7.22.2011

13,9 Juta Hektar Jadi Kawasan Konservasi


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

news 1396 13,9 Juta Hektar Jadi Kawasan Konservasi

BANJARMASIN, KOMPAS.com – Sampai akhir 2010 ada 13,9 juta hektar perairan di Indonesia yang telah ditetapkan menjadi kawasan konservasi dari target 15,5 juta hektar pada tahun 2014. Dari 13,9 juta hektar tersebut ditargetkan ada sekitar 4,5 juta hektar yang dikelola secara efektif pada 2010-2014.

Demikian dikatakan Syamsul Bahri Lubis, Kepala Subdirektorat Konservasi Jenis Ikan , Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, di sela-sela lokakarya pengelolaan dan pengembangan kawasan konservasi perairan, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (21/7/2011).

Kawasan seluas 13,9 juta hektar itu baru penetapan di atas kertas. Bentuk pengelolaan efektifnya baru dimulai 2011 ini. 2010-2014 kita meningkatkan pengelolaan, yang 4,5 juta hektar dikelola secara efektif. Sedang yang lain tetap didorong tapi tetap harus ada prioritas sesuai kemampuan, ujarnya.

Dikelola secara efektif maksudnya pada kawasan konservasi itu terdapat sejumlah indikator, seperti memiliki rencana pengelolaan sampai 20 tahun ke depan dan keberadaan lembaga pengelola itu sendiri. Selain itu juga ada upaya monitoring dan perbaikan dari ekosistem yang ada di daerah konservasi tersebut. Sejauh ini, di luar kawasan yang 13,9 juta hektar itu umumnya belum memiliki lembaga pengelola.

Menurut Syamsul sejumlah daerah yang telah masuk ke kawasan konservasi antara lain berada di perairan Sawu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Juga kawasan Raja Ampat di Papua Barat dan beberapa titik di kawasan Sulawesi Selatan. Baru-baru ini juga dicadangkan kawasan konservasi nasional di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

"Di Anambas ini lebih kepada nilai strategis politis yakni berada di daerah perbatasan. Substansi konservasi, kan, tidak hanya melindungi sumber daya yang ada yang masih terjaga, tapi juga untuk keperluan lain, seperti strategis politis," ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, Said Ahmad, mengatakan, pihaknya akan menetapkan rencana tata ruang wilayah yang mana kawasan konservasi tidak boleh dilanggar untuk kepentingan apapun. Selama ini kawasan perairan Tanah Bumbu kerap dipakai untuk kepentingan ekonomi, salah satunya pelabuhan khusus batu bara.

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 13,9 Juta Hektar Jadi Kawasan Konservasi.


naomi 22 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/139-juta-hektar-jadi-kawasan-konservasi-273247.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com