7.31.2011

Sekolah Diimbau Kurangi Kegiatan Fisik Selama Ramadhan


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

20100713143856 awalmasuksekolah 120710 Sekolah Diimbau Kurangi Kegiatan Fisik Selama Ramadhan

“Kami sudah sosialisasikan kebijakan terkait pengaturan kegiatan sekolah selama Ramadhan di sekolah-sekolah,” kata Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi Bina Program Dinas Pendidikan Dasar Bantul, Juwahir, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan fisik di sekolah biasanya terdapat pada pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes), di antaranya senam, lari maupun kegiatan fisik di lapangan di luar sekolah.

“Pada bulan puasa nanti kegiatan semacam itu ditiadakan dan diganti dengan pemahaman teori, simulasi, atau pelajaran yang disampaikan tidak melalui kegiatan menguras tenaga,” katanya.

Dengan begitu, kata dia, semua siswa terutama yang sedang menjalankan ibadah puasa tidak terganggu, dan tetap khusuk dalam beribadah maupun menjalankan amalan-amalan di bulan puasa.

“Hal tersebut berlaku bagi seluruh sekolah di Bantul, dan terhadap siswa yang tidak menjalankan ibadah puasa diimbau menghormati dengan tidak menampakan makan dan minum selama berada di sekolah,” katanya.

Juwahir mengatakan selain kegiatan fisik di sekolah agar dikurangi, juga aturan jam sekolah selama Ramadhan lebih diperpendek dari sebelumnya, atau berkurang sekitar lima menit hingga 10 menit untuk setiap mata pelajaran.

“Di sekolah dasar (SD) dan menengah pertama (SMP) di Bantul rata-rata terdapat enam hingga tujuh jam pelajaran, sehingga jika diakumulasikan akan berkurang antara 45 menit hingga 60 menit per hari,” katanya.

Menurut dia, untuk SD dari biasanya pulang pada pukul 12.15 WIB menjadi lebih cepat atau pada pukul 11.30 WIB, sedangkan SMP dari sebelumnya pulang pukul 13.30 WIB menjadi pukul 12.30 WIB.

“Pengurangan kegiatan fisik maupun jam belajar sekolah itu berdasarkan surat edaran (SE) dari Kepala Dinas Pendidikan Dasar, dan telah diinstruksikan sejak tahun-tahun sebelumnya,” katanya.(*)

(ANT-068/M008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Sekolah Diimbau Kurangi Kegiatan Fisik Selama Ramadhan.


jonathan.f 31 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/sekolah-diimbau-kurangi-kegiatan-fisik-selama-ramadhan-279264.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com