11.30.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Pemkab Bangka Selatan akan tertibkan pertambangan ilegal

Posted: 29 Nov 2012 06:19 PM PST

20120601bangka selatan Pemkab Bangka Selatan akan tertibkan pertambangan ilegal

Kabupaten Bangka Selatan (Antaranews/Grafis)

“Pertambangan timah ilegal di Babel cukup memprihatinkan, karena para pelaku pertambangan hanya mengambil kandungan timah dan tanpa melakukan reklamasi pertambangan, sehingga banyak lingkungan bekas pertambangan menjadi rusak dan sangat memperihatinkan,” Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Bangka Selatan, Hatamarsyid didampingi Staf Bidang Kehutanan Dinas Perkebunan dan Kehutanan Bangka Selatan, Sudarlin di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, dalam melakukan penertiban pertambangan ilegal di kawasan hutan lindung tersebut pemerintah melibatkan satuan pengamanan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polisi Kehutanan.

Pemerintah secara rutin melakukan sidak ke lapangan terutama di daerah rawan terjadinya pertambangan dalam skala besar.

Saat ini, kata Hatamarsyid, pertambangan ilegal dalam skala besar khusus untuk di Bangka Selatan sudah bersih, karena Kepolisian Daerah (Polda) Babel sudah menertibkannya.

“Untuk sementara tidak ada informasi ataupun pelaku pertambangan ilegal dalam skala besar yang berani beroperasi di kawasan hutan lindung Bangka Selatan,” katanya.

Akan tetapi, untuk pertambangan kecil yang masih menggunakan alat-alat tradisional diakuinya masih beroperasi secara tersebunyi.

“Pemerintah tidak bisa memantaunya secara rutin dalam kurun waktu 24 jam penuh di semua wilayah Bangka Selatan yang sangat luas ini,” katanya.

(KR-WRA/A035)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pemkab Bangka Selatan akan tertibkan pertambangan ilegal.


Ratu Kecantikan dan Pesona Mematikan Gembong Narkotika

Posted: 29 Nov 2012 06:10 PM PST

0928532 maria gomez p Ratu Kecantikan dan Pesona Mematikan Gembong Narkotika

Facebook
Maria Susana Flores Gamez

CULIACAN, KOMPAS.com – Mereka adalah ratu-ratu kecantikan tinggi-langsing yang kadang-kadang jatuh ke pelukan para pengedar narkotika Meksiko yang kaya raya dan kejam. Beberapa dari mereka beralih dari catwalk yang mengagungkan ke perp walk (parade memamerkan tersangka pelaku kejahatan di depan umum) yang memalukan.

Namun bagi Maria Susana Flores Gamez, Putri Sinaloa 2012, hal itu menjadi sebuah contoh kasus tentang pesona yang matikan. Gadis berambut coklat berumur 22 tahun itu tewas dalam baku tembak antara sebuah tersangka geng obat bius dengan tentara di Negara  Bagian Sinaloa di Meksiko barat laut pekan lalu.

Flores sedang naik mobil dengan para tersangka anggota geng, termasuk pacarnya, ketika kelompok itu terlibat baku tembak dengan tentara. Empat warga sipil, termasuk Flores, dan seorang prajurit tewas dalam baku tembak tersebut.

Tentara melaporkan, model itu keluar dari mobil dengan senjata di tangannya tapi dia tampaknya telah digunakan sebagai "perisai manusia," kata seorang pejabat  kantor kejaksaan. Pihak berwenang menduga, kelompok itu merupakan sebuah kelompok kecil yang sedang bekerja untuk kartel narkotika Sinaloa yang dipimpin Joaquin "El Chapo" Guzman, orang yang paling dicari di Meksiko, yang menikah dengan seorang ratu kecantikan.

Orang-orang di Culiacan, ibukota Sinaloa, mengklaim bahwa perempuan dari wilayah mereka adalah perempuan-perempuan paling cantik di Meksiko, terkenal sebagai perempuan berpostur tinggi dengan karakter yang tangguh. Namun beberapa dari mereka berakhir pada hubungan tragis dengan para pengedar narkotika yang melimpahi mereka dengan pakaian-pakaian mahal dari desainer papan atas, sepatu hak tinggi dan berlian.

