7.17.2011

Tentara Afghanistan Bunuh Serdadu NATO


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Afghan army soldiers Tentara Afghanistan Bunuh Serdadu NATO

Kejadian terkini dalam serangkaian penembakan oleh anggota “nakal” pasukan keamanan negara terkoyak perang itu terjadi hampir 25 kilometer dari kota Lashkar Gah, tempat kendali keamanan dijadwalkan diserahkan kepada pasukan Afghanistan pada pekan ini, lapor Reuters.

Wilayah itu adalah salah satu dari tujuh tempat untuk tahap pertama peralihan bertahun-tahun, yang direncanakan selesai pada ahir 2014.

Penembakan itu terjadi dalam ronda bersama keamanan. Ia lari sesudah itu,” kata reserse kawakan polisi, yang minta tidak dinamai, karena tidak berwenang berbicara kepada media.

Pasukan Bantuan Keamanan Asing (ISAF) pimpinan persekutuan pertahanan Atlantik utara NATO menyatakan menyelidiki kejadian di Afganistan selatan.

“Seseorang mengenakan seragam Tentara Negara Afghanistan mengarahkan senjatanya ke anggota Pasukan Bantuan Keamanan Asing di Afghanistan selatan pada hari ini, menewaskan seorang anggota,” kata pernyataan ISAF.

Juru bicara Taliban Qari Mohammad Yousuf menyatakan prajurit ANA (Tentara Negara Afghanistan) menyerah kepada Taliban setelah membunuh lima tentara asing di luar Lashkar Gah pada pagi ini.

“Dia bukankah salah satu dari kami. Ia minta perlindungan dan kami setuju,” kata Yousuf kepada kantor berita Inggris Reuters melalui telepon dari tempat dirahasiakan.

Pejuang garis keras itu dituduh sering melebih-lebihkan jumlah korban dan medan perang.

Pasukan Amerika Serikat dan NATO bergegas melatih tentara dan polisi Afghanistan untuk peralihan bertahap.

Dalam menyoroti kesulitan tugas itu, serangkaian peristiwa terjadi 18 bulan belakangan, saat polisi dan tentara Afghanistan, atau pejuang menyusupi pasukan keamanan, mengarahkan senjata ke pelatih mereka.

Peristiwa serupa lain terjadi di Helmand pada Mei, ketika dua tentara Amerika Serikat tewas di markas polisi.

Puluhan tentara asing ditembak mati polisi dan tentara pembangkang atau gerilyawan menyamar sebagai anggota pasukan keamanan Afghanistan.

Dalam salah satu kejadian paling mematikan pada April, seorang pilot Afghanistan menembak mati enam tentara asing di pusat pelatihan NATO bagi angkatan udara negara itu di Kabul.

Taliban mendaku bertanggung jawab atas peristiwa itu, tapi pejabat Afghanistan dan asing menyatakan itu diduga terjadi sesudah pertengkaran antara pilot tersebut dengan petugas asing itu.

Pada Mei, satu tentara persekutuan tersebut tewas sesudah seorang berseragam tentara Afghanistan menembaknya di bagian selatan negara itu.

Korban di kalangan sekutu di Afghanistan melonjak tinggi dalam beberapa tahun belakangan.

Sejumlah 310 tentara asing tewas pada 2011, kata kantor berita Prancis AFP berdasarkan atas angka laman mandiri icasualties.org, yang melacak kematian NATO di Afghanistan and Irak.

Sekitar 130.000 tentara ISAF berada di Afghanistan untuk membantu pemerintah Kabul memerangi pejuang pimpinan Taliban dan sekutunya, termasuk dari negara lain.

Sejumlah 2.590 tentara asing tewas di negara terkoyak perang itu sejak serbuan pimpinan Amerika Serikat pada 2001 untuk menggulingkan pemerintah Taliban, yang menolak menyerahkan Osama bin Laden, yang dituduh melancarkan serangan di negara adidaya tersebut.

Korban terbanyak ialah tentara Amerika Serikat dengan 1,661 orang, diikuti Inggris (375), Kanada (157), Prancis (70), Jerman (52), Denmark (41), Italia (37), Spanyol (33), Polandia (27), Belanda (25), Australia (24), dan sisanya dari negara lain. Sekitar 40 negara terlibat dalam gerakan itu. (B002/S008/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Tentara Afghanistan Bunuh Serdadu NATO.


happyme 17 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/tentara-afghanistan-bunuh-serdadu-nato-269192.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com