7.09.2011

Polisi Tes Alkohol Sopir Bus Jelang Lebaran


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

sopir bis (ts) dlm Polisi Tes Alkohol Sopir Bus Jelang Lebaran

Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Irjen Pol Djoko Susilo usai jumpa pers Program Aksi Keselamatan Jalan di Gedung Bappenas Jakarta, Jumat, menyebutkan, tes tersebut terutama ditujukan kepada pengemudi bus malam.

Djoko menjelaskan, tes alkohol yang akan diterapkan bagi pengemudi bus adalah yang pertama kalinya dilakukan pada lebaran 2011 ini.

Sebelumnya pihak kepolisian telah melakukan tes kesehatan dan tes narkoba bagi para pengemudi.

“Itu [tes] yang sudah dilakukan adalah tes kesehatan, narkoba yang dilakukan oleh unit kesehatan dan narkoba oleh BNN (Badan Narkotika Nasional), nah tahun ini akan ditambah satu unit lagi untuk pemeriksaan alkohol,” katanya.

Alasan diterapkannya pemeriksaan alkohol karena para awak bus, terutama bus malam biasanya akan menenggak minuman beralkohol dalam tugasnya, meski tidak semua awak bus seperti itu.

“Tes ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas di jalan, kalau tes alkohol kan gampang, hanya dengan sebuah alat ditaruh di mulut, dengan bicara pun bisa mengetahui kadar alkohol dari si pengemudi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, tes alkohol akan diterapkan di beberapa titik keberangkatan bis. Antara lain adalah Terminal Pulo Gadung, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Lebak Bulus.

“Polda juga kami himbau untuk melakukan hal yang sama, mengingat armada bus biasanya istirahat di tengah perjalanan, kalau misalnya dari Jakarta si pengemudinya bersih, siapa tahu di tengah jalan mereka menenggak juga minuman itu (beralkohol),” ucapnya.

Ditambahkannya, pemeriksaan terhadap para pengemudi itu diberlakukan pada musim Lebaran 2011, yakni mulai H-7 sampai dengan H+7 Lebaran.

“Ini semua dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang menggunakan bus,” katanya. (ANT135*A039/Z002/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Polisi Tes Alkohol Sopir Bus Jelang Lebaran.


happyme 09 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/polisi-tes-alkohol-sopir-bus-jelang-lebaran-263740.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com