Para gangster "selalu ingin didampingi perempuan cantik, dan mereka mengubah para perempuan itu sesuai selera mereka melalui operasi plastik," kata Elmer Mendoza, penduduk asli Sinaloa yang menulis novel tentang kartel narkoba, kepada AFP.

Tahun 2007, enam tahun setelah melarikan diri dari penjara dalam sebuah keranjang cucian, Guzman menikahi Emma Coronel Aispuro yang berusia 18 tahun, yang telah ia bantu meraih kemenangan dalam kontes kencantikan di sebuah kontes lokal di Negara Bagian Durango, tentangga Sinaola. Coronel dilaporkan telah melahirkan anak perempuan kembar di California pada Agustus 2011 tetapi tidak ditangkap.

Kasus Laura Zuniga, pemenang kontes kecantikan Nuestra Belleza Sinaloa tahun 2008, menginspirasi film "Miss Bala" (Miss Bullet) tahun 2011, yang mengisahkan seorang calon ratu kecantikan yang dipaksa masuk ke dunia kelam geng narkotika. Dalam kehidupan nyata, Zuniga ditangkap Desember 2008 di Negara Bagian Jalisco bersama tujuh tersangka anggota kartel Juarez. Dia kemudian dibebaskan.

Tahun 2011, model Kolombia, Juliana Sossa Toro, ditahan bersama pacarnya, tersangka pengedar narkoba asal Meksiko Jose Jorge Balderas, di Mexico City. Dia kemudian dibebaskan. Balderas dituduh telah menembak mantan pemain sepak bola Paraguay, Salvador Cabanas, di sebuah bar Mexico City tahun 2010.

Pertalian antara para perempuan cantik Sinaloa dengan para anggota gangster yang berkuasa bermula beberapa dekade lalu. Dalam salah satu kasus yang paling tua, Kenya Kemmermand Bastidas, "Senorita Sinaloa 1958," ditemukan tewas di Sisilia enam tahun setelah memenangkan kontes. Dia menikah dengan Vittorio Giancana, keponakan seorang bos mafia Italia-Amerika.

Tahun 1990, raja obat bius Francisco Arellano Felix menculik Carmen Lizarraga yang berusia 18 tahun demi mencegah ratu kecantikan Mazatlan Carnival itu menikahi seorang saingan. Tiga tahun kemudian, Arellano ditangkap dan dikirim ke penjara dengan keamanan maksimum. Ia dibebaskan tahun 2008.

Jose Carlos Ceniceros, salah seorang penulis bersama buku "Las Jefas del Narco" (The Women Narco Chiefs), mengatakan dunia berbahaya perdagangan narkotika dapat menjadi sebuah daya tarik ampuh buat para perempuan dengan kondisi ekonomi yang kurang menjanjikan. "Ini bukan hanya tentang uang. Ini juga tentang kekuasaan," katanya. "Ada pembunuh bayaran perempuan, misalnya, yang mungkin tidak secantik para kontestan ratu kecantikan," kata dia.

"Mereka terbiasa dengan sebuah kehidupan yang mewah dan (berani) mengambil risiko, dengan asumsi mereka akan segera mati, tetapi mereka menginginkan kemuliaan yang sesaat."

 

Sumber :
AFP

Editor :
Egidius Patnistik

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ratu Kecantikan dan Pesona Mematikan Gembong Narkotika.


Pemilik salon didakwa aniaya PRT Indonesia

Posted: 29 Nov 2012 06:10 PM PST

Pengadilan Majistret di Sungai Petani, mendakwa Khor Chia Lin telah melakukan penganiayaan pada pukul 11 pagi, pada tanggal 23 November 2012 di rumah nomor 22, Taman Petani Indah, Kedah, demikian dilaporkan sejumlah media masa lokal terbitan Kuala Lumpur, Jumat.

Dakwaan terhadap tertuduh mengikuti seksyen 324 Kanun Keseksaan dengan masa hukuman penjara hingga tiga tahun atau denda atau sebatan (sabetan).

