7.05.2011

“Tolong Presiden SBY, ke Mana BNP2TKI?”


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
2013549620X310 Tolong Presiden SBY, ke Mana BNP2TKI? KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi

MALANG, KOMPAS.com – Soliki (51), suami dari Zaenab (37), tenaga kerja wanita (TKW) asal Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang bekerja di Arab Saudi dan disekap majikannya, terus berharap istrinya bisa pulang ke Indonesia dengan selamat.

"Saya dan keluarga saya di sini terus berharap dan menunggu Zaenab bisa pulang dengan kondisi sehat. Saya sudah menghubungi PT Youmba Biba Abadi yang memberangkatkan istri saya itu, namun tak ada hasilnya," tutur Solikin, Senin (4/7/2011) malam kepada Kompas.com.

Saat ini, kata Soliki, pihaknya hanya bisa berharap kepada Pemerintah Kabupaten Malang, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), bahkan berharap kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

"Dengarlah suara kami ini. Tolong Presiden SBY, ke mana BNP2TKI itu?" kata Solikin.

Solikin mengatakan, sejak Zaenab berangkat ke Arab Saudi sejak 2 tahun lalu, ia baru bisa mengirimkan uang sebanyak 7.000 real.

"Itu pun hanya satu kali saja dia pernah mengirimkan uang kepada saya dan keluarganya," ucapnya.

"Istri saya dan enam temannya yang lain minta agar segera diusahakan bisa pulang ke Indonesia. Mereka mengaku tidak kuat lagi bekerja kepada majikannya karena sering disiksa. Itu keluhannya kepada saya," kenang Solikin.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang, Djaka Ritamtama, pihaknya telah menghubungi pihak PT Youmba Biba Abadi, terkait kasus TKW asal Malang tersebut. Bahkan, kata Djaka, pihaknya sudah meminta kepada PT Youmba agar segera mencari tahu siapa Petugas Lapang (PL) yang dipekerjakan di wilayah Kabupaten Malang saat merekrut Zaenab.

"Tadi kami sudah menghubungi pihak PT Youmba. Pihaknya berjanji akan menindak lanjuti persoalan tersebut. Saya langsung memberi peringatan kepada PT Youmba," kata Djaka.

Ia mengatakan, apabila penyekapan tersebut benar terjadi pada Zaenab dan teman-temannya, hal tersebut akan menjadi persoalan besar bagi perusahaan yang memberangkatkan.

"Jelas itu adalah kesalahan PT Youmba yang tidak memantau keadaan TKW yang diberangkatkannya," tegas Djaka melalui telepon.

"PT Youmba harus bertanggung jawab. Mereka sudah jelas kurang bagus dalam mengawasi tenaga kerja yang diberangkatkan ke Arab Saudi," katanya.

Djaka juga mengancam akan menuntut secara hukum perusahaan tersebut jika terbukti Zaenab disiksa dan disekap majikannya. Ia mengatakan, PT Youmba agar bersiap-siap menghadapi persoalan hukum.

"Pokoknya, dalam waktu dekat PT Youmba segera memulangkan Zaenab, karena masa kerjanya sudah habis," ungkapnya.

Djaka mengakui, pihak keluarga Zaenab memang sudah berkali-kali meminta tolong kepada PT Youmba. Namun, hingga kini belum juga ada respon.

"Hal itu jelas juga pelanggaran yang tidak seharusnya dilakukan PT Youmba," kata Djaka.

Adapun berdasarkan penuturan keluarga Zaenab, beberapa nama TKW yang saat ini masih disekap oleh majikannya di Arab Saudi antara adalah Zaenab binti Poniman (Malang, Jawa Timur); Saniah binti Ahmad (Sumenep, Jawa Timur); Umiyatun binti Suparto (Gombong, Pati, Jawa Tengah); Solihat binti Anik (Bandung, Jawa Barat); Rara binti Uut (Sukabumi, Jawa Barat); Sri Susanti binti Nyanyang (Sukabumi, Jawa Barat).

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Tolong Presiden SBY, ke Mana BNP2TKI?

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - “Tolong Presiden SBY, ke Mana BNP2TKI?”.


blackmaverick 05 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/tolong-presiden-sby-ke-mana-bnp2tki-260433.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com