Pangsa pasar Yamaha di bisnis sepeda motor nasional tergerus dari 45 persen pada Desember 2010 menjadi 40,6 persen per Juni 2011, seiring makin kuatnya penetrasi rival utama Honda.
"Produksi kami memang tidak sebesar kompetitor karena kapasitas produksi kami lebih rendah," ujar PR & Corporate Communication Head PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Indra Dwi Sunda di Jakarta, Senin (11/7).
Menurut dia, kapasitas pabrik Yamaha saat ini mencapai 3,3 juta unit, sementara Honda sekitar 4 juta unit. Padahal tahun lalu, kapasitas Honda hanya 3,6 juta unit.
"Pabrik Yamaha hanya dua di Indonesia, sedangkan Honda memiliki tiga pabrik," tukas dia.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pangsa pasar Honda melejit dari 46 persen menjadi 51,8 persen per Juni 2011. Hasil ini membuat Honda kokoh di puncak pasar motor nasional.
Indra menyatakan, penjualan Yamaha sebenarnya stabil, yakni mencapai 1,6 juta unit selama semester pertama 2011. Sampai akhir 2011, penjualan ditargetkan mencapai 3,3-3,5 juta unit.
"Fokus utama kami adalah kepuasan konsumen, bukan sekadar mengejar pangsa pasar," kata dia.
Terkait persaingan di pasar skuter otomatik (skutik), dia menjelaskan, Yamaha masih mengandalkan Mio, Mio Soul, dan Xeon.
Di sisi lain, Honda memiliki banyak model, antara lain Beat, Vario, Vario Techno, Scoopy, dan Spacy.
"Walau begitu, kami cukup puas dengan penjualan tiga model kami yang cukup baik," katanya. [nta]
Source: nonblok online
Berita Lain:- Harga Kebutuhan Pokok di Bekasi Terkerek Naik
- Harga Kebutuhan Pokok Bergerak Naik di Aceh
- Nilai Tukar Rupiah Turun 8.520 Per Dolar AS
- IHSG Sesi I Melemah ke Level 3.996,77
- Impor China Menurun
+ Arsip Berita Indonesia - Pangsa Pasar Yamaha Tergerus.
--
Source: http://arsipberita.com/show/pangsa-pasar-yamaha-tergerus-265211.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com
0 komentar:
Posting Komentar