Namun demikian, tertuduh tetap mengaku tidak bersalah setelah tuduhan itu dibacakan di hadapan hakim  Intan Farena Zainal Abdidin.

Atas kasus ini, pengacara Loo Yok Khin mewakili terdakwa  memohon penangguhan penahanan dengan uang jaminan yang diperkecil karena terdakwa telah memberikan kerja sama selama proses pemeriksaan polisi.

Hakim Intan Nurul Farena mengabulkan permohonan itu dan terdakwa diwajibkan membayar 5.000 ringgit (Rp15 juta) dengan seorang penjamin dan menetapkan kasus disidang kembali pada 2 Januari tahun depan.

Ibu tertuduh yang sebelumnya turut ditahan,  dibebaskan karena tidak terbukti terlibat dalam kasus tersebut.

Konjen Penang, Sofiana Mufidah yang hadir menyaksikan persidangan menjelaskan bahwa proses hukum sudah berjalan dan berharap bisa terselesaikan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Ia juga mengatakan bahwa Suryani kini berada dalam penjagaan perwakilan Republik Indonesia di Penang. “Kondisi dia masih lemah, tapi sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan,” katanya.

terlambat bangun
Sebelumnya Suryani menjelaskan bahwa dia dipukuli oleh majikannya di Kedah, Malaysia gara-gara persoalan sepele terlambat bangun pagi.

Suryani mengaku, kekejaman majikannya sudah berlangsung sejak ia mulai bekerja enam bulan lalu.

Tidak tahan terus dipukuli dan sering dimaki-maki, bahkan diancam dipulangkan, akhirnya dia memutuskan untuk lari dari rumah majikannya.

Dia mengaku sering diancam dipulangkan ke Indonesia jika enggan menuruti perintah majikan.

“Majikan saya selalu minta saya mengerjakan banyak pekerjaan. Pada Jumat lalu (23/11) saya bekerja hingga malam. Karena terlalu letih, keesokan harinya, saya terlambat bangun sekitar pukul 07.00 pagi. Majikan pun marah dan tidak senang dengan alasan terlambat bangun itu,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Suryani, majikannya bertindak kasar dengan memukul tangan, badan dan wajahnya dengan benda keras hingga bengkak dan sakit.

Suryani menambahkan sebelumnya dirinya juga sering mendapatkan perlakukan kasar dari majikannya tersebut.

Tidak mampu menahan derita ini lagi, akhirnya dia putuskan untuk melarikan diri dari rumah majikannya di Taman Sejahtera, Sungai Petani, Kedah.

Dia kemudian diselamatkan oleh tetangga majikannya dan segera memberikan pertolongan mengingat kondisi tubuhnya yang sangat lemah.

(N004)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pemilik salon didakwa aniaya PRT Indonesia.


Napi Bollangi Kendalikan Bisnis Sabu dari Balik Bui

Posted: 29 Nov 2012 06:05 PM PST

 Napi Bollangi Kendalikan Bisnis Sabu dari Balik Bui RONY ARIYANTO NUGROHO Ilustrasi narkoba

MAKASSAR, KOMPAS.com – Amri, seorang narapidana kasus narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapastika) Bollangi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tetap bisa berbisnis sabu-sabu. Dia dibantu adiknya, Yusuf alias Ucu (42), yang berada di luar penjara.

Aparat Satuan Narkotika Polres KPPP Pelabuhan Makassar menangkap Yusuf di rumahnya di kompleks dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) di Jalan Sunu Makassar, Kamis (29/11/2012). Dari penangkapan itu, polisi menyita delapan paket sabu serta perlengkapan isapnya.

Kepala Unit (Kanit) Narkoba Polres KPPP Pelabuhan, Inspektur Dua (Ipda) Muh Warpa mengemukakan, penangkapan adik bandar narkoba setelah anggota mendapat laporan masyarakat. Kepada polisi, Yusuf mengaku obat haram tersebut milik Amri. Sedangkan Amri sudah beberapa bulan mendekam di sel Lapastika Bollang setelah tertangkap oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel.

