7.19.2011

Pemerintah Siapkan Lahan 350 Hektare


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Selasa, 19 Juli 2011 02:04 WIB

20110718 115509 lahan2 Pemerintah Siapkan Lahan 350 Hektare

Foto : Tanaman Tebu—MI/Agustanto/ip

JAKARTA: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah akan menyiapkan lahan seluas 350 ribu hektare dalam rangka swasembada gula 2014.

“HPK (Hak Pengelolaan Konversi) itu besar. Jadi kalau 350 ribu hektare itu enteng, ada. Hanya sekarang masalahnya kan para pengusaha harus minta ke bupati atau gubernur untuk mendapat rekomendasi,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (18/7).

Menurut dia, lahan dan hutan yang ideal untuk dikonversi untuk dapat ditanami tanaman tebu adalah wilayah Lampung, Sumatera Selatan, Jawa, Papua, Nusa Tenggara Barat dan Maluku.

“Tapi Jawa dan Sumatera kan kawasan hutannya terbatas, oleh karena itu kawasan yang boleh itu namanya HPK, HPK itu yang boleh dikonversi. Itu yang luas di Papua, Maluku, dan sebagian kecil di Sumatera Selatan. Itu yang bisa dikonversi untuk tebu lebih dari 350 hektare yang tersedia,” ujarnya.

Ia menjelaskan saat ini izin yang telah diterbitkan adalah untuk wilayah Sumatra Selatan seluas 100 ribu hektare dan Papua seluas 100 ribu hektare dan nantinya pengelolaan diserahkan kepada industri pengolahan tebu.

Namun, saat ini baru sekitar 25 ribu hektare yang telah mendapat kepastian pengelolaan yaitu lahan milik PT Rajawali Corp. di Merauke, Papua.

“Sekarang saja 300 ribu sudah ada (yang sudah terealisasi), tapi apakah itu sudah dibikin pabrik atau tebu, itu di industri. Kita hanya memberi izin saja. Lepas wewenangnya kalau sudah mulai masuk industri,” ujar Zulkifli. (Ant/OL-2)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pemerintah Siapkan Lahan 350 Hektare.


whitefox 19 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/pemerintah-siapkan-lahan-350-hektare-270524.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com