7.02.2011

Yuk Nabung Sampah!


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
2356442620X310 Yuk Nabung Sampah! KOMPAS/ANDY RIZA HIDAYAT Aktivitas penimbangan sampah di Bank Sampah Poklili, Sukmajaya, Kota Depok.

DEPOK, KOMPAS.com – Menabung sampah? Mengapa tidak. Warga Kelurahan di  Kecamatan Sukmajaya, Depok, membuka Bank Sampah Poklili. Bank ini sementara hanya buka setiap Jumat menampung tabungan sampah warga. Setiap tabungan sampah ditimbang, dihitung, dan ditaksir nilainya. Pada saat tertentu, tabungan ini dapat diambil oleh nasabah sesuai keinginannya.

"Saat ini, nasabah Bank Sampah Poklili mencapai 125 orang. Bukan hanya dari kelurahan sini saja, melainkan juga dari wilayah lain. Bahkan lain kota," kata pendiri Bank Sampah Poklili saat ditemui Kompas, Jumat (1/7/2011) di Depok, Jawa Barat.

Pada hari Jumat, tidak hanya ada penimbangan sampah. Namun pengelola juga menggelar pelatihan memanfaatkan sampah sehingga dapat bernilai ekonomi. Jumat ini, ada kunjungan Profesor Kozo Obara dari Kagoshima University, Jepang. Kunjungan ini untuk melihat langsung pengelolaan sampah di Bank Sampah Poklili.

Naya (27), nasabah asal Ciputat, Tangerang Selatan tertarik bergabung dengan bank ini sejak dua bulan lalu. Naya mengirim sampah setiap bulan ke Bank Sampah Poklili di Sukmajaya, Depok.

Meskipun jaraknya jauh, dia puas dapat memanfaatkan sampah. "Awalnya saya penasaran dengan pengelolaan sampah Bank Sampah Poklili. Saya tidak tahu ada pengolahan sampah di Ciputat," kata Naya.

Selain menjadi nasabah, Naya juga bergabung mengikuti pelatihan pengolahan sampah plastik.

Ketertarikan yang sama disampaikan Wanda (27), mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas (UI). Sebelum bergabung menjadi nasabah Bank Sampah Poklili, Wanda sudah mengolah sampah secara mandiri. "Jika gerakan pengolahan sampah menjadi kesadaran bersama, persoalan sampah bukan hal yang menakutkan," kata Wanda.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Yuk Nabung Sampah!

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Yuk Nabung Sampah!.


ananda.m 02 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/yuk-nabung-sampah-258824.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com