"Saat ini, anggota (polisi) masih mengembangkan keterangan Yusuf mencari jaringan lain.Termasuk kita akan proses kembali Amri, bandar narkoba yang telah ditangkap BNN beberapa bulan lalu dan sudah mendekam di Lapas Bollangi," paparnya.

Editor :
Kistyarini

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Napi Bollangi Kendalikan Bisnis Sabu dari Balik Bui.


Korban Penganiayaan Ibu Tiri Dididik ala Militer

Posted: 29 Nov 2012 06:02 PM PST

1725397 tersangka penganiayaan anak hingga tewas 620X310 Korban Penganiayaan Ibu Tiri Dididik ala Militer KOMPAS.com/IMANUEL MORE GHALE N (26), tersangka dalam kasus penganiayaan anak tirinya, Ainy Yunistisia (4), sebelum dipindahkan ke Mapolres Tangerang, Kamis (29/11/2012). Ainy meninggal dunia pagi tadi setelah sempat dirawat selama empat hari di RS Fatmawati.

JAKARTA, KOMPAS.com – Nahnu Hadi Saputra (39), ayah kandung Ainy Yunistisia (4), bocah yang tewas akibat penganiayaan ibu tiri, mengakui bila istrinya telah mendidik anaknya secara keras. Dia mengungkapkan, N (26), istri keduanya yang menjadi tersangka dalam kasus ini menerapkan disiplin ala militer dalam mendidik anak-anaknya.

quote 1 Korban Penganiayaan Ibu Tiri Dididik ala Militer
Saya bilang mereka masih kecil, masih berkembang, harusnya kalau mau mendidik itu ya didikan yang wajar
– Nahnu Hadi Saputra
quote 1 Korban Penganiayaan Ibu Tiri Dididik ala Militer

"Cara mendidiknya memang terlalu tegas, cara militer," tutur Nahnu di tempat pemakaman Ainy Yunistisia, putrinya, di pemakaman tanah wakaf Putra Guna, Jalan Deplu Raya, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2012).

Nahnu sudah setahun menikahi N. Kedua putri dari istri pertamanya, Agusdiana Ekawati (28), secara bergantian tinggal di rumahnya di Pondok Aren dan rumah Agusdiana di Pondok Pinang. Nahnu menjelaskan, dia sudah berupaya memberi pengertian kepada istrinya untuk mengerti kenakalan yang biasa dilakukan anak-anak. Ia berharap istrinya bisa mendidik dengan cara-cara normal. Namun, penyiar radio ini enggan merinci cara mendidik anak yang dilakukan istrinya.

"Saya bilang mereka masih kecil, masih berkembang, harusnya kalau mau mendidik itu ya didikan yang wajar," kata Nahnu.

Meski demikian, pemilik usaha warnet itu mengaku tidak pernah melihat istrinya mengasari anak-anaknya dengan pukulan. Karena itu, ia sempat tak percaya mendengar proses hukum yang harus dijalani istrinya.

"Walaupun istri saya tegas mendidik anak, dia nggak pernah saya lihat sampai bermain kasar," ucap Nahnu.

Ainy meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Kamis pagi, setelah sempat dalam kondisi kritis sejak masuk pada Minggu (25/11/2012). Data medis menunjukkan penyebab kematian korban karena otaknya mengalami pergeseran dan pembuluh darahnya pecah. Hal ini merupakan akumulasi dari rangkaian penyiksaan yang dialami putri kedua Nahnu-Agusdiana Ekawati.

Sebelum dibawa ke rumah sakit, korban kembali mengalami penganiayaan oleh ibu tirinya. Tangannya diikat, kepalanya dibentur-benturkan ke tembok, mulutnya dipukuli dengan menggunakan talangan, badannya dipukuli dengan pipa, dan tubuhnya kemudian dibanting ke kursi. Barang bukti berupa pipa dan talangan telah diamankan petugas kepolisian. Sedangkan tersangka, telah dipindahkan ke Polresta Tangerang Selatan karena tempat kejadian perkara berada di Pondok Aren.

Jenazah Ainy telah dikebumikan di Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Kamis tadi kemarin. Nahnu sendiri sempat tak sadarkan diri menyaksikan pemakaman anak kandungnya.

