota polisi bertubuh gendut harus menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Obesitas akan menyulitkan polisi dalam tugasnya memburu dan menangkap penjahat," kata Kepala Polres Tangerang Kota Komisaris Besar Wahyu Widada kepada Kompas, Kamis (8/11/2012).

Selain wajib lari sore, kata Wahyu, polisi gendut harus mengikuti senam dan baris-berbaris di lapangan itu. "Sebagai polisi, dia harus terlihat gagah dan memiliki tubuh proporsial supaya enak dipandang masyarakat. Jika memiliki tubuh yang sesuai porsi, akan lebih gampang menangkap penjahat," ujar Wahyu.

Editor :
Marcus Suprihadi

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 132 Polisi Gendut Terjaring Razia.


Rp 2,1 Miliar untuk Renovasi Rumah Si Pitung

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

1306409 rumah pitung 620X310 Rp 2,1 Miliar untuk Renovasi Rumah Si Pitung KOMPAS.com/Robertus Belarminus Halaman dan bangunan sekitar rumah si Pitung yang merupakan cagar budaya tengah di renovasi dan mendapat sejumlah perbaikan. Kamis (8/11/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com — Bangunan dan pagar yang ada di sekitar rumah Si Pitung, kini tengah direnovasi. Bangunan tersebut terletak di Jalan Marunda Pulo RT 01 RW 07, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Rumah Si Pitung termasuk dalam cagar budaya. Si Pitung adalah tokoh sejarah masyarakat Betawi pada masa kolonial Belanda.

Namun, bukan bangunan utama (rumah si Pitung) yang kini sedang dipercantik, melainkan hanya pada bangunan lain dan halaman serta gerbang atau pagar yang ada di sekeliling ‘kompleks’ rumah Si Pitung. Untuk itu, dana yang digelontorkan sebesar Rp 2,1 miliar.

"Kami berusaha memperindah dan mempercantik rumah Si Pitung ini. Jadi, semacam penyempurnaan bangunan," kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara Sahat Sitorus kepada wartawan, Kamis (7/11/2012) siang.

Menurut Sahat, bagian pagar yang mengelilingi bangunan dengan luas halaman sekitar 800 meter persegi itulah yang sedang dalam proses renovasi dan akan diganti. Pagar tersebut nanti akan diubah, sesuai dengan bentuk bangunan rumah Si Pitung agar bisa tampak mencirikan rumah khas dari Betawi.

"Pagar atau gapura itu nanti diganti seluruhnya yang mengelilingi area rumah Si Pitung itu, dengan pagar yang lebih artistik, tentunya dengan ornamen khas Betawi," ujar Sahat.

Kemudian toilet, yang awalnya berdiri di sisi selatan area tersebut, akan dihilangkan. Nantinya akan dibangun pintu masuk di sebelah selatan, menggantikan pintu yang saat ini berdiri di sisi barat.

Bangunan serbaguna atau ruang foto dan perpustakaan yang berdiri di sisi utara akan diperbaiki pada bagian lantai. Lantai satu di bangunan ruangan foto akan diperbaiki dengan mengganti keramik baru.

Di lantai dua pada bangunan foto dan perpustakaan, lantai yang terbuat dari kayu pada bagian dasar akan menggunakan bahan material semen, tetapi tetap dberi alas kembali dengan kayu yang baru.

Saat Kompas.com melihat situasi di dalam ruangan rumah Si Pitung, akibat usia bangunan yang sudah tua, beberapa bagian kayu tampak sudah termakan usia. Maklum, bangunan itu sudah ada dan berdiri sekitar beberapa abad lalu. Meski demikian, bangunan tersebut tetap masih terlihat kokoh berdiri dengan material terbuat dari kayu.

Walaupun berada di dekat bibir pantai, suasana sejuk dari angin sepoi-sepoi bisa dirasakan di dalam rumah Si Pitung, yang dibangun dengan model bangunan layaknya rumah panggung. Berbagai benda peninggalan sejarah tampak masih dipajang di dalam rumah yang dilapisi cat berwarna coklat itu.

Untuk perbaikan rumah Si Pitung, Sahat mengatakan, memang sudah ada rencana ke arah sana. Namun, saat ini pihaknya masih fokus pada renovasi pada sekitar rumah Si Pitung.

"Tapi kami pastikan akan menganggarkan perbaikan untuk bangunan rumah Si Pitung itu," ujarnya.

