7.05.2011

Radikalisasi Ekonomi Juga Terjadi


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
20110202114627din syamsuddin2 Radikalisasi Ekonomi Juga Terjadi

Din Syamsuddin. (ANTARA)

“Radikalisasi sebagai dampak global tidak hanya ideologi, namun kita juga sok, misalnya kita menjalin kerja sama kawasan pasar ekonomi ASEAN-China (ACFTA), padahal hal itu membuat asing mudah masuk ke Indonesia,” katanya di Surabaya, Senin.

Ia mengemukakan hal itu saat menjadi pembicara dalam rembuk kebangsaan bertema “Membedah Paham Radikal, Memahami Nilai-Nilai Pancasila” yang digelar dalam rangka pelantikan pengurus Nasional Demokrat (Nasdem) se-Jatim.

Menurut dia, kawasan pasar ekonomi yang disepakati bersama itu tidak hanya membuat investor asing mudah masuk ke Indonesia, namun kalangan asing pun menjadi dominan dalam pasar Indonesia, apalagi UU menjamin.

“Dominasi asing di Indonesia ada dalam tiga bidang yakni energi, perbankan, dan telekomunikasi dengan kepemilikan asing hingga di atas 50 persen, sehingga masyarakat Indonesia hanya menjadi konsumen,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, masyarakat hendaknya tidak hanya terjebak dengan radikalisasi ideologi, sebab radikalisasi di bidang ekonomi, sosial, dan budaya justru menjadi “lahan sumber” dari tumbuhnya radikalisasi ideologi.

“Untuk menangkal radikalisasi dalam segala bidang itu, maka kita harus kembali kepada Pancasila karena Pancasila memang bukan Islam, tapi Pancasila itu Islami. Kalau bukan Pancasila, maka Indonesia akan menjadi salah satu dari 10 besar `Negara Gagal` versi PBB,” katanya.

Senada dengan itu, Rais SYuriah PBNU KHA Hasyim Muzadi menyatakan ada tiga alasan ulama menerima Pancasila yakni syariat, politis, dan sosial-budaya lain.

Alasan politis itu dikarenakan konstruksi negara Islam tidak tercermin dalam Piagam Jakarta, sedangkan alasan sosial adalah upaya untuk menjaga mereka akhirnya.

“Alasan terpenting adalah alasan kemaslahatan umat yakni agama menampung nilai-nilai, sebab pengakuan terhadap salah satu dari agama di Indonesia akan menyulut pertengkaran antar-suku, ras, dan antargolongan,” katanya.

Sementara itu, Pelantikan Nasdem se-Jatim yang dilakukan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh itu ditandai dengan pembacaan “Malam Dekrit Presiden” (Maklumat 5 Juli 2011), pelatihan 100 anggota Badan Rescue serta 100 Garda Pemuda Nasdem “Baret Biru”.

Dalam rembuk kebangsaan itu, Pembina Nasdem Jatim Achmad Fauzi meninggal dunia sesaat setelah menyampaikan pendapatnya sebagai panelis di hadapan peserta rembuk dan para pengurus Nasdem se-Jatim.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Radikalisasi Ekonomi Juga Terjadi.


jonathan.f 05 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/radikalisasi-ekonomi-juga-terjadi-260437.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com