Editor :
Hertanto Soebijoto

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Korban Penganiayaan Ibu Tiri Dididik ala Militer.


Televisi pendidikan China dilarang siaran karena “lupa” sensor

Posted: 29 Nov 2012 06:00 PM PST

Menurut surat edaran di jejaring Lembaga Negara Radio, Film dan Televisi (SARFT), Stasiun TV Pendidikan Jiangsu telah diblokir karena membuat program tak seronok yang telah tersebar di internet.

Stasiun televisi tersebut didapati bertanggungjawab atas penyebar-luasan rekaman video mengenai program tayang-bincangnya “Bang Bang Bang”. Di dalam rekaman itu, tindakan jangak  (tidak senonoh) dan penyebutan secara tak seronok tidak dihentikan.

Di dalam rekaman video tersebut pada 24 November, ketika program itu dibuat, tiga tamu TV dan beberapa pemirsa terlibat dalam perbincangan. “Mereka mengungkapkan keburukan dan menimbulkan pengaruh sangat buruk,” kata surat edaran SARFT.

Selain itu, stasiun TV Pendidikan Jiangsu menyampaikan cakupan isinya, secara tidak sah, dan menayangkan sangat banyak acara yang di luar “topik pendidikan”. Semua itu bertentangan dengan peraturan, kata surat edaran tersebut.

SARFT telah mengeluarkan perintah untuk meningkatkan isi “positif”, sementara mengeluhkan “terlalu banyak program hiburan yang ditayangkan oleh stasiun TV dalam negeri”.

(C003)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Televisi pendidikan China dilarang siaran karena “lupa” sensor.


Guintoli Resmi Jadi Pengganti Biaggi di Aprilia

Posted: 29 Nov 2012 05:59 PM PST

20121130GuintoliResmiDucati Guintoli Resmi Jadi Pengganti Biaggi di Aprilia

Setelah sebelumnya rumor tentang pembalap pengganti Max Biaggi dirumorkan bakal diambil oleh Sylvain Guintoli, pembalap asal Perancis itu akhirnya secara resmi diumumkan oleh Aprilia. Keputusan ini diambil oleh Aprilia, setelah mengundang Guintoli di sesi tes privat World Superbike Championship (WSBK) di Jerez, Spanyol pekan ini.

Guintoli adalah sosok pembalap yang kami incar sebagai pengganti Max Biaggi. Bahkan saat pertama kali menunggangi Aprilia RSV4 saat pengetesan di Jerez, ia mampu menunjukkan performa terbaiknya. Kami yakin ia dan Eugene Laverty bisa meraih hasil terbaik nantinya. Sekarang kami mempersiapkan musim baru, dimana kami mempunyai motor pemenang dan dua pembalap terbaik, ungkap Gianluigi DallIgna, Direktur Sport Aprilia.

Kebanggaan DallIgna saat Guintoli memilih berlabuh ke tim ini, memang cukup beralasan. Pasalnya Guintoli adalah salah satu pembalap yang bertalenta bagus, hanya saja selama ini ia belum mendapat tim yang mampu memberikannya motor terbaik. Meski demikian, ia masih mampu meraih kemenangan pada beberapa race.

Senang rasanya karena saat melakukan pengetesan pada RSV4, rasanya cukup nyaman mulai dari kilometer paling awal. Cukup bangga juga bisa mengendarai motor juara dunia. Ini adalah fase penting dalam perjalanan karirku dan saya yakin bisa meraih beberapa hasil bagus dengan motor ini, yakin Guintoli.

Sebelum berlabuh ke tim Aprilia, Guintoli sendiri sudah beberapa kali dirumorkan menjelang akhir musim kompetisi 2012. Pertama kali adalah ia bakal memperkuat tim FIXY Crescent Suzuki, kemudian Alstare Ducati dan akhirnya berlabuh ke tim Aprilia. (otosport.co.id)

Penulis : Uda | Teks Editor : Uda | Foto : Infront Motorsport
Tags : Aprilia Racing, Aprilia, Sylvain Guintoli, Guintoli, Gianluigi Dall’Igna, Gigi Dall’Igna, Dall’Igna,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Guintoli Resmi Jadi Pengganti Biaggi di Aprilia.


