7.10.2011

Bakso Ikan Blue Merlin Diminati Turis Asing


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

bedugul Bakso Ikan Blue Merlin Diminati Turis Asing

“Setiap hari puluhan turis asing berkunjung untuk mencoba bakso ikan blue merlin, mereka menyukai makanan ini selain enak, bakso ikan blue merlin juga berkhasiat,” kata pedagang bakso di Kecamatan Pesisir Tengah, Lampung Barat, Bahrudin (38) sekitar 320 Km dari Bandarlampung, di Krui Minggu.

Dia menjelaskan, bakso ikan blue merlin menjadi makan khas pesisir Lampung Barat.

Menurut dia, kelezatan bakso ikan blue merlin membuat wisatawn asing itu ketagihan.

“Setiap kali turis asing itu berkunjung di Lampung Barat, makanan yang paling mereka cari yakni bakso ikan, sehingga saat meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asing di Lampung Barat, saya harus menyiapkan stok lebih bakso ikan guna mencukupi permintaan,” kata dia.

Kemudian lanjut dia, bakso ikan blue merlin menjadi pilihan wisata kuliner bagi wisatawan asing dan domestik.

Bakso ikan blue merlin menjadi salah satu makanan khas pesisir Lampung Barat, Provinsi Lampung, dan menjadi icon daerah tujuan wisata kuliner khas pesisir.

Berlimpahnya potensi ikan blue merlin di perairan Lampung Barat, membuat pengusaha makanan tidak mengalami kesulitan mencari bahan baku utama bakso tersebut.

Bakso ikan blue merlin terbuat dari tempung dan daging ikan blue merlin yang ditamnbah dengan bumbu delapan tradisiona membuat rasa bakso ikan tersebut berbeda.

Harga bakso ikan blue merlin bekisar Rp7 ribu per porsi, rata-rata pedagang mampu menjual sekitar 50 mangkok bakso ikan blu merlin, jumlah tersebut akan meningkat bila kunjungan turis asing meningkat pula.

Harga daging ikan blue merlin mencapai Rp35 hingga Rp40 ribu per Kilogram, sebagian besar daging ikan blue merlin Lampung Barat didistribusikan di sejumlah wilayah diantaranya Bandarlampung, Bengkulu, dan Jakarta.

Di Kabupaten Lampung Barat, ikan blu merlin telah menjadi maskot daerah. Bahkan, patung ikan tersebut dapat kita temui di Krui.

Salah seorang turis bearsal dari Negara Belanda, Jipshon (32) mengatakan, rasa bakso ikan blue merlin sangat lezat.

“Setiap kali saya berkunjung di Lampung Barat, belum lengkap tanpa makan bakso ikan blue merlin, sebab makanan ini menu wajib saat berkunjung di Lampung Barat,” kata dia.

Wisatawan itu menuturkan, hampir setiap hari para turis mengkosumsi bakso ikan blue merlin sebagai menu makan siang.

“Makanan yang terbuat dari ikan blue merlin terlanjur melekat di lidah turis, sehingga saat berkunjung ke Lampung Barat menu utama yang dicari yakni bakso ikan blue merlin, dan berharap makanan ini akan terus ada di Lampung Barat, dan menjadi makanan favorit wisatawan asing,” katanya. (ANT049/K004

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bakso Ikan Blue Merlin Diminati Turis Asing.


jonathan.f 10 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/bakso-ikan-blue-merlin-diminati-turis-asing-264136.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com