7.29.2011

Semua Pimpinan KPK Siap Diperiksa


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

64250 wakil ketua kpk  haryono umar dan m jasin 140 105 Semua Pimpinan KPK Siap Diperiksa

Jumat, 29 Juli 2011 07:07 WIB

JAKARTA: Desakan agar semua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diperiksa terkait tudingan dari tersangka kasus dugaan suap proyek Wisma Atlet SEA Games XXVI Palembang, Muhammad Nazarudin, didukung Ketua KPK Busyro Muqoddas.

Menurut dia, pemeriksaan terhadap seluruh unsur pimpinan malah semakin memperjelas soliditas KPK.

“Malah bagus. Malah clear. Akhirnya publik malah lebih tahu siapa sebenarnya yang pembohong. Siapa publik yang sudah terlanjur mempercayai kebohongan-kebohongan itu jadi tahu. Mudah-mudahan pers juga tidak terlalu mempercayai (“nyanyian” Nazaruddin),” ujar Busyro saat ditemui di kantor KPK, Jakarta, Kamis (28/7)

KPK sebelumnya membentuk Komite Etik dengan penasihat KPK Abdullah Hehamahua sebagai ketua.

Komite itu antara lain terdiri dari pimpinan KPK yang tidak disebut-sebut dalam pernyataan Nazaruddin. Yakni Busyro sendiri, Bibit Samad Riyanto, dan Haryono Umar. Penasihat KPK lainnya Said Zainal Abidin juga menjadi anggota komite.

Adapun unsur eksternal terdiri dari pakar hukum Universitas Indonesia Marjono Reksodiputro dan akademisi Syahruddin Rasul. Meski Syahruddin Rasul juga mantan pimpinan KPK, komite etik menghitung dirinya sebagai tokoh luar..

Sesuai aturan kode etik KPK, Komite Etik bakal memeriksa pimpinan KPK. Dalam kaitan ini yakni Chandra M Hamzah dan M Jasin.

Sedangkan pejabat non-pimpinan yakni Deputi Penindakan Ade Raharja dan juru bicara Johan Budi SP bakal diperiksa oleh bagian pengawasan internal KPK.

Namun, muncul desakan dari berbagai pihak agar seluruh pimpinan KPK diperiksa. Yakni Haryono, Bibit, dan Busyro sendiri.
Menanggapi itu, Busyro mengatakan dirinya sama sekali tidak mempersoalkan. Sejak awal, menurut dia, siapa pun pimpinan yang nantinya diperiksa pada prinsipnya siap.

“Siap, dong. Lha wong, prinsipnya tidak ada apa-apa, kok. Enggak masalah. Pimpinan KPK tetap solid, kerjanya jalan turus,” sahut Busyro.

Busyro mengaku tidak merasa perlu ada penonaktifan dari nama-nama pimpinan yang bakal diperiksa. Ia berargumen tidak ada undang-undang yang mengatur hal tersebut.

Walau demikian, mantan ketua Komisi Yudisial ini memang berharap semua pemeriksaan lebih cepat selesai.

Senada, wakil ketua KPK Bibit Samad Rianto menyatakan dirinya tidak masalah jika diperiksa. Namun, ia menekankan landasan dari pemeriksaan harus jelas.

“Ya, oke-oke saja. Tetapi ya jelas dulu, alasannya apa mau periksa-periksa itu,” pungkas dia. (SZ/OL-3)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Semua Pimpinan KPK Siap Diperiksa.


mejiku 29 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/semua-pimpinan-kpk-siap-diperiksa-278104.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com