Apple Rombak iTunes, Rilis Versi 11

Posted: 29 Nov 2012 05:54 PM PST

8dFVtMLjNB Apple Rombak iTunes, Rilis Versi 11iTunes 11 (foto:Cnet)

CALIFORNIA – Apple telah merilis iTunes 11 dengan beberapa perombakan dalam desainnya. Aplikasi musik terbaru itu kini telah bisa diunduh.

Dilansir dari Washington Post, Jumat (30/11/2012), perusahaan asal Cupertino itu sebenarnya telah menjadwalkan perilisan ini untuk Oktober lalu, namun mengatakan perlu waktu tambahan untuk melakukan perombakan.

Kini di versi 11, Apple telah melakukan perombakan total pada tampilan iTunes dengan tampilan desain yang terinspirasi dari iOS. Fokusnya adalah cover album yang bisa diperluas untuk menampilkan lagu dan track lainnya.

Library bar yang semula ada di sisi kiri, kini sudah ditiadakan sehingga tampilannya mirip seperti pada iPad. Namun, pengguna bisa mendapatkan bar itu kembali melalui menu View.

Di sisi lain, aplikasi ini juga dirancang agar lebih cepat. Hal itu sesuai dengan komplain banyak pengguna iTunes selama beberapa tahun ini, seiring aplikasi tersebut yang semakin luas dan menjangkau banyak hal.

Apple juga menambahkan penyatuan dengan iCloud dan Mini Player. Sementara itu, musik, podcast, film dan berbagai hal lain akan tersinkronisasi di tempat yang sama di semua perangkat. (yhw)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Apple Rombak iTunes, Rilis Versi 11

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Apple Rombak iTunes, Rilis Versi 11.


Suriah tanpa Internet dan sinyal Hape

Posted: 29 Nov 2012 05:38 PM PST

Mulai pukul 12.26 waktu setempat (17.26 WIB), saluran Internet internasional di Suriah telah terputus.

“Di meja saluran global, semua 84 IP address suriah sudah tak bisa dijangkau, sehingga efektif saluran Internet tak tersedia di negara itu,” kata perusahaan AS Renesys di jejaringnya seperti dikutip kantor berita China, Xinhua.

Menurut aktivis Suriah, pemerintah Suriah seringkali memutus layanan Internet dan telepon sebelum melancarkan operasi militer besar, yang pada Kamis memicu spekulasi tentang serangan dalam waktu dekat oleh pasukan militer pemerintah.

(C003)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Suriah tanpa Internet dan sinyal Hape.


Honda : ECU Tunggal Bukan Buat Pabrikan

Posted: 29 Nov 2012 05:27 PM PST

20121128 ECUtunggal 1 Honda : ECU Tunggal Bukan Buat Pabrikan
Sistem elektronik di MotoGP lebih kompleks dari mobil F1 karena gerakan badan pembalap memberikan reaksi berbeda ke sensor sistem elektronik, apalagi saat masuk tikungan. Belum lagi dengan pembatasan usia 6 mesin per musim balap dan jatah 21 liter bensin per seri.

Sehingga insinyur tim MotoGP memeras otak agar setiap tetes bensin tak ada yang terbuang percuma agar motor bisa finish. Setiap bagian yang bergerak di motor bisa dipantau secara online oleh kru di paddock, tentu bukan perkara murah membangun sistem komputer canggih ini.

Wajar budget tim pun tersedot di sini, belum lagi gosipnya ahli ahli elektronik digaji paling mahal dibanding anggota kru lain. Rencana Dorna untuk menekan pengeluaran tim, terutama budget riset, dengan melakukan serangkaian regulasi pembatasan apalagi menjelang tahun 2014 yang akan menjadi babak baru MotoGP.

Dengan kembalinya format 1.000 cc dengan maksimal 4 silinder dan piston 81 mm, lalu muncul rumor akan mulai dipakai ECU tunggal buatan Magneti Marelli untuk musim 2013 dan selanjutnya pembatasan putaran mesin untuk 2014.

