7.24.2011

Nelayan Cilincing Gelar Pesta Laut Hari ini


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

pesta laut472327@ Nelayan Cilincing Gelar Pesta Laut Hari ini
ilustrasi/dok antSuku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara Minggu (24/7/2011), menyelenggarakan Nadran XII untuk Pesta Laut 2011 di Kampung Nelayan, Cilincing, Jakarta Utara.

Menurut Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, pesta laut yang diselenggarakan tersebut sebagai wujud rasa syukur dan sekaligus pelestarian budaya tradisional masyarakat nelayan di Cilincing.

“Acara nadran merupakan pelestarian budaya. Nadran merupakan tradisi yang lahir dari masyarakat pesisir dalam memperkaya konsepsi dan tujuan pembangunan berbasis kelautan,” ungkapnya.

Pesta laut Nadran dijelaskan Bambang Sugiyono merupakan pelestarian budaya, yang sekaligus merupakan ungkapan syukur kepada Sang Pencipta. “Acara Nadran nantinya akan menjadi event budaya yang sekaligus mempromosikan hasil laut,” ujarnya.

Dijelaskan Bambang, lokasi Nadran yang berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilincing dapat menciptakan obyek wisata di wilayah pesisir Jakarta Utara.

Dikatakan Walikota, Nadran yang sudah dilakukan masyarakat Jakarta Utara ada juga yang menjadi obyek wisata di utaranya Jakarta. Pada acara pesta laut yang diadakan sekali setahun tersebut akan dimeriahkan pagelaran wayang kulit, pemotongan kerbau, pakaian adat 33 provinsi, dan pawai kapal- kapalan oleh 14 kelompok nelayan.

Dalam acara nadran akan berebut air jamas, yakni darah kerbau sebagai air berkah dan gunungan yang dilarungkan. Dengan ritual Nadran tersebut, nantinya diharapkan tumbuh kebersamaan masyarakat pesisir. Sebab, dalam sejarah masyarakat pesisir multietnis ini memiliki beragam budaya dan hidup saling berdampingan.

Sementara itu, H Ahmad tokoh nelayan Cilincing saat ditemui mengatakan kegiatan syukuran pesta laut ditolak warga RT 03 dan 05 RW 04, yang merupakan warga nelayan.

Bahkan rukun nelayan Cilincing maupun Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) tidak dilibatkan dalam kegiatan pesta laut.

“Kami protes kegiatan pesta laut tidak melibatkan warga nelayan. Pihak pemda yang mengadakan kegiatan nadran melibatkan warga diluar nelayan,” keluhnya.

Bahkan warga nelayan protes dengan memasang umbul-umbul dengan karung garam,” tegasnya. Padahal, kegiatan pesta laut disponsori Pertamina dan rokok Djarum Coklat.(anto/dwj)

Dibaca 21 X

source: berita8 news

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Nelayan Cilincing Gelar Pesta Laut Hari ini.


berita8.sosial 24 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/nelayan-cilincing-gelar-pesta-laut-hari-ini-274533.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com