7.28.2011

PII Minta Pengusaha Tolak Suap


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

6390 big PII Minta Pengusaha Tolak Suap

Kamis, 28 Juli 2011 05:40 WIB

JAKARTA: Ketua Umum Persatuan Insiyur Indonesia (PII) Muhammad Said Didu meminta pengusaha, teknisi, atau enginer untuk menolak praktek-praktek suap dan korupsi dalam menggarap proyek-proyek yang menggunakan dana dari APBN dan proyek yang di mark up.

Ia menyatakan organisasi yang dipimpinnya akan menguatkan permintaan ini dalam kode etik profesi. “Kode etik penting sekali ini untuk melindungi enginer, maupun orang yang menggunakan jasa enginer. Kalau ada kode etik ini, maka jika ada enginer bekerja sama dengan pihak tertentu dan menyebabkan korupsi, yang di mark up oleh enginer, maka dicabut izinya,” ujarnya di Jakarta, Rabu (27/8).

Kode etik ini menjadi rambu bagi para insinyur. Ia berharap pemberlakuan kode etik dapat menekan tingkat korupsi dan meningkatkan pelaksanaan good governance di pemerintahan maupun di perusahaan.

Saat ini sudah 10 lembaga kementerian dan 30 perusahaan besar yang menandatangani tekad menegakan profesi insinyur dengan cara tidak menggarap proyek-proyek berbau korupsi. Lembaga yang bertekad menegakan etika profesi insinyur itu diantaranya Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pertahanan, PT Pertamina, PT PLN, dan PT Jasa Marga Tbk, PT Telkom Tbk.

Namun penerapan kode etik ini masih menunggu rancangan undang-undang (RUU) profesi insinyur yang baru didaftarkan dalam program legislasi nasional di DPR. “Untuk insinyur juga, mereka tidak terlindungi karirnya, tidak terproteksi dengan UU. Dan bisa saja insinyur-insinyur asing masuk dengan gampang karena tidak ada aturan ini,” jelasnya. (Yoi/OL-04)




Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - PII Minta Pengusaha Tolak Suap.


dewa 28 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/pii-minta-pengusaha-tolak-suap-277477.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com