Sejauh ini Dorna sudah melakukan pembicaraan intens dengan Magneti Marelli, firma Italia yang spesialis membuat sistem elektronik balap. Kami mempertimbangkan ini akan menjadi perangkat keras dan lunak yang sama buat semua tim, jadi ini belum final. Seperti ECU Moto3 yang memungkinkan mekanik mengkalibrasi dan tuning berdasarkan parameter yang ada, tapi mereka tidak bisa menulis ulang sistem piranti lunaknya, kata Corrado Cecchinelli, Direktur Teknologi MotoGP.

Berkaca dengan suksesnya ECU tunggal buatan DellOrto di kelas Moto3 yang diikuti 4 pembuat mesin berbeda, nampaknya Dorna percaya rencana penghematan besar ini akan sukses. Apalagi balap F1 sudah lebih dulu menerapkan sistem serupa sejak 2008.

Apalagi jika ECU tunggal plus software untuk MotoGP ini akan diberikan secara gratis ke semua tim sehingga diharapkan persaingan bisa merata terutama jarak yang jauh antara tim pabrikan dan satelit melawan motor CRT. Tapi sejauh ini Honda yang paling keras menolak tawaran Dorna ini.

20121128 ECUtunggal 2 Honda : ECU Tunggal Bukan Buat Pabrikan

Aturan ECU tunggal itu hanya akan menguntungkan tim CRT yang punya budget terbatas untuk mengembangkan sistem elektronik sendiri, buat tim pabrikan akan lebih masuk akal memakai sistem ECU yang sudah ada saat ini, kata Shuhei Nakamoto, bos HRC yang ditemui langsung di paddock Sepang saat GP Malaysia 2012.

Lebih jauh Nakamoto menyebutkan alih-alih menekan budget karena tim pabrikan, satelit dan CRT memakai ECU yang setara, maka yang terjadi insiyur tim pabrikan akan belajar ulang untuk memahami sistem kerja piranti keras dan lunak yang diwajibkan Dorna. Peralihan ini tak murah dan mudah dilakukan karena sekian tahun sudah terbiasa memakai sistem yang sudah familiar.

Nakamoto mengambil pengalaman dari Honda F1 saat di 2008 diharuskan memakai ECU tunggal, meski ada perbedaan mendasar karena di F1 masih ada celah untuk mengembangkan bagian dari software secara mandiri. Sedang di MotoGP nantinya akan terdiri satu paket komplit dari software, data logger, kabel, sensor sampai ECU.

Aturan tegas melarang tim memodifikasi software atau cara kerja sensor ini sehingga mekanik akan dibatasi oprek mapping pengapian, bahan bakar dan sistem kontrol traksi saja. Secara sekilas penolakan Nakamoto dan HRC ini lebih karena pemakaian piranti Magneti Marelli yang lebih dulu dipakai oleh tim Ducati dan Yamaha sejak masuk program MotoGP di 2003.

Sedangkan Honda memilih mengembangkan sistem sendiri dengan dukungan vendor internal, bahkan 2 tahun lalu merekrut insinyur spesialis sistem elektronik jebolan tim Honda F1 yang bubar. Hasilnya RC212V dengan sistem algoritma ala robot Asimo yang luar biasa kencang, lincah plus tak khawatir habis bensin bisa mendominasi MotoGP musim 2011.

Beralih ke sesuatu yang baru di saat sistem yang ada sudah berjalan sempurna tentu menjadi kerugian buat Honda secara investasi finansial dan sumber daya manusia. Sehingga Nakamoto memilih opsi ECU tunggal canggih Magneti Marelli untuk tim CRT saja. Bahkan rumor lain, kubu sayap tunggal lebih memilih opsi era ban bebas ketimbang ECU tunggal untuk mengembalikan pamor MotoGP. Bagaimana menurut Anda?. (otosport.co.id)

Penulis : Yongki | Teks Editor : Uda | Foto : Aspar
Tags : Regulasi MotoGP, MotoGP 2014, Regulasi MotoGP 2014, Regulasi Baru MotoGP, CRT, Prototipe, Prototipe,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Honda : ECU Tunggal Bukan Buat Pabrikan.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com