7.13.2011

MK Berperan Penting Jaga Demokrasi


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

l111 MK Berperan Penting Jaga Demokrasi

Rabu, 13 Juli 2011 03:42 WIB

JAKARTA: Mahkamah Konstitusi berperan penting dalam menjaga sistem demokrasi di dalam suatu negara.

“Seperti yang telah dibicarakan keberadaan MK dipercayai dapat memperkuat nilai-nilai demokrasi suatu negara,” ujar Hakim Konstitusi M Akil Mochtar yang membacakan simpulan dari tim diskusi panel dalam Simposium Internasional Negara Demokrasi Konstitusional, Jakarta, Selasa (12/7).

Demokrasi, baca Akil, tidak akan terpenuhi dan juga bukanlah tujuan akhir sehingga MK harus selalu mengadaptasi perubahan masyarakat untuk menjawab tantangan yang didapatkan dari masyarakat.

Dalam sistem demokrasi, kata Akil, tim diskusi sepaham bahwa pembuatan hukum tidak hanya harus dipenuhi oleh aspek prosedural saja, tapi juga substansinya. Artinya, perumusan dan pembuatan huku hars membuka keterlibatan dan partisipasi masyarakat.

“Dalam proses pembuatan hukum itu jangan didominasi oleh elite-elite politik saja,” tegas Akil.

Di akhir simpulan itu Akil mengatakan dalam perkembangan negara-negara demokrasi, MK atau lembaga setaranya menghadapi tantangan dalam melaksanakan fungsinya sebagai pengawal konstitusi. (*/OL-10)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - MK Berperan Penting Jaga Demokrasi.


blackmaverick 13 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/mk-berperan-penting-jaga-demokrasi-266081.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com