Dengan begitu, Sahat berharap dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung, selain juga untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Selama proses renovasi yang berlangsung pada 30 Oktober 2012 hingga 14 Desember 2012 ini, rumah Si Pitung ditutup untuk sementara. Rencananya, jika rehabilitasi tersebut selesai, kata Sahat, maka pihaknya akan meningkatkan promosi cagar budaya tersebut.

"Tahun depan kami memprogramkan ada pagelaran. Nantinya akan melibatkan masyarakat, karang taruna, pelajar, dan lainnya. Setiap akhir pekan itu ada lebih kurang 700 pengunjung. Untuk target dari jumlah itu bisa meningkat 30 persen nanti," ujar Sahat.

 

Editor :
Hertanto Soebijoto

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Rp 2,1 Miliar untuk Renovasi Rumah Si Pitung.


Ada Lagi Korban Tewas di Kandahar

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

0037227620X310 Ada Lagi Korban Tewas di Kandahar Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com – Kandahar kembali menjadi ajang pengeboman bunuh diri. Kali ini, seorang pengebom bunuh diri bersepeda motor meledakkan dirinya dan mencabut nyawa delapan orang.

Secara rinci, AFP dalam wartanya pada Kamis (8/11/2012), menuliskan insiden itu terjadi pada fajar. Kala itu, pasukan Afganistan yang kini meningkat tanggung jawabnya tatkala pasukan NATO bersiap mundur dari negeri itu hingga akhir 2014 tengah berpatroli.

Dalam kejadian itu, lalu, tiga korban tewas adalah polisi dan lima lainnya adalah tentara Afganistan. Juru Bicara Gubernur Kandahar Javed Faisal mengatakan hal itu.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab. Namun begitu, serangan serupa telah diklaim oleh Taliban yang berupaya  menurunkan pemerintahan Presiden Hamid Karzai dukungan AS.
   
Sementara itu, bom pinggir jalan menghantam sebuah truk bak terbuka yang membawa tentara Afganistan. Kekerasan itu menewaskan lima orang dan melukai satu orang di Mehtarlam, ibu kota Provinsi Laghman, kata Sarhadi Zwak, juru bicara gubernur provinsi itu.
   
Dalam salah satu serangan terburuk baru-baru ini, seorang pengebom bunuh diri menewaskan lebih dari 40 orang, termasuk polisi dan warga sipil, di satu masjid di Maimana, ibu kota Provinsi Faryab di utara pada akhir bulan lalu.

Editor :
Josephus Primus

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ada Lagi Korban Tewas di Kandahar.


Bom Pinggir Jalan Tewaskan 10 Warga Sipil

Posted: 08 Nov 2012 01:52 AM PST

1620308 bom bunuh diri afganistan 620X310 Bom Pinggir Jalan Tewaskan 10 Warga Sipil JANGIR / AFP Petugas keamanan memeriksa sebuah mobil polisi yang hancur akibat serangan bom bunuh diri di Kandahar, Kamis (8/11/2012) pagi.

KABUL, KOMPAS.com – Bom pinggir jalan di Afganistan kembali memakan korban. Rombongan warga yang hendak menghadiri sebuah pesta pernikahan menjadi korban, Kamis (8/11/2012).

"10 warga sipil, termasuk empat perempuan dan satu anak-anak tewas, akibat bom pinggir jalan. Mereka ini hendal menghadiri pesta pernikahan di Distrik Musa Qala, Provinsi Helmand," kata juru bicara Gubernur Helmand, Ahmad Zeerak.

Selain korban tewas itu, tujuh anak-anak juga menderita luka-luka. Pemerintah setempat menuding kelompok Taliban berada di balik insiden berdarah ini.

Insiden ini mengakibatkan korban tewas akibat berbagai insiden serangan di Afganistan sepanjang hari ini berjumlah 18 orang.

Sebelumnya, di Kandahar, pengebom bunuh diri yang menggunakan sepeda motor menewaskan tiga anggota polisi Afganistan.

"Sekitar pukul 05.00 pagi, seorang pengebom bunuh diri yang menggunakan sepeda motor menyerang sebuah pos polisi, menewaskan tiga polisi dan melukai dua lainnya," kata juru bicara Gubernur Kandahar, Javed Faisal.

Insiden lainnya adalah bom pinggir jalan yang meledak dan menghancurkan sebuah truk yang menganggut prajurit angkatan darat Afganistan di Mehtarlam, Provinsi Laghman. Ledakan mengakibatkan lima tentara tewas.

 

Sumber :
AFP

Editor :
Ervan Hardoko

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bom Pinggir Jalan Tewaskan 10 Warga Sipil.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com